Rame-rame Nyobain Jaringan Smartfren 4G LTE di Semarang

Alhamdulillah Selasa kemarin, saya bersama teman-teman blogger dan tentu saja duo bocah, rame-rame nyobain jaringan Smartfren 4G LTE di Semarang.

Jadi ceritanya, tanggal 13 Agustus saya dapet email dari Mba Fitri agency digital Smartfren. Isinya berupa undangan untuk mengikuti acara Smartfren Network Drive Test yang akan menguji coba kecepatan jaringan Smartfren 4G LTE di Semarang

Saya jadi ingat beberapa waktu lalu, kakak saya baru membeli smartfren andromax seri R. Pas saya baca-baca reviewnya di internet, katanya keunggulan dari smartphone ini adalah teknologi 4Gnya. Tapi saya ngga tahu 4G itu apa? Emang kenapa gitu kalo pake 4G? Kalo sekarang kita pake G berapa ya? Ah betapa gapteknya saya ya.


Makanya begitu dapet undangan ini, saya mikirnya, kok ngepasi banget ya hehehe.


Tapi saya ngga langsung jawab email dari Mba Fitri mengenai bisa atau tidaknya. Masih galau, kalo ke saya, gimana dengan anak-anak? Kalau saya bawa takutnya mengganggu acara lagi. Daripada bingung mending saya terus terang aja. Saya tanya ke Mba Fitri kalo bawa anak kira-kira memungkinkan apa ngga. Katanya sih bawa aja biar bisa sekalian  nyobain kecepatan 4g katanya. Mungkin dia pikir anak yang saya bawa hanya satu ya, hahaha padahaal...


Awalnya sih emang cuma Hana yang mau saya bawa ke sana,Thifa udah dibeliin kacamata maenan seharga sepuluh rebu, dan katanya mau ditinggal di rumah sama ayahnya. Tapi pas Ayahnya nganterin saya ke angkot, eh dia mewek minta ikut. Padahal kalo ngelihat rundown acara, bakalan sampe sore, takutnya dia bosen dan rewel.

Pra Drive Test

Meeting point ditetapkan di Hotel Gumaya Jl. Gajah Mada. Waktu saya ke sana udah ada beberapa blogger yang datang. Mba Uniek, Ismi, dan Mas Slam yang lagi asyik utak-atik andromax. Eh kok masih ada dusnya, berarti... berarti,.... Iya ternyata kami para blogger yang diundang di sana dibagiin andromax Q satu-satu. Smartphone ini sudah dirancang untuk support teknologi 4G. Asiiik hihihi.

HP baru dipoto dulu lahhh

Sekedar info karena kemaren kebetulan ada juga yang nanya di twitter, andromax Q ini harganya Rp 1.300.000. 

Spesifikasinya::

  • Dual SIM, bisa buat nomor smartfren LTE dan satunya nomor GSM
  • Dual camera 5.0 MP AF dengan flash + 2MP FF
  • Quad Core 1.20 Ghz Qualcom Snapdragon 410
  • 1 GB RAM dan GB ROM
  • Operation system Cyanogen )S 12 (Based on Android 5)
  • Baterai 2000 mAh
  • Sudah dilengkapi perdana smartfren berisi kuota internet 2+6 GB free 100 SMS dan 10 menit telepon dengan masa aktif seminggu


Sementara itu 4 G, fourth-generation technology atau sering disebut LTE Advanced merupakan pengembangan dari teknologi 3G yang dipakai selama ini.

Habis selesai utak-atik HP pasang kartu, setting sana-sini, hidangan makan siang datang. Horeee.


Baru menu pembuka iniii

Menunya banyak bangets ada sup asparagus. Ada ayam lada hitam, nasi goreng, jamur (mbuh diapain itu namanya, maklum ga pernah masak yang aneh-aneh), terus ada ikan yang namanya unik banget yang katanya harga perporsi 600 ribu. Langsung pada heboh motretin ikannya hahaha.

Habis itu kami beranjak ke lantai enam untuk sholat dhuhur, dan selepas itu diajak turun ke bawah, bisa yang akan membawa kami untuk drive test sudah siaaap :)


Drive Test Keliling Semarang Naik Bis


Dengan mengggunakan bus, kami akan diajak keliling kota Semarang. Selain blogger ada wartawan dari berbagai media juga yang turut serta. Tujuan pertama SMP Sultan Agung, karena Smartfren sedang ada workshop di sana.




Setelah selesai, kami diminta naik ke bus lagi dan berkeliling kota Semarang sambil terus mencoba sinyal 4G. Saya memilih menonton Upin Ipin aja di YouTubebiar duo bocah ngga rewel. Sepanjang nonton sinyalnya bagus jadi ngga ada buffering, itu bikin bocah anteng, dan emaknya bisa santai live twit pake hape satunya yang udah dikoneksikan sama sinyal wifi 4G juga yang ada di bus. Yang mau lihat gimana kita live report di twitter bisa cek #Go4GSMG dan #GoForIt

Oya hari itu (hestek) #Go4GSMG jadi salah satu trending topic di twitter loooh.


Di atas bus pihak smartfren juga menjelaskan tentang 4G LTE ini. Bahkan untuk membuktikan kekuatan sinyalnya, Pak Munir dari Smartfren coba melakukan LINE video call dan hasinya jernih ngga putus-putus.


