Wednesday, August 17, 2022

(Tips) Membuat Cover Buku Unik dengan Canva

Semua orang akan Canva pada waktunya. Hahaha. Sekarang desain grafis menjadi lebih mudah berkat adanya Canva ya. Teringat jaman kuliah ada pelajaran desain. Itu sampe gunting-gunting katalog oriflame, ditempel di kertas, terus discan. Ribeeet. Ada juga pelajaran desain pakai corel draw, susaaah, blas nggak ada yang nyangkut di kepala, hahaha. Thanks God sekarang ada Canva, desain jadi lebih mudah termasuk membuat cover buku dengan canva.

Tapiiii, kalau kita pakai canva, jangan kaget kalo nanti ada yang ngembarin cover kita. Saya pernah tuh ada yang komen pada cerbung yang berjudul Dijodohkan dengan Adik Suamiku, "Lho ini kan covernya buku yang judulnya anu."

Trus saya jawab aja, mungkin memang covernya sama karena sama-sama pakai canva. Tapi berasa pengen ganti cover deh kalo udah ada yang nyamain.

Cover Buku Dear, Sugar Enemy

Sebenarnya bisa lho kita mensiasati supaya desain cover menggunakan canva tetep unik. Kalaupun ada kesamaan ya ngga seratus persenlah. Ini tipsnya:

1. Jangan gunakan template cover buku.

Jadi di canva itu kan ada bermacam-macam template ya, kaya buat kartu nama, header blog, termasuk book cover. Nah karena kita mau bikin cover buku, kita otomatis aja tuh pakai template book cover ntar tinggal diganti judul sama nama penulis. Ini yang paling banyak menyebabkan cover kita jadi sama dengan yang lain. Jadi saya sarankan jangan gunakan template ini.

Baca juga: Tips Menulis Novel di Platform Online untuk Pemula

2. Gunakan gabungan gambar.

Saya biasanya pakai blank template, habis itu ambil gambar di opsi elemen. Misalnya kita mau gambar couple gitu, saya sih menyarankan ambil gambar tunggal yang digabungkan. Jadi cari gambar cowoknya, tempel, trus cari gambar ceweknya gabungin. Jangan udah sepaket couple diambil, karena pasti bakal banyak yang ngembarin.

3. Ubah warna.

Kalau kamu udah gabungin gambar, sekalian background kalau diperlukan, jangan lupa ubah warnanya. Misal baju yang asalnya biru kan bisa diubah jadi ijo, jadi kalaupun ada yang nyamain nggak plek ketiplek, ada lah bedanya meski dari segi warna doang >.<

4. Ubah dikit-dikit gambarnya.

Nah, kalau kamu punya kemampuan gambar atau ada orang yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah gambar meski dikit-dikit, lakukanlah. Misal rok yang asalnya pendek bisa diubah jadi panjang, rambut yang asalnya sepunggung dijadikan sebahu, jadi meski tipis-tipis ada bedanya.

Jadi, begitu ya temans, kalau mau membuat cover buku dengan canva tapi tetep unik. Cover buku saya berjudul: Dear, Sugar Enemy yang saya tampilkan di atas itu, awalnya gambar couple  yang saya ambil dari canva. Biar unik, akhirnya saya utak-atik. Gambar cowok saya comot dari Cover Novel romantis Bila Jodoh yang saya order memang ke ilustrator. Lalu gambar ceweknya, aslinya couple di canva, tapi saya ambil yang cewek aja. Terus warna baju, rambut si cewek saya ubah. Model baju si cewek pun saya ubah, dari yang asalnya, nampak pusar, saya buat menutup pusar. Disamping biar lebih sopan, jadi ada pembeda dengan gambar aslinya.

Bagaimana, tertarik untuk membuat cover buku yang unik dengan canva? Tips di atas bisa kamu coba ya!

Lihat, cover buku saya yang lain yuk! Klik aja link di bawah!

Oh, My Lovely Teacher

Merawat Istri Sang CEO






1 comment:

  1. Lagi Blogwalking nih.. iseng2 hari libur,. Makasih Kak atas Tips nya.. :)

    ReplyDelete