Kue Lebaran Favorit Masa Kecil

Hal temans, bentar lagi lebaran ya. Hiks antara sedih mau melepas Ramadhan, tapi senang juga bentar lagi kumpul sama keluarga besar.

Ngomong-ngomong soal lebaran, apa sih yang paling diincar anak-anak saat soan ke sodara dan tetangga? Kalo saya sih jaman masih kecil dulu ya makanan, eh sampai sekarang juga ding hihihihi. Jarang-jarang kan bertamu di rumahnya orang disuguhi beraneka ragam kue di atas meja.

Sampai sekarang kalo saya sama adek dan kakak ke rumah sodara, habis salaman gitu langsung melirik ke meja trus kode-kodean sama mereka. Kalo salah satu ambil sejenis makanan, ntar yang lain menimpali, "Sudah kuduga." Hihihihi. Strategi paling jitu yang biasa saya pakai kalo menginginkan makanan tertentu tapi malu ngambil, biasanya saya pura-pura nanya ke anak-anak "Mau yang mana Thifa? Yang ini?" sambil ngambil makanan yang saya penginin. Kalo dia mau makanan itu saya bisa nyuil dikit, kalo dia ternyata ngga suka, kebeneran, ada alasan saya untuk ngabisin hihihi.

Kue lebaran apa yang saya favoritin banget masa kecil?

Kue Kastengel. Saya sukaa banget sama kastengel alias kue keju. Dulu jaman masih tinggal sama ibu, kami suka bikin kue kering bareng. Saya pasti minta ibu bikin kue kastengel banyak-banyak. Kemarin juga saya bikin kastengel loh, sama duo bocah. Ini pertama kalinya saya bikin kastengel tanpa bantuan ibu atau ibu mertua. Selain itu saya juga bikin nastar keju yang mana dalam dua hari langsung ludes, hadeeh padahal lebaran aja belu, Akhirnya bikin lagi deh, karena kebetulan selai nanasnya juga masih ada. Setelah selai nanas habis, malah adonannya yang nyisa, akhirnya tu adonan dibuat kue putri salju hihihi.

kastengel ala ibu mertua

Astor, astra, dan yang sejenis itu lah. Banyak kan ya merek makanan yang bentuknya kaya gini. Saya mengenal makanan ini dengan sebutan astor. Tapi kalo Thifa nyebutnya yang kaya fullo, beda generasi hihihi. Cara makannya ngga langsung gigit trus kunyah. Dikuliti dulu bagian yang wana coklat tuanya, sampe ntar tinggal coklatnya sama lapisan tipis, baru dimakan.  Sama kann kamu jga gitu makannyaa..

ini semua disebut ASTOR. Padahal tulisannya jelas2 wafer stick >.<
Foto dari: ceriwis.com

Kue bawang. Dulu saya sama ibu suka bikin kue ini. Termasuk kue yang tantangannya paling besar nih, soalnya harus diteleni setipis mungkin baru dipotong-potong dan digoreng. Kalo ketebelan ntar kue bawangnya jadi atos.

Bolu kering bentuk ikan. Seringnya sih menemukan kue ini kalo sowan ke rumah salah seorang bude di Kudus. Selain rasanya enak, bentuknya lucu makanya anak-anak suka. Kalo si ayah doyan banget makan ini sambil minum kopi.

Kue cabe-cabean. Kue ini bentuknya emang kaya cabe, ada warna putih (sedikit krem sih) , merah sama ijo. Selain dimakan, kue ini biasanya kami jadiin taring-taringan. hihihi, adik saya sih yang dulu nyontohin, trus sekarang suka mainan mosnter-monsteran sama Thifa pakai itu hihihi.

kaya gini nih kuenya, tapi ada warna merah sama ijonya juga.
Pinjem gambar justtryandtaste.com

Kamu juga punya kue lebaran favorit masa kecil? Share dong :)

@rahmiaziza

Komentar

  1. saya suka kastangel atau kue keju sama nastar :)

    BalasHapus
  2. kue cabe2an kui kue gabos dudu, mbak? aku yo seneng e

    BalasHapus
  3. Wah, Astor. favoritku waktu kecil juga. Tapi bukan waktu lebaran sih mak. waktu lebarannya, khusus kue-kue kering yang dibuat di rumah sama ibu :D

    BalasHapus
  4. Aku suka juga Kastengel.... Hmmm.. Jadi laperrr :D

    BalasHapus
  5. tiap tahun dapat parcel dari kantor suami dan isinya suka ada astor juga

    BalasHapus
  6. Kastengel!!!
    Sejak tahun lalu nggak nemu yang bener-bener pas buatku.
    Baru kemarin dapat, dan aku bahagiaaa ~

    BalasHapus
  7. Suka kastengel, nastar dan lidah kucing. :)

    BalasHapus
  8. kue astor yang jadi favorit :)

    BalasHapus
  9. Teng-teng kacang sama bolu semprit, Mba... di Jakarta jarang nemu bolu semprit yg enak.. :)

    BalasHapus
  10. kue cabe2an itu aku nyebutnya pilus keju mba ;p.. dan itu bisa setoples sendiri abis hihihihi... fav ku dr dulu ya, kastangel udh pasti, apalagi yg rasa kejunya kuat... :D

    trs putih salju yg gulanya pake icing sugar, jd pas dimakan, berasa dingiiin ^o^

    trakhir lidah kucing ;p... tp yg tipis dan garing ya... bnyk org yg bikinnya rada tebel ditengah... jd g gt crunchy

    BalasHapus
  11. Mbak kue cabe-cabean itu kalo di sini dibilangnya stik keju, kalo kue lebaran kesukaan saya itu kacang goreng aja mbak yg ditaburi bawang putih goreng

    BalasHapus
  12. ahh jadi pengen astor, sekarang rasanya macam2 yak...

    BalasHapus
  13. Aku paling suka nastar isi nanas tapi tanpa keju di atasnya, eh kue kacang juga suka ding.

    BalasHapus
  14. Saya suka kastengel juga Mak.. eh kue cabe-cabean juga kayaknya salah satu kue kering favorit saya deh, yg rasanya asin seperti gabus bukan ya?

    BalasHapus
  15. aku juga suka semua roti lebaran, kastengel...Astor juga hihi

    BalasHapus
  16. Klo di tempatku bukan cabe cabean mb namanya tp telur gabus....nyum

    BalasHapus
  17. Kalo saya paling suka kue salju kalo pas lebaran^^

    BalasHapus

Posting Komentar