Monday, June 4, 2018

Pengalaman Melahirkan di RS Hermina Pandanaran Semarang dengan BPJS Kesehatan

Kalo kemarin udah posting pengalaman melahirkan cesar dengan BPJS kesehatan kali ini mau bahas pengalaman melahirkan di RS Hermina Pandanaran Semarang. Ya semacam review rumah sakitnya gitu, rekomended or not.

Jadi waktu awal kehamilan dan dijelaskan bahwa pada minggu ke 24 bakal dirujuk langsung ke RS, saya sudah mulai menimbang-nimbang enaknya ntar melahirkan di RS mana. Waktu Thifa dulu (anak pertama) saya melahirkan di RSIA Bahagia. Pas Anak kedua (Hana) RSIA Bahagia tutup yang buat rawat inap karena perpanjangan ijin apa gimana gitulah, akhirnya melahirkan di RS Karyadi yang merupakan RS pemerintah. Nah yang ketiga ini, saya pengen pakai dokter yang cewek aja (dua kelahiran sebelumnya ma dokter cowok), trus pengennya di rumah sakit yang ga terlalu gede, biar ga capek jalannya. terpilihlah RS Hermina Pandanaran Semarang. Ini yang pertama kalinya saya periksa ke RS Hermina Semarang.


Setelah memutuskan mau di RS mana, barulah saya menimbang-nimbang mau ke dokter siapa. Awalnya mau ke dokter Prima, tapi ternyata beliau cuti agak lama. Akhirnya saya pilih dokter Widi. Dokternya msih lumayan muda, dan kata beberapa orang yang tau beliau, bagus.
Salah satu temen yang mau melahirkan juga nanya ke saya, gimana melahirkan di Hermina, enak ngga? Enak banget kalo kata saya. Rekomended lah. Kenapa?

1. Welkam banget terhadap pasien BPJS. Pernah dengar kan rumor-rumor yang bilang kalo pasiennya pakai BPJS ntar didiskriminasi, pelayanannya beda, dll. Alhamdulillah sih selama pakai BPJS saya ngga ngalamin yang kaya gini. RS Hermina saya salut banget, karena merupakan RS swasta ternama, cabangnya dimana-mana tapi tetep mau bermitra dengan BPJS. Selain itu mereka juga sangat welkam dan mau membantu banget. Mereka yang nyaranin untuk segera bikin BPJS buat calon baby supaya nanti ngga usah bayar biaya perawatan bayi. Kalo bukan karena disarankan oleh mereka saya mungkin ga kepikiran lo. Perbedaan fasilitas emang tetep ada. Kalo pasien dengan biaya sendiri bisa booking dari jauh hari, dan katanya dapat fasilitas kaya senam hamil gratis, tapi kalo pasien BPJS ngga bisa booking. Ya masih wajarlah ya. Tapi layanan lain-lainnya kayanya tetep sama aja.


2. Bisa daftar kontrol dokter lewat telepon. Saya pernah ngalamin kontrol dokter kandungan yang daftarnya harus langsung TKP. Udah nunggu dokternya datang lama, masih harus antri lagi karena yang duluan datang dari saya juga banyak, eh taunya dokternya mendadak harus bantu operasi jadi praktek dokter terpaksa ditiadakan. Kalo di Hermina kita bisa ambil antrian via telepon. Jadi bisa mengira-ngira dapet nomer berapa, datengnya jam berapa. Kalo tetiba dokter mengubah jadwal praktek, akan di SMS juga jadi ngga kecele.

3. Tempatnya bersih dan nyaman. Di Hermina kemarin saya melahirkan di kelas 2. Sekamar isinya 3 orang, tapi tetep terasa nyaman. Sempet ngintip harga paket lahiran cesar kelas dua. Selama 4-5hari biayanya sekitar 17 juta. WOW banget yess. Pas kemarin Alhamdulillah saya hanya tiga hari udah bisa pulang. Bayarnya cuma 1,1 jutaan untuk perawatan bayi karena waktu itu telat ngurus BPJS calon baby.



