Wednesday, September 23, 2020

Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi Dimulai Dari Memilih Sabun Pencuci Botol Bayi Yang Tepat

Bismillah, Assalamualaikum temans...

Apa yang membuat galau dalam hidup? Tiap orang tentu punya jawaban yang beda ya. Bagi yang udah punya anak, salah satu hal tergalau yang pernah kita rasakan adalah saat anak sakit. Bener ngga? Apalagi kalo anaknya masih bayi yang belum bsa mengkomunikasikan rasa sakitnya pada orang tua. Bisanya hanya nangis, dan kita sebagai ortu bingung, ini nangsinya kenapa ya? 

Masalah kesehatan yang cukup sering terjadi saat anak bayi adalah masalah pencernaan. Bahkan di salah satu literatur saya baca, dari berbagai penyebab tangisan bayi, masalah pencernaan termasuk yang paling sering ditemui. 

Pernah ngga Mama Papa merasa bingung saat anak mengalami masalah pencernaan misalnya diare, ini kira-kia penyebabnya apa ya? Perasaan udah memberi makanan yang sehat, dimasak dengan baik, minumnya juga ASI. Tapi kepikiran ngga dengan sabun pencuci botol dan peralatan makan, apakah sudah memilihkan yang tepat? 



Lho sabun cuci kan ngga dikonsumsi? Apa hubungannya dengan masalah pencernaan anak? 

Sabun cuci memang ngga dikonsumsi ya, tapi peralatan yang dicuci akan mengalami kontak langsung dengan makanan/minuman yang masuk ke perut bayi, nah disinilah pentingnya memilih sabun pencuci botol bayi aman yang FOOD GRADE. 

Sering menemukan tulisan FOOD GRADE pada kemasan makanan atau minuman kan? Ini menandakan bahwa kemasan tersebut tidak mengandung material yang akan memindahkan zat berbahaya ke dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi. 

Serupa dengan label food grade yang ada pada sabun cuci perlengkapan makan dan minum bayi. Label food grade ini merupakan standarisasi yang menunjukkan zat atau komposisi di dalmnya layak dipakai untuk kontak langsung dengan perlengkapan makan, sehingga si kecil yang pencernaannya masih rentan dan belum sempurna terhindar dari masalah pencernaan. 

Gunakan Pembersih dengan Bahan Alami 

Untuk bayi yang sistem pencernaannya masih rentan dan belum sempurna gunakan sabun pencuci khusus bayi dengan bahan alami, seperti tea tree oil. Minyak pohon teh (tea tree oil) selain bermanfaat unuk kesehatan dan kecantikan, bisa juga lho untuk membersihkan peralatan rumah tangga termasuk peralatan makan bayi. Karena mengandung sifat anti mikroba yang kuat sehingga bisa membunuh bakteri jahat. 




SLS, Kandungan Kimia Yang Sering Dijumpai Pada Sabun Cuci Piring 

Coba cek sabun cuci piring yang Moms&Dad pakai apakah ada komposisi SLS di sana? 

SLS singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate, zat kimia yang bersifat surfaktan (penghasil gelembung), memiliki efek pengental dan kemampuan menghasilkan busa. Zat ini ternyata bisa menimbulkan iritasi jika digunakan atau terserap dalam jumlah yang berlebihan. Jika digunakan untuk membersihkan peralatan makan minum bayi memungkinkan terjadinya iritasi pada bagian mulut bayi, seperti lidah, bibir dan area kulit sekitar mulut. 

Ohya beberapa nama lain SLS yang seringkali digunakan untuk produk perawatan antara ;ain: Sodium Desocyl Sulphate, Lauryl Sodium Sulphate, Sodium n-deocyl Sulphate, Lauryl Sulphate Sodium Salt. 

Mama’s Choice Liquid Cleanser, Pembersih Peralatan Makan dan Minum Bayi dengan Bahan Alami 

Produk pembersih alat makan dan minum bayi yang bisa Moms&Dad coba adalah Mama’s Choice Liquid Cleanser yang merupakan sabun aman untuk bayi karena mengandung bahan pembersih alami. 

Dengan formula food grade artinya aman untuk perlengkapan makan dan minumnya. Kandungan tea tree oil, dapat membunuh bakteri yang tertinggal pada peralatan makan dan minum bayi. Teksturnya kental, meski busa tidak sebanyak sabun cuci piring pada umumnya (karena tidak mengandung SLS) tapi jangan kuatir tetep bersih dan mudah dibilas kok. 

Kita juga sering ragu ya ketika habis cuci piring bau sabunnya masih nyengat banget, ini bilasnya udah bersih belum ya. Anak bayi juga biasanya jadi ngga mau makan atau minum karena mecium bau menyengat tersebut. Nah, kalo Mama’s Choice Liquid Cleanser ini sama sekali tidak meninggalkan bau menyengat. Jadi baunya tuh kaya ringan banget gitulah. 

Kita juga bisa mencuci mainan bayi dengan ini. Tau sendiri kan bayi sering memasukkan apapun ke mulut termasuk mainan, sehingga penting menjaga mainan mereka juga agar tetap bersih dan aman ketika masuk ke mulut. 

