Rabu, 15 Mei 2019

Menikmati Wisata Alam Kekinian di Pasar Karetan

Sebagai orang kota, suka jenuh ngga sih, tiap kali jalan-jalan yang dituju mall atau cafe. Tiap hari bertemu dengan kemacetan dan polusi. Ingin gitu sesekali datang ke suatu tempat yang suasanya masih alami.

Beruntung loh, kami warga Semarang bisa menikmati wisata alam kekinian di Pasar Karetan. Kenapa saya sebut wisata alam kekinian? Karena suasana di sana masih alami, di tengah kebun karet, tapi kita bisa melakukan aktivitas kekinian yaitu berburu spot instagramabel. Menurut pengelola, konsep Pasar Karetan ini adalah "Kembali ke Alam dengan 1001 spot selfie kekinian"



Bagaimana Menuju Ke Pasar Karetan

Pasar Karetan sebenarnya tidak terletak di kota Semarang, melainkan berada di kabupaten tetangga, tepatnya di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Dari Semarang kota menuju Pasar Karetan jarak tempuhnya sekitar 1 jam. Saya sih biasanya ke Pasar Karetan kalo pas mudik ke mertua di Ngaliyan, karena jaraknya udah lumayan deket sekitar 30 menitan.

Spot selfie di Pasar Karetan

Menuju pasar karetan biar gampang naik kedaraan pribadi, taxi, gojek, atau grab. Hahahaa yaiyalahhh. Tinggal minta petunjuk lewat GPS. Parkirnya di lapangan, karena jalan masuknya dari lapangan menuju Pasar Karetan memang agak sempit dan becek kalo pas habis hujan. Dari lapangan lanjut naik odong-odong yang sudah disediakan GRATIS oleh pengelola.

Kalau startnya dari Semarang kota, mau naik taxi kejauhan sehingga menjadi kemahalan, bisa naik BRT alias bus trans  koridor IV yang jurusan cangkiran. Dari Cagkiran ini udah tinggal 15 menit aja sih ke Pasar Karetan, bisa sambung naik ojek.

Jam Buka Pasar Karetan

Pasar Karetan buka hanya tiap Hari Minggu ya, Pukul 06.00-11.00. Masuknya GRATIS, hanya bayar uang parkir kendaraan saja. Sebelum masuk pasar jangan lupa menukarkan uang kita dengan "girik" yang merupakan mata uang yang berlaku di Pasar Karetan. Jangan kuatir jika pada saat pulang girik masih tersisa, ditukar lagi kok ke rupiah. Selain ada di depan pintu masuk, tempat penukaran uang juga sekarang tersedia di dalam Pasar Karetan, supaya orang yang udah terlanjur masuk, ngga repot kalo kehabisan koin di sini.

Aneka kuliner di pasar karetan

Apa saja yang ada di Pasar Karetan?

Pasar karetan menyediakan aneka ragam kuliner, seperti bakso, soto, pecel, gudeg, wedang jahe, jus, kopi, dan masih banyak lagi. Harganya standar sih ya, ya sedikit lebih mahal dari warung biasa kaya warteg gitu, wajar lah namanya juga tempat wisata kan. Pasar Karetan juga punya konsep meminimalisir sampah, dengan menggunakan daun untuk alas makan misalnya, dan batok buat menyajikan bakso. Tapi menurut saya sih masih kurang ya. Karena di sana masih pakai gelas plastik dan masih menyediakan sedotan plastik.

Selain kulineran, aneka macam kegiatan bisa dilakukan seperti memanah dan permainan tradisional. Biasanya juga ada juga hiburan berupa live music. Tiap minggunya Pasar Karetan bikin tema kegiatan khusus yang berbeda.Seperti lukis payung, dongeng, yoga, dan masih banyak lagi.

Yang terbaru di Pasar Karetan, studio foto dengan konsep Jawa Kuno yang bernama Studio Pendapa. Jadi kita bisa pepotoan dengan latar rmah adat Jawa dan menyewa pakaian adat Jawa tempo dulu juga.

Bisa pepotoan lucu kek gini (Foto: Studio Pendapa)

Patut berbangga lho, karena Pasar Karetan ini menyabet penghargaan dari Asean Tourism Forum Award sebagai kategori 'Community Based Tourism 2019'. Wah keren ya!

Hotel Dekat Pasar Karetan

Kalo kamu dari luar kota dan cari hotel dekat Pasar Karetan, kamu bisa booking Hotel River Walk, yang ada di Jalan Veteran Desa Ngadibolo, Boja, Kendal. Jaraknya dengan Pasar Karetan hanya sekitar 14km bisa ditempuh dalam waktu 15 menitan dengan kendaraan bermotor.


River walk sendiri ternyata bukan hanya sekedar hotel, melainkan juga merupakan tempat wisata baru yang sedang ngehits. Di sana terdapat taman bermain anak (playground), mini water park dan kolam renang, Bird House Paradise, Pet House, dan restoran. Waktu saya cek di Pegipegi, ternyata sedang ada promo hotel sehingga rate nya hanya 300 ribuan, dan sudah termasuk sarapan lho!

Kata teman yang sudah pernah berwisata ke river walk, tempatnya instagramabel banget dan cocok untuk liburan keluarga. Jadi paginya jam 6 kamu ke Pasar Karetan dulu sambil nungguin jam check in di River Walk kan. Nah jam 11an langsung deh cuss ke River Walk.

Ada water park nya

Kalau kamu pengennya nginep di kota Semarang, banyak juga pilihan hotel murah di Pegipegi lho. Kamu bisa booking hotel murah dekat bandara Ahmad Yani atau di pusat kota dekat simpang lima. Jangan luoa cek duu laman promo Pegipegi. Saya pernah lho dapat dison kartu kredit sampai 150 ribu perkamar. Lumayan bangettt.

Liburan semakin dekat temans, setelah libur lebaran terbitlah libur panjang anak sekolah. Satu rekomendasi tepat wisata udah saya berikan, kalo kamu punya rekomendasi tempat wisata lain yang menarik terutama di dekat Semarang, kasih tahu di kolom komen ya....

Oya, bagi yang belum puas lihat foto-foto di Pasar Karetan, ini versi videonya, lebih komplit. Bikin kamu makin mupeng menikmati wisata alam kekinian di Pasar Karetan. Etapi bulan puasa libur ya gaess, buka lagi nanti setelah lebaran tanggal 9 Juni 2019.


1 komentar:

  1. Wah keren banget ini pasar karetan, ada aneka kuliner tradisional, dan letaknya juga di pinggir hutan karet. Jadi adem dan sejuk banget.

    BalasHapus