Evaluasi Drive Test


Sekitar pukul 16.30 kami sampai di Rinjani View Resto (Resto yang ada di Hotel Candi View). Di sana makan-makan lagi hihiii. Kalo gini mah duo bocah ngga bakalan rewel apalagi ada bakso makanan favorit mereka.

Sambil menikmati hidangan pihak Smartfren melakukan presetasi sekaligus evaluasi drive test.


Beberapa memamerkan hasil speed test di andromax masing-masing. Di beberapa titik memang sinyal 4G ada yang melemah. Nah dengan drive test ini akhirnya bisa tahu kan mana yang sinyalnya kuat mana yang lemah. Nanti pihak smartfren akan melakukan penyempurnaan.Tapi jangan kuatir kalo sinyal 4G hilang bukan berarti ga bisa connect internet sama sekalli, melainkan akan langsung masuk ke sinyal 3G. 



Rame-rame bareng Blogger dan Mas Seno dari Smartfren :). Foto by Smartfren




Lanjut Tes 4G di Rumah

Sampai rumah saya memang tidak langsung review tentang 4G LTE, karena masih ingin lanjut tes sinyal di rumah dan sekitarnya. Sekaligus menjajal hape anyar Andromax Q uhuyyy.


Di rumah Alhamdulillah sinyal kuat. Beberapa kali saya pergi keluar rumah seperti ke sekolah Thifa di daerah Klipang, ke PRPP sinyalnya juga kuat.

Berdasarkan press release, di Jateng dan Yogyakarta, jangkauan 4G LTE telah mencakup 42 kabupaten/kota diantaranya Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang, Salatiga, Banjarnegara, Demak, Kudus, Grobogan, Pekalongan, dan Purworejo.

Selain itu udah nyobain fitur hotspot, dimana hape ini menjadi sumber wifi. Jadi kalo kita mau online dari laptop ngga perlu modem lagi. Cukup idupin hotspot pada andromax, langsung bisa nyambung internet setelah mengetik password yang ada di andromax. Itu juga lancarrr.

Untuk HP Andromax Q juga udah diutak-atik, diisi kartu tambahan yang GSM. Instal macem-macem aplikasi. Whatsapp, Line, BBm. Horee punya BBM akhirnya hihiii. Di charge dalam keadaan kosong sekitar 2,5 jam penuh.


Alhamdulillah...  sekarang komunikasi bisa lebih lancar karena saya dan si Ayah udah punya smartphone sendiri-sendiri. Kemaren kan makenya gantian hihi. Terimakasih smartfren untuk hari yang seru kemaren, terimakasih untuk sinyal 4G LTE nya yang bikin inet tambah kenceng dan Insya Alloh bisa bikin produktif dalam berkarya. Aamiin :)

@rahmiaziza

Komentar

  1. aih seruuu....bisa ngebus keliling Semarang sambil test drive $G, browsing, unduh game dan nonton youtube tanpa buffering, ajiib...

    BalasHapus
  2. waaakk..diundang trus dapet henppon.....

    aku juga mau donk mbakk.xixixixi

    BalasHapus
  3. seneng yaa jadi Hana dan Thifa.. melu emake terus.. bakal pinter bocah loro kui :D

    BalasHapus
  4. Senengnya hpnya bisa dibawa pulang :D.
    Hpku jg smartfren Mak buat wifian lepi. Dari awal promo yg 4G ini dpt notif buat ganti andromax Q ini, ditukar tambah gt. Sayang duitnya kepake buat yg lain. Kayae lebih kenceng ya ini buat internetan. Jadi nyesel ga jadi tukar tambah hicks

    BalasHapus
  5. wah test drivenya di ajak jalan-jalan dulu ya mak

    BalasHapus
  6. kenceng banget mba internetannya

    BalasHapus
  7. Wohoooo...seruuu yo mbaaa. Setelah Sby, giliran blogger SMG yg ketiban berkah 4G LTE :)

    BalasHapus
  8. Ajiiib emanggggg! Bawaaanya pengen banget deh pegang henpon dan yutuban mulu :p

    BalasHapus
  9. blog yang bagus mbak..ikut nimbrung boleh ya mbak?

    BalasHapus
  10. Hah? Bawa 2 anak? Wah, aku bawa mak Injul aja capek. Wkwkwkw kidding. Salut deh pokoknya, apalagi harus sambil ngetwit itu pasti nggak mudah tapi bisa.

    BalasHapus
  11. harganya bersaing ya...
    Asyik juga bisa keliling2 :)

    BalasHapus
  12. Seruuuunyaa, test drive keliling kota, sekalian di kasih hape baru juga ya Mbak?

    Mantep pol-polan itu

    BalasHapus
  13. wah.. seru banget ya kayaknya mbak.. salam kenal mbak ^_^

    BalasHapus
  14. Widiiihh, bisa chit chat berdua sama suami dong, Mi, enggak bakal buffering juga kalo nonton youtube film anak-anak. Berkah ya smartphonenya :)

    BalasHapus
  15. salam kenal mbak Aziza..
    sayangnya kalau didaerah saya signal jaringan Smartfren sangat tidak stabil mbak jadi gak berani pakai..

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. pertamane thok
      bar kui yo klepek2

      Hapus
  17. Enaknya mbak, kapan Bogor kebagian acara tes tes jaringan begini ya

    BalasHapus

Posting Komentar