Monday, May 6, 2019

Piknik Seru dan Menginap di Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang

Umbul Sidomukti.  Tulisan ini emang telat banget-nget. Saya ke Umbul Sidomukti udah dari akhir November lalu. Ditulisnya baru akhir April. Thor-lalu....

Tapi seperti kata pepatah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Itulah pegangan hidup orang sibuk yang suka menunda-nunda pekerjaan hahaha.

Piknik ke Umbul Sidomukti ini sebenarnya udah lama banget saya idam-idamkan. Dulu pernah rencana menginap di Umbul Sidomukti sama all founder Gandjel Rel.

Salah satu temen ngasih link tentang wisata dengan pemandangan pegunungan yang indah dan instagramabel  di kabupaten Semarang, Umbul Sidomukti. Wuih kayaknya asik. Wacana udah lama belum kelakon karena kami belum menentukan waktu yang pas. Mikirin juga mau piknik sekeluarga besar ke sini, belum bisa juga karena adek yang nun jauh di Depok, belum bisa cuti dan malah sekarang baru lahiran. Akhirnya saya tercetus ide, kenapa ngga piknik sama temen-temen kantor suami aja?

Cerita dikit ya, suami bersama seorang adik dan dua teman itu punya studio komik Papillon Studio. Jadi kami menerima promosi servicing ilustrasi, animasi, dan colouring. Kami juga menggarap IP komik sendiri seperti Sing Bahu Rekso yang terbit di Line Webtoon Official dan Mak Irits. Berencana juga bikin komik anak Islami, bismillah moga ijabah.

Selain itu jual pen tablet di Semarang juga (haha promosiii). Alhamdulillah sekarang sudah punya karyawan juga sebanyak 7 orang. Selama ini kita kan belum pernah ngadain gathering paling pergi bareng itu kalo ada kondangan nikah ke luar kota. Yaudah ku usulkan lah acara family gathering di Umbul Sidomukti.

Baca Juga: Tour 2 Hari 1 Malam Keliling Semarang

Mau ke kolam renang

Mengapa saya pilih Umbul Sidomukti?

Saya memilih Umbul Sidomukti alasan paling utama sih karena Umbul Sidomukti letaknya dekat dengan Semarang. Tepatnya di desa Sidomukti kabupaten Semarang. Dari Semarang kota jaraknya sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor. Kalo deket, transportasinya jadi lebih mudah dan murah. Kami menyewa 1 mobil, sisanya ada yang naik grab car, dan ada juga yang emang pengen naik motor.

Alasan kedua, saya memilih Umbul Sidomukti karena di sana fasilitas bisa dibilang cukup komplit dan memadai untuk family gathering. Ada penginapan, kolam renang, wahana permainan seperti flying fox, berkuda, memanah. Ada cafe dan resto beserta pemandangan yang indah. Jadi kita ngga perlu jalan kemana-mana lagi. One stop picnic lah istilahnya yaaa..

Penginapan di Umbul Sidomukti (beserta ratenya)

Di Umbul Sidomukti ini ada dua jenis penginapan yaitu. PONDOK WISATA dan PONDOK PANORAMA. Pondok Wisata letaknya dekat dengan kolam renang, sementara Pondok Panorama masih jauuuuuh masuk dan naik lagi ke dalam dekat dengan Pondok Kopi (Semacam Cafe di sana).

Vila Cempaka Pondok Panorama

Pondok Wisata terdiri dari 3 pilihan kamar, yang berkapasitas empat orang dewasa ada standart room (rate saat itu weekday 575K/malam), Superior Room (675K/malam), Deluxe Room (725K/malam), dan yang berkapasitas 12 orang ada Family Room dengan rate 1.250.000/malam.

Awalnya saya tertarik nginep di sini, tapi dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kami memilih penginapan di Pondok Panorama.

Di Pondok Panorama, kami membooking Villa Cempaka dengan rate Rp.900.000,- Dalam villa itu terdiri dari dua kamar. Satu kamar berisi 1 bed besar, 1 kamar lagi isinya 2 bed kecil. Selain kamar, dalam villa ada ruang keluarga dan kamar mandi. Villa ini ditempati oleh keluarga saya dan adik ipar. Karena kami yang sudah berkeluarga dan ada anak-anak jadi butuh ruangan yang luas.

Ruangan dalam Vila Cempaka. Paling atas kamar saya, bawahnya ruang keluarga.

