Monday, December 7, 2020

Review Collabox Creative Hub Coworking Space di Semarang

Bismillah, udah lama mau review Collabox semenjak saya coba sewa ruangan privat collabox Semarang untuk meeting, tapi ga jadi-jadi muluk, malah hanya jadi videonya doang.

Baiklah kali ini setelah meeting di Collabox yang kedua saya tuliskan review Collabox Creative Hub yang menyediakan Coworking Space di Semarang, cocok untuk tempat meeting di Semarang, tempat workhsop maupun tempat pameran di Semarang.

Ruang privat untuk meeting

Jadi, kemaren itu salah seorang teman penulis, Mas Tony Trax, penulis komik anak Islami Real Masjid menginisiasi pertemuan untuk ngobrolin soal kepenulisan. Minta dicarikan ruangan dengan kapasitas 7 orang.

Sebelumnya kami udah pernah pakai Collabox, emang tempatnya asik, nyaman banget dan instagramable. Tapi saya pengen coba-coba cari yang lain. Kali ada yang senyaman itu tapi lebih murah xixixi. Akhirnya saya mencari daftar coworking space di Semarang atau tempat yang menyediakan jasa sewa ruang privat di Semarang.

Salah satu spot instagramable

Ada dua coworking space di Semarang yang saya intip selain collabox. Iya mengerucut dua, karena lainnya udah cek tarif cukup mahal. Ga usah disebut apa lah ya, kalo mau tahu DM aja. Kalo mau tempe beli sana di kang sayur xixixi.

Nah 2 coworking space selain collabox ini biaya sewa ruangannya diitung-itung lebih murah dari collabox. Saya kasih tahu dulu ya rate collabox, per orang per 3 jam itu 30ribu sementara saya butuh 6 jam sehingga kena tarif 55 ribu perorang. Dengan tarif segitu kita dapat minum infuse water sama kletikan 2 jenis. Tapi masih harus bayar sewa proyektor sebesar 100ribu dan papan tulis 25ribu.

Baca juga: Review Genius Idea Semarang Coworking Space

Sementara itu coworking space lain sebut saja B dan C ya. Si B sewa ruangan privat kapasitas 10 orang, enam jam bisa disewa dengan harga 480ribu (katanya harga diskon) udah termasuk proyektor. Sementara si C, ruangan private kapasitas 10 orang sewa 50ribu perjam jadi kalo enam jam cuma 300 ribu, lengkap dengan kapasitas proyektor, lebih murah lagi ya...

Awalnya udah mau ke coworking space yang C karena murah, tapiiii ternyata di sana ngga dapet makan minum, sementara harga makanan di sana cukup mahal dan gaboleh bawa makanan dari luar. Ruangannya juga sempit, saya pikir agak kurang aman di era pandemi gini.

Mau pilih B tapi WA saya ga dibalas, karena selisih ga beda jauh jatuhnya sama Collabox, akhirnya saya balik lagi pilih Collabox. Udah pernah pengalaman sewa ruangan privat nyaman di sana, tempatnya luas, dan udah dikasih menu-menu makanan yang dijual, harganya juga terjangkau. Seperti teh panas satu teko cuma 15 ribu, mendoan seporsi cuma 5 ribu. Ada indomi, burger, dan salad juga.

Oh ya sempat kepikiran di sebuah rumah makan yang mempunyai ruang privat di Semarang. Saya pernah menggunakan rumah makan tersebut untuk acara ulang tahun kantor. Ruang privat bisa digunakan gratis hanya membayar makan saja. Tapi ternyata kalau pakainya 6 jam ada charge sebesar 450ribu buat ruangan. Yaa auto mundur laah... karena diitung sama aja dengan Collabox, jadi pilih Collabox karena suasana di sana pasti lebih tenang daripada susana di rumah makan.

Ruang bawah yang terbuka. Cocok juga buat tempat workshop mini.

Collabox ini mempunyai ruangan umum yang terbuka di lantai 1. Jadi kalo kita ke sana sendiri bisa menggunakan ruang ini. Tempatnya nyaman dan dekorasinya cantik. Tersedia juga buku yang bisa kita baca-baca di sana.

Di bagian depan juga ada sebuah ruangan yang cocok sebagai tempat pameran mini atau tempat workshop di Semarang. Sementara di lantai 2 ada beberapa ruangan privat yang disewakan untuk meeting. Kapasitas ruangan meeting cukuplah untuk 15 orang, tapi kalo di era pandemi jangan banyak-banyak yah, kapasitasnya harus dikurangi biar merasa lebih aman dan nyaman.


Ruang depan ini cocok untuk tempat mini exhibition

Kamar mandi ada di lantai bawah maupun atas. Tapi lebih nyaman kamar mandi yang di lantai atas karena lebih luas. Ada mushola kecil di bawah tangga. Kurang nyaman sih karena tempatnya terbuka gitu, dan dilewat-lewatin orang yang naik turun tangga kan, terlalu kecil juga. Jadi kemarin yang laki-laki pada sholat di depan Collabox karena ada masjid. Yang perempuan tetep sholat di mushola Collabox karena malas nyebrang-nyebrang. Semoga bisa bikin, mushola yang lebih nyaman lagi ya..


Tempat parkir cukup luas lah, bisa buat motor maupun mobil. Tempatnya juga berada cukup dekat dengan pusat kota. Tepatnya di jalan Indraprasta No.74, Pendrikan Kidul. Depan SMK Muhammadiyah.

Nah itu tadi review coworking space di Collabox Semarang. Kalau kamu butuh tempat meeting di Semarang, mau sewa private room atau mau butuh tempat pameran dan tempat workshop di Semarang Collabox menurut saya rekomended.

1 comment:

  1. Wah aku pengen review juga ah tapi pinjam fotonya Mi hihihi..enak juga ya meeting di sini..coba dekat dari rumah...

    ReplyDelete