4. Fasilitas lengkap. Di Hermina fasilitas lengkap, ada kamar mandi, mushola, kantin, ruang menyusui, dan tempat bermain anak. Dan karena RS nya ga gitu besar, jaraknya deket-deket. Coba kalo di RS yang besar, baru dari parkiran masuk ke ruang pendaftaran aja udah ngos-ngosan haha. Soalnya dulu pengalaman pas lahiran di Kariadi lupaaa banget kalo dari kamar menuju parkiran jauuuh. Beneran lelah ya habis cesar jalan sejauh itu, dikit-dikit saya berhenti. Sampai tukang bangunan yang lagi kerja nyeletuk "Mbaa, kok ga pakai kursi roda." iya yaa kok ga kepikiran, batin saya hihi. Oh iya di Hermina lantai dua juga ada galon air minum jadi bisa isi ulang air gratis, hihhi #emakirits

5. Makanannya enyakk. Dan komplit sesuai asas gizi seimbang #sotoy hihi. Lauknya ayam, pernah juga udang goreng tepung, sayurnya kadang sop, pernah juga semacam capcay. Ada snack juga. Rasanya cucok di lidah.


6. Ibu dan bayi rawat gabung. Dan suster dengan senang hati membantu jika pasien mengalami kendala. Setelah lahir, berdasarkan pengalaman kemarin, bayi didekatkan ke ibu sebentar. Terus bayi dibersihkan dan ditunjukkan pada keluarga lainnya. Setelah saya masuk ruang pemulihan, baru bayi diberikan lagi ke ibunya untuk disusui. Setelah itu bayi dibawa lagi ke ruang perawatan untuk dievaluasi. Setelah sekitar 1-2 jam diantar ke kamar untuk rawat gabung dengan ibunya.Sehari dua kali, pagi dan sore, bayi akan diambil suster buat dimandikan.

7. Langsung didaftarkan buat kontrol sebelum pulang. Biasa kan setelah ibu dan bayi pulang dari RS ntar harus kontrol sekitar semingguan lagi. Nah dari pihak Hermina langsung mendaftarkan. Mencarikan jadwal yang bisa bareng ibu dan bayinya. Jadi kita ga perlu repot telpon-telpon lagi buat kontrol.

Oya mungkin ada yang bertanya-tanya apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan. Kalo di Hermina, pakaian bayi selama di RS akan dipinjamkan. Jadi tinggal bawa pakaian bayi buat pulang aja. Selain itu sebelum bersalin, suster akan memeberi daftar barang yang harus disiapkan buat ibu dan bayi. Bisa dibeli di apotik, tapi kalo udah bawa gaperlu beli lagi. Barang-barang itu adalah: diapers bayi (yes selama di RS baby emang dipakein diapers sekali pakai), waslap sekali pakai (buat nyibini ibu), kendil (buat tempat ari-ari), semprotan tangan disinfektan, pembalut ibu nifas, alas buat tempat tidur (yang atasnya kaya pembalut), termometer bayi. Kemarin yang saya bawa cuma diapers bayi, jadi harus beli yang lainnya.

Bawa juga alat make up simpel kaya bedak sama lipstik. Ntar kalo mau poto momen pertama ma bayik atau ada yang nengokin ajak poto kitanya ngga kucel hahahh. Kalo udah, cetak potonya dibuat model photobook gitu, desain kaya majalah. Kece deh. 


Di Hermina, selama kita dirawat inap juga ada penyuluhan-penyuluhan kaya gimana cara merawat bayi, melancarkan asi, dll. Jadi lumayan menambah pengetahuan terutama bagi ibu yang baru pertama melahirkan ya.

So, kalo ditanya gimana pengalaman melahirkan di RS Hermina Pandanaran Semarang? Menurut saya, nyaman, menyenangkan, rekomended lah buat pasien BPJS.

113 comments:

  1. Wah paket lengkap banget yaaa mbak. Btw itu biaya SC kok mahal banget aku jd gentar huhuuuuuu. Makasih sharingnya, aku jadi afa ide utk bikin list pertanyaan pas survey rumah sakit.

