Rabu, 01 Maret 2017

Provider Internet Yang Paling Bagus, Apa Ya?

Kalo ditanyain, provider internet yang paling bagus, apa ya? Saya tentu saja ngga bisa menjawab dengan pasti. Paling bagus di mana dulu? Bagus di rumahku, belum tentu bagus di rumahmu. Bagus di rumahmu, belum tentu tetap bagus saat kamu ajak bepergian.

Jujur saya sudah mencoba segala macam provider internet untuk smartphone, semenjak menempati rumah yang baru direnov. Sebelum renov sambungan internet rumah kan saya cabut dulu, karena saya mengungsi sementara ke mertua. Habis renov ngga langsung saya pasang lagi internetnya masih cari-cari mana yang paling cocok dipasang di rumah. Paling murah sih terutama hihi.

Akhirnya saya nyoba aja internetan pakai smartphone. Jadi kalo butuh internetan di laptop ya teethering.




Mencoba Paket Data Smartfren

Awal mula saya pakai smartfren karena diajak drive test jaringan 4G smartfren di Semarang. Aseli saya itu awalnya kudet 4G ki opo to janjane. Yang saya tau ya cuma internet aja ga tahulah tahapan-tahapannya 2G, 3G,4G.

Akhirnya cari tahu juga lah tentang apa itu 4G. Kalo menurut penjelasan di Wikipedia, 4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Dari hasil percobaan menggunakan Smartfren, jaringan stabil di area mobilitas saya di Semarang. Saya bawa ke Kudus lancar, ke Nusa Dua Bali juga lancar. Cuma pas ke Belitung kemaren coba internetan pakai modem smartfren punya adik, sama sekali ngga bisa. Daerah lain entahlah ya, saya belum nyoba.

Tapi harga smartfren ini mayan juga sih. Paketnya macem-macem, yang sering saya beli Rp.60.000 cuma dapet 2GB. Ada bonusnya telpon ke semua operator 10 menit dan 100 SMS ke semua operator. Bonus telepon ke sesama smartfren 1000menit. Jadi kalo pakai smartfren bener-bener diati-ati bangettt. Ngga saya on-kan tiap saat. Sehari ya beberapa kali ajalah, pas on, balas semua pesan WA, balas email, dll. Habis itu matiin lagi, biar irit hihi. Tapi sebenarnya kalo paket data kita habis, kita masih bisa internetan untuk browsing dan social chat (WA,BBM,LINE) sampai masa aktif habis.

Yang asik juga dari smartfren nih, tiap kita isi paket data kita dapet poin, yang nantinya kalo udah terkumpul bisa dituker pulsa atau berbagai macam voucher.

Pakai 4G Telkomsel

Alhamdulillah bulan September 2016 saya dapat rejeki ASUS Zenfone 3, plus dikasih perdana telkomsel. Internetan lancar banget, Semarang, Jogja- Bali (nyebrang pulau). Trus coba di Kudus, di daerah Ngembal, rumah ortu, kirim WA pending muluk, buka blog gabisa. Baru deh setelah jalan ke Kudus kota (sekitaran simpang tujuh) berbondong-bondong masuk pesan whats app dan notifikasi lainnya.

Nyobain Indosat Oredoo

Tertarik buat nyoba indosat karena kata adek saya harga paket lumayan murah. Rp. 59.000 udah dapet 2GB kuota utama+5GB (4G) trus ada bonus telpon dan SMS ke sesama indosat. Mayan karena suami juga pakai nomor indosat, ibu mertua, ayah mertua, dan beberapa sodara juga pakai. Jadi bisa dimanfaatkan. Tapi sepertinya di rumah saya di daerah Sendang Mulyo Semarang sinyal 4G indosat kurang stabil. WA sering pending. Kalo baru kirim WA gitu trus pendong, biasanya saya pancing dengan telpon ke nomor itu beberapa kali, baru deh masuk WA nya.

Tapi adek saya pakai indosat, di kosnya di Jakarta internetan lancar. Pas dia bawa ke Kudus pun demikian.

Mencoba Pakai XL

Petualangan mencari provider yang paling pas belum usai hihi #singsigkanlenganbaju. Saya coba pakai XL, karena tertarik pengen ikut lomba blog yang sponsornya XL. Tentu saja saya harus mencoba dulu dong. Disamping itu harga paketnya juga murah Rp.59.000 dapat 2GB kuota utama dan 10GB kuota 4G, yang asyik ada bonus bebas telepon 50 menit ke all operator.

Pertama kali saya unboxing kartu XL ini di Kudus. Dapet paket data 4G sebesar 9GB dan 3G sebesar 1GB kalo ga salah. Di Ngembal lancar banget nih pakai XL, etapi begitu kuota internet utama (3G) habis (berarti tinggal yang 4G) langsung ngadat. Saya lihat sih di sinyalnya memang susah dapet 4G, seringnya 3G atau H+. Kalau saya baca-baca di internet, memang kuota 4G hanya bisa digunakan di jaringan 4G. Sementara kuota 3G dapat digunakan untuk jaringn manapun, baik itu 2G, 3G, atau 4G.

Perjalanan Kudus-Semarang juga empot-empotan banget sinyal 4G nya. Baru deh setelah sampai Semarang kota sinyal 4G muncul. Begitu saya bawa ke rumah, eh ngilang lagi 4G nya. Trus pas saya naik ke lantai dua baru bisa lagi sinyal 4G nya. Ternyata ketinggian lokasi bisa menentukan ada atau tidaknya sinyal ya hehe.

Bagaimana dengan 3?

