Monday, January 18, 2021

Menjadi Podcaster Modal Smartphone, Emang Bisa?

Bismillah, kali ini saya mau cerita tentang aktivitas baru saya di akhir tahun 2020 yaitu membuat podcast. Sebenarnya, podcast saya ini sudah ada semenjak tahun 2019, tapi belum diseriusin. Baru uji coba aja sih ngerekam gitu. Nah pas bulan Oktober kemaren ikut kelas podcast Siberkreasi baru deh mulai menata ulang podcast. Mulai bikin konsep lebih jelas, membuat cover podcast, sampai membuat jadwal tayang mingguan tiap hari Rabu. Tapi yang jadwal tayang ini belum 100% konsisten sih hehe.


Bagi temen-temen pemula yang mau ngepodcast, mungkin ada yang bertanya bisa ngga sih menjadi podcaster modal smartphone doang. Jawabannya bisa banget.

Pertama kali ngepodcast saya hanya bermodal smartphone. Bahkan sampai saat inipun, meski saya sudah menggunakan PC buat edit podcast, saya tetep sesekali edit podcast menggunakan smartphone. Menurut saya edit podcast dengan di HP lebih santai aja sih, bisa disambi-sambi. Misal pas senggang dikit, nungguin masakan mateng misalnya, di dapur bisa buka aplikasi edit audio sebentar, edit, trus kalo mau aktivitas lagi bisa ditinggal dulu. Cuma ya kelemahan edit podcast di HP itu layarnya kecil pakainya jari jadi ya agak kurang leluasa aja sih dan loading juga sedikit lebih lama.

Di postingan ini saya mau kasih tau kamu, bagaimana menjadi podcaster hanya modal smartphone, apa yang harus dilakukan dan aplikasi apa yang harus diinstal.

1. Buat podcast gratis dan mudah dengan anchor. Kamu bisa instal aplikasinya atau bisa juga melalui web anchor. Caranya mudah banget sih tinggal sign up pakai alamat email aja. Nanti ikutin aja instruksinya. Kamu bisa merekam podcastmu langsung di anchor atau bisa juga lewat perekam suara lainnya, nanti tinggal import rekaman ke anchor. Setelah kamu publikasikan ke anchor, otomatis podcastmu bisa didengarkan di spotify, Google podcast dan beberapa program audio lainnya.

2. Edit audio di smartphone mudah dengan Lexis Audio. Awalnya saya ngepodcast itu apa adanya banget, rekam, lalu publish. Tapi seringkali banyak yang menurut saya perlu diedit misal di tengah siaran tiba-tiba bocah nangis, daripada diulang mending diedit kan. Nah aplikasi edit audio di smartphone gratis yang bisa digunakan adalah Lexis Audio Editor. Cara edit audio dengan Lexis Audio Editor mudah kok, Bsalah dipelajari dengan utak-atik sendiri apalagi kalo cuma sekedar motong suara-suara yang sekiranya nggak perlu atau pengen dihilangkan.

3. Buat cover art dengan menggunakan canva dan pics art. Sebenarnya anchor menyediakan juga beberapa desain cover art, tapi lebih asik kan kalo didesain sendiri ya biar ngga ada yang nyamain. Kalo saya membuat cover art dengan menggunakan canva dan pics art yang free.

2 comments:

  1. ibu ibu kreatif untuk membuat podcast , tak kalah dengan yang senior senior

    ReplyDelete
  2. Salam dari admin techpedia4 blogger dari semarang

    ReplyDelete