Rabu, 01 Oktober 2014

Oleh-oleh dari Jogja

Hari Minggu kemarin, saya, Thifa, Hana, beserta si Ayah, Yangkung, Yangtinya pergi ke Jogja. Yah mumpung adek masih di sana, karena sebentar lagi bakal pindah ke Jakarta, karena keterima kerja di Okezone. Skalian sih bawa pulang sebagian barang-barang adek yang ngga mungkin dibawa ke Jakarta semua.


Niatnya di sana kami mau jalan-jalan ke sana kemari, tapi ternyata ngga bisa, waktu ngga memadai, hanya cukup untuk ke kontrakan adek ambil barang-barang dan ke rumah dua orang kerabat. Senin pagi sempet mau ke Malioboro tapi ternyata kami kepagian, Malioboro belum buka hehe. Mau ke Pantai tapi jauh, takut kesorean sampai rumah *haha dasar emang bukan traveller sejati ya, selalu bayak alesan.

Baca Juga: Zest Hotel, Hotel Budget dengan Kolam Renang di Jogja

Tapi disamping keterbatasan waktu ada alasan lain yang lebih penting. Minggu malamnya di Jogja, badan Hana terasa hangat. Saya takut terulang kejadian Hana demam kejang akhirnya langsung memberi dia obat turun panas. Yang rencana saya pulang dari Jogja langsung ke rumah sendiri akhirnya malah balik ke rumah mertua karena kondisi Hana yang demikian.

Panas Hana sebenarnya ngga terlalu tinggi kalau diukur pakai termometer. Cuma tiga tujuh koma sekian, ngga nyampe 38. Tapi sempet beberapa kali seperti tersentak kaget, yang saya ingat merupakan gejala pra kejangnya kemarin. Akhirnya dibawa ke dokter anak. Diberi tambahan obat anti radang, dan obat mencegah kejang yaitu stesolid cair.

Alhamdulillah sekarang panasnya sudah turun makanya si emak sempet nih update blog sekaligus tiga hihii. Oleh-oleh dari Jogja, selain pakean kotor, adalah review Pop Hotel tempat kami menginap kemarin.

Baca: Menginap di Pop Hotel

Karena postingan ini banyak yang baca, saya jadi ngga enak nih, nulis di sini oleh-oleh dari Jogja cuma pakean kotor hahaha, nanti diumpat visitor yang datang. Baeklah... sekalian ditulis bener-bener ya oleh-oleh dari Jogja yang populer dan kekinian.

1. Bakpia. Ini pasti udah pada hapal kan yaa... Bakpia itu kayak iconnya Jogja banget. Bakpia sekarang tambah banyak ragamnya. Kalo dulu merk bakpia yang terkenal itu yang berupa angka-angka. Ada 25, 35, 65, 75, dan angka lainnya. Mungkin banyak yang tanya yang enak itu bakpia yang mana. Dulu siih ada yang bilang bakpia yang enak yang semakin kecil angkanya ntah dia dapat teori dari mana atau udah pernah mencoba semua bakpia tersebut sehingga berkesimpulan demikian. Ada juga yang bilang kalo pelopor dari bakpia itu bakpia pathuk 75. Selain bakpia yang menggunakan angka sebagai merek, ada juga bakpia kurnia sari, kencana, dan bakpia mamahke. Kalo saya sendiri suka bakpia mana? Saya kok ngerasanya bakpia itu semua rasanya sama ya hahaha. NGga peka nih. Tapi ada satu bakpia yang dulu saya pernah beli di pusat oleh-oleh Magelang dan saya pengen beli lagi. Saya lupa mereknya apa, tapi ini UKM binaan kantor pos. Kenapa saya suka, karena harganya muraaah. Rasanya sama lah kaya rasa bakpia pada umumnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Murah di Jogja

2. Yangko. merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, kenyal, dan rasanya manis.

3. Gudeg. Jogja juga terkenal akan gudegnya. Gudeg ini selain yang basah ternyata ada versi keringnya yang cucok buat oleh-oleh. Salah satunya gudeg yu Djum. Saya sendiri sih kurang suka gudeg karena menurut saya terlalu manis. Jadi saya ngga pernah berburu gudeg kalo ke Jogja.

4. Mamahke Jogja, oleh-oleh kekinian dari Jogja yang dimiliki oleh pasangan artis Zaskiya Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Awalnya Mamahke Jogja adalah cake yang memadukan sponge cake dengan puff pastry yang terletak ditengahnya. Seiring berjalan waktu Mamahke menambah varian produknya  ada Mamahke Chocolate (Macho), Mamahke Cheese (Machis) dan Bakpia Mamahke.

5. Bakpia kukus Tugu Jogja. Ada yang bilang sih kalo bakpia kukus ini jauh dari rasa bakpia dan lebih mirip bolu kukus. SAya sendiri belum pernah mencoba. Tapi beberapa yang saya baca reviewnya, bakpia kukus Tugu Jigja cocok buat oleh-oleh.

