Sunday, March 13, 2022

Bagaimana Cara Menjual Karya di KaryaKarsa

Bismillah, udah lama pengen nulis ini tapi mager wkwkwk.

Belakangan ini saya mulai aktif posting cerbung di KaryaKarsa. Sebenarnya join KaryaKarsa udah lama. Pertama kali yang saya posting itu Komik Mak Irits sekitar tahun 2020 awal. Ada komik Mak Irits reguler yang tayang juga di instagram tapi bisa dibaca duluan di KaryaKarsa, ada juga cerita baru Komik Mak Irits Pengantin Baru dan Mak Irits Jadi Cinderella.

Lalu saya kepikiran bikin lagi akun sendiri khusus buat posting cerbung, jadi beda akun sama yang posting komik. Udah dari beberapa bulan lalu posting, tapi karena krik-krik ditinggal huahaa. Baru-baru aja saya aktifkan lagi dengan pertimbangan sudah ada cerbung yang tamat, lebih enak menjualnya dan cerbung romance wattpad milik saya lagi rame-ramenya, jadi bisa saya manfaatkan buat mengarahkan pembaca ke Karya Karsa. Saat ini sudah ada tiga cerbung tamat saya di Karya Karsa. Judulnya: Bila Jodoh, Merawat Istri Sang CEO, dan Oh My Lovely Teacher.

Baca Juga: Komik Mak Irits di KaryaKarsa



Bagaimana cara menulis di Karya Karsa? Banyak yang menanyakan saya hal ini. Bar nggak bolak-balik jawab, sekalian saya tulis saja di blog ya. Bismillah komisaris KaryaKarsa haha.

Baca juga: Gajian Pertama di KBM App

Karya Karsa ini beda sama platform online lainnya. Kalau pemain baru mesti agak bingung sama fiturnya, karena saya dulu begitu. Kudu sabar pelajari pelan-pelan apa aja fitur-fitur di KaryaKarsa. Bahkan saya aja udah pernah jualan Karya di KaryaKarsa kalo udah lama nggak posting lupa lagi caranya hahaha.

Oke kita akan jelaskan poin perpoin biar lebih mudah ya.

Syarat Menulis di KaryaKarsa

Pertanyaan ini paling banyak muncul. Pertama gini, di KaryaKarsa kita bukan hanya bisa menjual tulisan, tapi karya apapun, seperti komik, fotografi, musik, dll.

Untuk syarat menulis di Karya Karsa, nggak ada syarat apa-apa. Kamu bebas aja mau posting apa, berapa jumlah katanya, mau dikunci dari bab berapa, mau dikasih harga berapa, bahkan mau kamu jual di platform lain pun bebasss. Tidak ada kontrak apapun antara KaryaKarsa dan penulis. Sistemnya ya seperti titip jual, dengan konsinyasi 10% untuk KaryaKarsa. Besar lho ini bagian untuk penulis.

Persiapan Sebelum Posting Karya

1. Membuat Akun KaryaKarsa

Kamu baru bisa posting karya setelah membuat akun KaryaKarsa. Bagaimana cara membuat akun KaryaKarsa? Gampang kok tinggal klik sign up/daftar terus ikutin aja instruksinya.

2. Tentukan mau posting berapa bab dalam satu post.

Saya posting bab di KaryaKarsa ada yang per post cuma satu bab, ada juga yang borongan, jadi dalam satu post ada beberapa bab. Biasanya post pertama saya kasih tiga bab gratis.  Lalu selanjutnya bab 4 sampai 43 (tamat) total ada 40 bab, saya bagi tiap postingan ada 5 bab. Jadi setelah bab gratis ada 8 bab terkunci (berbayar). Sementara kalau ada ekstra part saya posting satu-satu. Nah untuk menentukan ini, bebas-bebas aja, senyamannya kamu bagaimana ya.

3. Membuat Cover

Agar karya lebih menarik perhatian pembaca, buatlah cover karya. Cover bisa kamu bikin dengan canva atau order juga bisa, murah kok mulai dari 25K. DM aja ya yang butuh info desainer cover buku.

