Wednesday, September 2, 2020

Gedung Sekolah Vokasi Undip Wujud Dukungan Sinarmas Pada Dunia Pendidikan, Diresmikan Presiden

Assalamuaaikum temans, adakah yang sedang menimbang-nimbang nanti selepas SMA atau SMK mau lanjut kuliah di mana. Kalo iya, sekolah vokasi Universitas Diponegoro merupakan salah satu yang bisa jadi pilihan kamu. 

Mungkin ada yang belum familiar, apa itu sekolah vokasi? 

Sekolah vokasi adalah sekolah yang menerapkan pendidikan vokasi yaitu pendidikan yang mengacu pada penguasaan terapan tertentu. Tujuannya menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional. 

Di UNDIP sekolah vokasi sudah berdiri semenjak 30 Agustus 2016, yang kemudian menampung semua jalur vokasi D3 di semua Fakultas di Undip. Saat ini sudah berdiri juga program Diploma 4. 

Nah, kabar baiknya, gedung sekolah vokasi yang baru sudah diresmikan secara virtual oleh Presiden Jokowi dari Istana Bogor pada Rabu, 26 Agustus 2020 kemarin.


Gedung Sekolah Vokasi UNDIP merupakan hibah dana dari Sinar Mas dan mitra swasta lainnya sebagai wujud nyata kuatnya link and match antara dunia vokasi dan industri agar tercipta penyerapan tenaga kerja sesuai kebutuhan industri. 

Menurut Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto, kebutuhan sumber daya manusia berlatar belakang pendidikan vokasi sangat tinggi. Hanya saja, kuantitas angkatan kerja kejuruan memang terbatas, dan mereka yang memiliki kemampuan sesuai kebutuhan industri lebih sedikit lagi jumlahnya. Kemitraan seperti ini dapat menjadi solusi untuk menjembatani kebutuhan perusahaan. 

Presiden Jokowi sangat menyambut baik gedung sekolah vokasi ini, karena pengembangan SDM merupakan prioritas Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya pendidikan vokasi merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM Indonesia agar lebih produktif dan kompetitif. 

Peresmian gedung vokasi virtual. Sumber: IG @undip.official

Sementara itu, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, SH., M.Hum dalam sambutannya dari Semarang mengatakan, “Sekolah vokasi merupakan salah satu strategi yang sangat kita harapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Oleh karena itu sinergi antara Universitas Diponegoro sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas dunia, bekerjasama dengan industri merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita yang betul-betul handal dan layak kerja di tingkat nasional maupun global.” 

Lalu, fasilitas apa saja yang terdapat pada gedung sekolah vokasi ini? 

Gedung Sekolah Vokasi yang mulai dibangun pada 12 Maret 2019di atas lahan seluas 4.900 meter persegi, dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai ruangan dalam proses belajar mengajar pendidikan vokasional antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course), ruang perpustakaan dan arsip digital, serta laboratorium. 



Terdapat pula ruangan untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC). Dua unit LSP dan VDC ini menyiapkan lulusan Sekolah Vokasi Undip agar benar-benar siap kerja. 

Dalam upaya menambah nilai lebih untuk melahirkan enterpreneur muda, disediakan juga lounge entrepreuneurship kerjasama Undip dengan GK Plug and Play sebagai salah satu akselerator yang telah mendunia. 

Gedung Sekolah Vokasi terdiri dari 4 lantai. Nilai plus yang saya suka banget karena telah bersertifikat green building internasional dari Green Building Council. 

Sebagai green building, gedung ini dilengkapi dengan panel surya pada bagian atap yang dapat mencatu daya sebesar 25 KVA untuk penyediaan listrik gedung. Keberadaan panel surya ini sekaligus dapat dijadikan sebagai teaching industry di bidang renewable energy. Gedung dilengkapi juga dengan pengolahan limbah cair (water recycle system), material gedung ramah lingkungan, desain pencahayaan dan ventilasi yang memadai sehingga dapat menghemat energi, serta sebaran biopori untuk peresapan air hujan.

Keren banget yaaaa. Kalo mau lihat detail gedungnya kaya gimana, bisa simak di video yang akan saya sematkan di bagian paling bawah postingan ya!

Kalo menurut managing director Sinar Mas, keberadaan kampus dengan konsep bangunan hijau ini merupakan simbolisasi komitmen sivitas akademika dalam menjawab tantangan zaman, di sebuah lingkungan yang ramah lingkungan dan energi, sekaligus humanis.



Sekolah Vokasi Undip ini punya visi menjadi pusat pendidikan vokasional yang unggul bertaraf Internasional, dengan mengusung tagline “Saatnya Vokasi Juara”. Ada 11 program studi S1 Terapan yang tergabung dalam 4 Departemen yaitu Departemen Teknologi Industri, Departemen Sipil dan Perencanaan, Departemen Informasi dan Budaya, serta Departemen Bisnis dan Keuangan dengan kapasitas sampai 7000 mahasiswa. 

