Sunday, March 13, 2022

Bagaimana Cara Menjual Karya di KaryaKarsa

Bismillah, udah lama pengen nulis ini tapi mager wkwkwk.

Belakangan ini saya mulai aktif posting cerbung di KaryaKarsa. Sebenarnya join KaryaKarsa udah lama. Pertama kali yang saya posting itu Komik Mak Irits sekitar tahun 2020 awal. Ada komik Mak Irits reguler yang tayang juga di instagram tapi bisa dibaca duluan di KaryaKarsa, ada juga cerita baru Komik Mak Irits Pengantin Baru dan Mak Irits Jadi Cinderella.

Lalu saya kepikiran bikin lagi akun sendiri khusus buat posting cerbung, jadi beda akun sama yang posting komik. Udah dari beberapa bulan lalu posting, tapi karena krik-krik ditinggal huahaa. Baru-baru aja saya aktifkan lagi dengan pertimbangan sudah ada cerbung yang tamat, lebih enak menjualnya dan cerbung romance saya di wattpad lagi rame-ramenya, jadi bisa saya manfaatkan buat mengarahkan pembaca ke Karya Karsa.

Baca Juga: Komik Mak Irits di KaryaKarsa



Bagaimana cara menulis di Karya Karsa? Banyak yang menanyakan saya hal ini. Bar nggak bolak-balik jawab, sekalian saya tulis saja di blog ya. Bismillah komisaris KaryaKarsa haha.

Baca juga: Gajian Pertama di KBM App

Karya Karsa ini beda sama platform online lainnya. Kalau pemain baru mesti agak bingung sama fiturnya, karena saya dulu begitu. Kudu sabar pelajari pelan-pelan apa aja fitur-fitur di KaryaKarsa. Bahkan saya aja udah pernah jualan Karya di KaryaLarsa kalo udah lama nggak posting lupa lagi caranya hahaha.

Oke kita akan jelaskan poin perpoin biar lebih mudah ya.

Syarat Menulis di KaryaKarsa

Pertanyaan ini paling banyak muncul. Pertama gini, di KaryaKarsa kita bukan hanya bisa menjual tulisan, tapi karya apapun, seperti komik, fotografi, musik, dll.

Untuk syarat menulis di Karya Karsa, nggak ada syarat apa-apa. Kamu bebas aja mau posting apa, berapa jumlah katanya, mau dikunci dari bab berapa, mau dikasih harga berapa, bahkan mau kamu jual di platform lain pun bebasss. Tidak ada kontrak apapun antara KaryaKarsa dan penulis. Sistemnya ya seperti titip jual, dengan konsinyasi 10% untuk KaryaKarsa. Besar lho ini bagian untuk penulis.

Persiapan Sebelum Posting Karya

Sebelum posting karya, sebaiknya kamu pikirkan dulu, mau diposting per part, atau perposting ada beberapa part. Lalu tentukan harganya.

Kalau saya, postingan awal adalah bab gratis 1-3. Lalu selanjutnya bab 4 sampai 43 (tamat) total ada 40 bab, saya bagi tiap postingan ada 5 bab. Jadi setelah bab gratis ada 8 bab terkunci (berbayar)

Selain itu bikin juga paket dan voucher sehingga saat posting karya tinggal dimasukkan aja paketnya nati. Penjelasan detail tentang paket ada di bawah ya.

Cara Posting Karya Baru di KaryaKarsa

Untuk posting karya di KaryaKarsa, pertama kamu harus sudah terdaftar alias punya akun di KaryaKarsa. Gampang caranya tinggal sign up terus ikuti instruksinya.

Dari halaman profil, bisa langsung klik tanda + yang ada di bagian bawah. Nanti tinggal diikuti saja step by step.

Di bagian isi, kita disuruh mengisi judul, isilah dengan judul karya. Kaya saya misalnya, dalam satu postingan biasanya berisi beberapa bab cerita, jadi judul saya tulis Bila Jodoh Part 1-3 (Gratis)  nanti seterusnya sesuaikan bab berapa.

