Rabu, 18 Juli 2018

Pengalaman Mengurus Akta Kelahiran Online

Ketika kamu dihadapkan kenyataan harus mengurus dokumen entah itu KTP, akte kelahiran, paspor, dll yang kebayang pastilah, duh ribet, harus datang ke kantornya, ngantri, belum lagi ada juga yang harus minta surat pengantar mulai dari RT, RW, kelurahan, sampai kecamatan. Panjang banget ya cyiin prosesnya. Intinya malesin. Tapi mau ngga mau ya harus ngurus karena butuh.

Yeayy akta kelahiran Sarah udah jadi

Makanya pas kemarin mau ngurus akte kelahiran Sarah, sebelum ke kelurahan saya coba cari tau dulu prosedur ngurus akte itu sebenarnya gimana, syarat yang dibutuhkan apa aja. Biar cepet, takutnya udah sampai kantor kelurahan persyaratan kurang, kudu balik rumah lagi kan, ribet. Emang sih ini bukan yang pertama ngurus akte, dua kakaknya kan udah dibikinin akte juga tapi udah lama banget, lebih dari empat tahun, udah lupa lah. Lagian kadang juga an prosedurnya belum tentu masih sama sekarang.

Saya sempet coba telepon kantor kecamatan (eh apa kelurahan ya, lupa) trus dikasih tau prosedurnya ini itu, syaratnya bawa anu, blablabla, banyak pokoe. Merasa belum puas dan masih penasaran saya coba browsing juga di internet, eh malah nemu berita kalo ngurus akte kelahiran sekarang bisa secara online. Wah menarik nih. Coba ah. Karena saya lihat belum banyak yang menuliskan ini di blog, ya sekalian aja buat bahan tulisan, syukur-syukur kalo bisa membantu banyak orang yang butuh infonya.

Ternyata mengurus akte kelahiran secara online itu emang lebih enak, lebih praktis bisa memangkas antrian. Nih ya kalo kita ngurusnya secara manual, kita harus minta pengantar RT, RW dulu trus ke kelurahan, sambil bawa surat keterangan lahir, fotokopi KTP, fotokopi buku nikah, dan KK, habis kelurahan lanjut kecamatan, habis itu ke disdukcapil kecamatan tempat kita domisili. Ntar aktenya kita ambil di disdukcapil kota. Tapi kalo kita mengurus akte kelahiran secara online, cukup sampai kelurahan aja, ntar formnya dan fotokopi dokumen tinggal diunggah. Dokumen-dokumen fisiknya kita serahkan nanti pas akte kelahiran udah jadi. Ngambil akte sekalian menyerakan dokumen gitu.

Oke biar ga puyeng, step by step mengurus akte kelahiran online saya buatkan poin per poin aja yes!

1. Login ke http://eservices.dispendukcapil.semarangkota.go.id/ Kalo belum pernah mendaftar, klik pendaftaran baru dengan menggunakan NIK (nomor yang di KTP), kemudian ikuti saja instruksinya. Web ini juga bisa buat pengurusan KTP atau akta kematian secara online. Dan khusus buat Semarang saja ya, kalo kota lain ada webnya sendiri.

2. Isi segala macam data yang diminta, kalo udah unduh formnya, trus diminta. Ntar form itu bawa ke kelurahan minta tanda tangan dan cap. Sebelum ke kelurahan jangan lupa minta surat pengantar dari RT dan RW yah.

3. Kalo udah ditandatangani sama kelurahan, difoto atau scan form nya trus unduh ke web yang udah saya tulis tadi di atas. Lengkapi dengan scan/foto surat nikah, KK, KTP ayah ibu, surat keterangan lahir.

4. Habis itu tinggal duduk manis, kalo akta udah jadi akan dikirimin email. Kira-kira hanya butuh 5 hari dari waktu pengiriman dokumen, aktanya udah jadi.

5. Akta diambil di dispendukcapil kota Semarang yang ada di jalan Kanguru. Kemarin pas si ayah ngambil sama sekali ngga ngantri.

