Thursday, November 12, 2020

5 Hal yang Perlu Diingat Saat Membuat Video Slideshow

Bismillah, Assalamu'alaykum temans. Jaman sekarang content creator makin canggih dan kreatif ya. Blogger aja kalo bikin blog post ngga hanya sekedar membuat tulisan yang bausg, tapi disesrtai juga dengan foto yang oke, infografis bahkan video, salah satunya video slideshow.

Video slideshow kini menjadi sebuah media untuk bercerita yang baru yang banyak dipakai orang. Kini, dengan semakin berkembangnya internet, konten juga semakin berkembang, termasuk video slideshow.

Video slideshow sendiri sering kali digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Apakah itu untuk keperluan pribadi atau untuk acara spesial. Contohnya pesta ulang tahun, pertunangan, pernikahan, bahkan hingga acara reuni teman sekolah masa lalu.

Hanya saja, sama seperti membuat konten lainnya, video slideshow juga tidak bisa dibuat sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat video slideshow. 

Karena, jika dibuat secara asal-asalan, video slideshow akan menjadi kurang menarik dan malah membosankan untuk ditonton. Padahal, video slideshow yang dibuat susah payah seharusnya menyenangkan dan menarik untuk ditonton banyak orang.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat video slideshow keren yang menarik banyak orang.

1. Gambar Resolusi Tinggi


Pastikan untuk selalu menggunakan gambar, video, atau foto beresolusi tinggi di dalam video slideshow. Hal ini agar nantinya gambar, video, foto, atau media lainnya bisa dilihat dengan jelas oleh banyak orang. 

Menggunakan media yang beresolusi rendah akan menjadikan video slideshow sulit untuk ditonton. Terlebih karena nantinya gambar tersebut akan terlihat pecah-pecah, kabur, dan tidak jelas.

2. Tambahkan Musik



Biasanya video slideshow ditujukan untuk mengisi sebuah acara, atau menggambarkan cerita. Dan ini semua bisa semakin optimal jika ditambahkan dengan musik. Gunakan musik dengan nuansa gembira untuk video acara ulang tahun. Sementara untuk acara pernikahan atau pertunangan, kita bisa menggunakan musik yang romantis. Atau kita juga bisa menggunakan musik juga lagu yang sempat hits di masa sekolah ketika menayangkan video slideshow di acara reuni.

Yang pasti musik yang digunakan harus relevan dengan isi dari video slideshow sendiri. Pastikan juga volume suara musik tidak terlalu kencang dan tapi tetap bisa terdengar jelas. Jika di dalam video slideshow ada dialog atau suara dari video, pastikan suara musik tidak mengalahkan suara video tersebut.

3. Tambahkan Teks


Menambahkan teks atau tulisan di dalam video slideshow juga bisa menambah cerita dari video itu sendiri. Dengan adanya teks, kita bisa tahu informasi di balik foto-foto yang sedang ditayangkan. Teks yang ditambahkan juga bisa berupa kata-kata mutiara di dalamnya. Sehingga bisa menambah sentuhan elegan pada video.

Hanya saja, jangan sampai menambahkan terlalu banyak teks. Pastikan teks mudah dibaca, dan menggunakan font yang jelas.

4. Pakai Aplikasi Editing Yang Mudah


Software editing video biasanya membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Hal ini karena biasanya software tersebut memiliki banyak peralatan yang detail. Tapi tidak perlu khawatir karena saat ini ada situs desain video slideshow gratis yang mudah digunakan. Tidak hanya itu, aplikasi editing ini juga memiliki banyak fitur. Di antaranya adalah fitur template, sehingga kita tidak perlu mengedit dari nol.

5. File Tidak Rusak


Terakhir, pastikan bahwa file yang disimpan tidak rusak. Kita perlu menyimpannya dalam format yang tepat pula untuk channel yang tersebut. Misalnya, jika untuk ditayangkan di laptop, maka kita perlu memilih format .mp4, .mov, atau format lain yang mendukung itu semua. Namun jika kita akan menyebarkannya di media sosial, kita perlu tahu format apa yang didukung oleh media sosial tersebut. Dari sana, kita bisa menyimpannya sesuai dengan format yang diminta oleh media sosial tersebut.

No comments:

Post a Comment