Tuesday, March 10, 2020

Kopdar 5 Tahun Blogger Gandjel Rel, Dari Kita Untuk Kita, Oleh Kita

Huaaa baru nulis tentang ultah blogger Gandjel Rel kelima sekarang, padahal perayaannya udah 3 minggu lalu? Sibuk bu? Ngga juga sih cuma masih belum berhasil me-manage waktu aja kali yaa. Kebanyakan ke distract sama grup whats app dan scroll timeline ngepoin kapten Ri huahaha. Padahal saya bukan juga orang yang aktif di WAG, gimana kalo aktif yaa.

Jadiii Gandjel Rel ini tanggal 12 Februari kemaren sudah berusia 5 tahun. Ngga berasa, kaya baru kemaren bikin acara ultah, eeh kok ujug-ujug udah ultah lagi.

Ulang Tahun Gandjel Rel ke-5

Teringat dulu pertama kali Gandjel Rel terbentuk. Terdorong untuk bikin komunitas ini karena Teh Ani Berta yang menyarankan untuk bikin komunitas blogger di Semarang. Sebenarnya komunitas blogger udah ada, cuma udah kurang aktif. Karena kami basicnya berteman dari komunitas penulis ibu-ibu akhirnya membentuk komunitas blogger yang khusus perempuan. Selain itu supaya ada perbedaan dengan komunitas blogger yang sudah ada sebelumnya.

Acara ulang tahun Gandjel Rel yang kelima kami adakan di Dhadhu Board Game Cafe Tembalang. Sebelumnya acara seringkali diselenggarakan di area bawah, sesekali bikin acara di atas dong, begitu pinta anggota yang rumahnya di daerah atas.

Sempet bingung cari-cari Cafe yang cocok, meski di daerah atas buanyak banget Cafe. Cari-cari di internet dan menemukan beberapa kandidat, lalu si Ayah teringat kalo temennya baru buka Cafe di Tembalang. Jadi coba tengok-tengok dulu deh Cafenya kaya apa. Kalo cucok mending di sana aja kan.

Setelah ketemu sama temen si Ayah yang merupakan creative manager dari Cafe tersebut, saya melihat Cafenya cocok buat acara ulang tahun Gandjel Rel. Pertama, tempatnya asik, halaman luas, bisa buat parkir maupun bermain anak-anak. Dan ada board game, bisa buat acara games, atau mainan anak-anak biar ngga bosen nemenin emaknya acara.

Anak-anak bisa main di sini

Acara ultah Gandjel Rel kali ini bener-bener dari kita, untuk kita, oleh kita. Jadi acara ini hanya untuk internal Gandjel Rel, Dan yang mensponsori acara kita-kita juga.

Beberapa anggota kami minta untuk jadi panitia acara ultah. Ada seksi dokumentasi, seksi acara, seksi konsumsi, dan MC. Pekerjaan menjadi ringan karena dibagi-bagi.

Meski tanpa sponsor dari luar, acara tetep bergelimang hadiah, karena sumbangan dari para member. Ada bawang goreng, paket skincare, mug, buku, saldo gopay dan ovo, kue ultah, sampai liontin emas. Sampai-sampai yang bagi-bagi hadiah kewalahan, kenapa ini hadiah kagak habis-habis dah hahaha.

Wajah-wajah bahagia mendapat hadiah

Seperti biasa kalo kopdar ultah kami pengennya ada sesi sharing untuk menambah wawasan. Kali ini kami minta mba Diah Didi yang dikenal sebagai food blogger untuk berbagi tips bagaimana meningkatkan performa blog maupun social media. 

Mbak Diah Didi yang humble

Meski termasuk jajaran selebgram (followernya ratusan ribu bo!) Mbak Diah Didi ini humble banget. Beliau cerita gimana awalnya terjun sebagai food blogger yang sering berbagi resepmasakan di blog maupun socmed. Beliau juga berbagi tips sukses menjadi blogger dan influencer. Menurut beliau konsistensi adalah kunci. Supaya konsisten, pilihlah niche yang disukai agar tidak terbebani saat menjalaninya.

Selain sesi hore-hore haha hihi ada juga sesi harunya nih. Saat Mbak Uniek memberikan potongan kue kedua ke Sovie salah satu member kami yang mau pindah ke Jambi. Selamat berpindah domisili ya Sov, semoga betah dan bahagia di tempat baru dan jangan lupakan kamiii.

Moga betah di tempat baru Sov..

Acara games sebagian diisi pihak Dhadhu Cafe. Saya minta games yang bisa dengan cepat dimainkan. Dipilihlah games Go Go Gelato. Empat orang diminta maju, kemudian mas Kevin dari Dhadhu Cafe ngajarin gimana cara mainnya. Dua pemenang utama mendapat saldo Gopay, sementara dua lainnya dapat bingkisan, jadi semua dapet hadiah horeee.


Mas Kevin menjelaskan cara bermain Go Go Gelato

Ada satu games lagi namanya apa ya. Lupa, yang pakai kartu gitu. Hadiahnya 2 saldo OVO dan 2 bingkisan. Setelah itu hadiah dibagikan lagi untuk pemenang dress code terbaik, yang bisa jawab pertanyaan, dan yang nomornya keluar di kopyokan.

Kopyokan paling terakhir mendapatkan hadiah liontin emas. Daaan nama saya keluar dong. Alhamdulillah..... Kode keras buat suami beliin kalungnya hahaha.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Makasih teman-teman yang sudah hadir, udah nyumbang hadiah, udah bantu-bantu banyak. Pokoknya makasih buat semuanya. Acara ini bener-bener terasa banget dari kita, untuk kita, dan oleh kita. Semoga pertemanan kita langgeng terus selamanya ya... Aamiin...

Foto rame-rame, yeayyy

2 comments:

  1. Haha tetap ya kode keras beli kalung, semoga Gandjel Rel makin solid dan bahagiaaa

    ReplyDelete
  2. wah senengnya emak emak pada ngumpul..

    ReplyDelete