Bagian bawah judul, kamu diminta posting foto, nah foto itu nanti akan menjadi cover postingan. Ukurannya berapa? Yang tertulis sih rekomendasinya 600x600. Dicoba aja. Di bagian bawah kolom foto, bisa kita tuliskan pengantar menuju tulisan terkunci. Misal teasernya, atau panduan kalau mau unlock karya di part ini bagaimana caranya. Baru halaman setelahnya kita isi tulisan yang hanya bisa dibaca setelah pembaca membuka gembok.

Halaman selanjutnya mengisi harga, silakan diisi mau dijual berapa. Kalau mau digratiskan, klik bagian bawah yang warna merah bertuliskan FREE.  Kalau mau kasih harga sendiri yang nominalnya tidak tertera di situ, bisa juga, minimal IDR 2000 ya.

Oh iya di bagian atas kolom harga satuan ada opsi paket, itu bisa kamu isi kalau kamu sudah membuat paket. Misal saya, bikin paket hemat ful part. Jadi tiap unggahan yang saya masukkan di paket itu, akan terbuka gemboknya jika pembaca sudah membeli paket. Nanti kita akan bahas lagi mengenai paket ini  tersendiri ya.


Saat memasukkan karya akan ada opsi ini


Bagaimana Menentukan Harga Jual di KaryaKarsa

Mungkin bayak yang bingung bagaimana menentukan harga jual karya, enaknya saya jual berapa. Kalau saya, menyesuaikan dengan harga umum di pf lain. Misal di KBM 1.500 per bab yang dikunci, jadi saya ngitungnya keseluruhan part kalau diunlock harganya sama atau mendekati lah dengan KBM. 

Di KaryaKarsa minimal harga IDR 2000. Karena saya pikir kemahalan kalau satu bab dua ribu, jadi saya buat satu postingan lima bab. Harganya mulai dari 4K sampai 10K perpostingan yang terdiri dari 5 bab cerita.

Membuat Harga Paket

Kalau kamu masuk ke halaman dasboard, kamu akan menemukan opsi PAKET.  Saya memilih membuat paket-paket harga khusus. Misal Paket Full Part Bila Jodoh. Jadi di paket ini ada semua bab novel Bila Jodoh. Kalau orang membeli paket ini bisa mengakses semua part cerbung Bila Jodoh. Harga tentu saja saya buat lebih murah daripada jika membeli eceran part per part.

Next akan ada paket cerbung judul lain dan gabungan dua cerbung (membeli langsung dua cerbung). Nah kalau orang-orang ada juga yang bikin paket kaya begini, Traktir kopi, Beli Laptop, Beli Beras ya yang semacam itulah. Dulu saya juga sempat bikin begini tapi saya pikir kayaknya lebih enak kalo paket diisi dengan paketan harga karya aja biar lebih jelas dan terarah.

Cara membuat paket

Membuat Voucher Diskon

Ada opsi voucher di halaman dasbor. Fungsinya apa? Kita bisa bikin voucher diskon sendiri. Seperti saya bikin voucher diskon dengan kode BilaJodoh5K. Nanti bisa diatur voucher itu khusus pembelian apa, kalau saya khusus untuk yang membeli paket full part. Terus ada settingan lagi, berapa kuota voucher yang disediakan. Saya menyediakan 10 voucher jadi hanya sepuluh orang yang bisa menggunakan. Setelah itu voucher tidak bisa lagi digunakan. Kita bisa pakai voucher ini untuk bahan promosi juga lho!

Buat voucher bisa jadi cara untuk promosi

Fungsi Kategori

Saat memasukkan karya, nanti di halaman yang ketiga, di bagian penentuan harga, ada opsi kategori. Cek bagian bawah ya. Nah kategori itu fungsinya untuk mengelompokkan cerita. Jadi isilah kategori itu dengan Judul Cerita. Biar memudahkan pembaca kalau mau mencari part judul itu akan keluar semua ketika diklik.

Cara membuat kategori, ketik aja di kolom kategori, kalau sudah klik enter. 


