Monday, January 4, 2021

My Lecturer My Husband, Serial Indonesia Rasa Korea. Benarkah?

Bismillah 

Ada yang sedang viral nih, serial Indonesia My Lecturer My Husband, yang katanya merupakan serial Indonesia rasa Korea. Serial ini kabarnya pendek aja cuma 8 episode. Ngga kaya sinetron Indonesia kebanyakan. 

Karena rame di temlen plus yang ngobrolin juga termasuk bukan penggemar sinetron pada umumnya, saya langsung kepo, kayak apa sih serialnya.



Web series My Lecture My Husband tayang di We TV ya gengs. Udah sampe eps 6 untuk akses VIP, tapi bisa juga ditonton gratis sampai eps 4. Karena saya belum langganan We TV jadi saya baru nonton sampai eps 4. 

Dari 4 episode ini saya pegen coba bikin review My Lecturer My Husband. Oya serial web ini diangkat dari novel wattpad karya Gitlicious dan diproduksi oleh MD Entertainment.

Dari judulnya udah keliatan dong, ceritanya bakal kaya gimana. Dosenku suamiku. Ceritanya, Inggit punya dosen yang ngeselin banget di kampus, pelit ngasih nilai dan orangnya ketus abis, ngeselin lah pokoknya. Suatu hari Papa Inggit sakit, masuk RS. Permintaan Papa, igin melihat Inggit menikah. Inggit meminta pacarnya untuk datang menemui Papa supaya Papa merasa lega anaknya sudah punya calon suami, tapi pacar Inggit belum siap. Akhirnya Inggit setuju dijodohkan dengan lelaki pilihan Papa yag ternyata adalah Pak Arya, dosen yang dibenci Inggit. 

Pak Arya dan Inggit menikah dengan perjanjian yang salah satunya berisi Pak Arya akan melepas Inggit jika pacar Inggit siap menikahi Inggit. 

Sebenarnya model cerita kaya gini klise banget ya gengs, udah banyak dipakai di drakor tapi ya tetep banyak yang suka. Banyak juga sih drakor yang jalan ceritanya klise tapi tetep banyak aja yang nonton. Jadi menurut saya banyak orang ngga terlalu memperhatikan cerita, alur dll, selagi bisa mengemas dengan apik, klisepun tak masalah. 

Berdasarkan pengamatan saya di temlen socmed, serial ini sepertinya cukup sukses membuat baper penoton. Pak Arya yang memang dari segi usia jauh lebih dewasa suka godain Inggit yang manja dan kekanakkan degan cara yang cool tapi menggelitik. 

Lalu gimana kesan saya sendiri setelah menonton My Lecturer My Husband sampai episode 4? Apakah benar My Lecturer My Husband seperti drama Korea?

Menurut saya sih, serial ini cukup lucu, Reza Rahardian memerankan Pak Arya degan baik. Akting Prilly sebagai Inggit juga cukup menggemaskan. Tapi kalo dibilang baper, saya ngga ngerasa sampe begitu sih. Biasanya kalo baper saya bakalan ngulang nonton sampai beberapa kali, udah gitu bakal nyari behind the scene nya di instagram, ngepoin pemain-pemainnya, tapi kali ini ngga. 


Kalau ditanya apakah mirip drama Korea? Ya drakor yang mana dulu. Ngga semua drakor saya suka dan bagus menurut saya. Ada drakor yang orang suka setengah mati, rame dibahas di socmed tapi bagi saya B aja. 

Secara visual menurut saya masih kurang. Visual ini tampilan layar ya, kaya pencahayaan dll. Karena saya orang awam saya ngga tau sih bahasa teknisnya. Tapi coba deh kalo dijejerin drakor sama serial ini. Visual serial Indonesia ini masih perlu ditingkatkan lagi, hmm mungkin paling ngga kaya film layar lebarlah. Amati aja sesama Indonesia, serial/sinetron dengan film, visualnya pasti beda. 

