Monday, May 30, 2022

JNE Jember Dorong UMKM Adaptif dan Inovatif Pasca Pandemi

Bismillah...

Banyak yang bilang pandemi mempunyai dampak kurang baik bagi UMKM, menurunkan omset, bahkan ada yang bisnisya sampai tumbang. Mungkin ada benarnya, tapi pandemi juga sepertinya melahirkan banyak usahawan-usahawati baru. Buktinya, makin banyak yang jualan di status Whats app :)

Eh bukannya nyinyir lho, saya justru seneng bahkan mantengin statusWA. Ngecek tetangga saya yang ini lagi jualan apa ya? Siapa tahu saya butuh. Kalau belanja yang deket-deket mayan kan, free ongkir haha. Ditambah bisa ada alasan ketemu buat ngerumpi xixixi

Beruntungnya juga, sekarang makin banyak perhatian ke UMKM baik dari pemerintah maupun swasta. Salah satu perusahaan swasta yang nampak kepeduliannya terhadap UMKM yaitu JNE, yang merupakan perusahaan ekspedisi milik anak bangsa.



Baru-baru ini, JNE melalui kegiatan Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada pelaku-pelaku UMKM dalam memperkuat branding bagi usaha mereka. Acara tersebut turut dihadiri oleh dua narasumber pelaku UMKM Jember yaitu Nesi Septiani owner Khadijjah Collection dan Fathurrohman owner Musae Chips.

Acara yang dilaksanakan secara online ini bisa disaksikan live di youtube JNE, sehingga siapa saja bisa turut berpartisipasi langsung. Bagi yang ketinggalan, tenang aja, ada kok rekamannya di channel youtube JNE.

Sebagai salah seorang pelaku bisnis, suami saya punya studio komik btw yang terima jasa pembuatan ilustrasi, menjual alat gambar digital dan komik islami (promo dikit lah hahaa), saya merasa webinar ini memberikan banyak insight.

Sangat kagum ketika Mbak Nesi mengatakan, awal mulanya ia berbisnis sebagai reseller, dapat keuntungan per-barang sekitar sepuluh ribu. Dari sepuluh ribu itu dia kumpulin sampai 500 ribu lalu membuka bisnis sendiri. Jadi buat kamu yang memulai bisnis dari nol jangan berkecil hati. Hal yang besar bermula dari sesuatu yang kecil. Ganbatte!

Mbak Nesi juga barcerita bagaimana bertahan di tengah banyaknya online shop yang melakukan perang harga, lomba murah-murahan barang. Mbak Nesi mengatakan tidak mau ikut-ikutan. Harga dia bisa jadi lebih tinggi dari online shop lain tapi dari segi kualitas, beliau berani menjamin. Mbak Nesi nggak mau jual batrang murah tapi nggak berkualitas. Menurutnya, konsumen nggak akan kembali kalau kecewa dengan kualitas barang.

Mas Fathur owner Musae Chips keripik pisang juga tak kalah menginspirasi. Ia memulai bisnisnya dari kos kecil ukuran 3x3m tapi mimpinya untuk membangun busnis skala nasional begitu besar, sehingga menjalankan bisnis ini dengan sungguh-sungguh. Ia menceritakan bagaimana ia melakukan riset agar bisa menentukan target market dan diferensiasi produk. Mengingat keripik pisang sudah bukan barang baru. Banyak orang jualan keripik pisang, makanya keripik pisangnya harus beda. Berkat usaha kerasnya, saat ini Musae Chips sudah punya ratusan reseller yang tersebar di puluhan kota di Indonesia bahkan sekarang sudah ada di indomaret Jember lho! Keren ya!

Webinar ini ternyata bukan program pertama sebagai wujud dukungan JNE terhadap UMKM lho!  Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE mengatakan, JNE Jember sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap ada komunitas UMKM, dikunjungi dan diajak sharing tentang kebutuhan UMKM yang mungkin bisa dibantu oleh JNE. Pernah katanya ada UMKM membutuhkan gudang penyimpanan, JNE ternyata bisa menyediakan. Selain itu JNE juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas.

Oh ya JNE Jember suka mengadakan giveaway dengan hadiah produk dari teman-teman UMKM sehingga bisa menjadi ajang promosi UMKM itu sendiri. Seru ya.

Program lainnya dengan para UMKM yaitu memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM, selain layanan bisnis terpadu. Bisa juga memberikan permodalan kepada UMKM yang membutuhkan untuk bisnis. Wah asik ya!

JNE juga melaksanakan kegiatan sosial dan CSR seperti menyalurkan bantuan bencana alam pada erupsi semeru dan membangun yayasan yatim. 

Dalam waktu dekat ini akan ada webinar lagi yang diadakan JNE menggandeng teman-teman UMKM lho Yang paling dekat tanggal 2 Juni nanti ada Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 JNE Jambi. Cek info lengkapnya di sosial media JNE ya!

No comments:

Post a Comment