Kalau yang pakai 3 sih suami. Dan smartphone nya belum support teknologi 4G. Jadi pakainya sinyal 3G. Pertimbangan pakai 3 ini adalah masa aktif yang lama. Kalo provider lain rata-rata sebulan udah habis masa aktifnya. Kalopun ga habis ya hangus sisa kuotanya. 3 ini bisa sampai setahun masa aktif untuk kuota hanya 2GB saja. Suami kebutuhan internetnya ga banyak, soalnya di kantornya kan bisa wi-fi an. Jadi paling pakai paket data smartphone sesekali pas mobile saja. Kuota 2GB bisa dipakai sampai tiga bulanan. Sinyalnya sejauh ini stabil. Mungkin karena teknologi yang digunakan suami masih 3G ya, yang masih lebih merata lah daripada 4G.

***********

Jadi kalo kesimpulan saya sih untuk mobilitas saya, provider internet yang paling stabil jaringan 4G-nya ya smartfren. Ini untuk mobilitas saya lo ya, beda mungkin dengan  mobilitas kamu.

Saya nulis ini bukan untuk mempromosikan atau menjatuhkan provider manapun. Ngapain juga wong ga dibayar. Tapi ini murni pengen cerita pengalaman pribadi, siapa tahu ada yang butuh. Dulu waktu saya mau ke Nusa Dua dengan membawa andromax, (karena satu2nya smatphone yang bisa saya bawa cuma itu), saya browsing dulu gimana sinyal 4G smartfren di Nusa Dua.

Jadi bagaimana memilih provider internet untuk smartphone yang tepat?

1. Sesuaikan kebutuhan. Kamu butuh kuota berapa banyak. Kalo sebulan cuma pakai 2GB misalnya, ngapain beli paket data yang isinya 10GB dan dibatasi masa aktif,alah mubadzir kan.

2. Kamu butuh internetan dimana? Jangan mudah percaya pada iklan yang bilang jaringan ini terluas, internetan pakai itu tercepat. Saya ga bilang mereka bohong lo. Mungkin aja benar, tapi terluas dan tercepatnya dimana dulu? Apakah di tempat kita juga?

Sekarang saya sudah pasang internet di rumah, jadi paling ya kebutuhan kuota internet untuk di HP ngga perlu banyak-banyak kuota. Paling untuk mobile saja. Masih bimbang juga enaknya pakai provider mana ya sekarang?

21 komentar:

  1. Smartfren bagus.. Tapi pas aku bawa ke karimunjawa... Gag isa internetan aku mbaaaa... 😭
    Sedang temen2 yg pakai tsel lancar jaya, pdhl kami sdg brda di pulau2 kecil yg gag dhuni. Dan tsel dsana msh 3g sih, 4g nya kmren belom.
    Skrg aq balik lg k tsel deh bwt inetan.. Biar lancar sosmedan wktu halan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Belitung juga gabisa. Gapapalah kan ga tiap hari kamu ke Karimun Jawa hihihi.

      Hapus
  2. Aku pakai smartfren yang 100 ribu. Cuma kalau pas di kamar rumah yang ada daknya agak lambreta. Di lantai atas lumayan lancar. Sayangnya karena CDMA gak bisa pakai BNI sms banking. Pengen pakai GSM tapi lagi mikir-mikir enaknya pakai apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba naik ke atas pohon kong, mungkin lebih wuzzz wuzzz hihi

      Hapus
  3. Menurut saya itu relatif,
    Beda tempat beda rasa

    BalasHapus
  4. Aku pun sudah mencoba telkomsel simpati dan as, xl dan im3 juga 😊

    BalasHapus
  5. Aq pake ukuran kamar mba..hihihi.
    Hampir smua provider udh aq cobain,...yg paling manteng dan lolos uji klo lancar jaya d pake dlm kamar. Kesimpulannya cuma ada 2 provider yg layak pake. Lainyya empot2an.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes kalo udah coba sendiri baru percaya ya, nonton iklan doang mah ga mantep

      Hapus
  6. Di Tempat saya TELKOMSEL juaranya, sinyalnya stabil dan jangkauan 4G-nya udah cukup luas. Jadi gak masalah kalau kuota 3G dikit asal dapat bonus kuota 4G yg Banyak..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo 4G udah lancar enak, soale pulsa 4G lebih murah hehe

      Hapus
  7. kalau aku suka telkomsel,.. sinyalnya dimana2 ada..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telkomsel selama ini lancar kecuali pas dibawa ke Kudus bagian Ngembal, kalo di kota sih lancarrr

      Hapus
  8. klo aku biasa pake 3 murah bingit..

    BalasHapus
  9. Saya setuju dengan NLP Jakarta.
    Beda tempat Beda rasa. Mohon dicek update comment nya yah.
    Dicari 150 Orang Yang Mau Berlian!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya cek fredd, moga saya beruntung yes hihihi

      Hapus
  10. Tetep aku mah simpati hihihi
    Klo yang lain ke luar kota dikit udah mpot mpotan signalnya

    BalasHapus
  11. sama aku juga suka sama telkomsel,.. sinyalnya dimana2 ada

    BalasHapus
  12. Kalau Jogja saya lebih suka pakai Indosat Ooredo karena hampir mencakup semua kota, tapi di kota Bantul khusunya bagian desa-desa kecil sinyalnya putus2. Ohya sama harganya yang murah sudah bisa dapat kuota hingga 28 Gb (20 gb 4G,8 gb 3G), karena itulah milih indosat ooredo.
    Untuk Smartfren sangat bagus di Jogja maupun desa-desa kecil, tapi jumlah kuotanya nggak sebanyak indosat, dan harganya juga agak mahal menurut saya.
    Yaa.... sesuai kebutuhan aja kok

    BalasHapus