Sebagai alumnus UNDIP (yang ngga usah disebutin angkatannya yaa) turut bangga lho dengan hadirnya sekolah vokasi dan adanya gedung baru untuk memenuhi sarana dan prasarana perkuliahan. Mudah-mudahan dengan adanya sekolah vokasi didukung fasilitas yang memadai ini, adek-adek mahasiswa ngga bingung lagi yaa, selepas kuliah mau lanjut ke mana, udah siap kerja lah pokoknya.



22 comments:

  1. Asyik sekarang ada sekokah vokasi di Undip bertaraf Internasional pula, Ih padahal aku kan kepo lulusan Undip tahun berapa sih

    ReplyDelete
  2. Gedung sekolah vokasinya ini kampus juga ya .. tadinya kebayangnya SMK gitu. Rupanya bagian kampus UNDIP tapi vokasi/kejuruan. Menarik ya, kebutuhan sumber daya manusia berlatar belakang pendidikan vokasi ternyata sangat tinggi. Berarti pas, anak sulung saya kampusnya vokasi.

    ReplyDelete
  3. Eh gedungnya kece euy. Fasilitas di dalamnya juga lengkap. Sukses terus buat UNDIP deh, juga pada civitas academicanya :)

    ReplyDelete
  4. Wah menarik udah ada digital classroom nya segala. Keren ya undip sekolah vokasi nya. Jadi kepo pingin lihat langsung

    ReplyDelete
  5. Keren, UNDIP! Semoga bisa berjalan dengan baik. Menghasilkan lulusan yang berkualitas

    ReplyDelete
  6. Whoaaa, asik nih UNDIP! Bisa dapat support dari SinarMas.
    Semogaaaa nular juga ke kampus2 lain di Indonesia Raya!

    ReplyDelete
  7. Lengkap dan runut nih mbak, semoga banyak yang membaca informasi penting dan terbaru dari undip ini.. jadi ngebantu banget buat adik adik yang masih mencari lokasi kampus untuk melanjutkan pendidikannya ya

    ReplyDelete
  8. Gedung sekolah vokasinya bagus. Keren deh Undip, semoga lulusannya bisa berjaya dan bermanfaat di masyarakat.

    ReplyDelete
  9. wahh gedungnya kerenn.. sebuah bukti bakti sinarmas untuk memajukan dunia pendidikan indonesia

    ReplyDelete
  10. Wah...wah. Info bagus buat para ponakan nih. Secara yg di Semarang udah usia SMP dan SMA. Bentar lagi butuh nih mereka

    ReplyDelete
  11. Wah keren nih Sinarmas. Kepeduliannya ada pada dunia pendidikan juga ya. Pastinya gedung baru ini akan banyak bermanfaat untuk UNDIP. Semoga bisa menghasilkan mahasiswa-mahasiswa vokasi yang berguna :)

    ReplyDelete
  12. Waah...keren banget Sinar Mas bekerjasama dengan Undip melakukan kolaborasi untuk kemajuan ilmu advokasi Indonesia.
    Semoga semakin banyak lulusan Undip yang memajukan bangsa.
    ((ikut bangga))

    ReplyDelete
  13. Wah, selamat atas peresmian gedung sekolah vokasi Undip. Semoga melahirkan lulusan-lusan yang berkualitas tinggi. AAmiin

    ReplyDelete
  14. Jadi sekolah vokasi ini ibaratnya SMK ya, dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja ya.
    Btw, gedung bagus juga ya.

    ReplyDelete
  15. congrulation for UNdip, i hope is usefull and take care together

    ReplyDelete
  16. Sekolah vokasi ini d3 ya mak ? Emng lebih siap kerja ya. Bagus banget sampe yg resmiin langsunh walau virtual presiden jokowi

    ReplyDelete
  17. Keren nih programnya...
    Jadi inget, dulu waktu kerja pernah bikin perencanaan sekolah vokasi...

    ReplyDelete
  18. always love to see the new building and it will definitely help the process and the education process

    ReplyDelete
  19. Boleh juga nih cari-cari informasi tentang jurusan di sekolah vokasi ini untuk anakku. Apa yaa yang kira-kira tepat untuk dia yang sudah punya basic pengetahuan khusus tentang multimedia?

    ReplyDelete
  20. Wah, Sinar Mas bekerjasama dengan Undip melakukan kolaborasi untuk kemajuan ilmu advokasi Indonesia ya. Bagus ini tapi memang Sinar Mas inovasinya keren-kerem

    ReplyDelete
  21. Jadi kepo pengin tahu ada jurusan vokasi apa aja, ini bisa jadi alternatif di masa depan yaa buat anak2 yg memang pengin lsg menerapkan ilmu nya lsg ke dunia kerja, kapan2 mau liat ah kampusnya

    ReplyDelete
  22. wah selamat untuk Undip ya, deket nih rumah sama Semarang. Semoga pendidikan vokasional di Indonesia semakin maju dan terdepan, khususnya Undip sendiri

    ReplyDelete