Sabtu, 26 Maret 2016

Alhamdulillah, Mengisi Kelas #AkberKDS2 tentang Menerbitkan Buku

kelas nulis
Pose dulu sebelum ngisi kelas
Halo-halo... setelah akhir Januari kemarin saya mengisi kelas Akademi Berbagi (Akber) Semarang, minggu kemarin saya ngisi Akber di Kudus. Temanya masih sama seputar penerbitan buku.

Jadi ceritanya pas ngisi Akber Semarang, Mas Budi, kepala sekolahnya Akber Kudus turut hadir, dan saya dikenalkan. Saya bilang, kalau saya juga orang Kudus, paling ngga sebulan sekali pulang ke Kudus.

Beberapa hari kemudian, Mas Budi menghubungi saya, menanyakan apakah saya mau mengisi di kelas Akber Kudus yang kedua. Wah saya sih mau banget, menurut saya kesempatan berbagi tidak boleh dilewatkan. Kenapa? Pertama ladang amal. Orang berbagi kalau ikhlas InsyaAlloh berpahala kan? Selain itu, ilmu yang bermanfaat termasuk pahala yang tidak pernah putus meski kita telah tiada. Di samping itu saya juga memang pengen terus mengasah kepercayaan diri dan kemampuan tampil di muka umum.

Alhamdulillah di tanggal yang telah diberikan Mas Budi, belum ada planning mau kemana-mana, jadi saya agendakan tanggal 20 Maret ke Kudus, ngisi akber sekaligus mudik.


Akber Kudus
Mas Budi, kepala sekolah Akber Kudus

Ternyata antusiasme warga Kudus terhadap akber cukup besar loh, Dari empat puluh kuota yang tersedia, ada empat puluh lima pendaftar. Beberapa hari sebelum hari H pendaftaran terpaksa ditutup.

Oya Akber Kudus ini masih baru. Dimulainya baru bulan Januari kemarin dengan kelas perdana "Public Speaking" dan kelas kedua kemarin saya yang isi. Yang hadir kemarin menjadi peserta di acara Akber ada beberapa anak setingkat SMA, ada anak kuliahan, ada yang sudah bekerja, ada juga yang sudah berumah tangga.

Akademi Berbagi Kudus
in action :D


Diantara dari mereka ada juga yang sudah mulai punya buku antologi, beberapa kali naskahnya dimuat di media. Ada yang kepengen menerbitkan buku tutorial, ada juga yang pengen menerbitkan komik.

Dalam Akber kemarin saya menjelasan peluang-peluang yang bisa kita dapatkan dari menulis, memotivasi mereka untuk mulai menulis, memberikan step by step bagaimana kalau mau menerbitkan di penerbit mayor, memberikan saran apa yang harus dilakukan jika naskah kita ditolak penerbit.
Akber Kudus
Ramee pesertanyaa

Oya Akber Kemarin bertempat di Resto Kudapan yang ada dalam lokasi SMKN 1 Kudus. Pertamakalinya saya datang ke resto ini dan langsung suka dengan suasananya. Tempatnya asik, nyaman, ber-ac, ada televisi besar yang kemarin kita manfaatkan sebagai layar presentasi.

Harga makanannya juga terjangkau. Kentang goreng seporsi seharga Rp.5000,- jus harganya juga Rp.5000,- Resto ini buka untuk umum di hari sekolah Senin-Sabtu. Cuma karena kemarin ada acara Akber, jadi sekalian buka juga, hanya saja menunya ngga selengkap hari buka biasanya.

Terimakasih Akber Kudus, sudah diberikan kesempatan untuk berbagi. Dikasih kenang-kenangan pula berupa pin dan piagam yang sudah dipigura cantik. Semoga ilmunya bermanfaat ya. Oya kalau mau coba kirim-kirim tulisan ke media, saya punya infonya di sini. Atau kalau mau latihan nulis dengan mengikuti lomba nulis silakan baca info lomba nulis di salah satu page blog saya ini.

Ada yang kepengen belajar nulis atau blog juga? Komunitas Blogger Gandjel Rel bekerjasama dengan Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang, siap menjadi pemateri loh. GRATIS. Infonya bisa dibaca di blog Gandjel Rel ya.

Akhir kata, untuk yang ada di sekitar Kudus, jangan lupa pantau terus twitter @akberkudus untuk tahu info kelas selanjutnya ya, atau kamu juga mau ikut berbagi, bisa colek-colek adminnya ;)

Akber Kudus
Foto bersama dulu, guru, relawan, dan peserta kelas #AkberKDS2

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

32 komentar:

  1. Wah, Kebumen kok gak ada acara kayak gitu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas Amir aja yang memulai kegiatannya :)

      Hapus
  2. Selain jadi ladang amal, berbagi bikin hepi juga kan mb Rahmi..

    BalasHapus
  3. wow, banyak bener yang ikut, semoga sukses selalu deh, semangat : )

    BalasHapus
  4. cara biar bisa ikutan gimana ya mbak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantau socmednya aja untuk Semarang @AkberSMG kalau Kudus @AkberKudus, ntar kalo ada kelas mereka akan buka oendaftaran.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Kalo ada yang undang InsyaAlloh ke sana hehe

      Hapus
  6. selain di semarang dan sekitarnya, akber diadakan di jakarta atau bandung juga ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akber ada di berbagai kota Mba, coba googling aja Akber Jakarta dan Akber Bandung :)

      Hapus
  7. Balasan
    1. Ayo Mbak Lid, undang akuuuh *menyodorkan diri hihi

      Hapus
  8. Buanyuak ternyata pesertanya... asyik tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak, Alhamdulillah pada antusias :)

      Hapus
  9. Restorannya itu kantin Sekolahnya ya, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kantin sekolah paling bagus yang pernah kulihat. Kalo di kota besar kaya Jakarta mungkin udah banyak ya.

      Hapus
  10. Keren, jadi cikgu juga :)
    Soal menulis buku, saya udah pernah diterima penerbit pun masih kepengen dan terus kepengen diterbitin lagi. Maklumlah, sudah hampir empat tahun ini vakum nulis buku. Gak fokus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judul bukunya apa mas? Moga segera terbit buku barunya yaaa

      Hapus
  11. Wah pesertanya keren2 ya udah pada banyak karyanya, yang kasi motivasi juga super keren hehe sukses Mbak :)

    BalasHapus
  12. Akber itu, Sekolah apa Universitas mba? Duh, maaf ya kudet soalnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akber itu akademi berbagi jadi ini di luar pendidikan formal. Untuk Kudus, sebulan sekali diadakan. Kalo kota lain ada yang dua minggu sekali.

      Hapus
  13. Keren, saya juga minat menerbitkan buku. Apa tulisan-tulisan dari postingan blog diminati penerbit gak Mbak?

    Oh ya, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak editor yang blogwalking ke blog loh. Komik Mak Irits juga terbit awalnya dari blog :D

      Hapus
  14. Bisa jadi ladang amal... semoga terus menerus berlangsung acaranya...

    BalasHapus
  15. Wah sepertinya saya belum pernah ikutan nih mbak yang kaya begini biasanya saya tuh yang seminar biasa saja bukan yang kaya gini, kalau saya lebih sering berorganisasi.

    BalasHapus
  16. Mba Rahmi hebat sekali. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  17. aaah kereeen..sharing banyak ilmu pastinya ya mbaa

    BalasHapus
  18. keren deeeeh, aku padamu miii...mari kita giatkan ngamen tahun ini hihihihi...

    BalasHapus