Monday, June 29, 2020

5 Alasan Kenapa Sesuka Itu Dengan Drama Korea Crash Landing On You

Ya ampuuun lama banget tamat nonton Crash Landing On You, dan sukaaa banget sampai susah mup on untuk nonton drama baru tapi baru sekarang saya tulis di blog.

Awal mula nonton drama ini karena tetiba mak Dedew si penulis Anak Kos Dodol nge WA dan bilang drama Crash Landing On You apik. Katanya ceritanya tentang cewek Korsel yang mengalamai kecelakaan hingga tersesat di Korut, dan ditemukan oleh tentara Korut, lucu.

Drama Korea Crash Landing On You
Oke nontonlah saya. Di episode pertama udah dibuat baper sekaligus ketawa waktu Yoon Se-ri yang diperankan Son Ye Jin, nyangkut di pohon setelah terkena badai saat ia melakukan aksi terjun payung. Masalahnya adalah pohon itu ternyata letaknya di wilayah perbatasan yang udah masuk Korea Utara.

Ia berusaha melarikan diri dari tentara Korut Ri Jeong Hyuk (Kapten Ri) yang diperankan oleh Hyun Bin yang menangkapnya, lalu menanyai tentara tersebut arah jalan pulang ke Korsel. Tapi ia merasa tidak percaya dengan si tentara hingga mengambil arah yang sebaliknya. Se Ri merasa lega ketika ia sampai di sebuah perkampungan tapi ternyata perkampungan tersebut masih di Korea Utara. Sesaat kemudian ada mobil tentara lewat, Se-ri ditarik oleh seseorang masuk ke dalam rumahnya. Ternyata orang tersebut adalah Kapten Ri yang tadi ia temui di hutan perbatasan.


1. Ceritanya yang diangkat menarik karena menyangkut kisah cinta antara tentara Korut dan orang kaya Korsel. Tau sendiri kan gimana hubungan kedua negara yang pernah terlibat perang ini? Dan ngga sembarangan orang bisa masuk Korut. Makanya Yon Se-ri memilih diam-diam dipulangkan oleh tim Kapten Ri daripada melapor badan keamanan tentang situasi yang sebenarnya. Ia takut disangka mata-mata Korsel dan malah ngga bisa pulang. Tentu saja usaha pemulangan Se-ri tidak mudah. Hingga ia harus menjalani hari yang cukup lama di perkampungan tentara. Agar tidak mencurigakan, Kapten Ri mengaku bahwa Se-ri adalah tunangannya kepada penduduk desa ketika Se-ri sempat tertangkap waktu ada pemeriksaan di rumah kapten.

Berusaha cari cara untuk mulangin Se-ri

2. Genre Romantic Comedy. Tiap kali ada yang rekomendasiin drakor, yang pertama saya tanya biasanya genre. Saya termasuk pemilih sih. Genre yang saya sukai itu ya romantic comedy. Di drama ini meski ada menceritakan kehidupan tentara dan konflik di dalamnya, tapi porsi yang lebih banyak tetep romance comedi nya. Seringkali lagi syahdu-syahdunya adegan romance tiba-tiba ada aja kekonyolan yang terjadi, Misalnya pas Kapten Ri lagi berdua sama Se-ri di rumah sakit, tiba-tiba gerombolan anak buah kapten datang. Atau pas kita sangka bakal tegang nih waktu kapten dan anak buahnya ditangkap intelejen Korsel eh ternyata adegannya malah lucu.

Baca juga: Review drama romantis Find Me In Your Memory

Bersama anak buah kapten yang kocak

3. Konfliknya kaya. Seperti yang saya bilang tadi meski genre utama adalah romantic comedy tapi ada konflik lain yang diangkat selain kisah cinta Kapten Ri dan Se-ri. Misalnya tentang intrik dalam intern di dunia militer Korut. Gimana kapten Ri berusaha menangkap pembunuh kakaknya yang lebih dulu terjun ke militer.

Kapten Ri mencari pembunuh kakaknya

4.Menceritakan Bagaimana Kehidupan di Korea Utara. Karena saya belum pernah ke Korea Utara dan Korut merupakan negara yang cukup tertutup, menjadi menarik untuk mengetahui gimana kehidupan di sana. Emang sih lokasi syutingya ngga beneran di Korut, tapi yang saya baca di internet, katanya Crash Landing on You menerima pujian atas penggambaran kehidupan sehari-hari di Korea Utara, bahkan penggunaan aksen serta kata Seorang penulis dan aktris dari Korea Utara mengatakan, "Saya merasa seperti benar-benar kembali ke sebuah desa di Korea Utara."

Ya paling ngga saat nonton drama ini menambah pengetahuan saya tentang Korut. Bukan hanya dengan lihat dramanya ya, tapi saya bener-bener tergerak untuk cari-cari informasi dan catatan sejarah mengenai Korea Utara dan Korea Selatan. Oh ya saya sempet kepikiran lho, bikin drama kek gini apa ngga dimarahin sama Kim Jong Un ya? eh rupanya beneran mengundang kontroversi tapi lucunya kontroversinya sebaliknya. Disebutkan di media bahwa Partai Liberal Kristen (Christian Liberal Party/CLP) mengajukan pengaduan terhadap tvN di Kantor Polisi Metropolitan Seoul dan menuduh jaringan televisi kabel tersebut terlalu memuliakan Korea Utara melalui drama ini sehingga melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional. Lhaaaa hahaha

Baca juga: Review Mini Drama Korea Queen of The Ring 

Geng ibu-ibu kepo yang ngefans ma kapten tapi akhirnya sohiban ma Se-Ri

5. Hampir semua pemeran dalam Crash Landing On You mempunyai karakter yang unik dan menarik. Ini yang paling juara. Belum pernah saya nonton drakor, suka dengan hampiiir semua tokoh yang ada di dalamnya. Biasanya hanya tokoh utama ajakan sama beberapa pemeran pendamping. Di CLOY selain penasaran sama kisah pemeran utama, saya juga terhibur banget dengan 4 orang anak buah kapten yang kocak. Ada yang hobinya nonton drama korea selatan sehingga sering ngobrolin drakor sama Se-ri, ada yang masih di bawah umur dan imyut banget, ada yang suka nyolot, yang disebut paling tampan cocok jadi model. Geng ibu-ibu kompleks juga ngga kalah serunya. Begitupun kisah cinta yang manis-manis lucu antara mantan tunangan kapten Ri sama mantan tunangan Se-ri.

Karena sama-sama ditinggalkan akhirnya jatuh cinta haha

Nah itu dia 5 alasan kenapa saya sesuka itu sama drama korea Crash Landing On You. Sekalian merupakan tulisan review Crash Landing On You. Yang menurut saya agak kurang greget sih endingnya. Meski happy ending cuma menurut saya kaya agak hambar gitu, jadi B aja. Pengennya saya, mereka nikah, trus dihadiri sama anak buah kapten dan ibu-ibu kompleks pasti bakal heboh dan lucu.

Ohya drama ini bikin heboh jagat maya. Banyak yang memperbincangkannya jadi selama drama ini on going suka bahas-bahas di twitter atau IGS sambil colek-colek temen-temen sesama pencinta kapten eh pencinta CLOY maksudnya hahaha.

Gimana denganmu temans? Udah nonton drama korea Crash Landing On You belum? Kalo udah apa yang paling kamu suka dari drama Crash Landing On You ini? Yang belum nonton gih, bagus tauk!



1 comment:

  1. Samaaa, aku juga blm mup on dari CLOY mak 😍 se so sweet itu dramanyaaa

    ReplyDelete