Wednesday, January 27, 2021

True Beauty, Drama vs Webtoon Mana Lebih Menarik?

Assalamualaikum... hai hooo.. siapa yang lagi on going nonton drama Korea True Beauty?

Drama Korea True Beauty merupakan drama Korea adaptasi webtoon dengan judul Secret of Angel. Menurut kamu yang udah nonton  sekaligus baca webtoonnya, mana yang lebih bagus? Versi drama atau webtoon?



Jauh sebelum drakornya tayang, saya udah tau sih webtoonnya karena emang populer banget. Bahkan karakter-karakternya suka muncul di merchandise, terutama si Jukyung sama Seo Jun. Iya tokoh yang menonjol dua itu sih waktu itu saya lihat, mungkin karena saya ngga terlalu ngikutin webtoonnya ya, cuma pernah baca sekilas aja.

Waktu rame-rame True Beauty mau tayang, saya sih biasa aja, nggak yang excited banget juga. Terus iseng lah ya nonton, karena saat itu Start Up udah selesai dan belum lanjut nonton drama apapun. Ternyata baguuus. Temanya klise sih sebenarnya, mirip Gangnam Beauty, karena wajahnya dianggap jelek, lalu dibully. Pemeran utama cowok juga sama si Cha Eun Wo. Bedanya kalo Gangnam Beauty si ceweknya oplas, sementara di True Beauty cuma ditutup make up biar kelihatan cantik. Saya lebih suka True Beauty karena banyak cerita lucunya dibanding Gangnam Beauty.

Drama Korea True Beauty dibintangi oleh Moon Ga Young yang berperan sebagai Lim Ju Kyung, Cha Eun Woo sebagai Lee Suho dan Hwang In Yeop sebagai Han Seo Jun.

Sedikit review drama korea True Beauty, akan saya tulis di blogpost ini ya. Biasanya saya nulis setelah selesai nonton sampai tamat, tapi ini ga sabar dari kemaren pengen bahas sih hihi.

Lim Ju Kyung dibully di sekolahnya karena dianggap berparas buruk, ia lalu belajar make up, ga langsung berhasil. Sempat ia datang ke sekolah dengan make up yang menor lantas ditertawakan teman-temannya.

Karena ayahnya jadi korban penipuan, apartemen mereka dijual dan pindah ke rumah lama, tempat tinggal Jukyung masa kecil. Di sekolah baru penampilan Jukyung sudah beda, ia sudah jago make up dan bisa menutupi kekurangan yang ada di wajahnya, sehingga orang-orang melihatnya cantik bak bidadari.

Suatu hari ia datang ke tempat persewaan komik dan lupa tidak memakai make up. Tanpa diduga dia bertemu dengan teman di sekolah barunya yang sangat tampan dan idola cewek-cewek, yaitu Lee Su Ho.

Ia kuatir Lee Suho akan mengenalinya, tapi ternyata, ketika di sekolah ia merasa Lee Suho tidak mengenalinya sebagai Lim Ju Kyung yang ditemui di persewaan komik. Suho yang mau ngobrol dengannya saat di persewaan komik, terlihat begitu dingin  di sekolah. Jukyung pun merasa ia harus terus menyembunyikan ini dari siapapun termasuk Suho.

Sampai suatu ketika Jukyung terkena lemparan kue tart salah sasaran. Mukanya penuh dengan krim. Ia mau membersihkan tapi bagaimana jika ketahuan teman-temannya wajah aslinya? Di saat ia kebingungan memikirkan cara jangan sampai teman-temannya tahu wajah aslinya, Lee Su Ho datang membentangkan jaketnya, berusaha menutupi wajah Jukyung dan mengantarnya ke toilet. Ow so sweet....


Salah satu scene terbaper di eps.2


Drama ini receh banget sih, drama anak sekolahan adegannya juga banyak yang dibuat alay dan berlebihan. Tapi saya suka... suka sekali, manis dan lucu, ringan ga perlu mikir nonton ini mah. Ngalir ajaa, asik nontonnya.


Di episode kedua pemeran utama cowok lainnya muncul yaitu Han Seo Jun. Seo Jun dulunya sobatan banget sama Su Hoo tapi karena suatu kesalahpahaman mereka bermusuhan. Seo Jun meski sama tampannya dengan Suho, karakternya jauh berbeda. Suho anak teladan, paling pintar di sekolah, sementara Seo Jun tipikal bad boy, tapi sayang keluarga.

Sampai dengan episode 8 hanya Suho teman sekelas yang tahu wajah asli Jukyung, meski begitu Suho menyukai Jukyung apa adanya. Bagaimana dengan teman-temanya yang lain begitu tahu wajah asli Jukyung? Bagaimana dengan Seo Jun apakah masih tetap suka sama Jukyung, ini yang lagi saya tunggu-tunggu di episode 13, xixixi.

Lalu mana yang lebih bagus, True Beauty versi drama atau versi webtoon? Nah begitu saya nonton TB dan suka, saya langsung ke webtoonya pengen bandingin ceritanya.


Ini webtoonnya, mirip nga sama karakter di drama?