    ReplyDelete
  2. Iyes, laf bgt lahiran di hermina, susternya sabaaar pas aku belajar jalan pasca sc hihihi

    ReplyDelete
  3. Kelas 2 ga pakai bpjs 17 juta. Kalo yg VIP trus brp itu y mbakπŸ˜‚πŸ˜‚ btw selamat yaa mbaaak. Uda lega kalo debaynya uda keluar yaaa... putrinya syantyikkk. Insyaallah besok jad anak shalihah kebanggaan ortu agama nusa dan bangsa. Aamiiin. Makasih buat sharingnya eniwei. Aku jd tambah galon mo lairan di hermina/di oenπŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. VIP dua tingkat di atas kelas 2 bisa dibayangin lah hahaha. Jangan galauu coba tanyain yg dah pernah lahiran di Oen 😁😁

      Delete
  4. Selamat mamami, semoga buah hati mnjadi anak yg sholehah dan sehat selalu amiin. Makasih jg share pengalamannya. Klok dr baca cerita dikau ini mbk mmg recomended yak. Mulai dr pelayanan sampek fasilitasnya pun oke terutama buat pasien yg pakek bpjs.

    ReplyDelete
  5. di kota2 besar rumah sakit bersaing mmberikan pelayanan..
    sementara di kota kami, rumah sakit pada tarik ulur ikut-keluar dari RS yang menerima BPJS..

    ReplyDelete
  6. Aku dulu 2xlairan SC pke BPjS mba. Membantu banget. Meski yang kedua di RS swasta, dan milih kamar yang statusnya naik kelas...tapi nomboknya ga sampe 2jt. Tp dulu namanya msh askes. Klo sekarang naik kelas gitu msh bisa nggak to mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomboknya ga banyak yaa. Sekarang masih bisa kok naik kelas.

      Delete
  7. Melahirkan di manapun pasti merupakan peristiwa yang sangat berkesan dan membahagiakan.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakdheee, salam hangat kembali 😊😊

      Delete
  8. Dulu sempat ingin melahirkan di RS Hermina solo juga.. tapi ternyata Tuhan memilihkan jalan lain, karena lahiran di bidan

    ReplyDelete
  9. Waktu masih di Bekasi, saya termasuk yang gak bisa pindah ke lain hati sama RS Hermina. 2x melahirkan di Hermina, termasuk saat masih cek kehamilan. Saya pernah kena DBD juga memilih dirawat di Hermina. Anak-anak kalau sakit juga ke Hermina. Abis udah cocok banget sama Hermina. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomen juga yaa Hermina Bekasi. Mereka punya standart pelayanan yg harus diterapkan smua cabang pastinya.

      Delete
  10. Kl dr kls st naik ke vip kr2 nomboknya brp y kl sc??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau, karena saya dapatnya yang kelas dua. Langsung ditanyakan saja ke Hermina.

      Delete
  11. Utk mengurus rujukan bpjs dr faskes 1 bs langsung bebas pilih RSny y mom,? RS Hermina,?
    Atau harus nurut surat rujukan faskes 1 ny.?
    Mengingat lokasi sy agk jauh dr hermina (semarang timur) , tp pngn lahiran d hermina jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas milih, tapi setau saya harus RS tipe C. RS tipe C karena sekarang diberlakukan rujukan berjenjang. Kalo di Semarang, RS tipe C itu ada Hermina (Pandanaran dan Banyumanik), Pantiwilasa, Roemani, RST Wira Tamtama, Permata Medika, Nasional Diponegoro, Bhayangkara. Jadi nanti kita bilang ke faskes 1 nya minta dirujuknya kemana.

      Delete
  12. Mbak mau tanya dong semprotan tangan disinfektan itu yang gimana ya? dan alas buat tempat tidurnya itu buat baby nya atau ibu nya?
    Jujur saya takut mau SC,kira2 sakit banget gak sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semprotan buat membersihkan tangan itu mba, jadi kalo megang bayi disemprot itu dulu tangan kita biar bersih. KAlo alas buat tidur itu buat ibunya, jadi kaya semacam perlak, cuma atasnya ada lapisan kaya pembalut gitu, biar darahnya ngga nembus ke kasur. Kalo SC pas operasinya ga sakit, karena dibius lokal. Kerasa doang ada sesuatu menyentuh perut kita tapi sama sekali ngga kerasa sakitnya. Sekitar 4 jam setelah itu baru kerasa nyeri, mau duduk juga harus pelan-pelan. Tapi gapapa kok ga sakit2 banget juga, udah tiga kali saya ngerasain :D

