Saturday, February 27, 2021

Kerupuk Penambah Selera Makan, Pilih Yang Aman!

"Kerupuk ada?"

Pertanyaan yang seringkali muncul ketika waktu makan tiba. Meski kerupuk ini bukanlah makanan pokok dan ngga bikin kenyang, tapi merupakan salah satu menu pendamping yang wajib ada.. Rasanya ada yang kurang kalo makan tanpa kerupuk. Kerupuk bisa menambah selera makan. Mulai dari balita sampai orang tua di keluarga saya suka makan kerupuk. Ngga hanya pendamping makanan utama, kerupuk juga sering dijadikan cemilan. Satu kaleng besar kerupuk bisa tandas lho dalam sehari, ck ck ck.

Makan makin nikmat dengan kerupuk

Kenapa kerupuk begitu disukai? Di samping karena rasa kerupuk enak, yang membuat kita suka makan kerupuk bahkan ketagihan mengonsumsinya bisa jadi suara kriuk yang ditimbulkan saat kita mengigitnya. Sebuah penelitian yang saya baca di internet menyebutkan, suara dari makanan yang disantap akan memengaruhi otak tentang seberapa enak makanan tersebut.

Manfaat Kerupuk

Memang ada manfaat kerupuk? Kayaknya ngga pernah deh denger orang bilang, "Ayo makan kerupuk biar badan menjadi sehat" atau "Banyak-banyaklah makan kerupuk biar pintar," haha.

Yang ada juga, "Jangan makan kerupuk bikin batuk!" dan kalimat lain yang menyatakan makan kerupuk itu ngga baik bagi tubuh kita.

Tapi bagi saya ada satu manfaat penting kerupuk yaitu menambah nafsu makan terutama untuk anak-anak. Kerupuk bisa jadi iming-iming anak biar mau makan. Kalo ngga ada kerupuk, anak ngga mau makan, itu berarti tidak ada asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh kan.

Makan pecel lebih nikmat pakai kerupuk

Memilih Kerupuk Yang Aman

Karena kerupuk mempunyai manfaat tapi juga mudhorot alias dampak buruk, maka penting bagi kita memilih kerupuk yang aman terutama kerupuk untuk anak. Supaya kita bisa makan kerupuk dengan nyaman tanpa rasa bersalah.


1. Goreng kerupuk sendiri. Ya saya lebih memilih membeli kerupuk mentah lalu menggorengnya sendiri. Karena dengan begitu kita bisa memastikan minyak yang digunakan merupakan minyak yang baik. Lebih baik lagi jika menggoreng menggunakan minyak jagung. Minyak jagung tinggi akan vitamin E yang merupakan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

2. Cek ingredients, sebisa mungkin pilih yang rendah kalori, lemak, dan kolesterol.

3. Pilih produk yang sudah mempunyai ijin dari Depkes atau BPOM. Waspada banyak kerupuk yang mengandung bahan berbahaya seperti borax, formalin, atau pewarna textil

4. Batasi konsumsi kerupuk. Konsumsi kerupuk terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan, karena bisa menyumbang kalori, lemak, dan kolesterol yang berlebihan bagi tubuh.

Kroepoek Waroeng, Rekomendasi Kerupuk Enak dan Sehat

Salah satu rekomendasi kerupuk enak dan sehat yang saya dapatkan adalah kroepoek waroeng. Kroepoek waroeng merupakan kerupuk kualitas premium yang diproduksi oleh Cahaya Kencana. Cahaya Kencana sendiri sudah berpengalaman dalam bisnis pembuatan makanan ringan, kerupuk, mie selama lebih dari 25 tahun

Ada beberapa alasan kenapa kroepoek waroeng layak dijadikan pilihan:

1. Variannya cukup banyak. Kroepoek waroeng mempunyai  4 varian kerupuk mentah yaitu mini rose crackers (kerupuk putih), star shape garlic cracker, cassava chips, dan shrimp cracker. Bisa cek di instagram @eatwaroeng. Oh iya Cahaya Kencana juga punya varian kerupuk siap makan lho. Yang sudah pernah saya coba Truffle fish and cheese, rasanya cukup gurih tapi ini camilan no msg jadi cocok dikonsumsi anak-anak. Selain itu ada juga kerupuk rasa tumis bali pedas yang pedesnya bener-bener menggigit, bisa dicek varian lainnya di instagram @themunchingqueen

Aneka varian kroepoek waroeng


2. Kroepoek waroeng diklaim sebagai kerupuk sehat karena terbuat dari bahan alami, tanpa pemutih, borax, dan formalin yang berbahaya bagi tubuh. 

3. Kroepoek waroeng mengandung kalori yang rendah. Saya baca di internet pada umumnya 100 gram kerupuk (sekitar 6 buah kerupuk kecil) mengandung 500 kalori yang setara dengan kalori 2 piring nasi. Sementara saya cek di ingridients kroepoek waroeng kandungan kalorimya di bawah 400. Jadi cocok dijadikan sebagai camilan sehat meski tetep ya harus dibatasi juga konsumsinya.

Cemilan non msg cocok untuk anak dari Cahaya Kencana


4. Diproduksi oleh Cahaya Kencana yang sudah berpengalaman selama lebih 25 tahun dalam produksi makanan membuat saya lebih percaya produk ini InsyaAlloh aman. Ditambah beberapa penghargaan yang diperoleh seperti Top 3 Best Halal Food&Best Innovation Food Gulfood Awards 2016

5. Dikemas secara modern dengan zip lock packaging, sehingga tetap bisa ditutup rapat meski kemasan sudah dibuka. Kemasannya juga eye catching. Pertama kali share penampakan kerupuk ini, komentar temen: Packagingnya keren!


Dari beberapa keunggulan di atas membuat saya tenang ngemil kerupuk sehat yaitu kroepoek waroeng. Jadi menutut saya tidak perlu takut mengkonsumsi kerupuk. Ngga bisa dipungkiri kerupuk itu memang penambah selera makan kok, makanya pilih kerupuk yang sehat dan aman juga harus tetap dibatasi konsumsinya ya. Karea segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.


3 comments:

  1. Wah boleh nih kirim ke Pontianak Kak :-D

    ReplyDelete
  2. kalo makan nasi goreng pasti selalu sedia kerupuk :D

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk orang yang suka dengan kerupuk, walaupun saya tahu kerupuk mengandung kalori yang besar banget, tapi ya bagaimana lagi?

    Alhamdulillah ternyata ada juga ya kerupuk ya sehat, kayaknya perlu untuk dicoba :)

    ReplyDelete