Di ruang keluarga ada kursi panjang yang bisa juga kalo mau dibuat tidur. Ada TV, pemanas air minum, dan welcome drink kaya di hotel pada umumnya.

Untuk teman-teman lain yang putra menginap di Villa Alamanda dan Bougenvil yang ada di belakang villa kami. Ratenya Rp.750.000 per villa. Villa tersebut masing-masing berkapasitas 4 orang. Bedanya dengan villa kami, villa tersebut ngga ada ruang tengahnya, jadi cuma kamar dan kamar mandi saja.

Pemandangan belakang villa. Halamannya luasss...

Sementara untuk yang putri, karena jumlahnya hanya 3 orang, menginap Villa Flamboyan yang berkapasitas 2 orang, dengan rate Rp.400.000. Kami menambah 1 ekstra bed dengan membayar Rp.150.000. Letaknya dekat dengan parkiran dan Resto Panorama. Rate villa yang saya sebut tadi untuk weekdays ya dan sudah termasuk sarapan.

Vila Flamboyan berkapasitas 2 orang plus ekstrabed

Baca Juga: Objek Wisata Gratis Tiket Masuk di Semarang

Menurut saya sih kamarnya justru paling nyaman di Villa Flamboyan yang berkapasitas 2 orang ini. Kalo kamar kami atapnya kaya semacam anyaman bambu, anak-anank ngga suka. Sementara di Vila Flamboyan atapnya kayu.

Tapi yang enak, Vila kami di Cempaka pekarangan belakangnya luas, asik buat nongkrong-nongkrong. Oya, kami sempet ngeliat ada kera (kayaknya sih liar ya) jalan di villa belakang terus naik pohon, dan ngilang ntah lari ke mana.

Ngapain Aja di Umbul Sidomukti?

Kami sampai Umbul Sidomukti sekitar pukul 11 siang. Belum saatnya check in. Karena seperti di hotel pada umumnya, waktu cek in dimulai pukul 14.00. Akan tetapi petugas mengatakan, diusahakan bisa lebih cepat kalo kamarnya sudah siap. Akhirnya kami makan memutuskan untuk makan dulu. Sarapan dijamak makan siang haha. Iya karena ada beberapa dari kami yang belum sempat sarapan, sementara jam segitu juga udah mendekati makan siang kan.

1. Makan Siang di Panorama Resto

Kami pilih makan di Panorama Resto yang ada di belakang front office Pondok Panorama. Yang dekat sajalah. Restoran ini buka dari pukul 8 pagi sampai 9 malam. Menu makanannya antara lain ada nasi goreng, mie, stik, dan sup. Untuk rate harga makanan antara 25-40K.

Rasanya menurut saya cukup enak. Kaya pada umumnya di resto-resto aja sih. Harganya juga standart resto kan ya. Setelah makan anak-anak minta beli es krim yang juga dijual di resto ini. Es krim biasa aja sih yang bermerek kaya di toko-toko itu.

2. Berenang di Taman Renang Alam

Setelah sholat Ashar dan leyeh-leyeh sejenak di villa, bocah-bocah ribut minta berenang. Sebenarnya emak bapaknya agak malas sih karena mendung malah udah gerimis. Tapi pikir-pikir juga masa piknik di villa doang, ga asik doong..

Nah untuk mencapai kolam renang ini kita harus jalan agak jauh. Kalo jalan kaki beneran jauh, capek banget dan kayaknya ga mungkin lah. Kecuali niatnya emang mau olahraga haha. Untungnya kami ada yang bawa mobil dan motor, jadi ke sananya berkendara.

Dari tempat parkir menuju kolam renang, kami melewati lokasi untuk flying fox dan sepeda awang, cuma pada males naik mungkin karena sudah sore juga ya. Oya masuk ke kolam renangnya free tiket masuk, karena kami tamu villa. Tapi kalo mau naik wahana kaya flying fox tetap harus bayar lagi.

Airnya seger banget kata suami. Tapi dingin banget, mana gerimis pulak kan, jadinya cuma bentar aja sih berenangnya. Di pinggir kolam juga disediakan bale-bale yang bisa digunakan untuk tempat bersantai

3. Makan Malam di Pondok Kopi

Kami memilih makan malam di Pondok Kopi. Dari Villa masih harus naik lagi. Kenapa Pondok Kopi? Karena udah ngeliat poto-poto di instagram kok bagus bener. Lagipula emang pengen tempat makan yang beda dari siang tadi.

