Thursday, August 27, 2020

Alifia, Mahasiswi Ex-Homeschooler Bisa 8 Bahasa Asing, Bagaimana Tipsnya?

Bismillah Assalamualaikum temans....

Ada yang sedang berencana belajar bahasa asing? Atau ada yang sedang belajar bahasa asing tapi merasa kesulitan? Kali ini saya mau menulis tentang tips mahir bahasa asing dari Alifia Afflatus Zahra, seorang mahasiswi semester 3, mantan homeschooler di tingkat SMP dan SMA, yang bisa 8 bahasa asing alias polyglot.

Jadi beberapa waktu lalu saya kan bikin live talkshow bareng Bu Mey yang merupakan ibundanya Alifia, nah bu Mey cerita kalau Alifia bisa 8 bahasa asing. Wow excited dong saya gimana itu caranya belajar 8 bahasa asing? Minggu depannya saya lantas bikin live talkshow biar bisa ngobrol sama ALifia secara langsung.

Homeschooler polyglot
Alifia menerbitkan buku fiksi berjudul Iluminasi

Alifia mulai belajar bahasa asing selain Inggris itu saat memulai homeschooling, yaitu selepas ia lulus SD. Salah satu nilai plus homeschooling yang Alifia rasakan adalah, dia menjadi punya banyak waktu untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Selain belajar bahasa, Alifia juga sempat menjadi atlit panahan dan menerbitkan beberapa buku fiksi.

Baca juga: Tanya Jawab Mengenai Homeschooling

Bagaimana Alifia belajar bahasa asing sebanyak itu? Les di mana dia? Ternyata semua bahasa tersebut ia pelajari secara otodidak sodara-sodara. Jadi, Alifia sama sekali ngga ikutan les apapun juga.

Bahasa asing apa saja yang dikuasai Alifia?

Alifia bisa 8 bahasa asing dengan tingkat kemahiran yang berbeda. Ada yang menguasai, intermediate dan beginner. Jika diurutkan dari yang paling mahir, yaitu Inggris, Spanyol, Italia, Belanda, Jerman, Turki, Arab, dan Africans (passive).

Kalo ngga les, gimana cara Alifia belajar lebih dari satu bahasa?

Meski Alifia memang punya minat yang besar untuk belajar bahasa, pada mulanya ia juga tidak percaya kalo dirinya bakalan bisa menguasai lebih dari 3 bahasa. Suatu hari ia nonton di youtube ada pemuda usia 19/20an bernama Timothy Doner dari Amerika yang bisa 25 bahasa! Dari situ ia semakin semangat untuk mempelajari bahasa.

Baca juga: Masuk SD Tanpa Ijazah TK

Pada awalnya, Alifia mencoba belajar bahasa Jerman dan Spanyol (selain English) yang menurutnya cukup mudah. Karena merasakan keasyikan saat belajar bahasa tersebut, ia lantas lanjut mempelajari bahasa lainnya. Bagi Alifia, belajar bahasa itu layaknya main game, yang membuat dia tertarik terus untuk mempelajari bahasa yang baru. Jadi semacam hobbi.

Alifia menggunakan cara yang variatif dalam belajar bahasa asing. Beberapa cara mempelajari bahasa asing ala Alifia adalah melalui:

1. Youtube. Menurut Alifia, ada metode yang sangat baik bisa kita terapkan dalam belajar bahasa asing yaitu metode Emil Krebs. Dimana kita mengutamakan listening dan speaking sebelum menulis dan membaca. Dari artikel yang saya baca di internet, Emil Krebs merupakan seorang polyglot yang menguasai 68 bahasa. Meskipun sudah meninggal dunia di tahun 1930, beliau masih dikenang hingga saat ini karena kemampuannya dalam menguasai banyak bahasa asing tersebut. Channel belajar bahasa Inggris yang asyik diantaranya Easy Languages dan Languagepod101.com

2. Membaca jurnal berbahasa asing. Meski pada awalnya tidak paham dengan bahasanya, dengan membiasakan diri membaca jurnal berbahasa asing akan membuat kita lama-kelamaan paham. Alifia sendiri semakin banyak membaca jurnal bahasa asing saat kuliah karena buku-buku kuliahnya banyak yang berbahasa Belanda.

3. Praktek. Harus percaya diri untuk mempraktekkan bicara dengan bahasa asing. Baik dengan sesama teman yang sedang belajar maupun dengan native speaker jika ada kesempatan bertemu.

Saat ini Alifia masih ingin mempelajari beberapa bahasa baru lagi seperti Ibrani, Aramaic, dan Yunani. Pada saat live talkshow kemaren di instagram, Alifia juga mempraktekkan berbicara dengan bahasa asing yang ia kuasai. Bisa disimak di channel youtube saya ya, dengan judul tips mahir bahasa asing.


Oya bagi kamu yang ingin menguasai banyak bahasa juga seperti Alifia, selain bisa belajar dari media-media yang sudah disebutkan di atas tadi, ada beberapa tips mahir bahasa asing yang ditambahkan oleh Alifia.

1. Harus Pede. Positif thinking dan yakin kalau kita bisa.

2. Praktek bicara dengan bahasa asing. Bisa mencari partner melalui aplikasi belajar bahasa Inggris seperti speaky dan tandem. Jika tidak ada partner bisa juga dengan ngomong sendiri di depan cermin.

3. Konsisten belajar. Luangkan waktu rutin belajar bahasa asing tiap harinya.

4. Cari metode yang paling tepat untuk belajar, karena tiap orang beda. Ada yang suka membaca buku bahasa asing, ada yang lebih mudah menyerap bahasa asing dengan menonton film, atau bisa juga dengan bantuan pihak lain dengan mengikuti kursus bahasa asing.

5. Ikut komunitas jika diperlukan. Di Semarang ada komunitas polyglot yang cukup aktif berkegiatan.

Selamat belajar bahasa asing dengan gembira ya teman-teman, semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu punya tips lainnya atau mau berbagi cerita tentang belajar bahasa asing bisa menuliskannya di kolom komentar ya :)









No comments:

Post a Comment