6. Jogja Scrummy Dude Herlino. Yes selain Zaskia, Dude Herlino juga punya oleh-oleh kekinian di Jogja bahkan bisa disebut pelopor oleh–oleh Kekinian pertama yang ada di Jogja. . Jogja Scrummy merupakan kue berlapis perpaduan antara puff pastry dan brownies kukus dibawahnya yang memiliki filling berbagai rasa. Kue artis lainnya yang di Jogja ada Chusy Sheese Ria Ricis, Pevo Cake Pevita, dan Bakpia Princess Cake milik Syahrini.

7. Salak Pondoh. Salak pondoh kuga bisa dijadikan alternatif oleh-oleh dari Jogja. Harganya murah meriah, menyehatkan pulak ya. Oya ada tips nih memilih salak pondoh yang manis hasil baca-baca di internet.

  • Pilih yang bentuknya lonjong dan pucuknya lebih runcing dan halus. Jangan yang yang bentukya bunteg atau bulat.
  • Pilih yang kulitnya berwarna coklat berkilau cendrung kehitaman dan bersih, jangan memilih salak yang berwarna gelap dan kusam.
  • Pilih yang sisiknya nampak besar dan tidak rapat, karena artinya buah salak pondoh sudah matang sempurna.

29 komentar:

  1. moga2 hana sehat2 ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, alhamdulillah udah ceria lagi sekarang

      Hapus
  2. Hueeee. Alhamdulillaah ya Hana sudah baikan. Pas kami di jogja juga ga kemana-mana mba. Cuman tidurtiduran aja di kamar hotel. Mihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rugi ya mas, kalo pergi2 lah udah bayar hotel mahal hihihi

      Hapus
  3. Pas baca judulnya kebayang dalam postingan ini akan ada foto bapia atau gudeg atau batik gitu mbak ... hehhehehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha judulnya menyesatkan ya mbaa maapkeuun :)

      Hapus
  4. kirain ada oleh2 makanannya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah habis maak sebelum difoto dan diripiu hehehe

      Hapus
  5. Syukurlah sudah sembuh... kirain oleh-oleh tugu Jogja mbak :P

    BalasHapus
  6. Sayang nggak bisa ketemuan ya mbak. kalau tahu ke Jogja aku pengen ketemu dirimu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah iya ya mak, kemaren juga ada rencana pgn main k rumah temen blogger tapi kayaknya ngga sempet dan sama ortu juga jadi ga leluasa :D

      Hapus
  7. Rahmiiii...
    kalo udah jadi emak2 kayak kita gini...kemana2 emang harus selalu bawa obat demam yaaah...
    jaga2 kalo kejadian kayak gini siiih...
    Moga2 Hana sehat terus yah rahmiiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bii, kemaren aku beli di apotik terdekat akhirnyaa

      Hapus
  8. Maakkkk,...aku udh beli bukumu mak irits dan udh baca pulak, hihihiii seru dan lucu
    Loh ?? baca postingan apa komentnya apa *_*

    BalasHapus
  9. kebetulan nih tanggal 27-29 des besok aku sama temen2 mau maen ke jogja..hehe
    kira2 makanan apa ya mbak yg enak disana? ^_^

    BalasHapus
  10. Wih udah lama nih gak ke jogja terakhir ke jogja aja 4 tahun yang lalu .. Jadi pengen kesana lagi

    BalasHapus
  11. hahahah pertamany ane kira blog ini bahas tentang ole-ole khas jogja, ternyata tentang liburan toh.. tp semoga cepat lekas sembuh yah dek

    BalasHapus
  12. Oleh2 dari jogja yang aku pengen itu gudeg yang pasti rasanya mantep banget. :)
    Katanya rasa gudeg itu manis banget, kayak senyumnya raisa.

    BalasHapus
  13. Kalau ke jogja lagi boleh nitip bakpia mbak? kangen sama bakpia jogja, udah lama banget gak makan bakpia. huaaaa
    #kabuuur

    BalasHapus
  14. wawwww... nice infooo,, lagi bingung nyari oleh2 yang pas dan enak.. makasiii bangett infonyaa

    BalasHapus
  15. wah info yang menarik, semakin kangen saja nih sama kota jogja : )

    BalasHapus
  16. selain itu kayaknya masih banyak lagi deh gan oleh oleh dari jogja

    BalasHapus
  17. kemaren teman saya datang dari jogja bawa oleh oleh bakpia, enak gan rasanya

    BalasHapus
  18. jogja memang banyak tempat wisata dan banyak oleh oleh yang unik

    BalasHapus
  19. Jogja memang istimewa ya, istimewa kota nya, istimewa orangnya : )

    BalasHapus