Sunday, January 10, 2021

MENGAPA DRAKOR DISUKAI? APA YANG MENARIK?

Jadi... beberapa waktu lalu saya meetup bareng beberapa penulis dan illustrator di Collabox coworking space Semarang, yang diinisiasi oleh Mas Tony Trax, penulis komik anak islami, komik RealMasjid. Nah beberapa hari sebelum meet up, mas Tony meminta saya bikin ulasan tentang drakor, apa yang menarik dari drama korea, untuk nanti dishare pas meet up.

Sebenarnya udah dari lama sih saya ngamatin drama Korea. Sampai saya tulis di buku agenda 2020, poin-poin menarik dari drakor. Meniru cara Raditya Dika yang mempelajari komedi dengan menggaris bawahi buku cerita Lupus, ditelaah kenapa bisa lucu dan bisa bikin ketawa lalu diterapkan pada karyanya.

Saya juga ingin formula yang dipakai di drakor bisa saya terapkan pada novel yang mau saya buat. Jadi saya okein aja, karena tinggal menyalin dan nambah-nambahi dikit.

Awalnya saya nggga niat bikin bahan buat ditampilkan di layar, yaudah sih biar di buku catatan ntar dibacain, hihi malas pisan. Tapi saya pikir-pikir kok, ntar bakalan kurang jelas ya. Mau bikin slide show pakai power point, lalu ingat lah napa ngga pakai Canva aja, lebih mudah dan tampilan bakal lebih menarik. Thanks to Canva bikin saya yang kecerdasan visual spasialnya rendah banget jadi bisa desain dikit-dikit haha.

Sebelumnya saya kasih tau dulu ya kalo saya belum terlalu banyak nonton drakor. Yang saya tonton kebanyakan ya genre romantic comedy. Jadi yang saya uraikan di sini dari drakor yang ada unsur romantic sama comedy nya aja ya...

Apa yang menarik drama Korea? Kenapa banyak disukain terutama oleh emak-emak millenial?

1. Episode pertama yang memikat hati. Drakor yang saya sukai adalah drakor yang dari episode pertama sudah menarik perhatian, jadi konflik utama diletakkan di awal episode, meskipun bukan di menit pertama juga. Misalnya drama Korea Crash Landing On You yang di episode awal sudah menampilkan konflik utama yaitu seorang perempuan Korea Selatan terdampar di Korea Utara lalu bertemu tentara Korut. Atau The Master Sun yang saat si cewek menyentuh si cowok tiba-tiba hantu yang dia lihat lenyap. Jadi saya tarik kesimpulan, kalo kita bikin novel, kudu yang begitu yah, di awal udah memikat pembaca, bagus lagi kalo di paragraf pertama udah langsung bikin penasaran.


Baca Juga: Review Crash Landing On You (5 Alasan Yang Bikin Drakor Ini Menarik Ditonton)

Tapi apakah ada drakor yang ngga langsung nunjukkin konflik utama di awal episode? Adaaa drama Korea Secret Garden, bagi saya konflik besar yang paling menarik adalah saat si tokoh utama cewek dan cowok tertukar raga, dan itu baru terjadi di episode 4. Alurnya lambat jadi agak membosankan dan belum saya lanjut sampai sekarang. Mungkin ya, karena pengen nyeritain dulu proses kedekatan si cewek dan si cowok biar smooth, tapi dari eps 1-4 kita tuh kaya nunggu-nunggu ini sebenarnya mau nyeritain apa sih? Konfliknya apaa?

2. Kisah cinta segitiga yang bikin baper. Masih ingat dengan motto drakor mania yang dipopulerkan bibi Erry, persetan dengan logika yang penting baper hahaha. Nah thats the point. Drakor yang viral cukup banyak yang menceritakan tentang cinta segitiga. Apalagi kalo yang sampe bikin orang ngeship kubu si anu kubu si ntu. Misalnya Extra Ordinary You, cinta segitiga antara, Dan Oh, Haru, dan Baek Kyung. Atau The Heirs. Atau lagi Start Up, antara Han Jipyeong, Dalmi dan Namdosan. Yang terbaru True Beuty, kamu tim Suho atau tim Seo Jun? Hahaha.

Baca juga: Extra Ordinary You, Drakor Yang Bikin Baper

Drakor tipe begini sering disebut drakor rasa pilpres terutama Start Up nih karena seleb-seleb banyak yang ngeship juga hihi. Bahkan konon katanya kubu-kubu ini bisa bikin fans berantem loh, hahaha. Tapii ngga semua drakor memasukkan kisah cinta segitiga ini. Ada yang ngga dan tetep bikin baper, misal di drama Find Me In Your Memory. Yang bikin baper mungkin proses gimana Anchor Lee yang calm bisa menerima Ha Jin sahabat dari mendiang kekasihnya.

