Selasa, 21 Mei 2019

Mengisi Waktu di Bulan Ramadhan, Membuat Nastar Keju

Kue lebaran, kamu tim beli atau bikin sendiri? Kalo saya sih selama ini tim bikin sendiri. Bahkan tahun kemaren saya lahiran di hari ke-5 Ramadhan, sebelum puasa tetep bikin kue kering lebaran sendiri. Meski cuma sempet bikin nastar keju aja.

Sarah udah ngga sabar aja mau nyomot nastar

Kenapa yaa, kalo menurut saya sih lebaran berasa ada yang kurang tanpa bikin kue kering sendiri. Padahal ibu mertua juga jualan kue lebaran dan pasti selalu mbagi beberapa toples kue lebaran buat mantu maupun besannya (ibu saya), ya tetep kudu bikin sendiri, hehe.

Kue lebaran yang wajib saya bikin itu nastar sama kastengles. Nastar favoritnya thifa dan ayahnya, sementara kastengles favorit saya dan Hana.

Kali ini tambah semangat bikin kue, ada mixer baruuuu. Mixer lama saya memang udah agak rusak. Jadi pengocoknya itu kalo dimasukkin ke lubangnya ngga bisa ngunci. Alhamdulillah sekarang dapat ganti, mixer baru dari Cosmos.

mixer cosmos baruu

Sukaa sekali sama mixer cosmos ini. Dari pandangan pertama aja ya, warnanya putih dengan kombinasi ijo, manis banget. Selain itu, sepaket komplit dengan 2 Beaters (pengocok) untuk bahan cair kaya telur dan 2 Dough Hooks (pengaduk) untuk bahan yang padat kaya mentega, atau adonan yg sudah dicampur tepung. Ada container penyimpanannya yang bisa dipasang di bagian bawah mixer ketika tidak dipakai. Jadi ringkes.
Ada 5 Variable Speed Level mixer cosmos yang mengatur kecepatan pengaduk sesuai dengan kebutuhan. Plus turbo knob; yang mudah dijangkau mencapai 1350 RPM sehingga proses menghaluskan lebih maksimal dan efisien.



Saya baca beberapa artikel juga di internet kalo mixer cosmos termasuk salah satu dari daftar mixer terbaik, dengan harga terjangkau yang bisa dibeli dengan mudah di toko elektronik, supermarket, maupun marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Official Store Cosmos).

Mixer cosmos juga dilengkapi teknologi Thermostat Overheat Protection yaitu pelindung motor mixer yang akan memutus aliran listrik pada saat suhu motor mencapai ambang batas panas yang ditentukan,  untuk mencegah motor terbakar sehingga motor lebih awet.

Produk cosmos bukan hanya mixer, masih banyak produk lainnya seperti oven listrik, blender, rice cooker, bisa dicek ya di www.cosmos.id sekalian intip-intip resep masakan serta tips di sana.

Nah karena kemaren baru bikin nastar, sekalian saya share resepnya ya. Nastar yang saya buat ini nastar keju, karena saya kurang suka nastar yang rasanya manis tok, udahlah selai nanas kan manis, masa tepungnya manis juga. Makan nastar jadi eneg rasanya. Saya suka nastar yang ada rasa asin-asin kejunya untuk mengimbangi manisnya selai.

Baca juga: Resep Siomay Ayam

RESEP NASTAR KEJU 

Bahan:

Terigu protein sedang - 350 gram
Susu bubuk -  1 sdm
Kuning telur - 3 butir
Margarin - 100 gram
Butter - 150 gram (saya pakai anchor)
Keju edam, parut (saya pakai cheesy)  - 100 gram
Gula halus - 80 gram

Pelengkap:
Selai nanas, cara membuatnya, parut nanas (1buah jika ukuran besar) dimasak di wajan, setengah asat campur dengan gula pasir 100gr atau sesuai selera ditambah dengan kayu manis dan cengkeh. Masak sampai asat. Kalau sudah dingin, dibentuk bulat supaya lebih mudah saat mengisi adonan nastar dengan selai.