      Delete
    2. Syukurlah kalau gak begitu sakit masalahnya aku takut mb karena ni baru anak pertama heheh...
      Owh iya mb, kira2 di kasih tau mondok untuk SC nya itu pas kapan ya? Kan HPL ku insallah september n ada jadwal konsul lg m dokter widi tgl 16 agustus. Dari pengalamannya mb rahmi dulunya gimana?

      Delete
    3. Oh baru anak pertama, emang disaranin SC kah mba sm dokternya? Kalo saya krn ini SC ketiga, dokter suruh maju 2-3 minggu sebelum HPL. Jadi aku udah tentuin kemarin tanggalnya trus tanya dokternya, saya mau tanggal segini kira2 dokter bisa ngga.

      Delete
    4. Iya karena saya ad miopy 9 & silinder jadi harus ke dokter mata dulu untuk melakukan tindakan selanjutnya bisa normal at sc. Dan hasil yang di sarankan dokter mata bilang seandainya besok kl dokter kandungan menyarankan unt sc ya di iya ni aja mbak karena itu yang terbaik untuk ibu dan calon bayi gitu katanya mb. Owh ya berti jauh2 hari dr hpl ya mb. Oke deh makasih ya mb rahmi infonya, seneng bisa share di sini😊

      Delete
    5. OOh gitu mba, moga lancar ntar lahirannya ya. Mungkin saya dimajukan 2-3 minggu krn udah SC ketiga. Waktu SC kedua ngga kok.

      Delete
    6. Amin terimakasih ya mb atas doanya 😊
      Owh ya mb kira2 Ada masukan gak mb buat saya apa aja yang harus di bawa saat persalinan? Kecuali list barang bawaan yang udah di minta dari RS. Berhubung katanya baju baby nya RS sudah meminjamkan ☺

      Delete
    7. Baju bayi buat pulang, pakaian buat ibu sama penunggunya. Yang buat ibu kemeja yang lebar bolongan lengannya biar gampang kalo masih diinfus buka pasang bajunya, n untuk menyusui juga mudah. Segala macam surat2 kaya pengantar faskes 1, kartu BPJS, KK, KTP (plus potokopiannya). Tikar n selimut buat yang nungguin, perlengkapan mandi. Ada di artikel saya yang judulnya "Benda Wajib Ada di Tas Persiapan Melahirkan" :)

      Delete
  13. Terimakasih infonya mom. Sangat membantu. Btw, kalo normal di hermina kira2 skitar brp yaa? Bisa pake bpjs nggak yaa kalo lahiran normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lahiran nrmal tanpa indikasi kegawat daruratan seperti ketuban pecah dini atau sebelumnya pernah keguguran, biasanya rujukan faskes ke bidan ngga di RS mba. Untuk tarif lahiran normal di Hermina lupa berapa kmrn ga nyatet hehe.

      Delete
    2. Mbak rahmi waktu mau melahirkan minta surat rujukan dulu gk ke faskes 1? Trus mbak rahmi itu pake bpjs mandiri atau perusahaan y mbak?? Soalnya saya jg mau melahirkan di hermina

      Delete
    3. Iya mba, awal kehamilan sayabke bidan rekanan faskes 1. Minggu ke-26 disuruh sama bidannya lanjut dokter krn kehamikan beresiko. Minta surat rujukan dulu ke faskes 1. Saya BPJS mandiri.

      Delete
  14. Terimakasi infonya bunda.. Maaf mau tanya klo persalinan spontan di hermina bisa pakai bpjs juga kah..
    Lalu kalau kondisi apa ya bunda sampai dokter memberi rujukan untuk sc...

    Saya hamil anak ke 4 bingung mau pilih dokter dan rs bersalin di semarang...

    Terimakasi sudah berbagi info..