Jadi manteman ngurus akta kelahiran online itu jelas lebih praktis. Formulir bisa diisi dan diunduh di rumah, di kelurahan udah tinggal minta cap sama TTD aja, ngga perlu ke kecamatan sama dispendukcapil kecamatan lagi. Cuma kemarin si ayah sempet miss komunikasi nih. Jadi mungkin petugas kelurahan ngga begitu paham dengan sistem online ini, si ayah tetep disuruh ke kecamatan, habis itu dari kecamatan tetep nyuruh ke dispendukcapil kecamatan, padahal harusnya ngga perlu.

Oya kalo kamu ada yang maish bingung untuk ngurus akta kelahiran online ini, ada nomor whats app dispendukcapil yang bisa dihubungi, dan mereka fast respon banget. Ini ya nomor whats app dispendukcapil kota Semarang  0856-4160-4903

Suka banget dengan adanya pelayanan mengurus akta kelahiran secara online, sangat memudahkan. Cuma perlu leboh disosialisasikan lagi sampai ke tingkat bawah. Kecamatan, kelurahan, sampai RT harusnya diberi tahu tentang layanan ini, jadi warga yang mau mengurus akte kelahiran online bisa terbantu.

Nah kalo udah selesai ngurus akta kelahiran, saatnya membuat KK yang baru di dispendukcapil kecamatan tempat domisili kita.

19 komentar:

  1. Wih keren nih daerah semarang, sekarang sudah bisa buat akta kelahiran lewat online. Duh coba di daerah saya kayak gini, sekalian juga bisa bikin ektp online jadi gak perlu antri panjang lagi di kantor disdukcapil.

    BalasHapus
  2. sekarang semuanya online, dri dftar sekolah sampe bikin kk semua bisa online. enak bangeet..nggak ribet jadinya

    BalasHapus
  3. Kalau kabupaten semarang udah ada belum ya? Waktu itu ayah ngurusnya langsung. Cepet juga sih, asal mau berangkat pagi. Biar antreannya ga mengular. Hehe

    BalasHapus
  4. Bermanfaat ini artikelnya bisa tahu cara urus akta lahir online...

    BalasHapus
  5. Sekarang ngurus berkas enak milih online kalo ada fasilitasnya. Aku ngurus perawatan dokter dari faskes tk 1 sampe rumah sakit udh online juga, Mi.
    Ngirit waktu dan nggak capek krn nunggu lama di rumkit

    BalasHapus
  6. Keren banget ni Semarang bisa memangkas keribetan ngurus dokumen ya...

    BalasHapus
  7. TFS Mak Mi... Penting nih buat yg mo ngurus akte kelahiran..

    BalasHapus
  8. sekarang enak yaa bisa online ngurusnya...semakin digitalize yaah

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya mba, kehadiran internet memudahkan umat manusia, termasuk dalam membuat akta kelahiran.

    Semoga kedepannya semakin banyak kemudahan-kemudahan yang bisa masyarakat dapatkan yang berhubungan dengan kewajibannya selagu warga negara seperti membuat KK online dan yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kita generasi menolak ribet wkwkwk

      Hapus
  10. Wah bisa online jg ya sekarang. Nice info

    BalasHapus
  11. Jadi hemat waktu banget klo bisa online gini ya mbak, praktis dan gk perlu capek antri

    BalasHapus
  12. Wah jadi inget nih, dulu ngurus akte si kecil di Timika ribet banget.. tp alhamdulillah kelar.. ini bisa jadi project berikutnya nih... tapi buat ponakan. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa kenapa ga buat adiknya Ali? :D

      Hapus
  13. Wah manfaat banget niy.. bikin tulisan tentang cara buat bpjs online dunk mba. Si kecil belum didaftarin krn awang2en bayangin antrinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu malah belum pernah bikin BPJS onlen. Iyaa ada yang bilang, kantor BPJS itu ngga pernah sepi :D

      Hapus
  14. kalau tau akte bisa dibkin secara online, kmaren gak perlu ribet ke kantor catatan sipil.

    BalasHapus
  15. enak yah kalau sudah bisa online, ga perlu ngantri lama

    BalasHapus
  16. wah udah bisa online yah. dulu saya manual banget, beresnya bisa sampe 4 hari wkwkwkw

    BalasHapus