Mama’s Choice Liquid Cleanser ini juga sudah lolos uji dermatologi dan hypoallergenic jadi aman bagi kulit kita saat mencuci perlengkapan bayi. Selain itu bersertifikasi halal MUI juga lho. 

Mama’s Choice Liquid Cleanser Aman Untuk Mencuci Buah dan Sayur 

Selain digunakan unuk membersihkan peralatan makan dan minum bayi, ternyata Mama’s Choice Liquid Cleanser juga dapat digunakan untuk mencuci buah dan sayuran. 




Anak-anak, seringkali minta makan buah tanpa dikupas kulitnya. Agak worry ya, karena katanya kan ada kulit buah yang katanya mengandung zat lilin atau sisa-sisa pestisida. Apalagi di masa corona kaya gini jadi tambah parno. Padahal ada beberapa buah yang lebih sehat jika dimakan bersama kulitnya, seperti pir, plum, apel, kiwi, sawo, anggur, jambu biji, dan tomat. 

Biasanya sih saya cuci buah dan sayuran dengan air mengalir saja dari keran. Tapi katanya kan virus corona ngga bisa hilang hanya dengan air, harus dengan sabun. Kalo sabun sembarangan takut juga wong ini bakalan masuk perut. Nah pilihan saya jatuh ke Mama’s Choice karena food grade. 

Produk Aman Untuk Bayi Lainnya dari Mama’s Choice 

Selain baby liquid cleanser untuk membersihkan botol susu bayi dan peralatan makannya, Mama’s Choice juga punya produk lainnya yang aman untuk bayi lho, yaitu baby deterjen dan mousturizing hand gel. Baby deterjen Mama’s Choice merupakan deterjen pakaian yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif bayi. Mengandung anti bakteri alami tea tree oil untuk membersihkan noda. 

Sementara Mousturizing hand gel merupakan hand sanitizer yang efektif membunuh bakteri dan virus tanpa alkohol. Mengandung ekstrak aloe vera yang dapat melembabkan tangan sehngga terasa segar dan lembut. 

Nah sekarang ngga perlu bingung lagi memilih produk pembersih yang aman buat bayi ya, kan ada aneka produk dari Mama’s Choice. Bisa dibeli di Shopee Mamas Choice. Dapatkan diskon 25K tiap pembelian mimal 150K dengan kode dsikon MAMARAHMI.

14 comments:

  1. Wah iya, memang penting banget berhati-hati dalam segala sesuatunya termasuk memilih sabun cuci peralatan makan anak2 ya.. untung sekarang ada produk Mama's choice ini deh..

    ReplyDelete
  2. Mencuci peralatan makan dan minum si kecil ternyata ada sabun khususnya ya. Perlu dimasukin list dalam pos mengatur duit setiap bulannya nih bagi yang masih punya si kecil di rumah.

    ReplyDelete
  3. Wah produk-produknya mama's choice makin lengkap ya..bikin hati jadi tenang ya..

    ReplyDelete
  4. Nah iya, dulu pernah mikir juga. BUat apa nyari sabun cuci botol bayi aja ribet. Toh kalau nyucinya bersih kan nggak juga meninggalkan bekas sabun. Ternyata eh ternyata. Hehehe...

    ReplyDelete
  5. Wah, multifungsi juga nih ya berarti sabunnya. Bisa buat cuci peralatan makan sama buah dan sayur. Produknya Mama's Choice emang bagus2 sih setahuku. Nggak perlu lagi akan kualitasnya.

    ReplyDelete
  6. Allhamdulillah ya mba kalau menemukan yang cocok begini, jadi senang dan happi aapalagi produk untuk perawatan anak-anak yang mereka rentan kena debu dikit ya. Kulit mereka masih halus dan harus dijaga banget

    ReplyDelete
  7. Alat maem intan sama botol-botol minumnya aku cuci pakai ini juga mbak.. Paling seneng aroma lembutnya dan ga ada residu bau yg ketinggalan kalau peralatannya kering. Sukaa!!!

    ReplyDelete
  8. Ternyata produknya Mama's Choice beragam banget ya...

    Nah, yang kubutuhin nih, buat nyuci buah sama sayur. Jadi aman kalau mau makan buah yg nggak dikupas dulu, apalagi sayur mentah

    ReplyDelete
  9. Aku pun sedia sabun cuci Mama's Choice buat nyuci buah, tiap pagi sarapan buah sih. Kudu yang bebas dari kuman ya

    ReplyDelete
  10. Coba ah ntar cek sabun cuci piringku ada SLSnya apa enggak ya. Tiwas loh seneng sama bau yang wangi nempel di peralatan makan dan masak, ternyata malah ga bagus ya Mi.

    ReplyDelete
  11. Nah bener banget nih semenjak tau bahayanya SLS aku jadi cari sabun cuci yg ada formula food seadanya terutama buat cuci peralatan makan anak2. Enak juga klo bisa sekalian cuci buah2an dan mainan ya

    ReplyDelete
  12. Tenang ya kalau pakai produk berkualitas

    ReplyDelete
  13. Wah, aku kok terus inget jaman anak2ku masih kecil ma bayik gitu mbak. Bener-bener harus bersih sih kesemuanya ya

    ReplyDelete