Olesan:
Telur dan keju parut

CARA MEMBUAT

1. Kocok margarin, butter, dan gula halus dengan kecepatan rendah. Saya menggunakan mixer cosmos dengan kecepatan level 1 dan cukup kocok sebentar saja yang penting tercampur rata.
2. Masukkan kuning telur sambil terus dikocok sampai rata, gausah lama-lama.
3. Tambahkan keju edam, aduk dengan sendok/spatula kayu.
4. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk dengan sendok/spatula kayu sampai bisa dibentuk.
5. Bentuk adonan bulat kecil dan isi dengan selai nanas.
6. Susun kue di atas loyang yang telah dioles margarin.
7. Oles adonan kue dengan telur dan taburi keju di atasnya. Step ini bisa juga dilakukan saat adonan setengah matang, karena biasanya yang bagian olesan suka mateng lebih dulu.
8. Panggang adonan kue di oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu kurang lebih selama 5 menit. Saya menggunkan oven tangkring biasa. Rajin dicek ya, kadang panasnya ngga merata, jadi kudu sering diputer loyangnya.



Itulah resep nastar keju, saya contek dari resep koki tapi dimodifikasi. Sengaja ga bikin dengan resep dari mertua, karena pengen coba yang beda aja. Ngga monoton xixi. Alhamdulillah anak-anak suka,. Rsa nastar keju, gurih manis jadi ngga eneg. Cuma menurut saya sih kejunya masih kurang menonjol rasanya, jadi next kalo bikin lagi, porsi keju akan saya tambahkan.

Mendekati lebaran nih, temen-temen udah bikin kue kering apa untuk hidangan lebaran nanti?

14 komentar:

  1. nampak sedap!! =D 1st time datang sini. Mau follow each other? Jika mau jemput singgah & follow blog saya [Sis Hawa Dot Com ] then saya akan terus follow back. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Nastar selalu jadi menu wajib tiap lebaran. Biasanya aku juga selalu bikin sendiri mbak, tapi tahun ini terpaksa absen, soalnya gak sempat bikin karena momong si bungsu.

    BalasHapus
  3. Nastar emang kue kering yang wajib ada di meja saat lebaran. Aku jaman dulu selalu bikin sendiri. Tapi udah 6 tahun lebih aku pilih pesan aja. Ini sih saran suami, karena katanya kalo abis bikin kuker gitu trus capek, aku berubah jadi macan, hahahaaa

    BalasHapus
  4. Aku tim yg nyicip aja. Hahaha.
    Keren ih mbak Rahmi. Ntar lebaran main ke tempat mbak Rahmi nyicip nastarnya boleh?

    BalasHapus
  5. Nastar dan kastengel itu kue sejuta umat yah..hehe.. Belum terasa lebaran kalau tak ada keduanya di meja..

    BalasHapus
  6. Udah lama ga bikin kue kering sendiri dulu padajal rajin bantuin mama bikin kuker. Aku contoh ya mak resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bocah Renyah31 Mei 2019 10.02

      Boleh juga donk buatin untuk Bocah Renyah, Tante Muna dan Tante Rahmi hihiii... emaknya Bocah Renyah paling males sedunia bikin kuker soalnya ;) Nastarnya Tante Rahmi sangatlah menggoda, pengin nyomot.

      Hapus
  7. Wah resepnya boleh saya contek untuk belajar bikin kuker ya mbk.

    BalasHapus
  8. Seru amat sih miii, aku tuh pengen coba bikin-bikin juga tapi ngga punya oven, coba ya bikin yang mudah dulu kue keringnya nanti di Bogor hihihi

    BalasHapus
  9. Mak Rahmi ini serba bisa, bikin ngiri, kebisaanku apa yo selain menulis? Bisanya ngabisin makanan tok kayak e huhu..pengen belajar sesuatu deh..apa ya..

    BalasHapus
  10. Aku udah lamaaaa banget nggak bebikinan kuker kayak gini gara-gara mixer ku rusak. Padahal dulu aku rajin banget, loh. Sekarang kangen bebikinan lagi, huhu. Tandanya musti nabung buat beli mixer yang bagus dan nggak gampang rusak

    BalasHapus
  11. Asiik favoritku nih Nastar. Cuma tahun ini ngga bebikinan. Nunggu dpt kiriman aja hehehe. Klo mudik malah biasanya baru niat bebikinan

    BalasHapus
  12. Rajin banget nih Rahmi bikin kue kering sendiri. Sabar banget ya nungguin kuker mateng. Kalo di oven tangkring kan kudu bolak-balik ditengok dan digeser yaaa..

    BalasHapus
  13. Wah, rajin banget ya mbak. Saya tim yang beli, itupun dikiiit. Temennya mak irit, hehehe

    BalasHapus