Sunday, June 7, 2020

Bayar Pajak Kendaraan Online Dengan Aplikasi Sakpole Lebih Mudah dan Cepat

Halo temans, sudahkah kamu membayar pajak kedaraan bermotor atau perpanjangan STNK? Hayoo coba cek, siapa tahu kamu lupa kalo udah saatnya bayar pajak kendaraan bermotor lagi.

Kayak si Ayah nih, harusnya bayar pajak motor bulan Maret kemaren, terus kelupaan, pas inget udah rame soal covid yang bikin malas keluar rumah kan. Akhirnya yaudah dibiarin dulu aja.

Habis itu dapat info di grup WA kalo pajak kendaraan bermotor dibebaskan dari denda mulai tanggal 29 Februari sampai 29 Mei. Nah pas banget itu tanggal 29 Mei kemudian saya buka-buka Tokopedia lihat bisa ga bayar pajak motor di Tokopedia, eh ternyata bisa, cuma kudu pakai kode bayar yang kita dapat dari aplikasi bayar pajak kendaraan bermotor online. Untuk Jawa Tengah bisa menggunakan aplikasi e-samsat Jawa Tengah Sakpole. Wah asik juga bisa bayar pajak kendaraan dari rumah aja.

Tampilan awal aplikasi e-samsat Sakpole

Aplikasi samsat ini juga ada yang online nasional  yaitu SAMONAS. Nah saya ngga tahu bedanya apa sama yang khusus Jateng. Kalo bisa di SAMONAS kenapa ada aplikasi lagi yang khusus perwilayah ya? Karena selain aplikasi e-samsat jateng ada juga aplikasi e-samsat Jatim, DKI Jakarta dan wilayah lain. Bedanya apa yang nasional dan perwilayah, saya belum coba. Mungkin ada yang tahu bisa sharing ya di kolom komen.

Jadi di postingan ini saya mau share gimana caranya bayar pajak kendaraan online khusus wilayah Jateng saja karena saya pakai aplikasi e-samsat khusus Jateng. Ohya aplikasi ini sebenarnya udah ada sejak tahun 2017 tapi ntahlah saya yang kudet sehingga baru pakai sekarang.


Oke berikut cara pembayaran pajak kendaraan online melalui e-samsat Sakpole:

1. Unduh aplikasi e-Samsat Provinsi Jawa Tengah Sakpole di plyastore.
2. Pilih opsi "LAYANAN ONLINE" lalu klik "PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN" nanti akan keluar syarat, ketentuan dan pernyataan. Centang kotak pernyataan bagian bawah, lalu klik "Lanjut".
3. Masukkan data kendaraan berupa nomor polisi dan nomor rangka. Data ini ada pada STNK. Setelah diisi, klik daftar.
4. Ikut aja instruksinya, yang pendaftaran tahap II lupa saya skrinsut isinya apaan >.< kayaknya sih data-data kendaraan,Waktu saya coba masukkan data mobil, keterangannya belum bisa karena paling cepet 60 hari sebelum jatuh tempo baru bisa ditampilkan tagihannya.
5. Tagihan keluar, Alhamdulillah ngga harus bayar denda. Klik "Lanjut" setelah itu akan mendapat kode bayar.
6. Pembayaran bisa dilakukan di beberapa bank, tokopedia, dan Alfamart. Waktu bayar dari penerimaan kode hanya 2 jam, jadi harus segera ya.
7. Bawa bukti pembayaran ke lokasi pelayanan SAMSAT s/d 30 hari setelah pembayaran atau akhir masa pajak untuk pengesahan dan cetak STNK. Jangan lupa bawa KTP dan STNK asli. Bisa juga pengesahan melalui online tapi ribet harus unggah foto motor tampak depan, samping kiri, kanan, belakang juga foto diri pegang KTP.


Bayar pajak kendaraan online dengan aplikasi sakpole lebih mudah dan cepat, karena bisa memangkas antrian. Kita hanya disuruh tulis kode bayar dan meninggalkan KTP serta STNK asli di loket, kemudian nunggu sebentar sampai dipanggil namanya. Kalo bayarnya di loket seingat saya setelah tarok berkas, kita nunggu dulu sampai nama dipanggil kasir, lalu bayar, nunggu-nunggu kembalian, habis itu masih nunggu lagi sampai STNK selesai dicetak.

Baca juga: Cara Membatalkan tiket Kereta Api Online



Menurut keterangan pada aplikasi harusnya ada loket khusus jika membayar lewat online. Tapi pengalaman si Ayah kemarin, loketnya tetap jadi satu sama yang bayar di tempat. Dan kondisi kemarin lumayan rame di sana.

Usul saya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK online, lebih bagus lagi kalo dilengkapi mesin cetak otomatis kaya di KAI yang bisa cetak tiket sendiri.

Begitulah temans pengalaman kami bayar pajak kendaraan online melalui aplikasi e-samsat oline Jateng Sakpole, moga bermanfaat ya...

1 comment:

  1. Emang cukup membantu layanan2 online sekarang ini. Tapi entah kenapa, semua layanan online, ujung2nya tetap harus ke lokasinya. Mulai dari SKCK, kartu kuning, sampe bayar pajak. Untuk perantau, ini mempersulit juga karena pasti jauh dari lokasi. Tapi bingung juga sih kalo ga dateng ke lokasi, yasudahlah 😂

    ReplyDelete