Sabtu, 19 Mei 2018

Benda Wajib Ada di Tas Persiapan Melahirkan

Packing-packing-packing....

Yup di bulan ketujuh kehamilan saya mulai packing barang persiapan melahirkan di RS nanti. Meski rencana melahirkan masih lama, tapi ya jaga-jaga aja siapa tahu ada sesuatu yang tak terduga terjadi. Bisa tinggal cangking. Selain itu juga biar kita ada waktu banyak untuk mencari barang yang dibutuhkan namun belum ada.

Packing duluuu

Emang apa aja sih benda wajib ada di tas persiapan melahirkan?

1. Dokumen penting. Terutama yang pakai BPJS atau asuransi pasti dibutuhkan tuh kaya foto copy KTP, KK, surat pengantar, buku konsultasi. Langusng persiapkan masukkan dalam tas biar ngga lupa. Repot kan kalo di hari H masih harus wira-wiri lagi.

2. Perlengkapan bayi. Mulai dari baju bayi, popok bayi, selimut bayi, kain bedong, perlak bayi kecil, kaus kaki dan sarung tangan bayi, terutama yang akan dikenakan bayi ketika pulang dari RS nanti. Soalnya ada RS yang selama bayi kita di sana akan dipinjamkan baju dari sana tapi ada juga yang ngga. Ada baiknya kita survey dulu bisa tanya ke RS yang bersangkutan atau teman yang pernah melahirkan di sana. Kalo untuk amannya sih saya bawa beberapa helai paling ngga untuk ganti sehari ada. Sehari kan bisa sampai enam kali tuh bayi pipis yah. Untuk besoknya bisa minta tolong keluarga bawakan lagi.

perlengkapan bayi serba lungsuran :)


Karena saya melahirkan anak yang ketiga, perlengkapan bayi ini semua lungsuran dari kakak maupun sepupunya. Kalo beli wuiih meski kesannnya barang kecil-kecil yang harga satuannya ga seberapa mahal, tapi habisnya bia banyak juga lo. Dulu aja jaman Thifa tahun 2011 beli segala macam perlengkapan bayi habis sampai lebih 500 ribu lho!

3. Perelengkapan Ayah/ penunggu di RS
Rata-rata kan ayahnya yang bakalan stand by di RS ya, jadi jangan lupa bawa juga beberapa pakaian luar maupun pakaian dalam buat ganti si ayah, minimal buat tiga hari lah. Jangan lupa juga bawa peralatan sholat dan perlengkapan mandi seperti handuk, sikat gigi, odol, sabun cair, gelas buat kumur. Ada baiknya survey dulu kamar yang akan dipakai ntar seperti apa, misalnya, apakah ada sofa buat tidur tidur penunggu? Kalau ngga sebaiknya bawa juga alas tidur dan bantal supaya si ayah tetep nyaman ketika beristirahat di RS.

4. Perlengkapan Ibu
Nah untuk perlengkapan ibu ini ngga bisa sembarangan. Harus menimbang ntar di sana kondisinya bakal kaya apa, misal yang SC pasti diinfus, pakai kateter, jadi pilih baju yang mudah ketika kita akan mengenakannya. Setelah melahirkan bakalan menyusui, jadi wajib bawa juga baju yang busui friendly dan bra menyusui. Selain itu jangan lupa juga bawa pembalut karena habis lahiran bakal nifas, untuk yang SC bawa juga popok dewasa karena habis lahiran biasanya sehari masih pakai kateter jadi ga bisa pakai CD :D

Untuk baju selama di RS udah ada nih baju yang dulu saya pakai jaman lahiran kakak Thifa dan Hana. Udah agak butek, maklum ya cyiint udah tahunan dipake. Makanya kemarin sempet bingung mikirin pulang dari RS pakai baju apa? Mau pakai daster rumahan kok kesannya nggembel banget hahaha. Ada baju bagus yang bukaan depan tapi baju kondangan, bling-bling gitu bajunya, duh kok kaya ga nyante banget, mau manggung dimana buuu?

