Jumat, 21 April 2017

Tujuh Bulan Bersama Zenfone 3 ZE520KL

Halo temans...

Kali ini saya mau cerita tentang tujuh bulan bersama zenfone 3 ZE520KL. Yap udah tujuh bulan zenfone 3 menemani hari-hari saya, membantu aktivitas saya sehari-hari, ngeblog, poto-poto, mainan socmed, belanja online, main game dan lain-lain.

Foto diambil dengan Zenfone C


Zenfone 3 ini the dream come true banget. Saya ingat beberapa waktu sebelum diundang di acara Zenvolution oleh ASUS saya pernah menemukan tulisan di sebuah buku yang digunakan Thifa untuk coret-coretan. 



Geli rasanya ketika membaca itu, kayaknya kok melas banget haha. Tapi biarlah itu menjadi saksi ketika doa saya diijabah oleh Alloh suatu saat nanti, pikir saya.

Saat itu smartphone yang saya miliki speknya memang pas-pasan banget. Kamera utama hanya 5 megapixel dan kamera depannya 2 MP. Tiap kali acara kumpul-kumpul trus mau pepotoan ngga pernah pede ngeluarin smartphone. "Jangan pakai HPku kurang bagus hasil potonya," selalu begitu. 5MP memang kurang mumpuni digunakan untuk berfoto di dalam ruangan. Kecuali kalo di luar ruangan pas siang, cahaya matahari bersinar terang benderang, hasilnya lumayanlah. Kalau ada tugas liputan blogger biasanya saya pinjam smartphone si Ayah, ASUS Zenfone C, kameranya emang sama-sama 5MP kaya smartphone saya tapi ntah kenapa hasil foto masih lebih baik daripada smartphone yang saya miliki.

Beberapa kali ada lomba berhadiah smartphone coba saya ikuti, tapi mimpi mempunyai smartphone bagus belum juga terwujud.

"Mintalah pertolongan Alloh dengan sabar dan sholat," begitu yang tertera dalam Al-Qur'an. Sholat InsyaAlloh sudah saya lakukan, baiklah berarti saya harus sabar.

Hingga suatu hari, rame teman yang ngobrolin soal undangan launching dari ASUS di Bali, duh sedih rasanya saya ngga dapet undangan itu. Tahun lalu juga ada undangan serupa. Komunitas kami Gandjel Rel diminta mengirim perwakilan dua orang. Saya ngga ikut karena Hana masih bayi, belum tegalah saya ninggal-ninggal. Jadi dua teman lainnya yang berangkat.

Beberapa hari setelah pada rame yang dapet undangan Zenvolution itu, eh kok saya mendapatkan email yang isinya ASUS membuka pedaftaran lagi bagi 20 blogger terpilih untuk ikutan acara Zenvolution. Yang dapat email ini ya ga cuma saya. Kayaknya hampir semua blogger yang pernah menulis tentang ASUS di blognya ntah itu ikut lomba atau lainnya juga dapat email serupa. Kami diminta mengisi form yang isinya data diri juga alamat blog, nanti akan diseleksi.

Ketika mengisi itu, sebenarnya saya.. berharap sih.. tapi ngga terlalu yakin bakal lolos. Karena saingannya banyak bo, yang dipilih cuma 20. Blogger yang menurut saya lebih ketce, cetar membahana, banyak yang ikut seleksi.

Beberapa hari kemudian, nampaknya pengumuman siapa yang lolos sudah keluar, karena sudah mulai ada yang nyetatus dan heboh gitu. Bagaimana nasib saya ya? Agak lunglai karena saya belum mendapat kabar apa-apa. Pastilah yang lolos akan dikirimi email. Tak berapa lama kemudian, smartphone saya berbunyi tanda email masuk, saya buka dan isinya....



Akkkk, saya lolos? antara percaya tidak percaya. MasyaAlloh. Tapi beneran saya belum berani nyetatus, woro-woro, sebelum tiket ada di tangan. Takut kalau ini hanya halusinasi belaka wahahaha. Singkat cerita (cerita udah panjang gitu dibilang singkat) saya datang ke acara Zenvolution dan mendapatkan HP bagus yang sudah lama diidam-idamkan, Zenfone 3 ZE520KL. Alhamdulillah.