3.Konflik tambahan sebagai pelengkap. Konflik tambahan yang masih mempunyai benang merah dengan konflik utama merupakan pelengkap dari sebuah drama. Membuat drama  terasa lebih kaya dan tidak monoton. Misalnya Crash Landing On You, konflik tambahannya berupa intrik di dunia militer, ada juga cerita mantan tunangan Seri yang melarikan diri ke Korut karena kasus penipuan lalu malah punya kisah cinta sendiri sama mantan tunangan Kapten.


4. Pemeran figuran pencair suasana. Rasa-rasanya hampir semua drakor yang saya tonton mempunyai pemeran figuran pencair suasana. Selalu ada tokoh yang lucu dan menggelitik yang mencairkan suasana tegang atau mellow. Jadi feel nya saat nonton drakor itu berwarna banget. Ngga melulu nangis, atau terus-terusan mencekam. Misalnya pas lagi nangis-nangis tiba-tiba muncul sosok yang lucu akhirnya bikin kita ketawa.


Contoh pemeran figuran pencair suasana di drama CLOY, ada geng ibu-ibu tetangga kapten atau 3 orang anak buah kapten. Mereka ini punya karakter yang kuat, yang bisa memikat hati penonton. Keren banget kan. Biasanya kita fokus nguatin karakter tokoh utama, sehingga pemeran pendamping atau figuran ngga terlalu dipikirin karakternya gimana.

Di True Beauty, suka banget sama karakter Yoo Tae Hoon yang kocak, berusaha banget bisa berteman sama Su Hoo, sampe pas Ju Kyung bajunya ngga sengaja samaan dngan Seo Jun, putih garis-garis, Tae Hoon bilang ke Suho “Apa kau mau bajumu kugarisi? Aku punya spidol hitam,” haha lucu tapi, kesan setia kawannya dapet. Karakter lain seperti Soo Ah, sahabat Ju Kyung, sodara-sodara Ju Kyung, dan gurunya juga sangat kuat dan mempunyai kesan tersendiri. 

5. Mengikat penonton dengan menciprakan rasa penasaran. Rata-rata drakor terdiri dari 16 episode. Nah selama 16 episode itu gimana supaya orang mau terus nonton? Drakor mengikatnya dengan menciptakan rasa penasaran. Bisa penasaran sama endingnya atau ending mungkin ditebak tapi penasaran dengan, apalagi nih yang bakal terjadi setelah ini.

Baca juga: Review The Master's Sun (Hantu Apa Lagi Yang Akan Kita Temui Hari Ini?)

Misalnya di drama The Master’s Sun, secara garis besar jalan ceritanya mudah ketebak. Jong Woon seorang lelaki kaya yang angkuh awalnya merasa terganggu degan kehadiran Gong Sil si cewek yang bisa lihat hantu, lama-lama pasti akan suka. Dari awal kita bakalan nebak begitu dan emang ceritanya kaya begitu. Tapi yang bikin penasaran itu, tiap episode ada cerita hantu yang berbeda, lalu misteri penculikan Jong Won 15 tahun silam, belum terungkap, dibuka dikit-dikit tiap episode makanya bikin penasaran.

6. Mendapat ilmu baru. Cukup banyak drakor yang memberikan penontonnya sebuah pengetahuan baru. Misal di drama Find Me In Your Memories, saya jadi tahu tentang penyekit Hipertimesia. Lalu di drama Start Up banyak banget ilmu dan motivasi bisnis di sana. Ngga semua drakor begitu sih, yang receh-receh aja juga banyak tanpa memberikan pengetahuan baru apapun, Cuma sekedar menghibur, tapi rata-rata 5 poin di atas diadopsi di banyak drakor.

Baca juga: My Lecturer My Husband, Serial Indonesia Rasa Drakor

7. Jalan cerita boleh klise tapi bumbunya harus pandai kita meraciknya. Ini point tambahan, kemarin pas presentasi ngga ada point ini tapi sepertinya perlu juga disertakan. Jadi gini, ide cerita yang baru dan unik pastinya menarik banget orang buat nonton. Tapi, ide cerita yang biasa pun tetep bisa menarik asalakan kita bisa meramu bumbunya dengan asik. Cerita tentang perjodohan, kawin kontrak, cinderella story, udah banyaaak banget yang pakai, tapi tetep aja ada yang nonton. Bahkan drama remake pun tetep buat orang penasaran. Misal drama Meteor Garden dari Taiwan, dibuat versi Korea dan Cinanya. Orang tetep mau nonton kan. True Beauty udah tayang versi webtoon dibikin versi drama, tetap banyak juga yang nonton. Alur cerita secara garis besar boleh lah pasaran dan mirip-mirip, tapi bumbunya coba cari yang beda. Tak ubahnya makanan, boleh aja sama-sama opor ayam tapi ada yang ditambahin ini itu biar agak unik rasanya atau apalah, mboh saya ngga paham makanan bisanya bikin opor pakai bumbu instan sih hahaha.

Nah itulah temans saya rangkum 7 hal menarik yang bikin drama Korea memikat hati para penontonya dan bikin nagih. Bisa kita terapkan formula ini saat kita mau bikin novel, komik atau bikin film. Ada yang mau nambahin?

No comments:

Post a Comment