4. Menentukan Harga Jual di KaryaKarsa

Mungkin bayak yang bingung bagaimana menentukan cara harga jual di KaryaKarsa? Enaknya saya jual berapa. Kalau saya, menyesuaikan dengan harga umum di pf lain. Misal di KBM 1.500 per bab yang dikunci, jadi saya ngitungnya keseluruhan part kalau diunlock harganya sama atau mendekati lah dengan KBM. 

Di KaryaKarsa minimal harga IDR 2000. Karena saya pikir kemahalan kalau satu bab dua ribu, jadi saya buat satu postingan 5-6 bab. Harganya variatif, mulai dari 4K sampai 13K perpostingan yang terdiri dari 5 bab cerita.

5. Membuat Harga Paket

Kalau kamu masuk ke halaman dasboard (klik bawah gambar pensil), kamu akan menemukan opsi PAKET.  Saya memilih membuat paket-paket harga khusus. Misal Paket Full Part Bila Jodoh. Jadi di paket ini ada semua bab novel Bila Jodoh. Kalau orang membeli paket ini bisa mengakses semua part cerbung Bila Jodoh. Harga tentu saja saya buat lebih murah daripada jika membeli eceran part per part. Ada juga paket gabungan dua cerbung (membeli langsung dua cerbung). Kalau sudah siap paket ini, nanti pas masukkin karya, bisa langsung masukkan juga opsi paket.


6. Membuat Voucher Diskon

Ada opsi voucher di halaman dasbor. Fungsinya apa? Kita bisa bikin voucher diskon sendiri. Seperti saya bikin voucher diskon KaryaKarsa dengan kode BilaJodoh5K. Nanti bisa diatur voucher itu khusus pembelian apa, kalau saya khusus untuk yang membeli paket full part. Terus ada settingan lagi, berapa kuota voucher yang disediakan. Saya menyediakan 10 voucher jadi hanya sepuluh orang yang bisa menggunakan. Setelah itu voucher tidak bisa lagi digunakan. Kita bisa pakai voucher ini untuk bahan promosi juga, lho!





Cara Posting Karya Baru di KaryaKarsa

Nah, kalau persiapan di atas sudah dilakukan, kita mulai posting karya di KaryaKarsa yuk!

Dari halaman profil, bisa langsung klik tanda + di bagian bawah, nanti akan keluar seperti ini




Pilih "seri baru" kalau kamu bener-bener baru upload pertama kali. Nanti nama seri isi judul cerbung. Nah nanti kalau udah mau upload lanjutan cerita untuk judul yang sama, bisa langsung klik "karya baru".


1. Upload Cover, isi judul, dan sinopsis

Masuk ke detil karya, kita akan diminta upload cover, lalu isi judul, dan sinopsis. Karya saya misalnya, dalam satu postingan biasanya berisi beberapa bab cerita, jadi judul saya tulis Bila Jodoh Part 1-3 (Gratis)  nanti seterusnya sesuaikan bab berapa.

Di kolom sinopsis, bisa kita tuliskan pengantar menuju tulisan terkunci. Misal teasernya, atau panduan kalau mau unlock karya di part ini bagaimana caranya. 

2. Isi genre, series, dan tag

Di atas tadi udah saya kasih tahu kalau pertama kali post cerbung jangan lupa buat seri terlebih dahulu. Seri di KaryaKarsa fungsinya untuk mengelompokkan cerita. Sementara Genre, fungsinya agar karya kita mudah ditemukan.

Kalau kamu udah buat seri, tinggal klik aja di bagian pilih seri nanti akan keluar seri-seri yang udah kamu bikin. Kalau kamu mau lanjutin series yang judul Sugar Enemy (misal) tinggal klik seri ini.

Sementara itu, genre ini opsinya sudah disiapkan pihak KaryaKarsa, kita tinggal memilih, boleh pilih lebih dari satu genre.

Kalau tag? Fungsinya mirip aja sih sama seri. 