Yeayyy akhirnya dapat juga smartphone bagus, Zenfone 3 ZE520KL. Foto by Susindra

Emang bagusnya ituh kayak apa Zenfone 3 ZE550KL. Oke berikut ini review khas emak-emak ya. Jangan ngarep review ini bakalan mengulas zenfone 3 secara mendalam sampai ke processor, memori, secara detail, karena sumpe, eykeh nggak paham.

1. Built for Fotografi

Yak inilah slogan dari Zenfone 3. Dan saya rasa sih memang pas. Zenfone 3 merupakan generasi terbaru PixelMaster 3,0 dengan kamera 16 MP. Beda jauuuuh sama smartphone saya yang sebelum ini MP nya. Hasil potonya beniiing, bahkan di tempat gelap sekalipun objek yang difoto masih tetap terlihat jelas. Ada 20 mode yang dapat kita gunakan sesuai keingnan dan kebutuhan, seperti mode auto, manual, HDR Pro, beautification, children, lowligh, night, effect, super resolution, QR code, depth of field, selfie, GIF aniation, time rewind, smart reove, all smiles, time lapse, dan slow motion.

Nyobain mode depth of field


2. Foto selfie yang kece.
Selfie merupakan kebutuhan dasar setiap umat manusia dan tampil kece adalah keharusan haha. Meski kamera depan tidak sebesar kamera utama, hanya 8MP tapi hasil selfie tetep kece, terutama dengan mode beautification. Wajah lecek karena seharian sudah berkegiatan bagaikan baru keluar dari salon hahaha.


Foto di bioskop yang gelap, tetep jelas dan bening :D


3. Memori penyimpanan yang besar 32 GB.
Yes dengan ini ga perlu lagi hapus aplikasi lama untuk masukkin aplikasi baru seperti yang sering saya lakukan pada smartphone yang dulu. Di zenfone 3 ini saya instal, 3 aplikasi taksi online, 3 aplikasi online shop, 2 aplikasi edit video, 1 aplikasi Qur'an, 2 game, 2 aplikasi berita online, 1 aplikasi dengerin musik, 2 aplikasi edit gambar, 1 aplikasi nonton film, 1 aplikasi travel online, macam-macam socmed dan aplikasi lainnya bawaan Zenfone 3, masih ada 7,59 GB available loh! Kita juga bisa menambah memori eksternal, dengan melepas SIM 2.

Jadi bikin pengen poto-poto teruss :D


4. Anti lemot dengan RAM 3GB.
RAM kependekan dari Random Acces Memory. Oya, memori RAM dan memori storage yang saya sebut di poin 3 itu berbeda ya. Meski namanya sama-sama memori, keduanya memiliki fungsi berbeda. RAM adalah memori yang digunakan untuk membantu kerja prosesor sementara storage fungsinya untuk menyimpan file secara permanen. Fungsi RAM untuk menghandle multitasking aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data dapat tersimpan, semakin banyak multitasking, dan semakin cepat dalam memuat aplikasi. Pinter yak gue, haha, ini hasil baca-baca sih di internet. Ternyata bikin review zenfone 3 bisa bikin saya tambah pintar haha.

5. Dual SIM GSM dan Support 4G LTE.
Dengan dual SIM kita bisa memasukkan dua nomor dalam satu HP. JIka tidak dibutuhkan, tempat simcard dua bisa digunakan untuk memory card external. Untuk 4G LTE merupakan pengembangan teknologi dari 3G. Jadi ya seharusnya kualitas lebih baik untuk wilayah yang sudah didukung jaringan 4G.


6. Baterai yang awet dan pengisian yang cepat.
Dengan baterai 2650mAh (non-removable) saya biasa menggunakan Zenfone 3 sampai 12 jam. Dengan kondisi internet menyala, sesekali dipakai buat jepret-jepret, berjam-jam rumpi di social chat dan sekrol-sekrol temlen. Mengisi ulangnyapun tidak membutuhkan waktu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam, untuk baterai di bawah 10% sampai full. Katanya sih ini dikarenakan Zenfone 3 chargernya sudah menggunakan USB type C yang dapat menghantarkan tegangan dan daya listrik berkali lipat lebih besar. Tapi kekurangannya, kalo pas saya lupa ngga bawa charger, ngga bisa pinjem charger Zenfone C punya si Ayah karena beda tipe, bolongan di smartphone buat nyolokin chargernya juga beda.

