Monday, November 30, 2020

Gambar Digital Praktis Paperless dengan Pen Tablet dan Pen Display

Siapa nih yang hobi gambar, atau bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi? Pernah ngalamin ngga jaman, gambar masih di atas kertas. Gambar dulu pakai pensil, kalo udah dirasa bagus tebelin pakai drawing pen, habis itu diwarnain manual, ato kalo mau diwarnain digital pakai komputer, di scan dulu, diwarna pakai bantuan mouse. Sungguh jalan yang panjang dan berliku sekaligus ribet hahaha....

Menggambar dengan alat gambar digital lebih praktis

Kalo cuma gambar buat konsumsi pribadi, for having fun sih ga apa-apa ya. Tapi kalau untuk keperluan pekerjaan, udahlah prosesnya ribet, dikirim ke klien, ada revisi pulak. Tip ex mana tip x hahaha...

Sebagai istri seorang komikus saya menyaksikan sendiri sih keribetan ini. Dulu ya, saya suka diajak suami (pas masih calon sih), ke rumah temennya, anterin gambar untuk ditinta sama temennya. Jedi gambarnya di kertas gedee banget kaya karton gitulah. Bawanya pakai drafting tube alias tabung penyimpan kertas yang bentuknya tabung panjang dari plastik itu loh. Nah nanti kalo sama temennya udah ditinta, diambil lagi buat diwarna atatu dikirim ke klien.

Jaman dulu masih pakai alat gambar konvensional

Semenjak tahun 2007 suami beralih ke alat gambar digital. Suamik memakai pen tablet  wacom bamboo, yang sekarang type bamboo udah ngga keluar lagi berganti dengan seri lainnya. Padahal yah kalo baca-baca sejarah wacom, wacom ini udah berdiri semenjak tahun 1983 dan di tahun 1984 meluncurkan tablet pertama di dunia yang digunakan untuk pena elektronik tanpa tali, dengan nama “WT-460M”. Kenapa ngga dari duluuu gitu ya pakai drawing tabletnya, kok nyari repot amat hahaha. Alhamdulillah pen tablet yang digunakan suami sejak tahun 2007 masih aweet sampe sekarang.

Ada beberapa kelebihan menggambar digital dengan pen tablet atau pen display dibanding menggambar manual dengan media kertas.




1. Paperless. Tidak menggunakan kertas sama sekali. Dengan begini kita menghemat dana pembelian kertas, belum lagi beli pensil, drawing pen, penghapus, dan tip-x hahaha. Di samping itu juga ramah lingkungan. Kertas dibuat dari kayu. Dan info yang pernah saya baca, 40% hutan di Indonesia yang hilang ternyata digunakan untuk produksi pulp dan kertas. Memang sih kertas bisa didaur ulang, akan tetapi coba renungkan, setiap hari kertas diproduksi dan digunakan, sementara penanaman pohon belum tentu setiap hari dilakukan, belum lagi jangka waktu penanaman sampai dengan tanaman siap untuk ditebang memakan waktu puluhan tahun.

2. Lebih praktis. Dengan menggambar menggunakan pen tablet, kita bisa langsung simpan gambar di komputer, tidak perlu repot menyecan gambar. Jika ada kesalahan gambar juga bisa dihapus dengan mudah.

3. Nyaman di genggaman. Menggunakan pen tablet rasanya seperti menggunakan pensil atau pulpen biasa saja, ya karena bentuknya berupa pen. Gambar digital pakai mouse bisa-bisa saja, tapi tentu saja tidak nyaman digunakan.

Semenjak tahun 2015 Papillon studio, yang merupakan studio ilustrasi dan rumah produksi komik di Semarang membuka lini bisnis berupa Toko Pen Tablet Semarang Papillon Store. Papillon jual pen tablet wacom dan jual pen tablet huion murah.

Selain pen tablet, ada juga alat gambar digital bernama pen display. Apa perbedaan pen tablet dan pen display? Untuk pen display, kamu bisa langsung menggambar di layar tablet, sedangkan pen tablet hanya digunakan untuk media pengganti mouse dan hanya dapat melihat hasil gambar di layar laptop atau pc.


Berapa harga pen tablet? Apakah mahal? Ngga kok, kalau kamu cari harga pen tablet di bawah satu juta ada one by wacom CTL-472.

Harga wacom CTL-472 hanya 800 ribu saja. Atau kamu bisa pilih huion 640P. Harga huion 640P hanya 750 ribu, lebih murah lagi kan.


Kalau posisi kamu di luar Semarang, mencari toko jual pen tablet Sulawesi, jual pen tablet Sumatera, jual pen tablet Kalimantan, jual pen tablet Bali, Papillon store juga jual pen tablet online di Shopee maupun Tokopedia. 

