Sabtu, 12 Mei 2018

Belanja Persiapan Lebaran dengan Promo Ramadan Ekstra

Puasa aja belum kok udah persiapan lebaran sih?

Lho ya justru itu sebelum puasa, kalo menurut saya sih kita harus udah prepare segala sesuatunya, ya buat bulan Ramadhan, ya buat lebaran. Jadi ntar pas udah masuk bulan Ramadhan kita bisa lebih khusuk beribadah ngga banyak mikirin yang lain. Apalagi saya nih, menjelang kelahiran anak ketiga, yang InsyaAlloh prediksi lahirannya sekitar tanggal 20an Mei nanti, tentu bakal makin rempong ketambahan ngurus bayi beserta duo bocah (kakaknya) yang masih butuh perhatian juga.




Biasanya nih di bulan Ramadan kita bakal banyak pengeluaran ekstra. Kenapa begitu? Pertama, harga kebutuhan pokok sering kali mengalami kenaikan, kebutuhan pun bertambah. Baik itu kebutuhan konsumsi, maupun kebutuhan lainnya seperti pakaian baru, bahkan ada yang merasa harus mempercantik rumah menjelang lebaran misalnya dengan mengecat ulang tembok, dan lain-lain. Belum lagi mempersiapkan angpau alias amplop lebaran buat anak dan para keponakan. Pfiuuuh...

Supaya pengeluaran tetep terkontrol di bulan Ramadan, saya ada tips yang biasa saya terapkan pada diri sendiri. Jangan sampai besar pasak daripada tiang ya. Apalagi sampai pinjam sana-sini hanya untuk kebutuhan yang sebenarnya tersier alias ngga penting-penting amat.

Saya biasa ngelist atau mencatat segala yang kita butuhkan untuk Ramadan dan lebaran beserta perkiraan dananya. Kebutuhan tiap orang beda-beda ya. Ada yang butuh baju atau hijab baru ada yang ngga, karena masih punya baju yang baik dan layak untuk dikenakan. Ada yang butuh beli kue lebaran ada yang nunggu parcel aja dari kantor. Nah kamu butuhnya apa catet. Misal baju baru, bujet berapa. Kemudian kue lebaran bujet berapa, dll.

Setelah tau segala kebutuhan beserta biayanya bandingkan dengan pendapatan. JIka ternyata rencana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, sortir kembali mana yang sekiranya bener-bener perlu untuk dibeli mana yang ngga. Atau turunkan bujetnya, misal baju baru semula bujet 200ribu, turunkan jadi 100ribu.

Kalau udah, saatnya memilih tempat belanja. Belakangan saya lebih suka belanja online. Kenapa? Karena praktis ngga usah keluar rumah. Kalau keluar rumah kan harus bawa bocah-bocah lagi ya. Bujetnya bakalan nambah buat ongkos taxi sama jajan mereka.

Lhoo, tapi belanja online juga pakai ongkos kirim kan? Ya.. sama aja dong ada biaya. Belum lagi resiko kena tipu, barang rusak saat pengiriman, dll.

Ya bener sih, belanja online maupun offline ada plus minusnya. Tapi ada cara kok supaya belanja online kita tetep aman, nyaman, dan hemat tentunya.

1. Belanja di online shop terpercaya. Saya sih lebih sering belanja di marketplace seperti Tokopedia, karena uang yang kita transfer ngga langsung masuk ke penjual. Nunggu barang sampai ke konsumen dulu ngga ada komplain, baru uang masuk ke penjual. Jadi lebih aman dari penipuan. Apalagi di Tokopedia saat ini sedang ada promo Ramadan Ekstra 

2. Bandingkan harga di setiap toko online yang ada di Tokopedia. Enaknya belanja di marketplace itu kita bebas membandingkan harga tanpa malu kalo ngga jadi belanja. Coba kalo offline, masuk toko cuma liat-liat doang bandingin harga rasannya kan sungkan yahhh.

3. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal. Iyes, cintailah produk-produk Indonesia. Ini juga salah satu support kita terhadap perekonomian bangsa loh. Jangan lupa ceki-ceki testimoni pembeli yah untuk tahu gimana kualitas barang.

4. Cari toko online yang lokasinya lebih dekat dengan domisili kita. Dengan begini bakal lebih menghemat ongkir, smapainya juga bisa lebih cepat

5. Pilih cara pembayaran yang tepat. Banyak cara pembayaran untuk belanja di Tokopedia. Metode pembayaran tertentu kadang mendapat diskon khusus loh. Pilih yang lebih memudahkan dan menguntungkan kita tentunya.

6. Pilih jasa pengiriman yang terpercaya dan efisien. Sejauh ini sih semua ekspedisi pengiriman yang pernah saya gunakan belum pernah mengecewakan. Saya biasanya cek aja yang paling murah yang mana, itu yang saya pilih.

7. Manfaatkan promo dan diskon. Alhamdulillah saya langganan di Tokopedia terutama buat bayar tagihan bulanan hampir selalu menggunakan promo diskon atau cashback. Menjelang dan sepanjang Ramadan nanti Tokopedia juga ada promo lagi yang namanya Ramadan Ekstra. Bisa kamu cek dengan teliti ya, soalnya ada promo-promo yang terjadwal (tanggal maupun jamnya) dan harus menggunakan kode kupon. Promonya ada yang sudah berjalan loh. Yang bikin makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia.  Jadi macam festival belanja online “Black Friday” gitu.

Mayan kaan toko cash kuuu

Hmm jadi penasaran kejutan apa yang bakal ada di tanggal 25 yaa. Kalo saya sendiri sih udah punya kupon cashback dan gratis ongkir buat tanggal 25 yang saya dapat dari transaksi pembelanjaan kemarin. 

Asyik kaan belanja persiapan lebaran bisa lebih murah dengan promo Ramadan Ekstra Tokopedia.

7 komentar:

  1. Setuju banget.. Kalo nyiapin buat lebaran jauh2 hari sebelum lebaran biar ramadhan bisa tenang. Tapi seringnya promo2 mepet jelang lebaran 😢

    Btw semoga lahirannya mudah lancar ya Mba, sehat semua 😘

    BalasHapus
  2. Prinsipnya sama nih Mbak sama aku. Dah jauh2 hari mempersiapkan semua, biar pas Ramadan datang bisa fokua untuk ibadah.

    BalasHapus
  3. Bener banget, persiapan lebaran itu malah sebaiknya jauh sblm lebaran ya. Biar nyaman dan fokus ibadahnya nanti

    BalasHapus
  4. Aku juga lebih suka belanja online mbak. Tipsnya bermanfaat nih untuk belanja online saat Ramadhan dan menjelang lebaran.

    BalasHapus
  5. wow.. lebaran bakalan banyak flash sale di toped ya mbak... pantengiinnn

    BalasHapus
  6. Saamaa, aku juga ada kupon free ongkir dan cashback untuk tanggal 25 nanti. Siap2 belanjaaa

    BalasHapus
  7. bagi dong mbak tokocashnya XD buat belanja juga haha

    BalasHapus