Monday, October 19, 2020

Belajar Asyik di Kelas Podcast Siberkreasi

Bismillah, Assalamu'alaikum temans....

Resolusi tahun 2020 saya salah satunya adalah belajar public speaking. Ya, ini udah tertulis di catatan resolusi pada saat awal tahun kemarin. Niatnya sih saya pengen ikut kelas-kelas public speaking offline. Pertimbangannya, karena tahun ini Sarah udah 2 tahun, mungkin udah bisa lah ya ditinggal-tinggal barang 2-3 jam. Selain itu saya merasa kalo kelas offline saya mungkin bakal lebih konsentrasi karena tatap muka langsung sama guru. Belajarnya ngga akan saya sambi momong atau umbah-umbah xixi.



Tapi.... tak dinyana kita harus mengalami situasi pandemi yang memaksa untuk lebih banyak di rumah aja. Sebenarnya kelas offline public speaking udah ada yang buka sejak pemberlakukan new normal atau adaptasi kebiasaan baru, cuma saya masih belum tenang aja sih dengan pembelajaran tatap muka saat-saat gini.

Akhirnya saya putuskan untuk "learning by doing" aja. Jadi saya terus-terusan praktek public speaking mandiri untuk belajar. Caranya saya rajin bikin live instagram. Live instagram saya modelnya talk show. Meneruskan #minitalkshow yang sudah pernah saya buat di youtube tapi mandeg karena gabisa ke mana-mana ketemu orang. Udah ada 15 #minitalkshow yang saya buat di instagram, mulai dari ngobrolin homeschooling sampai tiktok. Tapi kemudian mandek. Bukan.. bukannya bosen, atau ngga konsisten lagi. Alasannya saya lagi mencari media yang ketika saya berkomunikasi dengan nara sumber lebih lancar ngga putus nyambung kaya hubungan kamu sama dia.

Baca juga: Live Instagram Bersama Alifia Mahisiswi Ex Homeschooler Bisa 8 Bahasa Asing

Cukup sering koneksi internet ngga stabil saat saya melakukan live ig, terutama dari pihak nara sumber. Sehingga wawancara kami jadi putus-putus, kadang suara narsum ga kedengeran, bahkan gambarnya jadi ilang. Mana mungkin kita nuntut narsum untuk repot mencari internet yang stabil kan ya. Siapa elo gitu, udah bagus narsum mau diajak ngobrol ini pake disuruh-suruh lagi, maka dari itu saya berpikir untuk mencari media lain. Gimana kalo coba PODCAST.


Saya mengenal Podcast udah cukup lama sih. Dari mulai mizter Popo jadi bintang tamu di youtube Raditya Dika cerita tentang Rumah Eyang. Di situ mizter kan cerita kalo punya podcast. Cuma masih ngga tau aja gimana cara bikinnya. Awalnya cari-cari tutorial sara membuat podcast di spotify kok kaya ribet.

Terus nemu postingan Mbak Sara Neyrizha cara bikin podcast di spotify itu biar mudah daftarnya di Anchor. Eh bisa, gampang, Alhamdulillah. Jadi gengs, kalo kamu mau bikin podcast cara gampangnya daftar di anchor, nanti podcast kamu otomatis bisa kok didengerin si spotify, google podcast, dan beberapa kanal lainnya. Thank you Mbak Sara :)

Lalu saya coba bikin podcast pertama. Podcastnya direkam pada tanggal 28 Agustus 2019, kayaknya sih malem-malem tuh. sampe kedengeran suara ngoroknya Sarah hahaha. Makanya di unpublish.

Dengerin podcast saya ya, namanya Talk With Mie.

Simak juga: Live Instagram Menulis Novel Duet

Nah beberapa waktu lalu lihat mak poundernya KEB, Mira Sahid, share info tentang Kelas Podcast Siberkreasi. Gratis. Langsung daftar dong di batch 1, apalagi liat ada Raditya Dika yang bakal jadi salah satu mentor.

Tapi... di batch 1 saya ketinggalan kelas muluk >.<

Yang lupa lah kalo ada kelas, atau pas jam itu sibuk ngapain akhirnya ngga ngerjain tugas, pre test, dan post test. Cuma sepotong-sepotong juga materi belajar yang saya simak. Eh ndilalah kok ada lagi Kelas Podcast Siberkreasi Batch 2, dan yang udah daftar batch 1 tapi banyak ketinggalan kelas boleh daftar lagi. Ya tentu saja saya daftar dengan tekad kali ini harus serius belajarnya.

Kelas Podcast Siberkreasi berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 10,00 di live youtube. Materinya bagusss dan detail mengenai podcast, mulai dari perkenalan tentang podcast, cara branding, monetize, sampai cara edit. Ada grup diskusi podcaster juga yang kami disarankan untuk gabung di discord. Saya gabung dong, kebetulan saya juga udah instal discord buat kerjaan.

Awalnya malu mau share link podcast di sana untuk direview. Ya gimana podcast saya itu masih biasa banget. Ngga pakai edit-edit karena belom bisa. Jadi rekam, kalo ada kendala (misal suara berisik) di pause, rekam lagi, masukkin backsound dari anchor langsung publish. Sesimpel itu bikinnya haha. 

Tapi dipikir lagi, kalo saya malu terus, kapan belajarnya, Yaudah nekad dah tarok link podcast, malamnya direview Mba Idha Umamah dan Mas Dipta. Mulai dari pemilihan nama podcast,  cover, teaser podcast, sampai materi yang dibawakan. Alhamdulillah masuk jadi podcast pilihan alias editor choice huhuuu terharuuuuu....

Kata mas Dipta, PR nya adalah membuat cover per episode yang lebih catchy, ngga sekedar foto doang seperti yang udah saya publish sampai saat ini.

Pokoknya belajar di Kelas Podcast Siberkreasi ini asyik banget. Banyak insight-insight yang saya dapat baik dari segi ide, sampai teknis. Yang menariknya, nanti akan terpilih 10 podcaster untuk mendapat beasiswa podcast jadi dimentorin khusus selama 3 bulan.

Bismillah moga bisa konsisten ya, belajar nge podcast, mengobati kerinduan pada dunia siaran dan mewujudkan mimpi 12 tahun lalu ingin bisa siaran di rumah. Aamiin....

No comments:

Post a Comment