    Oh sebelumnya kalau periksa di hermina dokternya siapa ya bunda..

    Biaya untuk sekali cek dan usg nya brp klo boleh tahu.. Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo persalinan spontan yg normal tanpa sesuatu yg darurat spt ketuban pecah dini dll harusnya ke bidan setau saya kecuali dulunya pernah ada riwayat keguguran yg dianggap ibi hamil beresiko baru bisa ke RS. Kalo biaya cek kehamilan di hermina kurang tau krn kmrn saya ditanggung BPJS. Dokternya sama dokter Widi Fatmawati. Saya SC karena dua kelahiran sebelumnya SC juga.

      Delete
    2. Makasi infonya mb rahmi.. Nanti ta cb ke dr. Widi fatmawati konsultasi dl ya mba... Semoga lancar semuanya

      Delete
  15. maaf mba mau tanya.. itu mba nya dulu udah beli barang2 yg harus dibawa saat ke rumah sakit atau beli di apotik RS nya? kan itu nomboknya 1.1jt utk perawatan bayi, nah udah sama barang2 yg diperlukan atau belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian udah saya bawa dari rumah mba. Di RS bidn kasih daftar barang2 yang harus disiapkan, nah kekuranganna saya beli di apotik Hermina. HAbisnya ga banyak kok kayaknya sekitar 100an. 1,1 juta itu di luar barang-barang tadi.

      Delete
  16. haloo mba, saya juga priksa di Rs hermina tapi yg di banyumanik sama dokter widi fatmawati, untuk tambahan info biaya priksa sama usg (tanpa cetak) 185rb

    ReplyDelete
  17. haloo mba, saya juga priksa di Rs hermina tapi yg di banyumanik sama dokter widi fatmawati, untuk tambahan info biaya priksa sama usg (tanpa cetak) 185rb

    ReplyDelete
  18. Kalau melahirkan normal pake bpjs,apakah masih kena biaya tambahan ya?(peserta bpjs kelas 2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga, asalkan ga naik kelas. Paling beli2 perlengkapannya aja, kaya perlak buat ibu habis melahirkan, popok, termometer. Ga nyampe 100 ribu. Klao udah ada di rumah, bawa aja ga perlu beli lagi.

      Delete
    2. Kalo lahiran normal harus pake rujukan dr faskes 1 gag mom?..apa begitu kontraksi mau lahiran langsung ke hermina aja?

      Delete
  19. Mb mau tanya untuk lahiran normal di hermina kelas 2 kira2 brpa biayanya ya?tau g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 17 jutaan, sudah saya tulis di atas di point nomer 3 :)

      Delete
    2. Kl melahirkan di hermina pandanaran pake bpjs kelas II soale ini si baby kembar..dan harus SC coz ada riwayat asma..kena biaya gk ya momm...help infonya

      Delete
    3. Ga kena biaya mba, asalkan ada surat rujukan dr faskes 1. Jadi mba ke faskes 1 dulu aja, ceritain riwayat kehamilannya.

      Delete
  20. MB daftar periksa sm dokter Widi lewat apa? Call center apa telepon RS Hermina Pandanaran langsung? Trs maaf, biayanya brp MB periksa dgn BPJS. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar lewat telepon mba. Kalo.pakai BPJS ga pakai biaya, syaratnya ada surat rujukan dr faskes 1

      Delete
    2. Mb, klo di rs hermina. Utk tinfakan sc boleh didampingi suami tdk ya mb waktu itu? Trimakasih

      Delete
  21. Mb, waktu sc di hermina bs d tungguin suamia gak klo pas tindakan? Trs sempat tny ndak mb, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga mba, biasanya kalo sc memang ga boleh ditemenin. Udah 3xlahiran sc di tiga tempat berbeda gitu soale. Hanya RS tertentu aja mungkin ya yg membolehkan.

      Delete
  22. Mbk rahmi,,ini kan sy juga mau Sc di rs hermina.. sudh ditentukan tgl persalinan tgl 23 oktobr ini.. nah liat dr tanggalan jawa (hehe maklum orng jawa) kok hari pasarannya sedikit.. klo semisal saya mau ajukan tgl 24 oktober ini apa mngkin isa ya mbak.. ?? Apa htus konsul lagi ke dokter apa lewat tlfn aja ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi RS nya dulu aja mba lewat tlp. Takutnya pas dokternya berhalangan kan.