Papillon Store
Toko Pen Tablet dan Toko Komik Anak Islami

Jalan Klipang Golf view
Ruko no.B3, Klipang
Kodya Semarang
Jawa Tengah - Indonesia






20 comments:

  1. wah asik ini ya mbak, bisa langsung disimpan di komputer
    hmm kayaknya beli in buat anakku oke ni, dy suka gambar komik

    ReplyDelete
  2. Lengkap nih keterangannya! Aku sampai skarang ga jadi beli bamboo atau wacomm eh sekarang juga ada XP pen dan kayaknya lebih menarik lagi yang pen tablet aja ya

    ReplyDelete
  3. Wah, tak pikir mahal harganya ya, ternyata tyda lho. Buat anakku boleh deh nih, dia suka gambar-gambar

    ReplyDelete
  4. Buat pehobi gambar, sekarang bisa berkreasi seluas-luasnya ya Mbak. Menyalurkan hobi gak pakai ribet lagi. Meja di rumah gak perlu dengan sebaran kertas dan pensil atau tinta pewarna lagi..Yang mau belajar gambar pun dengan pen tablet, jauh lebih praktis

    ReplyDelete
  5. Wahh,berkat kecanggihan teknologi jadiebih praktis dan ringan kerjanya Alfa dkk ya, bayangin kalau kudu manual kapan selesainya, harganya pun nggak mahal..semoga laris manis miii...

    ReplyDelete
  6. Saya suka banget liat proses orang yang menggambar, apa ya keren aja gitu. Hehehe :D Bagi yang suka menggambar tentunya pen tablet ini solusi banget ya mak, bisa paperless, menggambar juga jadi lebih asik. Mantap nih Papillon Storenya ada di e-commerce jadi bisa dijangkau seluruh Indonesia ya.

    ReplyDelete
  7. Jadi ini bener2 buat gambar aja ya mbak? Gak ada fungsi lain untuk komunikasi kaya tablet pd umumnya? Harganya terjangkau ya

    ReplyDelete
  8. Noted infonya. Anak kedua saya senang banget menggambar. Jadi suka juga memperhatikan berbagai tools untuk menggambar. Sambil sedikit demi sedikit melengkapi kebutuhannya

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku lagi hobby bikin komik nih Mak. Kayanya enak juga ya gambar pakai tab yang paperless gini. Pasti lebih ramah lingkungan dan bisa lebih produktif karena praktis dan dibawa kemana mana.

    ReplyDelete
  10. Dulu gak pernah kepikiran untuk gambar digital, tp skrg mau gak mau harus suka ya, krn emang jamannya skrg serba digital :) krn lebih praktis juga ya

    ReplyDelete
  11. Wah, ini yang biasa dipakai para ilustrator ya. Keren. Aku dulu sering lihat para ilustrator kerja. Takjub deh pake tab pen gitu. Aku nyoba, susah banget. Dan yang ini yang mutakhirnya ya

    ReplyDelete
  12. Ternyata ada yaa pen tablet yang harganya gak sampai 1juta. Jadi pengen beli buat si sulung saya. Bener mbak, pasti menghemat kertas banget nih. Bisa tersimpan rapi pula file hasil gambarnya.

    ReplyDelete
  13. kereen ya memang sekarang gadget yang ada... dan anak - anak aku memang menikmati bangeet

    ReplyDelete
  14. Pengen bangeett..
    Anakku suka gambar. Selama ini kita stok kertas dan hasilnya selalu aku simpan, sampai numpuk. Dan tembok rumah pun uda bisa kebayang doonk....uda jadi galleri lukisan.

    Kalau pakai pen tablet, anak-anak semakin anteng menggambar yaa..

    ReplyDelete
  15. wohoo menarik ya ini bisa banget buat menemani perjalanan atau santai di rumah,, dan paaperless ini benar-benar membantu dan cocok untuk menunjang kehidupan digitaal sekarang ya mba... Anak-anak bakal suka nih

    ReplyDelete
  16. dari dulu nanya pen tablet ini tetap saja belum beli. Anak-anakku belum padahal pengen mumpung masih kecil bisa diarahin ya mak . jadi tambah pengen

    ReplyDelete
  17. Wow Papilon nambah satu lagi divisi untuk menyediakan pen tablet ini ya Mi. Semoga lancar terus nih usaha Papilon, ya orderan komik maupun penyediaan pen tablet.

    ReplyDelete
  18. Lebih ramah lingkungan ya jadinya, perless. Kalau bikin pakai pen digital misal ada revisi-revisi juga gampang ya benerinnya?

    ReplyDelete
  19. Saya jadi kepoin nih webnya Papillon Studios. Lagi pengin belajar bikin ilustrasi, nih. Semoga alat ini bisa membantu, ya. Pas ngecek di Tokopedia ternyata One by Wacom bisa juga untuk Mac OS versi 10.10 ke atas.

    ReplyDelete