Judul Post: Bila Jodoh 1-3, Bila Jodoh 4-8, dst

Series Karya: Bila Jodoh (jadi semua part bila jodoh akan masuk ke series ini)




3. Tentukan Tipe&Harga Dukungan

Pada opsi TIPE&HARGA DUKUNGAN. Bisa dipilih opsi gratis, satuan, paket, satuan&paket. Kalau mau digratiskan klik yang GRATIS. 

Kalau ada part yang bisa dibeli satuan tapi juga bisa paketan, berarti klik yang SATUAN&PAKET.  Lalu bagian bawahnya akan muncul harga satuan, silakan diisi mau jual berapa satuannya.

4. Post Karya/Cerita
Nah setelah halaman di atas selesai diisi, klik lanjut, kita akan diminta memasukkan cerita. Setelah itu bisa langsung publish.


Bagaimana Cara Cek Saldo di KaryaKarsa

Cara cek saldo, masuk ke halaman dasbor (klik gambar pensil di bagian bawah)



Mencairkan Dana di KaryaKarsa

Dana kita di KaryaKarsa bisa cair setelah 5 hari masuk dukungan, dengan minimal penarikan 100K. Bebas mau ditarik kapan saja. Jadi gajian di KaryaKarsa waktunya suka-suka kita aja. Cara mencairkan dananya, cek dulu gambar di atas (gambar cek saldo KaryKarsa). Di bagian atas, bawahnya nominal itu ada opsi "bisa ditarik" (tulisan warna merah), nah itu diklik. Nanti tampilamnya akan seperti di bawah ini.



Jangan lupa, sebelumnya isi dulu data rekening ya. Klik dasbor, cari opsi BANK di bagian atas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pembaca di KaryaKarsa

Rajin-rajinlah promo. Di socmed pribadi bisa, jangan lupa mention KaryaKarsa biar di repost (IGS dan twitter). Bisa juga nulis dulu di platform lain gratisan, misalnya wattpad, terus bab tertentu bisa kita arahkan untuk ke KaryaKarsa. Menurut saya wattpad lebih memungkinkan untuk mendapat pembaca organic di luar circle kita sih daripada di KaryaKarsa. Jadi KaryaKarsa lebih ke tempat jualan karya bukan tempat mencari pembaca baru.

Kelebihan KaryaKarsa dibanding Platform Lain?

Kelebihannya menurut saya, pertama nggak harus instal aplikasi. Banyak calon pembaca urung lanjut baca ke pf karena katanya HP nya kentang, memori full ga bisa donlot app lagi. Nah pembaca kaya gini arahkan aja ke KaryaKarsa. Yang kedua, bagi penulis jualan di KaryaKarsa itu fleksibel tanpa ada kontrak. Selain itu bisa menentukan harga sendiri, mulai dari dua ribu (harga minimal) sampai terserah mau kasih harga sejuta juga boleh kalo yakin ada yang beli haha.

Baca juga: Membaca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Bagi hasil di KaryaKarsa buat penulis besaaar 90%. Bandingkan sama pf lain belum ada saya temukan yang sebesar ini bagi hasilnya. Pencairan dana bisa kapan saja, minimal 5 hari setelah pemberian dukungan. Jadi misal kita dapat dukungan 50K hari ini, bisa ditarik setelah lima hari. Ohya nilai penarikan dana minimal 100K ya. Kalau belum 100K kumpulin dulu sampai dapat segitu.

Gimana? Sudah cukup paham cara menjual karya di KaryaKarsa. Bisa cek-cek dulu KaryaKarsa Rahmi Aziza untuk referensi ya... Kalau ada yang mau ditanyakan DM instagram @rahmi.aziza aja ya. Atau perlu dibikinin video tutorial KaryaKarsa nih? Haha.





4 comments:

  1. Makasih Mbaaa Rahmi mayan memberikan wawasan nih platform Karya-karya. Sukses mba Rahmi, bikin terus memotivasi. Belum pernah buka websitenya diriku.

    ReplyDelete
  2. Putri Melati_123
    Terima Kasih banyak, Kak.

    ReplyDelete
  3. Putri melati_123

    Terima kasih banyak, KakšŸ„°

    ReplyDelete
  4. Mau juga videonya biar lebih jelas

    ReplyDelete