Saya memilih menu bakmi jowo rebus karena malam lumayan dingin butuh sesuatu yang menghangatkan. Tsahhh. Rasanya lumayan lah, cukup enak. Harga juga hampir sama sih kaya di Pondok Panorama. Tapi saya cuma bentar di sana karena bocah keburu ngantuk, akhirnya harus balik duluan ke villa. Ngga sempet pun cari-cari spot instagramabel. Yaah kenyataan memang tak selalu seindah harapan. Hiks.

Setelah pada selesai makan malam, kemudian sholat Isya, pada ngumpul lagi di belakang Villa yang kami tempati. Karena halamannya luas, belakang maupun samping, jadi ngumpul ber-20 aja masih terasa lapang lho!

4. Melihat Matahari Terbit dari Pondok Kopi
Pagi-pagi banget setelah Subuhan, saya, suami dan anak-anak, naik lagi ke Pondok Kopi. Semalam belum puas xixixi. Kami menyaksikan matahari terbit dari Pondok Kopi sambil pepotoan lah pasti. Dari Pondok Kopi, naik lagi dikit, ada yang namanya Goa Tirta Mulya. Pengen banget sebenarnya ke sana. Tapi bocah udah keburu ribut aja, minta balik ke villa.

5. Sarapan di Panorama Resto

Tamu Villa mendapat sarapan di Panorama Resto, tempat kami makan siang kemaren. Kalo tamu penginapan Pondok Wisata beda lagi ya tempat sarapannya. Sarapan di Panorama Resto kemaren menunya soto dan beberapa lauk pendamping kaya telur puuh, perkedel, tempe. Mayan lah meski ya sederhana ngga sebanyak hotel menunya.

6. Jalan-jalan di Little Ranch

Selepas sarapan, saya memilih berkeliling di little ranch dekat resto. Di sana ada Pondok Kelinci. Tiket masuk perorangnya Rp.10.000,- udah dikasih sekeranjang kecil selada untuk makan kelinci. Dipinjemin caping juga kalo mau buat pepotoan ala-ala penggembala dan petani.

Yang bayar HTM anak-anak aja sih, saya bilang sama yang jaga, kalo saya cuma nemenin dan poto-potoin anak-anak aja ngga bayar kan, katanya ngga.

Selain Pondok Kelinci ada juga taman bunga. Jadi ada berbagai macam ada di sini, cantiiik sekali. Kalo di Taman Bunga sih GRATIS yaa. Yang aik lagi di sana juga sengaja disiapin properti foto kaya ayunan sama rumah-rumahan gitu. Sepertinya emang pengelola mau menjadikan wisata Umbul Sidomukti ini selain wisata alam juga objek wisata kekinian.

Baca Juga: Keliling Semarang Gratis Naik Bus Tingkat

Yang ngeselin pas ke sini sih, saya cuma bareng bocah2 aja ada 4 bijik. Udahlah rempong bawa bayi, harus foto-foto lagi. Lho siapa yang mengharuskan? Ya diri saya sendiri lah. Kok ya eman banget jauh-jauh naik gunung, nginep sini, ngga pepotoan. Harus iklas juga minm foto sendiri, karena saya yang jadi juru fotonya huhuhu. Temen-temen lain pada balik vila ada yang mandi lah, ada yang mau pup, ada yang rempong ma bayinya.

Udah puas jalan-jalan ke Taan Bunga, kami balik lagi ke aera dekat Pondok Kelinci tadi karena Thifa pengen main panahan. Bayarnya 30ribu dikasih berapa anak panah gitu lupa. Kalo udah habis anak panahnya ya selesai.

Temen-temen lain ada yang pengen main air soft gun, bayarnya 30 ribu juga. Yang paling mahal itu ATV 50 ribu dua kali putaran. Biar hemat kita naiknya gantian, jadi satu putaran yang naik si ayah sambil bawa Thifa, putaran berikutnya temen yang lain haha. Pengen berkuda juga sebenarnya cuma ternyata berkuda itu hanya bisa pada saat week end.

Udah puas mainan, kamipun balik ke Vila untuk berkemas. Kami sudah berencana makan siang di Pondok Lesehan yang posisinya agak bawah, ya lumayan jauh dari Vila. Jadi pada saat check out, kami sekalian order makanan via telepon di resepsionis. Supaya nanti sampai pondokan ngga nunggu lama.

