Senin, 13 Mei 2019

Resolusi #2019PakaiZenBook dan Spesifikasi ZenBook Pro 14 UX480

Awal bulan kemaren saya menulis beberapa resolusi di papan stereofoam depan meja kerja saya. Salah satunya adalah #2019PakaiZenbook.

Yes semupeng itu sama zenbook. Sebenarnya alasan saya kenapa pengen banget punya zenbook, bukan untuk diri saya sendiri, melainkan buat si ayah. Yes biar suamik kalo mau kerja di rumah ngga perlu pinjam PC punya mertua. Kalo mau bawa kerjaan ke mana-mana juga gampang. Fleksibel. 

Apalagi lihat anak-anak, yang selalu kepengen ayahnya cepet pulang. "Ayah lanjut kerja di rumah aja, kalau belum selesai kerjaannya" kata mereka. Tapi karena perlengkapan untuk kerja tidak mumpuni ya akhirnya hampir tiap hari si Ayah pulang ke rumah ketika mereka sudah tidur. Kalau buat saya sih. ASUS E202 E yang sekarang saya pakai juga sudah cukup. Toh kebanyakan hanya buta ngetik doang sama nonton film, program-program berat belum butuh-butuh banget.



Baru-baru ini, ASUS memperkenalkan seri ZenBook Pro terbaru yaitu ZenBook Pro 14 UX480. Seri laptop ini dirancang khusus untuk para profesional kreatif. Hadir dengan segudang fitur berstandar industri yang dapat meningkatkan produktivitas para kreator konten, khususnya yang sering bekerja secara mobile. Nah cucok meong kaaan. 

ZenBook Pro 14 UX480 merupakan laptop dengan beragam fitur premium, salah satunya, ScreenPad yang merupakan inovasi teknologi terbaru dari ASUS. 

ScreenPad untuk Produktivitas 

ScreenPad merupakan fitur yang hanya ada di jajaran laptop ASUS ZenBook Pro terbaru. ScreenPad merupakan touchpad yang bisa difungsikan sebagai layar kedua di ZenBook Pro 14 UX480. Seperti touchpad pada kebanyakan laptop, ScreenPad merupakan salah satu alat kontrol dan navigasi utama di laptop. Bedanya di sini, ScreenPad tidak hanya tampil sebagai sekadar alat kontrol dan navigasi, tetapi memiliki dua fungsi utama lainnya. 


Fungsi pertama yaitu ScreenPad Mode yang membuat ScreenPad sebagai ekstensi dari aplikasi yang sedang dijalankan serta menjalankan aplikasi khusus. Melalui mode ini, pengguna dapat menggunakan berbagai aplikasi khusus yang sudah tersedia seperti Calculator dan Calendar. Pengguna juga bisa menambahkan aplikasi untuk ScreenPad melalui Windows Store secara langsung.  

ScreenPad Mode juga dapat digunakan sebagai ekstensi dari aplikasi lainnya, seperti Spotify dan YouTube. Ketika aplikasi tersebut aktif, ScreenPad secara adaptif akan menyesuaikan tampilan dan menghadirkan antarmuka khusus yang mempermudah kontrol dari aplikasi yang sedang dijalankan. Tidak hanya itu, ScreenPad juga dapat menampilkan berbagai pintasan (shortcut) ketika penggunanya sedang menjalankan aplikasi Microsoft Office, sehingga mempermudah mereka ketika bekerja. 

Fungsi selanjutnya dari ScreenPad adalah Extension Mode. Melalui mode tersebut, ScreenPad dapat berfungsi sebagai layar kedua dari ZenBook Pro 14 UX480. ASUS menerti para profesional kreatif sering menggunakan dua layar saat bekerja, untuk itulah kali ini ZenBook Pro 14 UX480 menawarkan solusi berupa Extension Mode pada ScreenPad sehingga penggunaan dua layar pun bisa dihadirkan di sebuah laptop yang ringkas tanpa perlu alat tambahan.
Saya sendiri pernah menjajal fungsi ScreenPad ini pada acara Gathering ASUS Semarang akhir tahun kemarin, tapi pada seri ZenBook yang berbeda yaitu UX580. 


Premium untuk Para Kreator yang Dinamis 

ZenBook Pro 14 UX480 hadir dengan desain yang elegan seperti seri ZenBook lainnya. Tampil dengan warna Deep Dive Blue, ZenBook Pro 14 UX480 menggunakan desain Zen yang ikonik dengan Spun Metal Finish di bagian belakang layarnya. 

ZenBook Pro 14 UX480 merupakan laptop paling ringkas dan ringan di kelasnya. Ketebalannya hanya 17,9 milimeter dengan bobot 1,6 kilogram. Salah satu keunggulan laptop ini ada pada layarnya yang memiliki bezel ultra-tipis dengan ketebalan hanya 5,2 milimeter sehingga ZenBook Pro 14 UX480 memiliki screen-to-body ratio hingga 86 persen.


Istimewanya, ZenBook Pro 14 UX480 menggunakan panel layar khusus menggunakan ASUS Calibration Technology sehingga disebut-sebut mampu menghasilkan warna sangat akurat. Klaim tersebut tidak main-main lho! Karena layar ZenBook Pro 14 UX480 sudah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE, organisasi yang mengatur standarisasi warna untuk berbagai industri. 

Tidak hanya itu, ASUS mengklaim, layar laptop ini mampu mereproduksi warna pada color space sRGB sebesar 100% dan NTSC hingga 72% dengan tingkat Delta E kurang dari 3 poin, artinya layar ZenBook Pro 14 UX480 mampu menghasilkan gradasi warna dengan tingkat kerapatan perbedaan warna yang sangat kecil. Hal tersebut membuat jumlah warna yang bisa ditampil oleh ZenBook Pro 14 UX480 menjadi lebih banyak dan telah memenuhi standar industri. 

