Monday, July 25, 2022

10 Tips Menulis Cerbung di Platform Online untuk Pemula

Bismillah. Assalamualaikum.

Sabtu kemarin, Gandjel Rel mengadakan Kopdar Ngetik dan Sharing perdana di tahun 2022. Tema Sharing adalah "Menulis Cerbung di Platform Online" yang diisi oleh saya sendiri.

Supaya tidak terlupa, terdokumentasi dengan baik, bisa dibaca-baca kembali, terutama oleh yang tidak bisa hadir kemarin, akan saya rangkum di postingan ini ya, Tips Menulis Cerbung di Platform Online untuk Pemula. Catet ya untuk pemula, yang udah jago silakan tambahkan tips nanti di kolom komentar.

klik  gambar untuk membaca cerita


Sebelumnya saya disclaimer dulu, kalo saya belum jago-jago amat nulis. Cerita saya juga bukan yang laris-laris amat sih, tapi Alhamdulillah, ada-lah pemasukan selama ini dari nulis cerbung di platform online tiap bulannya. Di KBM App, saya mendapat badge bronze yang artinya kumulasi pendapatan sudah 10 juta. Ngga terlalu waw juga, wong setelah setahun lebih baru dapet, tapi sangat harus disyukuri. Alhamdulillah saat ini sudah ada tiga cerbung tamat dan satu cerbung on going.

Baca juga: Gajian Pertama di KBM App

Oke, langsung aja saya bikin poin per poin ya, mengenai Tips Menulis Cerbung Di Platform Online Untuk PEMULA.

1. Memilih platform yang paling pas.

Ada banyak banget platform untuk menulis Cerbung online. Sebut saja wattpad, KBM App, Joylada, Rakata, Cabaca, Storial, Noveltoon, Goodnovel, dan masih aa lagi. Nah, dimana sebaiknya kita publish cerita?

Pertama kita harus tau dulu, cerita semacam apa yang ingin kita tulis. Sebagai pemula, saya sarankan tulislah cerita yang kita sukai atau kuasai, bukan sebaliknya memaksakan diri menulis sesuai selera pembaca platform tersebut.

Tiap platform tipikal pembaca nya bisa saja berbeda. Contoh wattpad dan KBM. KBM biasanya yang baca itu emak-emak, cerita yang laris di sana kebanyakan drama rumah tangga meski ada juga cerbung romance, komedi, dan horor yang cukup laris di sana. Kalau wattpad segmennya lebih muda. Ini berdasarkan pengamatan pribadi dan pendapat beberapa teman yang pernah berdiskusi sih ya, jadi saya nggak tau apakah ada riset khususnya atau tidak.

Nah, kalau sudah tau kita mau menulis genre apa, cari platform mana yang segmen pembacanya sesuai dengan genre tulisan kita.

Tapi, menyelaraskan pasar platform dengan genre tulisan kita bukan satu-satunya pertimbangan ya. Banyak hal lain yang harus diperhatikan, misal nulis di sana pakai kurasi atau tidak, sistem kerjasama dan bagi hasil. Pelajari dulu baik-baik barulah kita putuskan mau menulis di mana. Saya sendiri mempublish tulisan saya secara aktif di tiga platform, yaitu: KBM App, Wattpad, dan KaryaKarsa. Alasannya? Coba baca tulisan saya berjudul, Mengapa Menulis di KBM App.

2. Langsung Menulis

Untuk menjadi penulis, belajar dulu apa langsung menulis? Kalau saya sih memilih langsung menulis sambil terus belajar. Yang penting dasar-dasar  menulis kita sudah paham, jadi tulisan nggak berantakan banget lah. Dasar menulis itu seperti apa? Ya, udah tau hurup, tau fungsi tanda baca, penempatan hurup besar kecil, kalimat langsung dan tak langsung. Selebihnya, pelajari sambil jalan. Kenapa? Karena menulis itu merupakan skill yang harus diasah dengan praktek.