Pada saat ke Pondok Lesehan, tempatnya ternyata sepi, mungkin karena weekdays ya. Tapi makanannya ternyata cukup enak. Kami memesan ikan gurame, ikan nila, ayam goreng, cumi, lalapan, untuk 20 porsi habisnya sekitar 600 ribuan. Murah apa mahal tuh? Guraminya enak gurih, iganya empuk, dan sambalnya lumayan pedas.

Di area pondok Lesehan juga ternyata lumayan bagus buat pepotoan lho. Oh ya di sini kita juga bisa pesen makanan prasmanan buat acara-acara, jadi udah ada paket-paketannya.

Udah kenyang kamipun pulang. Rasanya belum puas sih, cuma sehari doang di sini. Masih banyak lokasi yang belum dieksplore. Kaya Goa Tirta Mulya sama wahana-wahanan lain juga banyak yang belum dicoba. Minimal dua hari kali ya, wisata di Umbul Sidomukti. Bisa semalam ngina Villa, semalam lagi pindah nginap di Pondok Wisata.

Cara Booking Penginapan di Umbul Sidomukti

Awalnya saya sempet nyari-nyari Umbul Sidomukti di Traveloka eh ternyata ngga ada. Iya penginapan di Umbul Sidomukti hanya bisa dibooking langsung lewat Manajemen Umbul Sidomukti. Kemaren awalnya saya contact marketingnya untuk dapat info mengenai rate harga dan fasilitas. Sementara untuk reservasi bisa menghubungi nomor kantor di 0298 713 7009/0298 713 7010.

Setelah memberi tahu mau pesan villa mana saja, saya dicontact lagi melalui Whats App diberi detail tagihan. Diminta mentransfer uang muka dulu ke Rekening atas nama Umbul Sidomukti. Nanti kekurangannya bayar saat check out.

Catatan Penting Bagi yang Mau Menginap di Umbul Sidomukti

Menurut saya sih Umbul Sudomukti ini cucok banget lah buat bulan madu, wisata keluarga, maupun acara family gathering kantor. Karena bisa one stop picnic di sini. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Tapi ada beberapa note nih yang harus diperhatikan, supaya piknik di Umbul Sidomukti menjadi lebih nyaman dan bahagia hehe.

1. Nginepnya jangan mencar. Seperti yang saya tulis di atas, di Umbul Sidomukti ini ada dua penginapan, yaitu Pondok Wisata dan Pondok Panorama. Nah nginepnya jangan mencar-mencar, pilih aja salah satu mau di Pondok Wisata apa Pondok Panorama. Karena jarak kedua penginapan itu jauuuuh. Bisa gempor kalo kamu jalan kaki. Repot kan kalo mau ngumpul harus berkendara dulu. Kecuali kalian sedang musuhan dan emang pengen jauh-jauhan.

2. Bawa kendaraan pribadi minimal 1. Iya untuk jalan-jalan di Umbul Sidomukti ngga semua bisa ditempuh dengan jalan kaki. Bisa sih tapi jauuuh. Makanya di satu rombongan misal mau pada naik Grab gitu bisa, tapi paling ngga bawa satu mobil lah, biar gampang kalo mau jalan-jalan. Seperti dari Villa saya ke kolam renang kemaren, ngga masuk akal banget kalo mau jalan hahaha. Bisa jadi masukan juga nih buat Umbul Sidomukti untuk punya alat transportasi yang bisa mengantarkan tamu ke spot-spot wisatanya.

3. Untuk orang tua atau yang ngga kuat jalan, dipilihkan villa panggung saja yang berkapasitas 2 orang. Kalo ngga salah ada 3 atau 4 villa. Karena letaknya dekat dengan parkiran dan tempat makan. Kalo dari Villa saya kemaren lumayan juga jalannya.

4. Ke Umbul Sidomukti saat weekdays aja, karena lebih murah rate kamarnya. Jalannya juga ngga rame. Denger-denger kalo week end apalagi pas libur panjang gitu bisa macet. Serem juga karena menuju Umbul Sidomukti itu melewati perkampungan. Jalannya sempit dan menanjak. Ohya kalo mau cari promo, bisa di bulan Ramadhan. Harga kamarnya lebih murah. Ini saya intip di IG nya, harga kamar yang biasa 400ribu pas Ramadhan jadi 280 udah dapat makan sahur dan takjil.

