Wednesday, March 10, 2021

Mengenal Pahlawan Islam Imaduddin Zanki Lewat Komik

 Imadudin Zanki. Apakah kamu mengenal nama itu?

Terus terang saya baru tau siapa itu Imaduddin Zanki setelah membaca komik Pahlawan Islam Imaduddin Zanki karya bersama Handri Satria, Sayf Muhammad Isa, dan Papillon Studio.

Handri Satria dan Syaf Muhammad Isa merupakan komikus yang sudah malang melintang dalam pembuatan komik dakwah. Beberapa komik dakwah karya mereka adalah komik Salahuddin Al Ayyubi dan komik sejarah Islam Barbarossa.


Selama ini mungkin hanya sekedar tahu nama tapi tidak tahu bagaimana kisah Imadudin Zanki yang patut kita teladani.

Jaman sekolah dulu padahal ada pelajaran Tarikh alias sejarah Islam. Tapi mempelajarinya ngga nyampe di hati, cuma sekedar dibaca biar bisa jawab kalo ujian xixixi.

Makanya merasa bersyukur sekali ada komikus yang mau membuat komik sejarah Islam maupun komik Pahlawan Islam. Belajar sejarah Islam dalam bentuk komik menurut saya lebih menyenangkan dan lebih berbekas.

Bersyukurnya lagi, Papillon studio yang merupakan studio jasa ilustrasi di Semarang milik suami dan beberapa rekannya bisa turut ambil bagian dalam penggarapan komik Islami ini.

Handri Satria dan Sayf Muhammad Isa membuat naskahnya sementara Papillon studio yang mengilustrasikan dan mewarnai komik Imadudin Zanki ini.

Sudah lama sebenarnya suami berangan-angan ingin membuat komik dakwah. Selama ini kebanyakan menerima job servicing ilustrasi dari luar. Begitu datang tawaran dari Handri Satria, ia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Bismillah kita ikut kontribusi dalam dakwah Islam lewat komik, begitu katanya.

Baca juga: Gambar Digital Praktis dan Paperless dengan Pen Tablet

Komik Imadudin Zanki ini dibuka dengan kisah Aq Sunkur (Ayah Imadudin) di masa kesultanan Seljuk. 

Saat Imam Malik Syah diangkat menjadi Sultan menggantikan ayahnya yang syahid di medan pertempuran, Aq Sunkur diangkat menjadi wazir (pembantu) Sultan Malik Syah dengan gelar Qasim Ad-Daulah.


Beberapa saat setelah pengangkatannya, datang warga Mosul mengadu pada Sultan tentang pimpinan mereka yang zalim. Sultan pun mengutus Aq-Sunkur untuk membantu warga Mosul. Selepas iu warga Aleppo juga mengadukan hal serupa, Aq-Sunkur kembali diutus Sultan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil alih Aleppo. Iapun diangkat menjadi Amir di Aleppo.

Namun rupanya adik Sultan yang bernama Tutush tidak menyukai prestasi Aq-Sunkur. Aq-Sunkur dianggapnya sebagai batu sandungan untuk mendapat kekuasaan. Berbagai upaya ia lakukan untuk menyingkirkan Aq-Sunkur sampai Aq-Sunkur mati di tangannya.

Saat itu Imaduddin Zanki masih berusia 10 tahun, demi keamanan ia disembunyikan oleh teman ayahnya di Kota Mosul.

Setelah dewasa, Imaduddin kembali ke Khurasan menemui Sultan Malik Syah yang tengah sakit. Sultan meminta Imadudin untuk mendampingi Berkyaruq, puteranya yang akan meneruskan kesultanan.



Banyak pelajaran penting tentang kepemimpinan yang kita dapat dari komik Imaduddin Zanki ini. Bagaimana menjadi pemimpin yang baik, melayani rakyat dan niat lillahi taala bukan karena menginginkan kekuasaan. Komik yang inspiratif dan dapat menambah pengetahuan kita tentang sejarah Islam. 

Komik Pahlawan Islam Imadudin Zanki bisa dibeli di Papillon Komik Shop. Bisa datang langsung ke Toko Komik Papillon di Ruko Klipang Golf Semarang atau beli komik islami di Shopee Papillon Komik Shop.

Papillon Komik Shop jual komik Pahlawan Islam Imadudin Zanki dan jual komik islami dengan genre lainnya seperti komik Pengen Jadi Baik, komik Real Masjid, dan jual komik Bilal bin Rabah.

25 comments:

  1. waah ini cara yang menyenangkan untuk belajar lebih banyak tentang pahlawan Islam ya mba. Aku juga terus terang tidak familiar lho.. anak - anak pasti senang baca komiknya

    ReplyDelete
  2. banyak pahlawan Islam yang luarbiasa hebat dan nyata ada buat diperkenalkan dengan anak, dengan komik pahlawan islam seperti ini anak-anak gak hanya kenal dengan marvel aja

    ReplyDelete
  3. Anakku suka baca komik. Kayaknya harus aku rekomendasikan ini ke anakku deh. Sekaligus nambah ilmu pengetahuan terkait islam ya

    ReplyDelete
  4. Komik begini emang lebih menarik ya..Apalagi cerita sejarah..Anak2 lebih mudah pahamnya..dan lebih mudah diingat juga.

