Monday, October 2, 2023

Tips Belajar Matematika Menyenangkan dengan Game Edukasi Mortgage Calculator

Ceritanya saya habis nyobain game edukasi anak tentang matematika mortgage calculator money games.

Cukup excited nemuin games ini mengingat matematika ini kan penting ya, tapi kebanyakan anak-anak ga suka, karena katanya susah haha.

Di mesin pencari google sendiri, saya lihat cukup banyak keyword pencarian tips seputar matematika. Ada tips belajar matematika menyenangkan, tips belajar matematika efektif, tips jago matematika, tips belajar matematika dengan mudah, dan beberapa keyword lain berhubungan dengan matematika.

Bagi sebagian orang, matematika merupakan pelajaran yang rumit sehingga butuh tips khusus untuk mempelajarinya. Saking merasa rumitnya, bawaannya pengen menghindar. Sampai-sampai, milih jurusan sekolah/kuliah fokusnya adalah menghindari matematika. Pokoe sing penting ora ono matematikane, hahaha.

Padahal, kita nggak bisa kita menghindari matematika dalam kehidupan sehari-hari. Di profesi apapun, ilmu matematik akan terpakai. Kamu mau jadi chef, harus bisa menghitung agar tidak salah takar bahan makanan, mau jadi pedagang apalagi. Bahkan bukan profesi secara khusus pun, ibu rumah tangga misalnya, tetap harus pinter matematika kan untuk pengelolaan uang belanja atau ngajarin anaknya kelak matematika hehehe.

Dulu saya kuliah komunikasi pelajaran itung-itungan juga tetep ada, di mata kuliah statistika.

Kalau bagi saya, kunci belajar matematika terutama untuk anak-anak, ada pada guru dan metode belajarnya. Saya pernah merasa sangat bodoh matematika, yang setelah saya renungi ternyata gurunya memang tidak enak cara mengajarnya. Tapi setelah itu saya cukup bisa matematika bahkan meski sulit, matematika bagi saya merupakan pelajaran yang menantang untuk ditaklukkan, ya lagi-lagi karena gurunya yang enak mengajarkannya.

Emang gimana cara mengajarkan matematika yang menyenangkan? Salah satunya dengan permainan. Jaman saya jadi guru les privat, saya pernah menghadapi anak yang cukup kesulitan belajar matematika. Saat itu temanya tentang uang. Akhirnya saya membuat permainan matematika dadakan. Saya bikin uang-uangan, dari kertas yang disobek terus ditulis nominalnya, lalu kami main jual-jualan. Anak bisa langsung praktek, nggak ngawang-ngawang bayangin nominal, kan. Dengan metode belajar matematika sambil bermain, anak bimbingan saya jadi mudah paham, malah pengennya lanjut main jual-jualan terus. Waduw!

Di era digital seperti sekarang, ragam permainan untuk pembelajaran semakin banyak lagi. Selain cara konvensional seperti yang pernah saya lakukan dulu, bisa juga dengan menggunakan game edukasi.

Seperti yang sedang coba saya terapkan pada Sarah, si bungsu yang saat ini usianya lima tahun. Harusnya udah TK ya, tapi belum saya sekolahkan. Baru sebatas TPQ saja kalau sore.

Sarah ini sudah lumayan bisa menghapal hurup maupun angka. Pelajaran matematika dasar seperti tambah-tambahan dan pengurangan yang nilainya kecil dia sudah bisa.

Lho-lho anak TK boleh diajarin calistung? Menurut saya nggak masalah sih anak TK belajar calistung asalkan metodenya menyenangkan bagi mereka. Jadi tetep konsepnya bermain yang disisipi pembelajaran di dalamnya. Kalau istilah ortang jualan, soft selling wkwkwk. Nyambung, nggak tuh.

Sarah seneng sih, kalau diajak tebak-tebakan, satu tambah satu, dua kurang satu, dll. Malah minta dikasih tebakan terus.

Nah, karena dia suka main HP juga, supaya nggak dipakai sekrol atau nonton yang unfaedah, saya sodorin aja game edukasi tentang uang yang ada di mortgage calculator money  games. Lumayan, kan dia ngerasanya main HP padahal sih esensinya belajar, wkwkwk.

Rekomendasi Game Edukasi Berhitung untuk Anak

Mortgage Calculator money games merupakan game gratis yang bisa dimainkan untuk mengedukasi anak-anak tentang enterpreneur, bisnis, dan manajemen keuangan. Permainan ini bisa dimainkan di ponsel, tab, maupun PC.

