Senin, 28 Mei 2018

Melahirkan Cesar Dengan BPJS Kesehatan

Alhamdulillah... akhirnya my baby girl lahir dengan sehat selamat, lancar, melalui operasi cesar. Deg-degan jelasss... Jangan bilang kan udah pengalaman 2x SC harusnya nyante lahhh. Justeru itu ketiga kalinya dibelah bikin saya takut, kaya apaa itu jahitan dibuka tutup sampai 3X. Tapi InsyaAlloh semua baik-baik saja atas ijin Alloh ya...

Meredakan grogi dengan wefie :D

Mumpung senggang, kali ini saya mau sharing tentang pengalaman melahirkan cesar dengan BPJS kesehatan, kali aja ada yang butuh.

Untuk kelahiran anak pertama dulu belom ada BPJS jadi pakai dana pribadi mayan juga bok menguras kantong. Kalo kelahiran anak kedua, saya terdaftar di Jamsostek. Karena naik kelas jadi harus nombok. Kelahiran anak ketiga saya memutuskan menggunakan BPJS, yaiyalah ada fasilitas masa ga dipakai ya.

Awalnya saya sempet nanya-nanya sama sodara yang udah pernah ngelahirin dengan BPJS. Kalo mau kontrol kandungan pakai BPJS gimana? Katanya sih bisa minta rujukan ke faskes 1 untuk periksa ke dokter kandungan. Itu kira-kira dia melahirkan udah 2 tahunan lalu.


Pas ke faskes 1 ternyata sekarang prosedurnya ngga seperti yang dikasih tau sodara saya tadi. Jadi gini prosedur melahirkan dengan BPJS:

1. Datang ke faskes 1. Karena faskes 1 saya klinik yang ga ada khusus untuk pemeriksaan kandungan (beda dengan puskesmas yang lebih lengkap) maka saya disuruh ke bidan rekanan mereka, yaitu bidan Eka, jadi gabisa ke dokter spesialis kandungan ya. Kalo mau ke dokter kandungan, bisaa dengan biaya sendiri tapinya. Saya sempet sekali ke dokter kandungan pas bulan ketiga. Karena dulu jaman Thifa (anak pertama) pernah ada riwayat tokso jadi saya merasa perlu USG dan minta advice dokter apakah perlu cek tokso atau tidak. Biaya periksa ke dokter kandungan ternyata belum beda jauh sama jaman saya hamil Hana (anak kedua) Rp.150.0000

2. Untuk pemeriksaan ke bidan sendiri yang ditanggung BPJS bukan tiap bulan ya. Tapi hanya satu kali tiap trimester. Kalo kita periksa tiap bulan, ya sisanya kita bayar sendiri. Tapi ga mahal kok periksa ke bidan, kemarin aja saya periksa plus imunisasi TT dan vitamin hanya bayar 55ribu.

3. Untuk kehamilan yang TIDAK beresiko, seperti kelahiran anak pertama yang sebelumnya ga ada kelainan apa-apa (misal keguguran) atau kelahiran sebelumnya normal-normal saja, akan terus ditangani bidan sampai melahirkan. Akan tetapi kalo kaya kasus saya yang kelahiran sebelumnya dengan cara SC, pada minggu ke 26 akan diserahkan pemeriksaannya ke RS samapai melahirkan.

4. Pada minggu ke-24 bidan akan memberikan catatan di buku KIA, bahwa penanganan bumil selanjutnya diserahkan pada rumah sakit/rumah bersalin yang support BPJS. Catatan itu kita bawa dulu ke faskes 1 agar diberi surat pengantar menuju RS.

5. Untuk pilihan RS nya sendiri diserahkan pada bumil, yang penting RS tersebut support BPJS ya. Saya memilih Hermina Pandanaran. Kenapa pilih Hermina Pandanaran mungkin ntar saya tulis di postingan terpisah tentang pengalaman melahirkan di RS Hermina ya. Faskes 1 memberikan surat pengantar tertuju pada RS Hermina Pandanaran (sesuai pilihan saya)

6. Untuk dapat periksa ke RS pilihan jangan lupa bawa dokumen penting: surat pengantar dari faskes 1(potokopi beberapa lembar) karena tiap kali kontrol harus pakai itu. Selain itu siapkan juga fotokopi kartu BPJS, KK, dan KTP.