Meski mengadaptasi webtoon, alur ceritanya tidak sepenuhnya sama. Misalnya pertemuan Jukyung dan Suho. Di webtoon mereka pertama kali ketemu di persewaan komik, sementara di drama pertemuan pertama mereka di sekolah. Di webtoon Suho juga diceritakan sebagai anak pindahan sementara di drama ngga. Di webtoon Jukyung masuk sekolah baru di awal SMU, sementara di drama udah di pertengahan masa SMU, kelas 2 kalo ngga salah.

Di webtoon, Sujin temannya Jukyung diceritakan di awal udah sirik sama Jukyung penampilannya juga kaya seksi gitu. Sementara di drama Sujin merupakan anak pintar, jago bela diri. Di awal dia sobatan banget sama Jukyung, baru setelah menyadari cintanya bertepuk sebelah tangan dan Suho jadian sama Jukyung dia merasa dengki gitu ke Jukyung.

Di webtoon Seo Jun baru muncul setelah episode ke-17, lama ya cyiin. Jukyung sempat dicomblangin sama temennya ke cowok anak kuliahan di awal-awal episode, sebelum Seo Jun muncul, tapi di drama baru dicomblangin setelah Seo Jun muncul. 

Banyak juga scene yang ditukar di webtoon ke drama. Kaya pas webtoon adegan pasang plester di lutut Jukyung dilakukan sama Seo Jun pas di RS waktu suho kecelakaan, tapi di drama scene itu dilakukan Suho episode-episode awal. Di webtoon yang kecelakaan Suho doang pas mau menyelamatkan Jukyung kalo di drama berdua bareng Seo Jun kecelakaannya, jadi bisa ada momen-momen lucu di RS antara Suho dan Seo Jun. Di webtoon Suho yang pura-pura tidur pas lihat Seo Jun nungguin dia di RS. Kalo di drama, sebaliknya.

Ya pokoknya cukup banyak lah yang beda. Kalo menurut saya sih lebih rapi alurnya di drama. Tapi ternyata ada juga yang lebih suka cerita webtoon daripada drama. Lagi-lagi balik ke selera yah. Ada juga yang ga suka sama True Beauty karena adegannya ada yang lebay, trus ceritanya receh. Bahkan ada yang sampe perhatiin ke outfitnya, kok Suho lebih keren outfitnya saat di webtoon. Teliti sekali mereka ya hahaha... Kalo saya sih tetap suka karena mengibur aja.

Mulai dari soundtrack awalnya aja, musiknya udah asik, video klipnya juga menarik. Lalu pemerannya menggemaskan semua. Moon Ga Young sebelumnya saya tonton dramanya di Find Me in Your Memory jadi perempuan dewasa, main di True Beauty sebagai anak SMA ya cocok-cocok aja.

Hwang In Yeop usianya juga udah 30 tahunan  tetep pas memerankan anak remaja ya. Padahal sebelumnya ada pro kontra di kalangan penggemar tentang aktor yang cocok memerankan Seo Jun ini. Jadi Hwang In Yeop dianggap kurang pas mungkin karena karakternya ngga mirip dan secara usia juga udah kelewat tua untuk jadi anak SMA ya.. Tapi setelah tayang ternyata Hwang In Yeop sangat baik memerankan Seo Jun.

Ohya sutradara True Beauty sama dengan sutradara Extra Ordinary You. Ngga heran yah kalo pemain Extraordinary You cukup banyak yang ikut ambil peran di sini meski hanya sepintas, yaitu Dan Oh, Baek Kyung, Do Hwa, dan Peri Cumi Kering.


Adegan lebay, oh tentu ada tapi menikmati aja tuh. Misal pas Suho dan Seo Jun sama-sama ke rumah Jukyung, mereka ditantang bikin pangsit. Seo Jun sampai bikin pangsit bentuk angsa dan Suho bentuk naga. Lebay banget dan ga masuk akal tapi lucu haha.

Pengembangan karakternya juga oke banget sih, ngga cuma 3 pemeran utama yang menonjol. Banyak pemeran pendukung yang punya karakter kuat dan disukai penonton, misalnya sodara-sodaranya Jukyung, Su Ah, dan Tae Hon. Salah satu ciri khas drakor, selalu punya pengembangan karakter yang baik di tokoh utama maupun tokoh pendukung, menjadikan ceritanya tidak monoton pada konflik yang itu-itu saja.

Dari drama Korea True Beauty saya jadi banyak belajar juga bagaimana mengadaptasi suatu karya dalam bentuk yang berbeda. Dari komik ke drama, memang jangan sampe sama plek ya ceritanya. Bakal kurang menarik nantinya. Mudah ketebak karena ya kan sama persis. 

Saat ini komik Secret of Angel juga belum tamat. Banyak yang komentar jadi agak membosankan karena muter-muter terus ngga jelas kejelasannya Jukyung sama siapa. Tapi banyak juga yang masih setia mengikuti. Nah karena komiknya juga belum tamat saat diadaptasi jadi drama, bikin penasaran apakah ending True Beauty di komik bakalan sama kaya di webtoon? Masih ada sisa 4 episode drama True Beauty yang belum tayang, kita lihat saja sampai akhir ya.

Kalo saya lebih suka dramanya, kamu gimana? Beda boleh lho! Ceritain ya di kolom komen.

No comments:

Post a Comment