      Delete
  23. Nomer tlp rs. Hermina berapa ya bun?
    Untuk promil apakah bisa menggunakan bpjs?

    ReplyDelete
  24. Nomer tlp rs. Hermina berapa ya bun?
    Untuk promil apakah bisa menggunakan bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nmr tlp Hermina Pandanaran (024) 8442525. Sepertinya kalau promil ga bisa pakai BPJS ya mba.

      Delete
  25. Mbak..sy dirujuk ke rs hermina oleh dr.adi. Besok br mau ke sana. Jam buka pendaftaran mulai jam brp ya? pake bpjs kelas 1

    ReplyDelete
  26. Mbak..sy dirujuk ke rs hermina oleh dr.adi. Besok br mau ke sana. Jam buka pendaftaran mulai jam brp ya? pake bpjs kelas 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 8 pagi biasanya bukanya. Tapi mending telpon dulu biar dapat nomor, biar bisa dikira2 datangnya jam berapa ngga nunggu lama.

      Delete
  27. apa kah bisa di jelaskan cara pendafatan untuk melahirkan di rs hermina?
    apakah harus periksa jalan dahulu di hermina sebelum melahirkan disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak harus rawat jalan dulu ya, yang penting ada rujukan dari faskes 1. Tapi lebih baik sebelum lahiran paling ngga pernah periksa sama dokternya minimal sekali. Biar lebih enak.

      Delete
  28. Kalo periksa di hermina pakek bpjs harus ada rujukan dari faskes 1 dulu ya mbak.

    ReplyDelete
  29. Bun caranya agar bisa pake bpjs apa y klo mo lairan dihermina. Sementara hamil tanpa masalah..boleh gk lairan pake bpjs dihermina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hamil tanpa masalah apapun, seperti pernah ada riwayat keguguran, cesar, darah tinggi, akan dirujuk ke bidan mba, bukan RS.

      Delete
  30. Bun, pas operasi caesar di RS Hermina Pandanaran ini dapat rujukan dari faskes tingkat 1 semarang dimana ya bu?, ini saya mau daftarin faskes tingkat 1 yang bisa merujuk di RS Hermina pandanaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di faskes 1 manapun bisa. Tapi kayaknya harus sekota ya RS nya. Kebijakan BPJS kan dijalankan oleh smeua faskes mba.

      Delete
  31. mau tanya bund.. saya juga abis lahiran di hermina,,terus udah dijadwalkan kontrol sama pihak rumah sakit.. kira" biaya untuk kontrol bayi berapa yaa bund?? soalnya tidak bisa dicover sama bpjs

    ReplyDelete
  32. Hai mbak salam kenal...saya kebetulan juga pasien dr Widi. Anak kedua saya lahir di RS Hermina Pandanaran. Saya dpt kelas 1 cuma minta naik kelas di VIP karena pengen ruangan yg intens utk biaya SC saya gratis pakek BPJS. Cuma nambah biaya naik kelas aja sebesar 5 juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mau tanya jika upgrade kelas, 5 juta ini sudah termasuk perawatan bayi sehat ya?

      Delete
  33. Hai mbak aku mau tanya.
    1. Surat rujukan itu bisa dipakai kontrol berapa kali ya?
    2. Setiap kontrol hanya membawa surat rujukan dr faskes kah?
    3. Jika surat rujukan expired sedangkan lahiran masih jeda 3 minggu, harus minta surat rujuk baru lagi atau gimana?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat rujukan itu biasanya berlaku selama 3 bulan, kalo sudah expired harus minta surat rujukan baru. Kalo kontrol di tempat saya biasa itu bawany kartu BPJS sama surat rujukan.

      Delete
  34. Mba maaf sya mau tanya.. Tiap bulan kan saya chek up d klinik dr Dr di RS hermina tapi yg di daerah banyumanik.. Bisa pakai KIS apa ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, dengan menggunakan surat pengantar dari faskes 1 yang terdaftar.

