Thursday, September 17, 2020

Mempersiapkan Biaya Persalinan di Saat Pandemi Covid-19

Bismillahirrohmanirohim, assalamu'alaikum temans, adakah saat ini yang sedang menghitung hari hendak melahirkan buah hati? Pasti banyak persiapan yang dilakukan termasuk mempersiapkan dana. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini persiapan menjadi lebih ekstra.

Di blog saya, salah satu postingan terpopuler adalah tentang pengalaman melahirkan cesar di Rumah Sakit Hermina dengan BPJS. Hmmm rupanya banyak yang mempersiapkan kelahiran buah hatinya dengan bowsing di internet, seperti mencari rumah bersalin yang rekomended, mencari tahu biaya persalinan, dan saat pandemi seperti sekarang mungkin ditambah mencari info tentang PCR swab test Jakarta dan daerah lainnya.

Nah, kali ini saya mau membahas tentang bagaimana mempersiapkan dana bersalin.
Salah satu yang penting untuk dipersiapkan ketika mengetahui kalau kita positif hamil, adalah biaya persalinan. Melahirkan membutuhkan dana yang tidak sedikit lho, apalagi kalau kita memilih melahirkan di rumah sakit dengan kelas yang tinggi, dan qodarulloh harus melahirkan secara cesar dengan biaya pribadi pulak. Pengalaman saat melahirkan anak pertama di RS swasta secara cesar dengan biaya pribadi habis sekitar 7 jutaan. Wah kalo ngga dicicil sedini mungkin berat banget pasti mengumpulkan dana sebesar itu.



Jadi bagaimana sebaiknya mempersiapkan biaya persalinan?

1. Mulai mencicil sedini mungkin. Begitu tahu kalo kita hamil, langsung alokasikan dana untuk biaya melahirkan. Paling tidak kita punya waktu 9 bulan untuk menabung. 

Kalo misal memungkinkan, biaya persalinan bisa kita persiapkan sebelum hamil bahkan sebelum menikah. Kita kan ngga tau kondisi keuangan kita di kedepannya seperti apa, jadi saat ada kelonggaran meskipun belum dibutuhkan tidak ada salahnya langsung dipersiapkan.

2. Cari tempat melahirkan yang pas dengan kondisi keuangan kita. Kalo kita sudah tahu berapa banyak yang bisa kita sisihkan untuk biaya persalinan, berarti kurang lebihnya kita bisa menghitung berapa biaya persalinan yang sanggup kita kumpulkan. Misalnya dalam sebulan kita hanya bisa menyisihkan 1 juta, saat hendak melahirkan nanti kita berarti punya tabungan biaya persalinan sebesar 9 juta. Carilah tempat bersalin yang sesuai dengan dana yang ada. Bisa kok kita mendatangi bidan dan rumah sakit untuk meminta info biaya persalinan di sana. Supaya nanti begitu waktu melahirkan tiba kita sudah tidak bingung harus melahirkan di mana.

3. Bersiap untuk kemungkinan terburuk. Pastinya kita ingin melahirkan secara normal dan lancar agar biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Tapi saat mempersiapkan dana persalinan selalu bersiap untuk kemungkinan terburuk jika terpaksa harus melakukan operasi cesar. Otomatis biaya yang dibutuhkan juga akan lebih besar dari persalinan normal, nah persiapkan dana sebesar itu.

4. Siapkan dana tambahan untuk melakukan rapid test dan swab test. Di masa pandemi ini salah satu syarat kalo kita mau melahirkan di rumah sakit adalah harus melampirkan hasil rapid test, dan PCR swab test jika diperlukan. Saat ini sudah banyak rumah sakit maupun rumah bersalin yang menyediakan fasilitas pemeriksaan swab test. Kamu bisa cari tahu dengan mudah tempat PCR test berikut biayanya melalui halodoc.com. 



Halodoc.com merupakan website yang berisi artikel kesehatan. Tidak hanya itu, di sana juga tersaji info rumah sakit dan dokter praktek. Bahkan di beberapa rumah sakit dan dengan dokter tertentu, kita bisa sekaligus membuat janji konsul. Jika butuh obat atau suplemen di saat physical distancing seperti sekarang, bisa order online melalui halodoc. Layanan apotik antar halodoc tersedia di kota-kota berikut ini: Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Bandar lampung, Sukabumi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Balikpapan, Pontianak.

5. Meskipun akan menggunakan fasilitas dari BPJS kesehatan ataupun asuransi lainnya, harus tetap memiliki tabungan persalinan. Karena kebutuhan biaya persalinan bukan hanya sekedar untuk membayar rumah sakit. Jangan lupa pengeluaran printilan lainnya yang mungkin ngga kelihatan besar tapi kalo dikalkulasi jumlahnya bisa jadi besar juga lho. Misalnya transportasi ke dan dari rumah sakit, biaya makan penunggu ibu, kebutuhan ibu dan bayi lainnya di RS seperti popok, kendi buat ari-ari, perlak sekali pakai, dll.

Itulah temans 5 hal penting dalam mempersiapkan biaya persalinan terutama di masa Pandemi Covid-19 ini. Semoga yang sedang hamil dimudahkan proses kelahirannya, sehat-sehat ibu dan bayinya yaa. Kalo kamu mau cerita juga tentang gimana mempersiapkan dana melahirkan, silakan yaa di kolom komentar.

1 comment:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, ini moment saya yang sebentar lagi akan saya nantikan mbak, Terima kasih telah memberikan saran yang terbaik nya.

    ReplyDelete