7. Mengcapture lebih mudah.
Haha ini kayaknya remeh temeh banget ya. Tapi beneran ini salah satu yang saya suka dari zenfone 3. Di smartphone sebelumnya, kalo mau mengcapture saya harus tengan tombol volume dan power secara bersamaan, ribet banget. Setelah berkali-kali mencoba biasanya baru berhasil. Kalo dengan zenfone 3 praktis banget cyiint! Tinggal pencet icon kotak yang bertumpuk dua ajah, beresss!



8. Tampilan yang mewah dan elegan.
Sebenarnya tampilan sih bukan yang nomor satu buat saya, yang penting fungsi. Tapi kalo bisa dapat smartphone yang speknya keren, penampilannya juga oke, nah ini nilai plus! Zenfone 3 ini kesannya lux banget karena memiliki kontur Corning Gorilla Glass dibagian depan dan belakang, bening dan mengkilap.


Pict: asus.com

9. Apakah Zenfone 3 ZE520KL cepat panas? 
Pertanyaan ini yang sering ditanyakan orang-orang. Saya paham sih kenapa mereka tanya demikian. Karena Zenfone C punya suami memang cepat panas. Tapi untuk Zenfone 3 ZE520KL ini TIDAK MUDAH PANAS. Saya pakai seharian, main game yang lumayan berat juga gak panas, paling ya sedikit hangat saja.

10. Berapa harganya?
Waktu pertamakali smartphone ini diluncurkan, harganya dibanderol Rp.4.099.000 nah kalo sekarang sih ngga tau ya, masih tetap atau mungkin sudah turun. Ada sih beberapa Zenfone yang turun harga, bisa dicek di artikel: "Smartphone ASUS Turun Harga Sampai Satu Juta"

Begitulah cerita selama tujuh bulan bersama zenfone 3 ZE520KL the dream come true-nya sayah. Spesifikasi lebih lengkap bisa dicek di website ASUS Indonesia.

Oya untuk membuat video Zenfone 3 ZE520KL ini juga rekomended banget. Bisa diliat video-video saya yang direkam dengan Zenfone 3, salah satunya ini:


 


Sekarang lagi naksir sama Zenfone 3 Max yang baru saja dilaunching, baterainya jauh lebih tahan lama lagi dari ini, bahkan bisa dibuat mengisi daya smartphone lain! Duuh keren banget. Oyaa poto di atas, yang menunjukkan smartphone Zenfone 3, diambil menggunakan Zenfone C jadi harap maklum kalo ada yang kurang terang, karena kameranya baru 5MP hehe. Makaya pengen gantiin smartphone lawas si Ayah dengan Zenfone 3 Max. Moga kesampean. Aamiin.

45 komentar:

  1. Aku juga cinmat sama asus ni.. Bagus hasil fotonya..

    BalasHapus
  2. Bagus euy hasil fotonya. Aku jadi pengen Zenfone 3 juga nih biar hasil fotonya makin kece.

    Videonya jelas banget suaranya, gambarnya juga bening. kapan ya bisa main ke Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoook mak kopdar di Semarang kitaah

      Hapus
  3. Asiik banget mba kumpul blogger plus bisa dapat hape canggih. Aku juga pakai asus sih emang bagus kameranya ^^

    BalasHapus
  4. Akupun puas banget mbak pakai zenfone 3. Semua foto2 sekarang hasil hp kesayangan itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa mas ihwan kecee menang lomba terusss

      Hapus
  5. Aku juga bahagia Mbak bisa lolos Zenvolution, dream come true dan pengobat kekecewaan setelah ikut beberapa lomba hadiah HP tapi kalaah mulu.
    Overall aku juga puasss menggunakan Zenfone 3, bahkan kami sekrang ga pernah bawa-bawa kamera prosumer jika ngereview atau liputan acara blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga bisa ketemu di acara ASUS Jakarta ya mas

      Hapus
  6. good luck mbak.......yutubnya kece mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba ningrum, ikutan lomba vlog juga yaa

      Hapus
  7. Wahhh mba videonya bagus, itu pake Zenfone 3 ya? Kalau narasinya rekam pake apa? Moga kesampaian ya, mba Zenfone 3 Max buat si ayah biar ga kalah eksis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai zenfone 3 dengan aplikasi viva video. Suaranya juga sama direkam tidak bersamaan dengan shoot nya. Aamiin utk zenfone 3 max nya hehe..

