Friday, June 18, 2021

Pecah Telor! Dapat Penghasilan dari Menulis di KBM

Alhamdulillah wa syukurillah, akhirnya pecah telor juga ada yang buka gembok cerita berbayar saya di KBM app.

Judulnya heboh banget kaya dapat penghasilan berapa juta gitu, hahaha. Ngga.. baru dua gembok doang dan per part hanya Rp.1.500 hahaha. Tapi karena ini pertama kalinya ya kudu diabadikan lah ya menjadi blogpost biar bisa jadi kenangan.


Tanggal 11 Juni saya memutuskan untuk mulai mengunci cerita di BAB 15. Setelah itu suka iseng-iseng cek earning, kosong melulu. Di suatu pagi tanggal 16 Juni kembali iseng ngecek, sambil menyiapkan mental paling juga masih nol, eh ternyata kok ada earningnya meskipun sedikit tetap harus disyukuri.

Bukan soal nominalnya sih, kebahagiaan saya justru karena ngerasa, oh ada yang rela ngeluarin duit buat baca lanjutan cerita, berarti lumayan lah ya cerita saya ada yang penasaran sama lanjutannya.

Mengapa Memutuskan Mengunci Tulisan di KBM App

Di KBM app sebenarnya tulisan kita sudah bisa mulai dikunci dari BAB 8 dengan gembok perak. Gembok perak KBM bisa dibuka dengan menggunakan koin perak. Koin perak ini bisa didapatkan gratis dengan mengerjakan misi-misi KBM, seperti login di aplikasi KBM, share karya siapapun di KBM, like cerita, kasih bintang, dll.

Alhamdulillah sudah sampai bab 16


Mulai Bab 11 bisa kita gembok dengan gembok emas, yang bukanya harus dnegna koin emas. Koin emas bisa kita beli dengan harga Rp.100,- per koin. Per bab dibeli dengan 15 koin jadi untuk tiap bab bergembok emas, kita mengeluarkan uang Rp.1.500,- murah kan. Bayangin penulisnya nulis bisa sampai berhari-hari satu bab nya (kalo saya karena masih pemula hahaha) bayarannya cuma sewu mangatus ciiin. Murah lah ya....

Baca juga: Plagiat atau Terinspirasi

Murah kok :)

Penulis sebenarnya bisa juga menentukan sendiri mau mulai mengunci bab dari mana, asal ngga sebelum bab 8 ya. Kaya kemaren saya minta dikuncinya dari Bab 15 aja, biar pembaca bisa lebih banyak membaca tulisan saya secara GRATIS. Caranya ya japri admin. Tapi kemaren pas utak-atik, karena penomoran ceritanya berantakan, eh malah balik kekunci dari Bab 8, hihihi. Ya sudahah biarkan saja.

Lalu mengapa memutuskan mengunci tulisan di KBM app?

Pertama saya pengen lebih termotivasi menyelesaikan cerita. Udah tahu kan cerita saya tentang bikin dua bab cerbung lalu hiatusnya satu setengah tahun? Hahah jangan sampai lah itu terjadi lagi. Sekarang aja, update seminggu sekali (kadang lebih sih, hihi) berasa lamaa banget menyelesaikannya. Makanya mau coba ngunci. Karena dengan mengunci bab saya punya tanggung jawab tidak mengecewakan pembaca yang sudah mau mengeluarkan uang untuk membaca bab terkunci.

Pernah saya baca komen pembaca yang bilang salah satu yang bikin jengkel itu kalo ada cerita yang lama banget ngga update padahal mereka udah buka koin, kan jadi berasa dighosting gitu.

Dua, saya pengen tahu seberapa jauh tulisan saya memikat hati pembaca. Buka gembok bisa jadi salah satu tolak ukur. Kemudian bisa jadi bahan evaluasi saya selanjutnya.

Ketiga, ya pengen lah dapat pengahsilan dari menulis di KBM. Hahaa ujung-ujungnya duit jugaa. Tapi insyaAlloh yang ini sih udah menyapkan hati untuk ngga terlalu berharap.

Goal utama saya menyelesaikan tulisan. Itu dulu fokus saya, nanti kalau novel sudah tamat bisa saya pikirin lagi kemudian cara promonya, dll.

Selain bisa dibaca di KBM app, ada juga novel Dijodohkan dengan Adik Suamiku di wattpad.

Di wattpad bisa baca novel gratis tapi nanti mulai Bab 15 saya hanya akan posting cuplikan part aja di sana. Bisa jadi mulai bab 8 suatu hari nanti akan saya edit juga, part yang full akan saya hapus sebagian. Karena ngga enak kan di KBM berayar di platform lain kok bisa dibaca GRATIS hehe. Nah makanya sebelum dihapus buruan kalo mau baca Part GRATIS 1-14 di wattpad.

Baca juga: Menerbitkan Komik Karya Anak di Muffin Graphics

Oh iya kamu bisa juga dukung novel Dijodohkan dengan Adik Suamiku di Karya Karsa (klik!) Kenapa publish di situ juga? Next lah ya akan saya tuliskan keuntungan menerbitkan karya di Karya Karsa. Ya tiap platform memiliki kelebihan dna kekurangan masing-masing. Kita bisa nilai sendiri kita lebih cocok dengan sistem di mana dan kira-kira sasaran penikmat karya kita ada di platform mana.

No comments:

Post a Comment