Monday, July 19, 2021

Alhamdulillah, Gajian Pertama dari KBM App

Bismillah...

Alhamdulillah, bulan ini dapat gajian pertama dari KBM App. Berapa jutaaa? Waduuh jangankan juta, ratusan ribu aja belum hahaha. Masih dikit lah. InsyaAlloh nanti menuju jutaan, puluhan juta, milyaran hahaha, doa tinggi sekalian doong.

Emang ada yang penghasilannya sampe juta-juta gitu? Bnayaak. Bahkan yang sebulan puluhan juta juga ada. Cek aja di aolikasi atau FB KBM app biasanya suka dishare tuh Top 10 earning bulanan.

Setelah pecah telor di tanggal 16 Juni ada dua gembok yang terbuka, alhamdulillah di awal bulan Juli sudah mencukupi jumlahnya buat gajian. Senenganya semata-mata bukan karena jumlah. Yaiyalaah jumlah belum seperapa hihi (tapi tetap disyukuri) tapi jadi semangat karena ada yang mau buka gembok berarti cerita saya ada yang suka. Cukup ada aja buatku bahagia apalagi kalau banyak ya...

Karena masih dikit dipamerin haha

Di postingan ini sekalian aja saya kasih tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari KBM app ya, karena cukup banyak yang tanya juga di grup FB. Siapa tahu ada yang browsing dan mnemukan post ini bisa menjawab pertanyaannya.

Cara Mengahasilkan Uang dari Menulis di Platform KBM App

1. Buat akun di KBM app. Agar bisa menulis cerita kamu harus buat akun dulu dong tentu saja. Buat akunnya mudajh kok ikutin aja step by step panduannya ketika kita klik daftar/buat akun/sign up di KBM app. Kalau saya pilih daftarnya pakai akun gmail.

2. Mulai menulis. Ada banyak genre yang bisa kita isi, misal novel roman, kriminal, buku anak, komik, dll. Pilih yang sesuai genre yang akan ditulis. Ohya untuk saat ini upload karya hanya bisa dilakukan lewat aplikasi ya jadi ngga bisa by web, kalo cuma sekedar baca sih bisa lewat web.

3. Di bab ke delapan tulisan bisa mulai dikunci/gembok. Cara mengunci bab jika sudah sampai bab 8 adalah dengan klik profil, pilih add/edit chapter, pilih buku yang mau dikunci, klik MONETIZE YOUR STORY (scroll sampai bagian bawah ya untuk menemukannya). Kalau udah klik itu otomatis bab terkunci dari 8.

4. Jangan lupa isi data rekening ya. Kalo ngga diisi mau ditransfer di mana cobaa? Caranya di beranda (home) klik tulisan EARNING, trus pilih edit bank. Masukkin norek di situ.

Mudah kan ya.... cara nguncinya mudah, nulisnya ituuu hahaha...

Baca juga: Pecah Telor Dapat Penghasilan dari Menulis

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai penghasilan di KBM App. AKan saya rangkum di sini, semoga bisa mencerahkan teman-teman yang masih bingng, apa jangan-jangan malah tambah bingung hahaha.

Tanya Jawab Seputar Mendapatkan Penghasilan dari KBM App

Q: Bagaimana cara cek penghasilan di KBM App, apakah bisa dicek setiap hari?

A: Caranya di beranda (home) ada opsi earning, diklik. Ada dua kotak, hijau dan ungu. Hijau itu penghasilan dari orang yang buka gembok di tulisan kita sementara ungu kita dapat kalau ada orang buka gembok dari link yang kita share. Data earning diupdate tiap masuk hari baru, jadi dini hari kamu bisa cek update penghasilan kamu.

Q: Apakah ada minimal penghasilan yang ditransfer dan setiap tanggal berapa?

A: Minimal dana yang bisa ditransfer adalah LIMA BELAS RIBU RUPIAH. Kalau belum sampai segitu akan diakumulais ke bulan berikutnya. Transfer mulai tanggal 4 tiap bulan, tapi saya kemarin dapat transfer di tanggal 7 mungkin karena ngantri banyak yang ditransfer.

Q. Bab 8 sudah mulai dikunci ada yang komentar di bab itu tetapi mengapa earning masih 0?

A: Bab 8-10 itu pilihan buka kuncinya bisa dengan koin emas dan bisa koin perak. Nah koin perak bisa didapatkan gratis dengan melakukan misi-misi di kbm app, seperti login aplikasi dapat 10 koin, share 2 buku dapat 50 koin, subscribe 2 buku dapat 30 koin, dll (cek aja di beranda klik mission). Biasanya orang buka part 8-10 pakai koin perak, jadi kita belum dapat penghasilan. Nah baru di bab 11 bisa dikunci pakai gembok emas. Untuk membukanya pembaca harus mengeluarkan 15 koin emas (Rp.1.500). Penghasilannya dari situ, tapi masih dikurangi bagi hasil dengan KBM dan biaya transfer bank ya.

Q: Berapa bagi hasil di KBM App?

A: Bagi hasilnya mulai 70:30 (70% buat penulis, 30% buat KBM). Persentase bisa berubah sesuai nominal penghasilan (cek di earning klik icon tanda tanya)

Q: Kalau saya mau mengunci bab bukan dari bab 8 apa bisa?

A: Bisa saja mulai dikunci di Bab setelahnya, misal maunya dikunci di bab 12, boleh aja, tapi kalo mau minta dikunci dari bab 1 ngga bisa ya. Caranya chat admin.

Q: Apakah ada syarat tulisan di KBM app agar bisa dimonetize?

A: Syarat tulisan tidak boleh plagiat, tidak mengandung pornoliterasi, kekerasan, sesuatu yang mengarah pada kemusyrikan. Disarankan di atas 1000 kata untuk novel.

Q: Apakah tulisan di KBM App dimoderasi terlebih dahulu.?

A: Tidak dimoderasi, bisa langsung tayang. Tapi jika admin menemukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi, kita juga bisa mereport tulisan yang sekiranya melanggar aturan KBM app. Caranya klik titik tiga di kanan atas, lalu klik REPORT.

Nah itu ya teman cara monetize tulisan di KBM app. Jika ada yang mau ditanyakan bisa di kolom komentar.

Q: Apa bisa dapat penghasilan tanpa harus menulis di KBM?

A: BISA. Caranya share aja cerita dari KBM. Nanti kalau ada yang buka gembok melalui link yang kamu share, bisa dapat bagian. Kalau ngga salah sih 5%. Lihat gambar yang saya share di atas, itu di bagian earning kan ada warna hijau sama ungu, nah ungu itu penghasilan dari share cerita. 

Q: Tulisan apa yang bisa diterbitkan di KBM app?

A: Bisa berbagai macam kategori, novel romantis, komedi, ekonomi, memoar, komik, psikologi, dll.

1 comment:

  1. Wah selamat ya Mbak Rahmi. Semoga makin sukses ke depannya.

    ReplyDelete