Nggak perlu download aplikasi. Langsung aja klik di browser http://mortgagecalculator.org/money-games/

Game edukasi mortgage calculator money games menurut saya sih, cocok dimainkan anak mulai usia TK. Ada banyak ragam kategori permainan, seperti real estate games, money games, farming simulation games, restaurant simulating games, dan lain-lain.



Nah yang cari game edukasi untuk anak TK, rekomendasi game edukasi dari saya sih, pilih money games. Game tentang matematika dasar yang cenderung mudah dipahami. Saya sudah cobakan untuk Sarah memainkan, dan dia terlihat sangat fun.

Di money games sendiri ada beberapa permainan yang bisa dipilih. Yang menurut saya pas dimainkan anak usia lima tahunan seperti Sarah adalah “Treeze Coin” dan “Cash Back”

Cara Bermain Treeze Coin 

Level termudahnya, anak-anak tinggal lihat aja, angka yang ada di layar. Lalu, klik jumlah koin sampai senilai nominal itu.



Misal angka di layar 3$, berarti koin harus diklik sebanyak 3x. Nah, di sini, anak belajar mengenal angka dan berhitung.



Level medium, agak lebih susah dari level easy. Kalau di easy angkanya hanya sebatas satuan 1-9, di medium sudah puluhan. Anak harus bisa mengkombinasikan penjumlahan, koin nilai 10 dan 1. Umtuk level ini saya rasa lebih cocok dimainkan anak dengan usia lebih tua, mungkin 6 atau 7 tahun.

Cara Bermain Cash Back 

Untuk anak usia TK coba level yang paling rendah dulu (level easy). Cara bermainnya, karena Sarah belum bisa baca, saya pandu dulu di awal. Saya bacakan narasi yang tertulis di layar, seperti yang saya skrinsut di bawah ini.



“Orang ini beli penghapus harga 7$, dia kasih uang 11$, nah kembaliannya 4$ angka yang paling bawah ini. Coba kalo 4$ berarti kita kasih uang yang mana?”



Nanti kita arahkan kalo uang kertasnya tulisannya 1$ berarti kasih 4x. Misal kembaliannya 6$ bisa 1$ sebanyak 6x atau 5$+1$.

Level easy ini bisa juga disetting, uang kembaliannya tidak ditampilkan di layar. Jadi hanya tertulis, misal beli pensil 4$ uang 10$, kembaliannya berapa. Jadi anak akan diminta menghitung sendiri dulu hasilnya, baru mengklik uangnya.

Untuk anak yang usianya sudah lebih di atasnya,, mungkin bisa dikasih level medium. Kalau level medium, itungannya udah ada desimalnya, jadi memang lebih rumit. Kayaknya leboh cocok dimainkan anak kelas 2 atau 3 SD, ya.

Supaya permainan lebih seru, berikan reward buat anak yang bisa mencapai level atau mendapat nilai tertentu.

Dengan terbiasa berlatih berhitung, mudah-mudahan anak-anak tidak kesulitan lagi ketika menghadapi pelajaran matematika ya, Moms. Dan salah satu metode yang asik belajar berhitung adalah dengan menggunakan game.

Ada yang udah coba main money games bareng anak-anak di mortgage calculator juga? Spill dong game favoritmu yang mana.


9 comments:

  1. Wah..pas banget nih utk ponakanku yg masih ada di SD. Terima kasih sharing infonya ya...

    ReplyDelete
  2. Waaah seru ya, kalau aku sempat beli mainan uang dan ngajarin mereka pura-pura buat beli sesuatu dari aku...boleh juga nih dicoba gamenya

    ReplyDelete
  3. Aku juga udah mengenalkan beberapa games di sini sama keumala. Dia suka yang games belanja sambil belajar berhitung in a fun way juga sih. Banyak lah game seru2 aku juga suka ikut main kok hehehe

    ReplyDelete
  4. Menyenangkan bagi anak -anak bisa belajar matematika dengan main game. Jadi game edukatif ya, meski untuk orang tua justru bisa healing sederhana sambil nemenin anak belajar, hehehe

    ReplyDelete
  5. Seru yaa belajar matematika dan mengatur keuangan dengan cara bermain game jadi belajar terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  6. mba Rahmi makasih tipsnya ya, nanti kalau anak udah gedean mau diajari juga ah ehheeh tapi entah nih anaku bakalan suka ngegame ga. Ibu dan ayahnya gak ada yang demen ngegame

    ReplyDelete
  7. Seru banget gamesnya ada manfaat edukasinya pula, bisalah pas waktu luang ikutan main juga bareng suami. Makasih mbak sudah share :)

    ReplyDelete
  8. Seru! anak-anakku juga suka main games matematika di sini, Mbak. banyak banget pilihan games-nya dan asyik dimainin bareng-bareng

    ReplyDelete