Eh Alhamdulillah dapet rekomendasi dari temen, gamis menyusui yang nyaman dipakai dan modis mereknya AMABEL. Koleksi baju bisa diintip di IG @amabel.catalog. Saya kepincut sama Amabel Michelia Latte. Gamis menyusui ini cakep tapi casual gitu, warnanya soft, bisa buat event santai maupun resmi.

gamis menyusui amabel

Yang saya suka lagi bukaan buat menyusuinya ada di kiri dan kanan tanpa kancing. Praktis buka tutupnya. Secara sering kejadian saya tu suka lupa ngancingin baju habis menyusui. Karena kadang buru-buru mau nidurkan bayinya ke kasurlah, atau pukpukin punggungnya biar glegekan jadi lupa. Pas ngga sengaja jilbab tersingkap, eng ing eng (jangan dibayangin plisss). Etapi bukaan kiri kanan amabel gamis menyusui ini sama sekali ngga keliatan lo dari depan. Jadi insyaAlloh aman menutup aurat.

Bahannya ringan, jatuh gitu, terus adeeem. Untuk lengannya wudhu friendly, ada kancing diujung, gampang pula digulunya. Kemarin saya pilih yang size L. Dipakai pas hamil gede gitu nyaman, ngga sesek, cuma kepanjangan aja roknya, akhirnya motong sampai 12cm hehe.

gamis menyususi nyaman dipakai
Ada dua warna, latte (atas) dan black (bawah)

Yang asyiknya lagi gamis menyusi amabel ini bergaransi loh. Garansi 100% uang kembali jika produk yang diterima reject, tidak cocok atau tdak sesuai harapan. Jadi sebelum copot-copot label cek ricek dulu yaa.

Setelah ngerasa cocok pakai gamis menyusui yang Michelia Latte lihat-lihat katalognya lagi jadi pengen punya dasternya juga, motif dan modelnya itu lho unyu-unyu banget.

Yaudah deh sekian dulu ya, postingan tentang benda wajib ada di tas persiapan melahirkan, jangan lupa juga bawa dompet (yang berisi uang tentu aja) sama perlengkapan komunikasi (beserta chargernya) penting banget ituu.

Mohon doa restunya ya temans, besok Senin InsyaAlloh rencana SC saya yang ketiga. Doain moga lancar, selamat dan sehat semuanya yaaa...

13 komentar:

  1. Bajunya bagus mbak mi, semoga lancar dan sehat ibu dan debaynya ya

    BalasHapus
  2. semoga lancar y mba kemarin pas melahirkan sc jg aku kelupaan perlengkapan suami wkwk

    btw bajuna lucu cuss ah liat

    BalasHapus
  3. Semoga lahiran yg ke-3 ini lancar ya Mi.. Sehat-selamat bunda dan baby-nya.. Aamiin...

    BalasHapus
  4. Aku penasaran sama harganya, mampir ah ke IGnya. Ikut mendoakan juga semoga lancar ya, Mbak, persalinan untuk bayinya nanti.

    BalasHapus
  5. Ih gamis sekarang ramah buat ibu menyusui ya. Modelnya juga cantik. Jadi pengen hamil lagi, trus sadar udah expired, wkwkwkk

    BalasHapus
  6. semoga kelahirannya lancar ya mbak..

    BalasHapus
  7. Waah, hari ini mau operasi ya mbak Rahmi. Semoga lancar operasinya, sehat semuanya dan lekas pulih ya mbaaak.

    BalasHapus
  8. Seruu yaa menghadapi harap2 cemas persalinan itu. Semoga lancar yaa Mi

    BalasHapus
  9. lancar lancar ya mba rahmiii. semangat ya mbaaaaa

    BalasHapus
  10. Gamisnya bagus. Semoga dilancarkan, ya. Sehat selalu untuk semuanya. Aamiin

    BalasHapus
  11. Gamisnya cantik ih mbak, jadi pengen beli gamisnya buat temen yang lagi hamil.

    BalasHapus
  12. Tambah pengetahuan ini ibu-ibu....

    BalasHapus