Friday, July 1, 2022

Asyik Menulis Fiksi, Apakah Saya Masih Ngeblog?

Karena di komunitas saya blogger Gandjel Rel sedang ada event untuk meningkatkan ghirah ngeblog yang mulai melesu pada sebagian anggota komunitas, saya menulis ini. Asyik Menulis Fiksi, Apakah Saya Masih Ngeblog.

Pada umumnya alasan orang malas ngeblog karena sudah punya aktivitas baru. Lalu merasa tidak punya waktu untuk menulis atau tidak punya ide mau menulis apa. Kelamaan hiatus akhirnya mau mulai lagi, kagok!

Bagaimana dengan saya, asyik menulis fiksi, apakah saya masih ngeblog?

Jawabannya: Masih, tapi selektif.



Kalau dulu saya aktif daftar-daftar job, kali ini udah nggak lagi. Saya mengembalikan tujuan ngeblog saya seperti dulu lagi, untuk menyalurkan hobi, bukan lagi serius mengerjakannya sebagai profesi. Kalau ada tawaran job masuk dan saya tidak merasa terbebani mengerjakannya, dalam artian nulisnya bisa fun, ngga ada target pageview akan saya terima. Tapi kalau syaratnya sulit biasanya saya tolak. 

Tujuan orang ngeblog kan macam-macam ya. Selagi tidak melanggar hukum dan agama, ya tidak perlu dikomentari aneh-aneh. Mau ngeblog hanya sekedar fun buat bersenang-senang ataupun untuk cari uang, sah-sah aja. Itu pilihan.

Saya masih mempertahankan kegiatan ngeblog, karena bagi saya ngeblog itu mendokumentasikan hidup. Banyak momen-momen indah yang jika tidak dituliskan, bisa saja ia akan terlupa begitu saja. Maka menulislah. Blog salah satu medianya.

Saya selalu bersyukur, ketika membaca tulisan-tulisan lama saya. Untung saya menuliskan ini, kalau tidak sepertinya saya tidak akan mengingat hal ini pernah terjadi dalam hidup saya.

Otak manusia punya batasan dalam merekam memori. Bahkan kemarin kita ngomong apa, sekarang aja udah lupa hahaha.

Manfaat lain dari blog yang terkait dengan kegiatan saya menulis fiksi adalah untuk promosi cerita. Memang sih, promosi ini bisa dilakukan di socmed seperti FB, IG, twitter, tapi saya tetap melakukan promo di blog yang menurut saya mempunyai impact jangka panjang dibanding socmed.

Di blog saya bisa menautkan link-link novel online saya dengan kata kunci yang banyak orang googling, nah harapannya sih nanti cerbung-cerbung saya bisa ramah di mesin pencari, mudah ditemukan pembaca. Lah brand-brand aja rela bayar untuk mendapatkan backlink, narok link web atau jualan mereka di blog, masa kita punya blog sendiri nggak dimanfaatkan sih. Sayang banget, kan.

Jadi, bagi kamu yang sekarang sedang dilanda malas ngeblog dan mau balikkin mood ngeblog lagi. motivasi yang saya gunakan untuk tetap menulis bisa coba kamu aplikasikan. Untuk apa ngeblog? Ya untuk mendokumentasikan hidup dan jualan hehehe.

No comments:

Post a Comment