Jumat, 11 Agustus 2017

3 Fitur ASUS Zenfone Zoom S Yang Bikin Jatuh Cinta Banget

Assalamualaikum halo teman-teman, udah lama saya pengen bikin tulisan tentang review smartphone ASUS Zenfone Zoom S yang sudah 3 bulanan ini saya gunakan, tapi selalu bingung mau nulis gimana. Kalo soal spek endebre-endebrenya udah banyak lah yaa yang nulis, di web ASUS juga ada. Ngapain gitu saya nulis ulang di sini.



Akhirnya saya kepikiran untuk nulis tentang 3 fitur dari ASUS Zenfone Zoom S yang bikin jatuh cinta banget. Dan ini mungkin bisa jadi pertimbangan bagi kamu yang lagi nyari rekomendasi smartphone.

Baca Juga: Tujuh Bulan Bersama Zenfone 3 ZE520KL

Sedikit ulasan dulu lah ya tentang spek dari Zenfone Zom S.

ASUS Zenfone Zoom S diklaim merupakan smartphone yang khusus dibuat untuk keperluan fotografi. Untuk membuktikannya, ASUS menggandeng lebih dari 100 fotografer baik fotografer profesional, fotografer media sosial, fotografer lifestyle, dan komunitas fotografi di Indonesia untuk menggunakan ZenFone Zoom S sebagai device untuk kegiatan fotografi mereka. Dan hasilnya, para fotografer tersebut sangat menyukai fitur-fitur fotografi yang adalah pada perangkat tersebut dan merekomendasikannya sebagai device yang wajib dimiliki para fotografer.

Salah satu fotografer senior Indonesia, Darwis Triadi, mengatakan sangat menyukai fitur bukaan lensa pada ZenFone Zoom S yang mencapai f/1.7 atau hampir menyemai bukaan lensa sebuah kamera profesional.

Hasil foto Darwis Triadi menggunakan ZenFone Zoom S
ASUS Zenfone Zoom S ini menggabungkan dua sistem kamera yang benar-benar baru. Sebuah lensa wide-angle 12 megapixel dengan aperture ƒ/1.7, dengan ASUS SuperPixel™ Technology yang siap untuk menangkap kegiatan sehari-hari, terutama di lingkungan gelap; dan sebuah lensa 12 megapixel dengan optical zoom 2.3x untuk close-up kualitas tinggi dari jauh.

Sementara untuk kamera depannya menggunakan sensor Sony IMX214 13 megapixel untuk selfie resolusi tinggi, dan ASUS SuperPixel™ Technology.

Selain menonjolkan keunggulan di kamera, yang "dijual" dari Zenfone Zoom S ini adalah baterai berkapasitas tinggi 5000mAh, yang bahkan dapat mengisi perangkat lain dengan menjadi power bank.

Baca Juga: ASUS Zenpower Partner Kerja Baruku

Zenfone Zoom S dibekali dengan 64-bit, 2.0GHz octa-core Snapdragon 625 prosesor, memori 4GB (lebih besar dari smartphone saya sebelumnya Zenfone 3 ZE520KL) dan performa grafis Adreno™ 506 sekelas desktop. Powerhouse ini memberikan kinerja penuh sekaligus mengurangi konsumsi daya sebesar 35%.

Memiliki dual-SIM 4G/3G, tapi saya menggunakan slot kartu satunya untuk micro SD.

ASUS BoostMaster yang ada pada ZenFone Zoom S menawarkan pengisian cepat 10W (5V/2A) untuk kapasitas baterai tinggi 5000mAh. Secara otomatis mampu mengenali jika bundled adapter terpasang dan mengeksekusi pengisian cepat yang dapat mengisi ZenFone Zoom S hingga penuh dalam tiga jam atau menyediakan lima jam waktu bicara dengan pengisian sepuluh menit; dan semua hal itu tetap melindungi baterai dari over-charged. Jadi aman lah yaa kalo misal kelupaan nyabut charger padahal baterai udah penuh dari beberapa waktu lalu.

Dalam satu kemasan ZenFone Zoom S sudah sepaket dengan headset, kabel buat reverse, dan kondom (pembungkus HP), jadi komplit.

