Saturday, July 23, 2022

Tips Bisnis JNE Ngajak Online Sorong: Pentingnya Diferensiasi Produk

Ada yang baru mau menjalani bisnis atau sedang menjalankan bisnis? Kalau iya, wajib banget nih kamu pantengin JNE Ngajak Online Gollaborasi Bisnis, karena banyak UMKM yang membongkar rahasia sukses mereka di sana.

JNE mendukung penuh upaya Kementerian Koperasi dan UMKM yang menargetkan di 2024, 30 juta UMKM diIndonesia mampu digitalisasi. Untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. Maka, JNE yang merupakan perusahaan penyedia jasa logistik ingin turut berperan agar UMKM Indonesia untuk melek digital melalui pelatihan.

Baru-baru ini saya menyimak JNE Ngajak Online Sorong. Jadi ini sebenarnya webinar yang diikuti lebih dari 100 UMKM setempat, tapi rekamannya bisa kita tonton di youtube nya JNE. 



Narasumber pada webinar ini ada Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

Teguh Hidayat Iskandar selaku CMO Mooipapua bercerita bahwa pada saat pandemi, omzet Mooi papua yang bergerak di bidang skincare, justru meningkat hampir tiga kali lipat. Mungkin karena kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah sehingga punya banyak waktu untuk merawat kulit. Mereka juga menambah produk hand sanitizer yang saat itu tentu banyak dibutuhkan masyarakat.




Ada banyak produk skincare mengapa Mooipapua bisa laris di pasaran? Padahal Mooipapua ini juga tidak terlalu banyak beriklan lho. Ternyata kuncinya ada pada value proposition dan diferensiasi produk. Berdiri sejak 2018, Mooipapua telah memasarkan produk yang eco-friendly dan fokus pada social conscious. 

Menurut Teguh, orang senang mmebeli produk salah satunya karena value yang dijunjung. Apalagi target pasar Mooipapua juga memang bukan sembarang orang melainkan orang-orang yang mempunyai kepadulian terhadap lingkungan dan sadar akan penggunaan bahan alami untuk tubuh.

Produk Mooipapua bahan bakunya berasal dari alam khas Papua, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya. Di bidang sosial, Mooipapua menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan pelatihan pada mama-mama Papua untuk bisa membuat produk seperti sabun pala. Selain itu Mooipapua membranding produk dalam kompetisi-kompetisi baik nasional maupun internasional.


Berbeda dengan MooiPapua, Nami Craft sempat mengalami penurunan omzet di kala pandemi. Nami Craft yang biasanya melayani orderan buket kehilangan order karena banyak event yang ditunda pelaksanaannya. Tidak menyerah, Nami membuat inovasi dengan menawarkan buket yang isinya bisa dicustom dengan vitamin misalnya, jadi disesuaikan dengan kondisi saat itu. Selain itu Nami juga memposisikan dirinya connecting happines. Bagi yang jauh yang tidak dapat bertemu, Nami lah yang akan mengantarkan kebahagiaan dengan mengirimkan buket. Jadi, banyak juga orderan dari Jawa, mau mengirimkan hadiah ke teman-temannya di Papua yang melaksanakan wisuda online salah satunya, melalui lewat Nami Craft.




Selain itu Nami juga membuat diferensiasi dari cara pengemasan alias wrapping. Semenjak Nami Craft menggunakan kertas sellofon Korean style, penjualannya langsung boom! Ratna Sari owner Nami Craft juga menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk, seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan.


Sementara itu, Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, mengatakan siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi. Untuk masalah penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri. Fredi mengatakan JNE Sorong bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Fredi juga menyampaikan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM, seperti adanya promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Nah gimana nih, teman-teman yang mau buka usaha apakah sudah kepikiran apa diferensiasi produk kamu? Diferensiasi produk tidak hanya bisa digunakan dalam produk barang tapi juga jasa ya. Diferensiasi membuat produk kamu unik, sehingga mudah diingat konsumen. Sebagai penulis cerita romantis juga creator komik Mak Irits saya mulai berpikir diferensiasi produk dalam hal ini cerita saya apa yaaa?

No comments:

Post a Comment