    ReplyDelete
  5. Wah, iya.. Dulu belajar giat tarik islam kalo pas mau ujian aja wkwkwk. Menarik sekali ini mbk komiknya, anak anak pasti lebih tertarik belajar tentang sejarah jika dijadikan komik

    ReplyDelete
  6. Mumpung mau Ramadhan, ini momen yang tepat banget untuk lebih mendekatkan sosok pahlawan Islam Imaduddin Zanki ke anak2 kita ya mbaa
    sangat inspiring perjuangan beliau, semoga bisa membuat generasi muda bersemangat!

    ReplyDelete
  7. Mengenalkan ajaran agama dalam bentuk komik biasanya jadi lebih menyenangkan buat anak-anak ya Mbak. Buat orang dewasa pun menyenangkan.
    Apalagi kalau gambarnya bagus-bagus.

    ReplyDelete
  8. Bagus ya ada komik pahlawan Islam. Ilustrasinya juga keren. Jadi yang baca juga senang. Baik orang dewasa mau pun anak anak

    ReplyDelete
  9. belajar sejarah pahlawan melalui komik, pasti akan lebih menyenangkan dibanding membaca buku teks.
    Duh, saya juga baru tahu ada pahlawan Islam bernama Imadudin Zanki setelah membaca tulisan ini mbak

    ReplyDelete
  10. Wah bagus. Dulu aku belajar pahlawan Islam ya buku bacaan, gak ada gambar-gambar. Sekarang Alhamdulillah ada ya komik kaya gini. Jadi anak-anak bakal lebih suka

    ReplyDelete
  11. Aku kenal sosok Zanki dari komik juga judulnya Pembebas Al Aqsa. Zanki ini di masa awal sebelum Shalahuddin Al Ayyubi. Nah tapi komik yang ku punya itu gambarnya kurang cocok buat anakku yang masih TK. Kalau komik Zanki ini gambarnya lebih mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  12. masyaAllah sejujurnya akupun baru tahu nih mbak sosok pahlawan Islam satu ini. aku beneran baru denger tentang Imaduddin Zanki ini. bagus ya ada versi komiknya lebih mudah buat dikonsumsi anak2 dan abg kan

    ReplyDelete
  13. Wah mesti punya nih bukunya Mba, ini yang gambar Mas siapa itu aku lupa, yg bikin komik real masjid juga bukan? Anakku koleksi komiknya soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan tony trax. Kalo mas Tony kebanyakan bikin komik islami lucu2. Komik ini yang gambar studio komiknya suamiku. Ceritanya dari Handri Satria dan Sayf Muhammad Isa yg udah sering bikin komik Pahlawan Islam.

      Delete
  14. Aku baca ini manggut2 dan baru tahu juga soal pahlawan islam, makin banyak yang share soal komik ini makin terkenal nih pahlawan dan jadi banyak yang tahu.
    Aplagi dalam bentuk komik yang enak buat dibacaa baik oleh ortu or anak2.
    Makasih looh Rahmiiii...

    ReplyDelete
  15. Seru banget bisa belajar kepemimpinan juga ya, Mak Iriit. Dengan didukung gambar2 yang bagus gitu, anak2 pasti semangattt membacanyaa.

    ReplyDelete
  16. Iya akupun baru tau ini mbašŸ¤¦ nyadar banget jarang baca ttg pahlawan Islam kyak gini.. sekarang jadi menarik klo ada versi komik mau Aku beli nih buat anak2 ku

    ReplyDelete
  17. wah iya, klo lewat komik gini anak anak jadi lebih mudah mengetahui ttg pahlawan pahlawan islam ya mbak
    jadi pengen beli buat anakku

    ReplyDelete
  18. Wah bagus kalau ada komik kyk gini jd anak tertarik utk baca dan mengenal tokohnya ya mbak?
    Kyknya lbh cocok buat anak SD-SMP ke atas gak sih? (kalau dibaca oleh anak2).
    Thanks info tempat belinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo Imaduddin untuk anak SD ke atas kalik ya, anak TK lebih pas yang gambarnya lebih simple. Tulisan ga terlalu banyak.

      Delete
  19. Senangnya,
    Salah satu tokoh islam diceritakan kembali dalam bentuk komik. Anak-anak pasti sangat excited membaca komik Imadudin Zanki.

    ReplyDelete
  20. Bisa nih ya buat anak anak juga agar ga bosen baca tulisan panjang panjang
    Intinya dia bisa bangga jadi muslim dengan kisah terdahulu

    ReplyDelete
  21. Semoga dengan semakin banyaknya komik yang menceritakan pahlawan islam seperti Imaduddin Zanki ini akan menumbuhkan minat baca dan gairah anak-anak utk belajar sejarah Islam yang kaya akan tokoh besar yang patut dijadikan idola, aamiin

    ReplyDelete
  22. Bagus juga komik jenis ini yaa.. anak-anak bisa sejak dini dikenalkan dengan tokoh pahlawan Islam yang jarang diketahui karena tidak diajarkan secara umum di sekolah.

    ReplyDelete
  23. komiknya bisa dibaca bareng anak juga ya mbak, sekalian belajar sejarah Islam yang menyenangkan, biasa anak-anak kan suka cerita bergambar

    ReplyDelete