      Delete
  35. Makasi buat share pengalamannya mba.temen q jg tahun kmrn lahiran di hermina pandanaran sc dr kelas 1 naik ke vip cm nambah 5 jt'an.menurut q rekomended bgt.krn sebelumnya aq lahiran di RS "WB" dket kariadi hbis 10 an dr kelas 2 ke kelas 1 sc jg.

    ReplyDelete
  36. Mba mau tanya, kalo di faskes 1 itu kita bisa langsung minta rujukan aja gak ya buat lahiran normal di RS tanpa ada kendala apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngga ada riwayat kesulitan melahirkan sebelumnya dan baik2 saja di kehamilan sekarang sepertinya ngga bisa dirujuk ke RS, dirujuknya ke bidan.

      Delete
  37. Mbak saya bulan ini rencana melahirkan sc di hermina pandanaran dengan dokter widi juga. Saya mau tanya waktu mbak rahmi kontrol terakhit dengan dokter widi apakah langsung ditentukan tanggal sc nya ? Jika memang langsung ditentukan tanggalnya,apakah bisa langsung daftarkan ke rawat inap untuk tanggal yang ditunjuk ? Apakah suami bisa ikut nungguin dirumah sakit mbak ? Terus kalo boleh suami tidurnya beralaskan apa ya mbak,soalnya saya juga bpjs kelas 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu iu gabisa booking kamar kalo pakai BPJS. Jadi emang pas kontrol terakhir udah janjian sama dokternya, ditulis juga di bagian admin kapan rencana sc tapi gabisa booking kamar. Ntar pas masuk RS ya seadanya kamar.

      Delete
  38. Maaf mba mau tanya ...
    Saya bpjs bukan terdaftar di semarang. Tp bogor. Tetapi skrng sy sedang di semarang. Smntara hpl sebentar lg. Jd sy tdk berniat balik ke bogor dl, sampai melahirkan. Kira kira bisa ga minta rujukan ke hermina ya mba.
    Riwayat asma jg dan sptnya akan cs.
    Makasih sebelumnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan ke faskes 1 nya mba. Tetep harus minta rujukan faskes 1 yg di bogor kan.

      Delete
    2. yah.... sama kayak saya nih... trs solusinya gmn ya?

      Delete
  39. mbak saat operasi suami blh masuk ijut k ruang operasi gk??

    ReplyDelete
  40. Mba, mau nanya kalo d RS Hermina itu sblmny pernah keguguran. Skrg mau lahiran normal pke BPJS bs ga

    ReplyDelete
  41. Mba, mau nanya kalo d RS Hermina itu sblmny pernah keguguran. Skrg mau lahiran normal pke BPJS bs ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada riwayat keguguran nanti pas minggu ke 24 dirujuk ke RS yg kita pilih. Dulu saya bgitu.

      Delete
  42. Pagi mba..
    Mau tanya mba kalau ada kejadian seperti ketuban pecah dini bisa langsung ke UGD kah tanpa surat rujukan ?
    Apakah kalau dari ketuban pecah dini itu lahirannya normal apa semua bisa ditanggung BPJS ? Krn sy baca untuk lahiran normal yg ditanggung BPJS hanya 600rb.
    Dulu mba full ditanggung BPJS ? 1.1jt itu hanya biaya naik kelas kan mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa mba kalo ketban pecah dini langsung masuk RS. Untuk normal ditanggung full kok mba, adek saya kemaren normal, dia nambah karena naik kelas aja. Saya juga full ditanggung. 1,1 juta itu biaya perawatan bayi karena blm terdaftar BPJS bayinya.

      Delete
  43. Pagi bun, saya juga cek up di rs hermina pandanaran dengan dr. Widi fatmawati,rencana mau melahirkan sc karena yg dulu juga sc dan juga punya riwayat panggul sempit, maaf ni bun mau nanya, bunda saat disarankan untuk membuat bpjs calon bayi itu pada saat kandungan brp bulan yaa, dan melahirkan sc pakai bpjs kls 3 apakah gratis juga bun. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling lambat bikin BPJS bayi 14 hari sebelum melahirkan, karena proses pembuatan sampai dengan aktif memakan waktu sekitar segitu. Kelas 3 juga gratis bun, yg penting ngga naik kelas.

