Monday, July 19, 2021

Alhamdulillah, Gajian Pertama dari KBM App

Bismillah...

Alhamdulillah, bulan ini dapat gajian pertama dari KBM App. Berapa jutaaa? Waduuh jangankan juta, ratusan ribu aja belum hahaha. Masih dikit lah. InsyaAlloh nanti menuju jutaan, puluhan juta, milyaran hahaha, doa tinggi sekalian doong.

Emang ada yang penghasilannya sampe juta-juta gitu? Banyaaak. Bahkan yang sebulan puluhan juta juga ada. Cek aja di aplikasi atau IG KBM app biasanya suka dishare tuh Top 10 earning bulanan.

Setelah pecah telor di tanggal 16 Juni ada dua gembok yang terbuka, alhamdulillah di awal bulan Juli sudah mencukupi jumlahnya buat gajian. Senengnya semata-mata bukan karena jumlah. Yaiyalaah jumlah belum seperapa hihi (tapi tetap disyukuri) tapi jadi semangat karena ada yang mau buka gembok berarti cerita saya ada yang suka. Cukup ada aja buatku bahagia apalagi kalau banyak ya...

Karena masih dikit dipamerin haha

Di postingan ini sekalian aja saya kasih tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari KBM app ya, karena cukup banyak yang tanya juga di grup FB. Siapa tahu ada yang browsing dan menemukan post ini bisa menjawab pertanyaannya.

Baca juga: Tips Menulis Cerbung di Platform Online untuk Pemula

Cara Mengahasilkan Uang dari Menulis di Platform KBM App

1. Buat akun di KBM app. Agar bisa menulis cerita kamu harus buat akun dulu dong tentu saja. Buat akunnya mudajh kok ikutin aja step by step panduannya ketika kita klik daftar/buat akun/sign up di KBM app. Kalau saya pilih daftarnya pakai akun gmail.

2. Mulai menulis. Ada banyak genre yang bisa kita isi, misal novel roman, kriminal, buku anak, komik, dll. Pilih yang sesuai genre yang akan ditulis. Ohya untuk saat ini upload karya hanya bisa dilakukan lewat aplikasi ya jadi ngga bisa by web, kalo cuma sekedar baca sih bisa lewat web.

3. Di bab ke delapan tulisan bisa mulai dikunci/gembok. Cara mengunci bab jika sudah sampai bab 8 adalah dengan klik profil, pilih add/edit chapter, pilih buku yang mau dikunci, klik MONETIZE YOUR STORY (scroll sampai bagian bawah ya untuk menemukannya). Kalau udah klik itu otomatis bab terkunci dari 8.

4. Jangan lupa isi data rekening ya. Kalo ngga diisi mau ditransfer di mana cobaa? Caranya di beranda (home) klik tulisan EARNING, trus pilih edit bank. Masukkin norek di situ.

Mudah kan ya.... cara nguncinya mudah, nulisnya ituuu hahaha...

Baca juga: Tips Membuat Cerita Novel Ala Drakor

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai penghasilan di KBM App. Akan saya rangkum di sini, semoga bisa mencerahkan teman-teman yang masih bingung. Apa jangan-jangan malah tambah bingung hahaha.

Tanya Jawab Seputar Mendapatkan Penghasilan dari KBM App

Q: Bagaimana cara cek penghasilan di KBM App, apakah bisa dicek setiap hari?

A: Caranya di beranda (home) ada opsi earning, diklik. Ada dua kotak, hijau dan ungu. Hijau itu penghasilan dari orang yang buka gembok di tulisan kita sementara ungu kita dapat kalau ada orang buka gembok dari link yang kita share. Data earning diupdate tiap masuk hari baru, jadi dini hari kamu bisa cek update penghasilan kamu.

Q: Apakah ada minimal penghasilan yang ditransfer dan setiap tanggal berapa?

A: Minimal dana yang bisa ditransfer adalah LIMA BELAS RIBU RUPIAH. Kalau belum sampai segitu akan diakumulais ke bulan berikutnya. Transfer mulai tanggal 4 tiap bulan, tapi saya kemarin dapat transfer di tanggal 7 mungkin karena ngantri banyak yang ditransfer.