Jadi, catat ya kategori itu BUKAN genre cerita atau hastag. Fungsinya hanya untuk mengelompokkan bab. Karena di Karya Karsa ini beda dengan wattpad. Kalau wattpad kan ada folder khusus tiap buku ya. Misal Buku A kalau kita mau nulis lanjutannya ya masuk dulu ke folder buku A. Tapi di KaryaKarsa tidak ada. Kalau kamu klik semua karya akan muncul semua judul berurutan sesuai waktu posting.  Nah di sebelah tulisan semua karya  nanti akan muncul judul kategori, kalau diklik Bila Jodoh yang punya saya misalnya, semua part Bila Jodoh akan muncul di situ tidak bercampur dengan cerita lain.



Bagaimana Cara Mendapatkan Pembaca di Karya Karsa

Menurut saya, satu kekurangan KaryaKarsa adalah tidak menampilkan karya kreator di beranda. Di Karya Karsa Feed hanya ada opsi karya populer dan cari kreator. Jadi seolah-olah kalo pengunjung masuk sana, harus udah tahu kreator mana yang pengen didukung. Sementara kalau yang diklik karya populer yaa hanya karya populer aja yang keluar yang dukungannya udah banyaak. Lalu bagi kita yang masih pemula gimana dong.

Beda dengan wattpad yang di halaman depannya terpampang judul-judul novel. Novel romance saya di wattpad setelah tamat bisa mendatangkan viewer lebih dari 200K padahal saat itu saya nggak promo apa-apa. 

Di KBM juga memungkinkan karya kita dipajang di beranda meskipun masih karya baru yang belum populer. Mudah-mudahan bagian ini dibaca tim KaryaKarsa agar bisa memberi fitur yang nyaman buat pembaca dan bisa ikut mempromokan karya para creator.

Jadi menurut saya, untuk mendapat pembaca dari KaryaKarsa cukup sulit, tapi kita bisa mencari pembaca dari tempat lain untuk diarahkan memberi dukungan di Karya Karsa. Misal dengan posting spoiler di grup FB pembaca-penulis, lalu nanti bisa kita kasih keterangan full part bsa dibaca di Karya Karsa. Bisa juga promo di FB, IG, twitter, tiktok, status WA, tentu saja dengan menyertakan link KaryaKarsa kita. Kalau post di IGS jangan lupa tag KaryaKarsa karena biasanya akan direpost admin, lumayan buat promosi.

Jadi Apa Kelebihan KaryaKarsa dibanding Platform Lain?

Kelebihannya menurut saya, pertama nggak harus instal aplikasi. Banyak calon pembaca urung lanjut baca ke pf karena katanya HP nya kentang, memori full ga bisa donlot app lagi. Nah pembaca kaya gini arahkan aja ke KaryaKarsa. Yang kedua, bagi penulis jualan di KaryaKarsa itu fleksibel tanpa ada kontrak. Selain itu bisa menentukan harga sendiri, mulai dari dua ribu (harga minimal) sampai terserah mau kasih harga sejuta juga boleh kalo yakin ada yang beli haha.

Baca juga: Membaca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Bagi hasil buat penulis besaaar 90%. Bandingkan sama pf lain belum ada saya temukan yang sebesar ini bagi hasilnya. Pencairan dana bisa kapan saja, minimal 5 hari setelah pemberian dukungan. Jadi misal kita dapat dukungan 50K hari ini, bisa ditarik setelah lima hari. Ohya nilai penarikan dana minimal 100K ya. Kalau belum 100K kumpulin dulu sampai dapat segitu.

Gimana? Sudah cukup paham cara menjual karya di KaryaKarsa. Bisa cek-cek dulu KaryaKarsa Rahmi Aziza untuk referensi ya... Kalau ada yang mau ditanyakan DM instagram @rahmi.aziza aja ya. Atau perlu dibikinin video tutorial KaryaKarsa nih? Haha.

5 comments:

  1. Makasih Mbaaa Rahmi mayan memberikan wawasan nih platform Karya-karya. Sukses mba Rahmi, bikin terus memotivasi. Belum pernah buka websitenya diriku.

    ReplyDelete
  2. Putri Melati_123
    Terima Kasih banyak, Kak.

    ReplyDelete
  3. Putri melati_123

    Terima kasih banyak, KakšŸ„°

    ReplyDelete
  4. Mau juga videonya biar lebih jelas

    ReplyDelete
  5. Sudah.... Duh jadi gatel Mau ikut nulis deh kak ami wkwkkw

    ReplyDelete