Wednesday, August 25, 2021

Perawatan Kulit Wajah di Usia 30an dengan Scarlett

 “Dek kamu pakai skincare apa?” tanya kakak pada suatu hari.


“Ngga pakai apa-apa mbak, cuma sabun muka doang,” jawab saya. Memang semenjak nikah saya udah malas tuh namanya perawatan. Dulu jamannya sekolah rajin, bersihin muka aja ga cuma pakai sabun muka doang, pakai susu pembersih dan toner juga. Tiap berangkat sekolah pakai pelembab, seminggu sekali maskeran dan luluran. Sekarang kok malas ya, udah laku ini, huahahaha. Ngga ding.

Mungkin karena saya banyakan di rumah, jarang kena sinar matahari langsung, jarang make up, dan jarang terpapar polusi di luaran sana, jadi ngga merasa penting pakai krim-krim segala macam. Padahal kakak saya bilang, justru di usia tiga puluhan kita harus semakin care sama kesehatan kulit. Biar kulitnya ngga cepet keriput dan tetep bersih tak bernoda katanya.

Mendengar kata keriput saya kok ngeri ya, berasa renta gitu haha. Pengennya yaa usia boleh banyak, tapi muka jangan ikutan banyak, yaiyalah bermuka dua aja udah jelek apalagi bermuka banyak. Eh gimana?!

Saya pun lantas browsing di internet, emang skincare-an penting banget yah? Ngga cukup apa, bersihin muka doang?

Dari salah satu web kesehatan saya baca, bahwa benar, saat memasuki usia 30-an, kondisi kulit akan cenderung lebih kering, sensitif dan menipis. Kita lebih rentan mengalami beberapa masalah kulit, seperti munculnya kerutan halus, dan flek hitam. Hiiiy…

Makanya kita harus rutin melakukan perawatan wajah. Sebenarnya skincare itu banyak macamnya, ada yang ritual skincarenya panjaaang banget. Tapi untuk pemula macam saya, akhirnya memilih skincare basic aja dulu. Saya tuh orangnya pelupa, hanya sekedar pakai krim malam atau siang aja bisa lupa, apalagi kalo macemnya banyak, ye kan!

Mencoba Rangkaian Skin Care dari Scarlett

Sudah hampir dua mingguan ini saya mencoba produk skin care dari Scarlett. Scarlett merupakan salah satu brand produk perawatan kulit yang dirilis oleh artis cantik Felicya Angelista. Produk skincare yang saya coba adalah sabun pembersih muka, serum, day cream, dan night cream. Bagaimana review setelah menggunakannya? Akan saya ulas sedikit di blog ini ya!


Brightening Facial Wash

Sabun cuci muka ini wajib punya banget di rumah. Ya meski ngga ke mana-mana di dalam rumah kan bisa juga menempel debu dan kotoran, jadi sehari harus lah cuci muka pakai facial wash dua kali.

Satu hal yang langsung menarik perhatian saya dari facial wash scarlett, adalah tampilannya yang cantik dan tampak menyegarkan dengan adanya kelopak bunga mawar (rose petal) di dalamnya. Rose petal ini ternyata berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah.



Facial wash dari Scarlett juga mengandung Gluthathione yang disebut-sebut dapat meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit. Selain itu juga memberikan perlindungan dari radikal bebas dan mencerahkan kulit. Kandungan lainnya ada Vitamin E dan aloe vera yang bisa membantu melembabkan kulit, mengatasi peradangan serta melembabkan kulit. Aromanya harum yang lembut gitu, dan setelah dipakai memang kulit jadi terasa lebih lembut dan lembab.

Brightly Ever After Serum

Dulu saya pikir pakai pelembab atau day cream saja sudah cukup untuk perawatan kulit. Saya baru tahu kalau ternyata kulit juga butuh dirawat dengan serum. Serum ini beda dengan krim. Serum bekerja untuk memperbaiki kulit dari dalam, sementara cream dari luar. Jadi keduanya sebenarnya salig melengkapi.





Scarlett mempunyai dua jenis serum yaitu brightly ever after serum dan acne serum untuk kulit berjerawat. Saya pilih menggunakan brightly ever after serum karena kulit saya saat ini tidak berjerawat tapi memang ada noda-noda hitam bekas jerawat. Nah salah satu fungsi dari serum ini memang untuk menyamarkan noda hitam di wajah.

Apa saja kandungan serum scarlett ini?

- Avender water yang berfungsi melawan bakteri penyebab peradangan kulit, detoksifikasi kulit, meningkatkan sirkulais darah, dan menghaluskan kulit.

- Niacinamide untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencegah kanker kulit melanoma.

- Phyto Whitening mencerahkan wajah dalam waktu singkat, aman bagi kulit tanpa menyebabkan iritasi.

- Gluthatione meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan Nampak glowing.

- Vitamin C membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel uga jaringan kulit akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Gunakan hanya 2-3 tetes saja, diusap merata dan pijat lembut. Teksturnya mirip air, ringan dan cepat meresap di kulit. Saya biarkan dulu meresap selama beberapa menit baru setelah itu menggunakan day cream.

Saya juga suka dengan kemasannya yang mungil, lebih praktis dan simple kalau butuh dibawa ke mana-mana. Dilengkapi pipet sehingga memudahkan untuk meneteskan cairan serum ke tangan.

Brightly Ever After Day Cream

Nah setelah menggunakan serum dan membiarkan dulu bebebrapa saat hingga meresap barulah kita pakai day cream.

Scarlett brightly Ever After Day Cream teksturnya agak kental tapi tetap ringan di wajah, dan cepat meresap. Setelah dioleskan, kulit terasa lembab dan kenyal namun tidak meninggalkan kesan berminyak.




Saya sempat berpikir menggunakan day cream ngga penting-penting amat kalau kita ngga mau pergi ke mana-mana. Tapi ternyata saya salah, karena day cream mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Scarlett day cream mengandung Gluthathione dan rainbow algae yang membantu mencerahkan kulit. Triceramide untuk melembaban, anti penuaan, dan anti kerut. Poreaway untuk mengencangkan pori-pori, sementara aqua peptide glow mampu meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit nampak lebih bersinar.

Brightly Ever After Night Cream

Meski night cream dan day cream teksturnya mirip secara kasat mata, tapi jangan sampai salah waktu, saat menggunakannya ya, karena kandungan dan fungsinya berbeda.

Formula dari night cream memang sudah disesuaikan dengan kondisi malam hari saat tubuh beristirahat sehingga cream bisa bekerja lebih maksimal merawat kulit.




Gunakan brightly ever after night cream beberapa saat sebelum tidur, setelah menggunakan serum. Ingat kondisi kulit wajah harus dalam kondisi bersih dan kering ya. Saya sih biasanya sebelum tidur cuci muka dulu pakai facial wash, setelah itu pakai serum, dan beberapa saat kemudian baru menggunakan night cream.

Itulah temans sedikit review saya setelah menggunakan rangkaian face care dari Scarlett. Selama sekitar 10 hari saya menggunakan, saya merasa cocok-cocok saja. Kulit saya bisa menerima, tanpa efek samping apapun. Namun hasilnya secara fisik belum terlalu signifikan yah, karena penggunaan juga baru sebentar. Di salah satu web kesehatan menyebutkan, kalau efek skincare memang tidak bisa instan. Bisa lebih dari sebulan baru menunjukkan hasil. Jadi jangan buru-buru ganti skincare kamu. Asalkan tidak menimbulkan dampak buruk seperti iritasi, dll di kulit coba dirutinkan dulu pemakaiannya. Sabar dan konsisten, itu kuncinya.

No comments:

Post a Comment