Q. Bab 8 sudah mulai dikunci ada yang komentar di bab itu tetapi mengapa earning masih 0?

A: Bab 8-10 itu pilihan buka kuncinya bisa dengan koin emas dan bisa koin perak. Nah koin perak bisa didapatkan gratis dengan melakukan misi-misi di kbm app, seperti login aplikasi dapat 10 koin, share 2 buku dapat 50 koin, subscribe 2 buku dapat 30 koin, dll (cek aja di beranda klik mission). Biasanya orang buka part 8-10 pakai koin perak, jadi kita belum dapat penghasilan. Nah baru di bab 11 bisa dikunci pakai gembok emas. Untuk membukanya pembaca harus mengeluarkan 15 koin emas (Rp.1.500). Penghasilannya dari situ, tapi masih dikurangi bagi hasil dengan KBM dan biaya transfer bank ya.

Q: Berapa bagi hasil di KBM App?

A: Bagi hasilnya mulai 70:30 (70% buat penulis, 30% buat KBM). Persentase bisa berubah sesuai nominal penghasilan (cek di earning klik icon tanda tanya)

Q: Kalau saya mau mengunci bab bukan dari bab 8 apa bisa?

A: Bisa saja mulai dikunci di Bab setelahnya, misal maunya dikunci di bab 12, boleh aja, tapi kalo mau minta dikunci dari bab 1 ngga bisa ya. Caranya chat admin.

Q: Apakah ada syarat tulisan di KBM app agar bisa dimonetize?

A: Syarat tulisan tidak boleh plagiat, tidak mengandung pornoliterasi, kekerasan, sesuatu yang mengarah pada kemusyrikan. Disarankan di atas 1000 kata untuk novel.

Q: Apakah tulisan di KBM App dimoderasi terlebih dahulu.?

A: Tidak dimoderasi, bisa langsung tayang. Tapi jika admin menemukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi, kita juga bisa mereport tulisan yang sekiranya melanggar aturan KBM app. Caranya klik titik tiga di kanan atas, lalu klik REPORT.

Nah itu ya teman cara monetize tulisan di KBM app. Jika ada yang mau ditanyakan bisa di kolom komentar.

Q: Apa bisa dapat penghasilan tanpa harus menulis di KBM?

A: BISA. Caranya share aja cerita dari KBM. Nanti kalau ada yang buka gembok melalui link yang kamu share, bisa dapat bagian. Kalau ngga salah sih 5%. Lihat gambar yang saya share di atas, itu di bagian earning kan ada warna hijau sama ungu, nah ungu itu penghasilan dari share cerita. 

Q: Tulisan apa yang bisa diterbitkan di KBM app?

A: Bisa berbagai macam kategori, novel romantis, komedi, ekonomi, memoar, komik, psikologi, dll.

Nah itulah cerita saya tentang gajian pertama dari KBM app sekaligus bagaimana cara mendapatkan uang dari KBM app, semoga bermanfaat ya. Berikut link cerita saya buat yang mau baca:

Dijodohkan dengan Adik Suamiku KBM App

Dijodohkan dengan Adik Suamiku Wattpad

Merawat Istri Sang CEO KBM App

Merawat Istri Sang CEO Wattpad

37 comments:

  1. Wah selamat ya Mbak Rahmi. Semoga makin sukses ke depannya.

    ReplyDelete
  2. Halo kak saya mau tanya, saya kan langsunh upload novel saya 11 bab tapi tidak ada pilihan monetisasinha.. Itu gimana ya? Apa harus ada subs dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sekarang tidak ada syarat minimal subscribe, coba WA admin Zeny saja. DI app KBM biasanya ada tertera nomor WA admin.

      Delete
    2. Kak rahmi, saya ingin bertanya, saya sudah menulis lebih dari 12 bab, saya lihat di tanda simbol mata , tertera angka 20 lebih,apakah jumlah angka itu artinya orang yang membaca tulisan kita kak .

      Delete
    3. Orang yang mengklik tapi belum tentu membaca.