Dalam satu kotak ada inii

Baca Juga: Foto Bareng Indra Herlambang Bonus Zenfone Zoom S

Lalu apa 3 fitur ASUS Zenfone Zoom S yang bikin saya jatuh cinta banget?

Fitur reverse charging yang bisa mengisi ulang smartphone lain layaknya powerbank. Seperti yang sudah saya sebut di atas kalao ASUS Zenfone Zoom S ini kapasitas baterainya 5000mAh. Sekitar setengah dari daya powerbank yang saya miliki. Dengan daya sebesar ini ZenFone Zoom S sampai bisa berbagi daya dengan smartphone lain. Meski begitu smartphone ini tidak membutuhkan waktu charge yang lama. Dalam kondisi baterai sekitar 20% smartphone dapat penuh dalam waktu sekitar 3 jam dalam keadaan hidup. Dan ini bisa dipakai selama seharian. Setelah melakukan uji coba, dengan penggunaan sangat aktif internetan maupun foto-foto (istirahat di jam tidur), daya baterai dari 100% menjadi sekitar 20% dalam waktu sekitar 24 jam. Bisa lebih kalo rumpi-rumpi di socmed social chat dan stalking  socmed dikurangi.



Fitur Beauty Live. Fitur ini pertama kali ada dan merupakan fitur unggulan dari ASUS ZenFone Live. Namun kini juga hadir pada ZenFone Zoom S. Yeaaay.

Fitur BeautyLIve ini semacam beautyfucation yang ada pada kamera pada umumnya, hanya saja beautylive digunakan untuk live streaming seperti FB dan IG. Jadi kalo kita bikin live video gitu dengan muka kucel ngga masalah, bisa diatur lah yaa kemulusan mukanya hehe.

Pada saat launching ZenFone Live dan ZenFone Zoom S secara bersamaan saya sempat bimbang enaknya saya punya yang mana. Aseli mupeng berat sama ZenFone Live karena fitur beauty live nya tapi juga mupeng dengan Zenfone Zoom S karena baterainya lebih tahan lama, RAM nya lebih gede, dan kameranya lebih oce. Alhamdulillah rejeki saya dapet ZenFone Zoom S. Dan setelah sistem update beberapa waktu lalu ASUS menambahkan fitur beautylive pada Zenfone Zoom S. Jadi sekarang saya serasa memiliki ZenFone Zoom S maupun ZenFone Live dalam satu smartphone.

Fungsinya kaya BeautyLive di ZenFone Live ini

Baca Juga: ASUS ZenFone Live Harga Irits dengan Fitur BeautyLive

Mode Foto Portrait. Secara keseluruhan saya suka banget sama fiitur kamea yang dimiliki smartphone ASUS dari jaman smartphone suami yang jadul tipe ASUS ZenFone C karena mode kameranya banyak. Mode foto portrait ini merupakan pembaharuan dari mode foto Depth of Field DOF) di ASUS ZenFone Zoom S untuk membuat efek bokeh pada foto. Tapi selama ini saya agak kesulitan membuat foto seperti itu dengan mode DOF. Ya maklum lah amatiran, nah setelah update dengan mode landscape membuat foto bokeh terasa lebih mudah. Meski yaa jangan dibandingin sama hasil foto Darwis Triadi yaa, tetep jauh :D

Coba bikin foto bokeh dengan fitur kamera portrait


Nah itulah 3 fitur ASUS ZenFone Zoom S yang bikin jatuh cinta banget. ASUS ZenFone Zoom S dibanderol dengan harga Rp.5.999.000. ASUS ZenFone Zoom S cocok bagi penyuka fotografi yang pengen foto bagus tapi ngga mau rempong bawa-bawa kamera gede. Tapi kalau kebutuhanmu cuma untuk socmedan biasa aja, foto yang penting jernih dan terang aja bisa tengok-tengoklah spesifikasi smartphone ASUS yang harganya lebih terjangkau seperti ASUS ZenFone 3 Max.

2 komentar:

  1. Sejak paksi asus ZenPad,aku mulai jatuh cinta sama asus...padahal yang tablet,gimana hp nya ya...^^

    BalasHapus