3. Bab Satu Harus Menggigit

Masuk langsung ke dalam konflik. Konon katanya pembaca cerita platform online tidak suka cerita yang bertele-tele, pengennya langsung tahu cerita ini konfliknya apa, nanti dia akan memutuskan mau lanjut baca atau tidak. Maka bikin bab satu ceritamu semenarik mungkin, bahkan mulai dari blurb dan judul, bikin yang membuat pembaca tertarik dan penasaran.

klik gambar untuk membaca cerita

4. Ending Tiap Bab Bikin Penasaran

Buatlah pembacamu ingin terus membaca tanpa skip bab. Jadi untuk memotong cerita menjadi bab 1,2,3 dst harus pas adegannya. Ini cukup susah sih, saya juga belum bisa selalu mempraktekkan, tapi mari kita terus belajar.

Baca juga: Mengapa Drakor Disukai, Apa Yang Menarik?

5. Fokus Menyelesaikan Cerita.

Namanya penulis pemula. Saya anggap bener-bener pemula banget, baru novel pertama ya, jadi fokusnya harus menyelesaikan cerita terlebih dahulu. Kesampingkan soal pendapatan, karena kalo fokus kita nyabang, nanti saat yang kita tulis belum bisa menghasilkan, jadi gamang, eh mendingan aku coba nulis kaya gitu ya biar bisa menghasilkan. Lha tantangan pertama menyelesaikan cerbung saja belum dapat ditaklukkan, kok mau mencoba tantangan lain. Sabar dan fokus. Saya menyelesaikan cerbung pertama selama setahun. Sebelum tamat, penghasilan saya cuma puluhan ribu, paling banyak waktu itu 500ribu sebulan. Setelah tamat, alhamdulillah bisa mulai menanjak.

6. Fokus Pada Satu Cerita

Nyambung poin di atas, untuk pemula sebaiknya fokus menulis satu cerita, jangan langsung on going lebih dari satu. Godaan penulis itu, saat dia menulis satu cerita, tiba-tiba kepikiran ide lain yang sepertinya menarik buat ditulis. Simpan dulu ide itu, tulis poin-poinnya biar nggak lupa, Nanti kalau satu cerita sudah selesai bisa langsung dieksekusi.

7.Rajin Membaca Buat Referensi

Bacalah tulian-tulisan populer atau laris di platform tempat kamu menulis, supaya bisa tahu tulisan yang menarik pembaca itu yang seperti apa. Polanya nanti bisa kamu ikuti. Mengikuti pola bukan memplagiat cerita ya. Beda.

Saya biasanya kalau membaca buku sambil mencatat. Kadang ada kata-kata yang menarik tapi saya belum pernah gunakan karena nggak kepikiran, saya catat, supaya kapan-kapan butuh bisa gunakan kata-kata itu.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjual Karya di KaryaKarsa

8. Promosikan Cerita

Kalau sudah menulis, promosikan ceritamu biar banyak yang baca. Seneng dong, kalau tulisan kita banyak dibaca orang, dokomentari, apalagi diunlock xixixi. Promosikan ke grup pembaca-penulis yang ada di Facebook (paling banyak respon biasanya dari frup FB kalo saya). Promo juga di semua socmed yang kita punya. Tapi, siap promo siap dengan komentar pembaca ya, baik ataupun buruk.

9. Gabung di Komunitas atau Grup Support Penulis

Dengan memiliki teman sesama penulis platform biasanya jadi tambah semangat menulis, bisa jadi ajang bertukar ilmu dan informasi juga. 

10. Menulis yang Baik

Tulisan kita bisa jadi amal jariyah bisa juga menjadi dosa jariyah. Maka tulislah yang baik-baik. 

Nah, itulah 10 tips Menulis Cerbung di Platform Online untuk pemula dari saya, moga bermanfaat dan monggo kalau ada yang mau menambahkan.




No comments:

Post a Comment