7. Utuk pilihan dokter kandungan bagi pasien BPJS gabisa ganti dokter atas keinginan sendiri ya. Jadi sekali udah pilih dokter A, sampai lahiran sama dokter tersebut. Tapi gatau juga sih ini kebijakan RS apa kebijakan BPJS nya.

8. Daftarkan BPJS untuk calon baby kalo kita mau bener-bener free termasuk biaya perawatan bayi. Paling lambat 14 hari sebelum lahiran. Kemarin saya telat daftarinnya, jadi BPJS si baby belum aktif saat lahir bahkan sampai dibawa pulang. Untuk biaya perawatan baby selama 3 hari di Hermina Pandanaran kelas 2 kena sebesar 1,1 jutaan. Untuk prosedur mendaftar BPJS bagi calon bayi dengan meminta surat keterangan ke dokter kandungan. Selebihnya bisa minta petunjuk RS yang bersangkitan karena prosedur tiap RS bisa aja beda dalam memberi surat pengentar ke BPJS.

Gimana pelayanan RS terhadap pasien BPJS? Alhamdulillah baik. Bahkan mereka yang memberi saran untuk segera mengurus BPJS bayi yang masih dalam kandungan. Kalo ga disarananin gitu saya juga ga kepikiran kali. Jadi biaya melahirkan cesar kemarin di RS Hermina dengan BPJS hanya kena sekitar 1,1 juta untuk biaya perawatan bayinya saja. Saya lihat di paketannya jika dengan biaya pribadi, biaya melahirkan cesar kelas 2, di Hermina dengan lama perawatan perawatan 4-5 hari berkisar 17 juta. Kemarin saya cuma tiga hari aja di RS udah boleh pulang. Masuk Senin pagi, operasi siangnya. Besok siangnya lepas infus dan kateter, belajar turun tempat tidur. Besoknya di hari ketiga, siang udah boleh pulang meski masih agak cenat-cenut jahitannya :D

Jadi begitu ya manteman prosedur melahirkan cesar dengan BPJS kesehatan, moga bermanfaat :)

11 komentar:

  1. Selamat mba yah, meskipun terkadang administrasinya ribet tapi sangat bermanfaat jg yah bpjsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih daeng demi saving 17 juta gapapalah ribet2 dikit hihii

      Hapus
  2. Mbaaakk.. kok ada suntik TT itu kenapa dan apa fungsinya?? Krn ada riwayat tokso kah? Trs kok bisa masuk pagi dan siangnya operasi? Sudah gak model puasa dulu setengah harikah gt? Hmmm maaf kl byk nanya. aku jg deg2an mo operasi sc ke empat nih😂😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suntik tetanus mba, aku smpai 2x karena sebelumnya sama sekali ngga suntik TT pas hamil

      Hapus
  3. Mbak itu utk bpjs bayi dibikinnya sebelum lahirannya mbak? Maaf mbaknya pakai bpjs yg bayar sendiri ke bpjs apa yg dapet dr kantor suami/mbaknya ??
    Kok katanya klo bpjs dpt dr kantor bisanya bikin bpjs bayi setelah lahiran baru bisa diurus.

    BalasHapus
  4. Mbak utk pembuatan bpjs baby nya harus sebelum lahiran ya ..?
    Itu mbaknya pakai bpjs yg bayar sendiri apa yg dikasih kantor mbak ?
    Kok katanya klo pakai bpjs yg dr kantor bisanya bikin bpjs baby bisanya sesudah lahiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya BPJS pribadi mba. Iya BPJS baby dibuat sebelum lahiran kalo mau biaya perawatan bayi ditanggung BPJS. Kalo kantor saya ngga tau. Tapi yang pernah sya baca kalo melahirkan normal, meski baby belum punya BPJS ttep ditanggung BPJS biayanya. Ngikut BPJS ibu.

      Hapus
    2. Mba.. berarti biaya perawatan bayi kena 1,1 jt ini karna lahir sc atau bagaimanakah?
      Sempet mikir mahal pas td baca post nya mba di blog..
      Dulu saya lahiran anak pertama saya ( 22 bulan lalu ) udah lama sih ya :D nambah sekitar 200 ribu aja buat antibiotik baby sm kendil tempat ari ari :) ini kok 1,1 jt..
      Tapi dulu aku lahirannya dipermata medika, normal

      Hapus
    3. Iya mbaa perawatan bayi sehari aja udah 200rb lebih dikali 3 hari. Trus visite doktee, dll, totalnya segitu. Dulu jaman lahiran anak pertama tahun 2011 segituan juga lo habisnya

      Hapus