Tuesday, March 17, 2020

Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka, Membatalkan Online Via KAI Acces

Assalamualaikum apa kabar temans?

Kali ini saya mau nulis tentang pengalaman membatalkan tiket kereta api online melalui KAI acces, tapi pesan tiket keretanya melalui situs booking online yang lain seperti Tokopedia atau Traveloka.

Ini kali kedua saya membatalkan tiket kereta api. Rencananya awal April saya bersama anak-anak dan ortu mau ke Bandung nengokin rumah ortu, setelah itu ke Depok, ke tempat adek. Saya booking tiket kereta di Traveloka udah cukup lama, karena waktu itu melihat ketersediaan kursi yang tinggal dikit. Maklum tanggal yang kami pilih pas libur berturut-turut.

Tanggal 2 Maret ketika Pak Jokowi pertama kalinya mengumumkan ada dua orang Indonesia positif Corona, dan orang tersebut ada di Depok pula, mulai bimbang, perjalanan dilanjut atau dicancel ya. Sempet kami biarkan dulu pesanan tiketnya, yaa siapa tahu mendekati hari H udah mereda kan, eh malah tambah luas penyebarannya hiks. Akhirnya kami putuskan untuk cancel.
Sebelum ini, pernah juga saya membatalkan tiket kereta api karena adek saya melahirkan lebih cepat dari HPL. Jadi Papa dan Ibu begitu dikabari besoknya langsung ke Depok naik mobil. Tiket kereta punya mereka dibatalkan. Waktu itu saya pesennya lewat Tokopedia.

Duluu, membatalkan tiket kereta itu harus datang langsung ke stasiun. Ribet ya, malas keluar-keluar gitu. Nah waktu saya mau membatalkan tiket kereta ini, saya cari-cari info, bisa ngga nih refund tiket kereta api online. Terus kalau bookingnya lewat Tokopedia, membatalkannya lewat mana? Apakah di Tokopedia juga?

Setelah browsing saya temukan jawabannya. Kalo sekarang sudah bisa membatalkan tiket kereta api online. Pesan tiket kereta api di situs booking manapun, pembatalan tiket kereta api tetap bisa melalui KAI Acces yaa.

Meski ini yang kedua kali saya batalin tiket kereta api melalui platform yang berbeda saat memesan, saya sempet lupa juga gimana caranya. Jadi browsing-browsing lagi cara refund tiket kereta api lewat KAI acces. Dan masih tetep bingung karena tutorial membatalkan tiket kereta api online yang disajikan bukan buat yang pesan lewat platform berbeda. Makanya saya pikir, tulis aja deh tutorial refund  tiket kereta api lewat KAI acces yang bookingnya melalui situs booking lain kaya Tokopedia atau Traveloka.

Tutorial Membatalkan Tiket Kereta Api Online Melalui KAI Acces

KAI Access adalah aplikasi yang resmi dari PT KAI sejak tahun 2014, dirilis untuk memenuhi kebutuhan penumpang baik kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/komuter. Melalui aplikasi ini kamu bisa memesan tiket kereta api maupun membatalkan tiket kereta lewat smartphone. Berikut ini cara membatalkan atau refund tiket kereta api online melalui KAI acces

1. Instal KAI acces dan buat akun, lalu login

2. Pilih menu BERANDA, scroll ke bawah, dan pilih opsi "TAMBAHKAN TIKET" jika kamu booking tiket melalui platform selain KAI acces. Tapi kalo booking tiket di KAI acces langsung ke poin 5 ya.



3. Ketik kode pesanan kamu, klik cari

4. Akan muncul tiket kereta api yang sudah kamu booking, scroll ke bawah, klik TAMBAHKAN.

5. Nah sekarang sudah ada tiket yang tersimpan di KAI acces, pilih menu "pembatalan"

6. Pilih nama penumpang yang tiketnya mau dibatalkan, lanjutkan.

7. Baca syarat dan ketentuan, centang persetujuan

8. Masukkan akun bank. Pemilik akun bank ini harus salah satu penumpang yang tertera pada tiket yang kamu booking. Tapi tidak harus rekening orang yang tiketnya kamu batalkan ya. Jadi misal nih ya. Saya booking 2 tiket, atas nama saya dan Papa. Lalu saya mau membatalkan tiket Papa saja, nomor rekening yang dimasukkan bisa rekening saya ataupun rekening Papa.

9. Konfirmasi. Cek lagi udah bener lah tiket yang akan dibatalkan, udah bener nomor rekeningnya, jika sudah klik konfirmasi dan lanjutkan sesuai petunjuk.

Waktu membatalkan tiket kereta api kemarin, saya ada sedikit masalah. Nomor ID saya yang di traveloka itu salah, kurang satu angka, jadi beda sama nomor ID saya yang di KAI acces, sehingga saya tidak bisa menambahkan tiket ke KAI acces. Akhirnya saya bikinkan akun KAI acces buat Papa, lalu cancel tiket kereta api melalui akun KAI acces beliau, dan berhasil. Jadi ketentuannya tiket yang ditambahkan ke akun KAI acces harus sama dengan ID kita di KAI acces.

Proses refund berlangsung sekitar 30-45 hari dengan potongan sebesar 25%. Pembatalan tiket paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan kereta api.

No comments:

Post a Comment