      Delete
  3. Kak aku mau tanya, di setiap cerita kan ada tanda kayak mata gitu, itu tuh orang yang baca cerita kita bukan ya? Soalnya di bab 11 cuma terkunci pake koin emas, itu di aku ada beberapa tapi kok blm ada penghasilan nya ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda mata itu menunjukkan berapa orang yang mengklik bab itu, tapi belum tentu kan setelah mengklik dia membuka gembok.

      Delete
    2. Maaf Kak, nanya yaa.. kita bisa tau nggak ya berapa yang buka gembok kita? Jadi bukan hanya klik2 saja tanpa buka gembok .. terima kasih Kak ..

      Delete
    3. Bisa. Di bagian depan (home) ada opsi earning diklik. Trus klik detail. Ntr ketahuan buku yg ini berapa yg buka gembok.

      Delete
  4. Kak, bagaimana caranya kita tahu kalau ada yang buka gembok? Soalnya di bab yang terkunci dengan koin emas itu ada banyak tanda matanya, tapi earning masih 0... Makasii🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda mata itu hanya menunjukkan berapa orang yg sempat membuka bab itu, dan belum tentu klik bab dia buka gembok. Cata tau ada yg buka apa ngga. Di beranda (home) ada opsi earning diklik. Trus pilih detail.

      Delete
  5. Mbak aku mau tanya. Pendapatannya dihitung dari gembok yang dibuka kah. Atau per subscribe cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul dari gembok emas yang dibuka. Gembok perak tidak dihitung ya.

      Delete
  6. Kak, di kbm ada kontrak untuk monetisasi gak? Kayak kontrak di platform lain yang tidak boleh publish tulisan selain di platform tempat kontrak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada. Di KBM tanpa terikat kontrak. Bebas aja mau publish di platform lain.

      Delete
  7. Kak, berapa lama si waktu untuk acc request update data bank/rekening kita?

    ReplyDelete
  8. Kak bab 11 kn udah saya kunci dan ada tanda melihat ada 27 tp kok di pencapaian masih 0

    ReplyDelete
  9. Aku di bab 11 sampe 12 di kunci dan Ada yang liat tp di pencapaian kosong

    ReplyDelete
  10. Mbak mau tanya kalau transferan royalti lebih dari seminggu dari tanggal biasanya belum juga dapat itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ditanyakan ke admin. Biasanya transfer royalti itu tiap tanggal 4

      Delete
  11. Kak mau nanya aku udah nulis sampe bab 10 tapi aku lupa belum isi data rekening jadi aku isi, sampe sekarang tiap aku liat di pencapaian data rekening yang aku isi masih di review terus, itu emang lama atau gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga lama banget sih kayaknya waktu saya isi data dulu, coba langsung WA admin aja.

      Delete
  12. Hai kak, aku mau nanya nih kira-kira kakak dapat penghasilan itu pas subscribers/followers kakak berapa ya. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follower/subscriber bebas ngga ada batasan. Dulu saya masih dikit kok followernya kayaknya di bawah 300 deh.

      Delete
  13. Kak, aku edit no rekening dikbm kok gak bisa ya? Kenapa ya kak?

    ReplyDelete
  14. Kak, saya mau tanya. Misal bulan April pendapatannya cuma 5.000 nah kan gak bisa ditarik ya, pas bulan depannya Mei udah ada 20.000 itu pas penarikan jadi 25.000 gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar akan diakumulasi bulan selanjutnya

      Delete
  15. kak kalau mau monetisasi bab tapi gak ada nomor rekening bisa gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, tp ntar saldo ya ketahuan krn ga ada tujuan transfernya

      Delete
  16. Kak mau tanya boleh??itu diberanda saya kok nggak ada tulisan earning nya ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik titik tiga di kiri atas, terus klik menu "pendapatan" yg gbr dollar

      Delete
  17. Kak, mau tanya, gmn ya cara penarikan pendaapatan di KBM? Soalnya gk ada menu tarik gitu. i

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otomatis akan ditransfer bila nominal minimal 15ribu di tanggal 4.Pastikan udah masukkan norek yaa.

      Delete