      Hapus
  8. Wah senangnya dapet hp Asus Zenfone yang kece punya ya mbak rahmi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba Vit, krn belum mampu beli waktu itu, jadi dikasih 😊

      Hapus
  9. Aku mupen mbak sama HP nya..ìni hp lama juga minta diganti.lemot bingitt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo ganti cheii, zenfone yg turun harga banyak tuuh

      Hapus
  10. Aamiin...
    Zenfone ini kameranya emang jernih banget ya mak, dulu suami pernah pakai dan memang jepretannya selalu kece, dan ada seri baru lagi? Woow, asus inovasinya cepat ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa cepet banget muncul produk baru, ga kaya aku komik cetaknya dari dulu masih satu aja #curhat

      Hapus
  11. wah, dua bulan lagi bakalan lahiran tuh mba, btw yang foto dalm bioskop emang kece ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bioskop kan gelap. Mungkin krn dibantu wajah kami yang memang putih bersinar #halah

      Hapus
  12. Keponakan saya hapenya ini juga, emang keren sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku dari HP, powerbank, notebook, smpai o play merek asus haha

      Hapus
  13. Ya Allah ....aku juga pengeb ganti hape baru yg keren kek gini ya Allah

    BalasHapus
  14. Dua bulan lagi lahiran ituu mii..semoga ada rejeki ya kita bisa ke Jakarta lagi, aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa moga ya makdew, kemaren aku liat2 poto zenvolution jadi kangeen

      Hapus
  15. Bener banget Mi, utk bikin video Zenfone 3 memang oke. Bening dan enggak gemeteran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa moga videonya juga menang lomba yaa hihi

      Hapus
  16. Memori zenfone 5 juga kurang nih Mi. Tapi mau beli zenfone 3 max belum ngumpul duitnya. Udah ada rencana beliin notebook dl buat gantiin laptop anakku yg udah mulai ngadat baterainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama batere laptopku juga udah minta diganti nih

      Hapus
  17. Penasaran pake asus :)
    Keceh ya fitur2nya

    BalasHapus
  18. Sepakat Mbak, HP ku 5MP juga tak pake buat motret hasilnya beda banget sama ASUS yang 5 MP juga. Makanya aku naksir sama ASUS. Ini lagi nunggu HP ASUS hadiah lomba jepret kuliner. Semoga segera datang.

    BalasHapus
  19. Semua berawal dr harapan dan doa yaa mb, Alhamdulillah terkabul yaa mb:)

    BalasHapus
  20. Asus mulai menarik hatiku nih. Hasil fotonya bagus-bagus :)

    BalasHapus
  21. Paling suka dengan yang nomor 7: Tinggal pencet icon kotak yang bertumpuk dua ajah, beresss!

    Waaah, yang seperti itu idamanku, Mbaak. Kalo harus menekan dua tombol secara bersamaan, ya ampun susahnyaa -_-

    Moga2 bisa dapat HP bagus juga seperti dirimu. Aamiin (aminkan juga, yah. Mana tahu do'a Mbak Rahmi makbul). :)

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum mba, salam kenal

    Saya juga pengguna asus holic, dari hape nyampe laptop pake asus semua hahaha.
    Hape Asus emang bagus banget mba, sekarang masih pake Asus Zenfone Max sih, tapi pas baca artikel ini ternyata Asus Zenfone 3ze520kl bagus banget ya mba.

    Apalagi kameranya udah bagus banget buar orang yang suka foto-foto.

    BalasHapus
  23. Seru seru seru 😁 bacanya.

    Yah kan Baper jdi kepengen juga, BTW Ada yg baru ya Asus zenfhone 3 yg rose?

    Kepo kalo ikut komunitas2 blog itu gimana ya, seru bacanya? #newbie 😅

    BalasHapus
  24. wah keren ay, wah ini mah hrs bikin proposal nih sama suami minta ponsel

    BalasHapus