5. Pastikan kamu sudah menyiapkan segala macam keperluan, karena kalo misal kita kurang sesuatu dan mau beli keluar, percayalah, mager bangettt. Karena jauuuh dari Indomaret hahaha.

Akhirnya kelar juga nulis tentang acara Family Gathering Papillon Studio di Umbul Sidomukti. Moga bermanfaat ya manteman.

26 comments:

1. seru acara gatheringnya di tempat wisata yang asyik pula. jadi satu tempat ada penginapan juga tempat wisata ya. sekalian main, anak2 pasti seneng banget :)

Replies
    1. Iya mbaa kalo ke sini emang lebih seru ramean gini.

Delete
  2. WOW bagus sekali, jadi ingin deh kesana.

ReplyDelete
  3. Seru banget acara gatheringnya dan bisa bawa anak2 juga main disana.. Anak2 happy banget itu

1. Iyaa anak2 paling suka diajak liburan yg nginep2

Delete
  4. Kesalahan banget aku mampir di postingan ini siang hari. Jd ngiler drh liat makanannya. Tergolong murah sih ya 1.250 untuk 12 orang. Pengen juga deh nyobain kapan2 ya

Replies
    1. Kalo ke sini sekeluarga besar. Emang enak nyewa kamar family.

Delete
  5. Walah saya jadi makin pengen ke sini. Awal tahun ini teman kantor saya liburan keluarga di Umbul Sidomukti. Katanya seru banget dan lokasinya luas.

Ternyata emang beneran bagus. Saya paling penasaran itu sama kolam renangnya. Nampaknya air yang di situ jernih banget, pasti seger.

ReplyDelete
  6. Aku sering ke Pondok Kopi tapi belum pernah nginap di sana. Kalo makanan emang harganya sama kayak di resto yang di SEmarang ya Mi. Terutama yang makan siang itu harganya wajar lah, karena ada Gurame sama iga ya. Nah tentang goa Tirta Mulya, asik loh kalo rombongan, trus foto bareng di ujung mulut goa. Yang motret dari atas pinptu goa gitu, terlihat cakep dengan view pemandangan perbukitan di belakang goa

Replies
    1. Waah jadi pengen balik lagi terus ke Goa nya hiks.

Delete
  7. Keren destinasinya mbk, aku suka bareng kolam renangnya yang seger banget itu. Back to nature

ReplyDelete
  8. Catatan penting yang perlu diperhatikan, di point nomer 4: ke Umbul Sidomukti saat weekdays. Padahal untuk bisa liburan sama anak-anak, bisanya week end atau hari libur.

9. Cantik banget pemandangannya, kolamnya juga bersih, bawa anak-anak juga tetep asyik

10. Tempatnya bagus mba, menurutku ratenya masih terjangkau dengan fasilitas komplit gini. Aku paling suka bagian lihat sunrise dari Pondok kopi, bener-bener subhanallah pemandangannya.

ReplyDelete
  11. Kayaknya menyenangkan liburan ke Sidomukti nih, insya allah kalau ada rezeki mah ah liburan kesini

12. Komplit banget infonya... Sudah lama saya pengen ke umbul sidomukti ini, gara-gara foto teman yang mampir di news feed saya dan sepertinya seruu..tfs...

13. Cakep bangeet tempatnya mbaaa.. plus banyak banget yang bisa dinikmati dengan keluarga yaaa

ReplyDelete
  14. Wah tempatnya cantik banget mak. Jadi pengen ngajak anak2 ke sana.

15. Seru sekali family gatheringnya, sama karyawan-karyawan sendiri lagi yaa hehe. Tempatnya juga enak banget, semoga someday saya bisa ke Umbul Sidomukti. Amiin.

16. Dari tempat, villa dan makananya ini bikin muoenge semua. Aku jadi pengen kesitu mba.

ReplyDelete
  17. Aku pernah kesini tapi ke tempat kopi Umbul Sidomukti, tempatnya pun bagus banget. Apalagi daerah sini kayak Puncak gitu ya. Keingetan ngejar sunrise dari subuh, duh kangen main kesini.

18. Kayaknya asik juga nih kalo nginep bareng keluarga besar ya, harganya nggak begitu mahal. Dan kalo mau makan bareng bisa share cost, kan

19. Waktu ikut dinas suami ke Semarang 1 bulan kami diajak teman suami ke sini tapi hanya ke Pondok Kopinya saja. Pengen suatu saat cobain nginep di sini. Soalnya udaranya dingin :)