Lalu secara karakter. Serial My Lecture My Husband sejauh ini hanya berfokus pada tokoh utama saja yaitu Pak Arya dan Inggit. Sementara di drakor seringkali ada pemeran figuran yang karakternya cukup kuat dan memikat hati penonton juga, sehingga tidak monoton.


First lead maupun second lead di serial My Lecture My Husband ini karakternya dibuat sama-sama oke. Pak Arya yang dewasa, sikapnya suka ngeselin tapi sebenarnya sangat perhatian. Sementara Tristan pacar Inggit lembut dan baik hati. Kalo di drakor kedua pemeran cowok akan merebut hati penonton dan membuat kubu, tim Arya dan tim Tristan. Tapi bagi saya pribadi, serial ini kurang berhasil mengangkat karakter Tristan, baik sih tapi ya biasa aja. Menurut saya kok orang-orang tetep ke tim Pak Arya, apa ada yang di tim Tristan? 

Coba bandingkan dengan drakor Go Back Couple. Saya tetep mendukung dong suami istri Ma Jin Joo dan Ban Do balikan lagi, tapi second leadnya si Namgil asliii bikin baper abiss. Suka banget dengan perhatian Namgil ke Jin Jo. Nah feel yang kaya gini ngga saya dapat di My Lecture My Husband. 


Yang terakhir soundtrack. Ini yang menurut saya paling NGGA BANGET. Jadi kan tiap episode kalo kita nonton pasti bakalan masuk ke cerita dulu dikit, habis itu soundtrack. Nah soundtracknya itu sama sekali ngga pas dan tidak meggambarkan isi serial yang bergenre romantic comedy, kaya serius gitu. Jadi habis kita ketawa-tawa nonton serialnya, tiba-tiba soundtrack diputar langsung kaya... apaan sih ini ngga asik banget, mood nya beda banget.

Salah satu cuplikan soundtrack nih, kurang pas dengan genre


Liat soundtracknya kok inget sinetron jadul HARTA dan TAHTA ya hahaha. Lagunya kaya yang serius banget cocoknya kalo jadi lagu pembuka film Ayat-Ayat Cinta dan semacamnya deh. Trus cuplikan-cuplikan gambar di soundtracknya juga kaya kaku banget sih menurut saya. 

Alangkah lebih bagus kalo musiknya cari yang lebih ceria mengingat ini memang serial lucu kan. Lalu cuplikan videonya juga yang menggambarkan isi cerita bisa mungkin potongan kejadian lucu di serialnya. 


Nah itulah review My Lecturer My Husband, nilai plus maupun minusnya. Ceritanya cukup lucu dan menghibur, minusnya juga ada menurut saya, seperti yang udah saya ulas di atas.

Tapi bagus banget sih Indonesia mulai lagi membuat serial yang semacam ini. Supaya serial di Indonesia bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri. Sukur-sukur bisa mendunia juga suatu saat nanti kaya drakor. Aamiin... 

Review ini bisa jadi beda dengan penilaian kalian, namanya juga selera kan. Moga berkenan dan tolong jangan dibully hahahah.

6 comments:

  1. Aku sudah ngikutin sampai 6, Mbak. Ya, gara-gara penasaran, kok heboh banget. Menurutku, ya, biasa saja. Karena Reza aja yang meranin makanya aku semangat nonton. Dan soal soundtrack, kok sama, hahaha, kurang klik, ya. Malah kayak drama kolosal zaman bahulak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat lucunya doang. Bapernya blas ngga ada xixixi. Soundtrack kudunya yg lebih cheer up yaa

      Delete
  2. Aku sudah ngikutin sampai 6, Mbak. Ya, gara-gara penasaran, kok heboh banget. Menurutku, ya, biasa saja. Karena Reza aja yang meranin makanya aku semangat nonton. Dan soal soundtrack, kok sama, hahaha, kurang klik, ya. Malah kayak drama kolosal zaman bahulak banget.

    ReplyDelete
  3. Aahh.. Mirip my little bride, ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cuma my little bride ini gurunya ngga galak ya

      Delete