      Delete
  44. Salam kenal mb.
    Klo boleh tau pas sc pake bpjs di hermina pandanaran faskes 1 mbak dimana ya??
    Trus klo melahirkan di hermina, anak baliya bisa ikut masuk diruang inap gak ya??
    Soalnya ini kehamilan kedua, dan anak sy pertama umur 4thn.
    Makasih sebelumnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faskes 1 saya di Mahisi Mulya mba, ruko Semawis Kedung Mundu. Kalau anak balitanya mau ikut booking yang sekamar sendiri aja mba, yang VIP.

      Delete
  45. Halo bund, mau tanya .. Uk sdh 40week lbh dinyatakan bisa lahiran normal, pakai bpjs harus ke bidan..faskes 1 puskesmas Nah mulai uk 36week aku sdh mulai pindah periksa ke bidan yg rencana mau lahiran normal disana , tp sampe skrg blm ada tanda" melahirkan ..rencana mau SC aja di hermina, nah minta surat rujukan nya dari bidan atau puskesmas ya bund ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau SC pakai BPJS harus ada rekomendasi dari bidannya kayaknya mba. Nanti dari bidan baru ke faskes 1 minta dibikinkan surat.

      Delete
  46. Bun mau tanya, kalau sy dtg ke igd rs hermina dgn keadaan sudah bukaan3 atau ketuban pecah dini bgmn ya? Apakh bpks sy diterima tanpa rujukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kejadian darurat bisa langsung tanpa rujukan setahu saya.

      Delete
  47. Bun misal sy datang ke rs hermina keadaan darurat misal sudah bukaan 3 atau ketuban pecah dini, apakah bpjs sy diterima tanpa rujukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa mba karena ini kejadian darurat

      Delete
  48. Mb mau tanya..klau kelas 2 / 1 bolehkah di tungguin keluarga d dlm kmr?nemeni bobok situ gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Kemaren saya kelas 2 dan ditungguin suami juga. Boleh gelar kasur/tikar asalkan jam 6 pagi udah diberesin karena suster jaga akan datang buat periksa2.

      Delete
  49. Mbak mau tanya, pake bpjs sc di hermina. Obat yang dikasih brpa macam ya mb?

    ReplyDelete
  50. Bun,mau tanya hermina banyumanik dan pandanaran apakah sama?
    Ini kehmilan sy yg kedua, baru pilih2 RS yg rekomended... Yg prtm dlu pakai umum dan lahiran normal di RS KSH Pati yg menurut sy rekomended
    Yg kedua ini kehamilan yg alhamdulillah dikasih kembar, ini msuk 30weeks
    Rencana mau SC pakai BPJS di hermina, apakah nnti saat minta rujukan dr faskes 1 bs lngsng milih di RS hermina banyumanik?
    Makasih
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham sama nggaknya, tapi memang sepertinya lebih ramai yang Pandanaran. Kalo minta rujukan langsung saja bilang mau di RS Hermina, cuma saya ngga tau ketentuan BPJS sekarang gimana untuk kelas2 RS rujukan.

      Delete
  51. Sy mmbaca2 kok rata2 lahiran sc smua ya. Hermina pro sm lairan normal tdk ya.. klo bisa normal knp harus sesar. Gtu. Pngennya lairan normal bpjs, da riwayat kguguran dlu wktu msh 5w.

    ReplyDelete
  52. Rata2 kok lahiran sc ya.. hermina pro lairan normal ga yaa. Jd takut klo sc. Klo bs normal knp sc. Dlu sih prnh riwayat gguran pas 5w. Mhon pencerahannya mbak.. sy pngen lairan normal pkai bpjs.. ga sesar bisa ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya lairan nnormal tdk di cover bpjs mba jika di rs. Kenapa di hermina rata2 secar ya krn yg bisa dirujuk rs tipe c yang lairan secar. Jika lairan normal pake bpjs bisanya ke faskes 1/puskesmas

      Delete