Thursday, May 20, 2021

Membaca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Siapa yang hobi baca novel online ngacuuung!!!

Dulunya saya agak malas baca novel online, lebih suka baca novel dalam bentuk buku. Tapi setelah dilakoni, baca novel online asik juga ya hahaha. Ragamnya buanyaaak, dan bisa dibaca gratis. Paling ngga meskipun berbayar, ada beberapa part yang bisa dibaca gratis. Kalo suka ceritanya lanjut meski harus beli koin, kalo ngga suka yaudah tinggal. Semacam ada tester gitulah.



Dengan maraknya platform baca novel online, saya jadi tergerak juga untuk mewujudkan impian saya dari jaman baheula, nulis novel. Saya masih lebih pede menyebutnya cerbung ding, karena belum tamat. Nanti kalo udah tamat baru bisa disebut novel ya hihihi.

Salah satu cara promosi novel yang saya lakukan adalah dengan posting part demi part di grup FB pencinta novel. Part awal-awal saya posting utuh. Mulai part 10 saya posting cuplikannya saja. Dan selalu saya arahkan pembaca untuk lanjut baca di platform kbm app atau wattpad. Tempat saya menerbitkan novel online.

Tapi rupanya banyak diantara mereka yang ngga mau baca di platform, salah satunya karena ngga punya aplikasinya. Mau download, mungkin memorynya udah full kali yah.

Nah di sini saya mau kasih tahu kalo kamu  bisa baca novel online tanpa aplikasi di wattpad maupun kbm app.

Baca Novel di Wattpad Tanpa Aplikasi

Novel wattpad bisa kamu baca lewat browser. Meski kamu ngga punya akun wattpad, kamu tetep bisa baca novel di situ kok. Tapi kalau ngga punya akun atau ngga login, kamu ngga bakal bisa follow penulis, vote cerita, dan komen.

Jadi sebaiknya meski kamu tdak instal aplikasi wattpad, kamu punya akunnya jadi bisa mensupport penulis lewat komen dll.

Cara daftar akun wattpad juga mudah kok, syaratnya punya email aja, nanti tinggal ikuti instruksinya. Saya yang gaptek ini aja bisa, pasti kamu lebih bisa :D

Jadi yuk baca novel saya Dijodohkan dengan Adik Suamiku di Wattpad. Jangan lupa follow, vote semua bab dan komen ya biar saya tambah semangat lanjutin cerita. Alhamdulillah sampai artikel ini ditulis udah ada 4,5K views untuk 11 part cerita romantis komedi yang sudah saya terbitkan.

Baca Novel di KBM app Tanpa Aplikasi

Baca novel di KBM app juga bisa dilakukan tanpa instal aplikasi. Buka aja web kbm.id nanti klao ada opsi buka dengan aplikasi atau browser, pilih yang browser. Kalau mau baca novel saya klik langsung DIJODOHKAN DENGAN ADIK SUAMIKU.

Novel saya di KBM novel romantis tapi InsyaAlloh aman, ga ada yang aneh-aneh, anak remaja bisa lah baca. Niat saya bikin novel romantis ini juga salah satu challenge buat diri sendiri gimana menciptakan adegan romantis tanpa harus sentuhan fisik.

Sayangnya, meski kita sudah login, kalau bacanya lewat browser kita ngga bisa subscribe dll lewat browser, harus pakai aplikasi. Saya belum bisa login lagi sih lewat browser, karena password salah muluk dan ga ada opsi lupa password. Sepertinya cara satu-satunya adalah japri admin hehe.

Nah, jadi sekarang udah tahu kan, baca novel online tanpa instal aplikasi itu bisa. Saya cuma tulis dua platform tempat saya menerbitkan tulisan, platform lainnya ga saya ulas.

So jangan nunggu baca novel gratisan di facebook doang ya. FB itu sebenarnya cuma buat promo. Para admin juga banyak yang menyarankan jangan dipublish full kok di FB karena rawan pembajakan juga. Meskipun kalo niat bajak sih ya, mau diprotect kaya apa juga, misalnya gabisa diblock lalu copas ya tetep aja bisa ditulis ulang kan hehe.

Bismillah aja deh, berkarya kalo banyak ketakutan ntar malah ngga jadi-jadi berkarya. Setiap apa yang kita lakukan pasti ada resikonya. Harus berani menghadapinya.

No comments:

Post a Comment