ZenBook Pro 14 UX480 menggunakan desain seri ZenBook terbaru yang dilengkapi dengan fitur NanoEdge Display dan ErgoLift Design. Seperti pada seri laptop premium ASUS lainnya, NanoEdge Display merupakan teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar laptop menjadi sangat tipis. Di ZenBook Pro 14 UX480, ketebalan bezel-nya hanya 5,2mm di bagian tertipisnya. 

Sedangkan ErgoLift Design merupakan fitur yang membuat bodi laptop ini dan membentuk sudut 3 derajat. Posisi tersebut membuat pengguna ZenBook Pro 14 UX480 lebih nyaman ketika mengetik. Selain itu berkat ErgoLift Design, rongga udara ekstra akan terbentuk ketika laptop ini digunakan dan membuat sirkulasi udara semakin lancar. Sistem pendinginan pun dapat bekerja lebih optimal sehingga performa tidak akan terganggu. 


Dilengkapi Hardware Kelas Gaming 

Main game, bagi suami saya bukan hanya sekedar sarana refreshing tapi juga untuk mencari ide. ASUS ZenBook Pro 14 UX480 merupakan salah satu varian laptop dengan spesifikasi paling powerful di keluarga ZenBook. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U (Whisky Lake) yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, yang tidak hanya cocok untuk multitasking tetapi juga powerful ketika menjalankan aplikasi standar industri kreatif. Prosesor ini juga memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz dan ditemani oleh chip grafis dari NVIDIA. 

Berbicara mengenai chip grafisnya, ZenBook Pro 14 UX480 menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050 (Max-Q) sebagai pusat pemrosesan grafisnya. NVIDIA GeForce GTX 1050 (Max-Q) merupakan chip grafis kelas gaming yang dilengkapi dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB sehingga memastikan semua aplikasi grafis dapat berjalan tanpa hambatan. 

Performa ZenBook Pro 14 UX480 juga semakin kencang berkat penggunaan memori DDR4 berkapasitas 16GB dan penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB. Penggunaan RAM DDR4 dan NVMe PCIe SSD membuat aplikasi berat dapat dijalankan jauh lebih lancar dan memiliki waktu loading yang lebih singkat. 

Ditenagai Windows 10 

ASUS ZenBook Pro UX480 menggunakan Windows 10, sistem operasi terbaik untuk PC dengan dukungan dari berbagai pengembang aplikasi industri kreatif. Tidak hanya itu, Windows 10 juga mendukung teknologi grafis dan multimedia terkini serta memiliki sistem keamanan terbaru yaitu Windows Hello. 

Windows Hello memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem Windows 10 tanpa harus mengetikkan password. Bahkan untuk ZenBook Pro UX480, Anda tidak perlu melakukan apapun sama sekali karena laptop ini sudah mendukung teknologi facial recognition lewat Windows Hello. Cukup daftarkan wajah pada sistem dan Windows Hello akan mengenali Anda.

Harga ZenBook Pro 14 UX480

Dengan semua keistimewaan di atas, ASUS ZenBook Pro 14 UX480 ini ada di kisaran harga 26 jutaan dilengkapi dua tahun garansi global. 

10 komentar:

  1. Mupeng ik mbak. Lagi butuh nih hihihi... lihat penampilan n fiturnya mantul deh

    BalasHapus
  2. Mantap bgt harganya. pasti premium punya kualitasnya. Tapi emang keren sih, ada screenpad segala

    BalasHapus
  3. Memang mantaab banget yah..sepadan dg harganya tuh.. Ah..andai ada yg mau beliin aku mau banget lah..haha..

    BalasHapus
  4. Duh,,, mupeng.
    Aku jadi pengen juga dong mbak.
    Nabungnya mayan lama iniiiii.

    BalasHapus
  5. Cakep banget memang ZenBook, ada harga ada kualitas, aku pengen ganti laptop baru juga aamiin

    BalasHapus
  6. Spesifikasinya bikin mupeng. Pengen punya juga, secara laptopku udah sepuh , hihi.
    Kayaknya musti niru mbak Rahmi, nih. Bikin tulisan di sterofoam dan nulis tahun 2019 ganti laptop ASUS

    BalasHapus
  7. Fitur-fitur mumpuni dan teknologi yang kekinian banget ya.
    Gadget wajib punya nih buat para millenials, gamers juga emak bloger seperti aku.

    Njejeri semuanya yang ngarep punya Zenbook Pro 14 ah ^^

    BalasHapus
  8. Resolusiku di tahun ini salah satunya ya punya Zenbook, Mbak Rahmi. Yang di rumah sudah old banget, tapi, ya alhamdulillah masih bisa kepakai. Akan tetapi, kalau mau dipakai sebagai perangkat penunjang bikin konten-konten yang mumpuni tuh sudah mulai ngoyoooo banget. Salah satu cara buat mewujudkannya, Juni nanti ada lomba tuh, hadiahnya ASUS Zenbook, pengeeeen ikutan, semoga menang. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Harganya mantap sesuai spesifikasi Zenbook Pro 14 UX480 ini deh. Terutama yang hobi nonton atau menjadi kreator YouTube, bakal dimanjakan dengan fasilitas ScreenPad Mode. Asik nih anakku kalo dibelikan ini bakal girang banget, bisa menggunakan aplikasi edit video

    BalasHapus
  10. Screenpadnya itu loh sungguh bikin beda ya. Meskipun biasanya laptop nggak punya numpad, kalau pake ZenBook Pro ini bisa jadi mudah ya saat ingin ngetik deretan numerik. Ga harus pake keyboard yang bagian atas itu.

    BalasHapus