Kamis, 15 Februari 2018

OOTD Favoritku: Simpel dan Kasual Dengan Tas Selempang

Jika ditanya fashion andalan saat bepergian, OOTD* favoritku, simpel dan kasual dengan tas selempang. 

Tas selempang atau sling bag adalah fashion item yang cocok banget buat pecinta kepraktisan. Kenapa? Tas jenis ini simpel banget, muatannya emang ngga terlalu banyak dan dihiasi tali panjang. Biasanya, tipe selempang cocok untuk melengkapi style kasual dan santai.
Terlihat simpel dan kasual dengan tas selempang kaan

Kalo dulu jaman remaja sih saya demen pakai tas ransel. Tapi sekarang ngerasa udah cucok kecuali ya kalo mau bepergian jauh ke luar kota misalnya. Apalagi saya sekarang cukup sering pakai rok, rasanya lebih pas dipadupadankan dengan tas selempang aja, lebih manis dan feminin, uhuks. Pernah suatu hari saya pakai tas ransel pas jalan-jalan ke mall ma bocah. Tanggapan Thifa: Mama kaya anak sekolah. Tentu yang kaya anak sekolah gayanya aja, mukanya mah tetep emak-emak, jadi bagai anak sekolah yang udah 20 tahun ngga naik kelas gitu kali ya hahaha.

Alasan Tas Selempang Banyak Digemari

Kayaknya ga cuma saya aja sih yang suka pakai tas selempang, banyak orang juga menggemari tas model ini. Tas model selempang memang cukup populer di kalangan wanita dan juga pria. Lihat tuh di drama korea Go Back Couple, si Nam Gill kemana-mana pakai tas slempang, kereeen abis hihihi. Ga cuma dewasa aja yang menggemari tas model ini para remaja bahkan anak-anak juga suka.

Tas selempang khusus wanita biasanya punya karakteristik sedikit beda dengan lelaki. Tali pada tas perempuan biasanya lebih tipis serta bentuknya juga macem-macem. Ada yang berupa lingkaran, persegi panjang horizontal, sampai persegi.

Kalo tas selempang pria lebih sedikit ragamnya. Kebanyakan terbuat dari kulit dan kain. Bentuknya persegi panjang vertikal dengan lidah penutup. Warnanya juga umumnya berwarna gelap seperti coklat dan hitam.

Mix and Match Tas Selempang Dengan Busana Wanita

Karena tas selempang wanita ragamnya banyak, biasanya para ladies di rumah ngga cuma punya satu tas. Hayoo ngaku. Saya tebak deh pasti pada punya beberapa model tas atau warna yang cocok dipadu padankan untuk busana atau acara tertentu. Di sini saya mau membahas beberapa model tas yang ada dan padu padan yang cocok.

Beberapa model tas selempang wanita saat ini

  • Sling bag rotan. Sling bag berbahan rotan sebenarnya udah ada dari dulu, tapi sepertinya mulai hype lagi. Tipe selempang dari rotan cocok banget dipakai buat liburan. Bentuknya nimbulin kesan vintage. Padukan dengan dress motif kasual. Buat hijaber, bisa juga dipadukan sama blus polos dengan celana kulot.
  • Fringe sling bag. Model fringe cocok buat yang suka detail serta penampilan nyentrik. Ciri khasnya adalah adanya rumbai-rumpai pada bagian depan tas. Unik banget! Padukan model ini dengan busana kasual.
  • The classic one. Tas dengan bahan kulit emang gak pernah padam. Bahan ini awet dan tahan lama juga, cocok dipadukan sama busana apapun.
  • Replacement sling bag strap. Model strap lagi populer nih. Jadi kita bisa gonta-ganti tali tasnya. Ada beragam jenis tali, mulai dari ruffle, sampe bermotif kartun. Kalau dipadukan sama jaket denim cocok banget deh.
Tas Selempang Yang Sedang Populer di Marketplace Online

Barusan ngintip di marketplace online, ada produk tas selempang yang keren banget. Bahannya kulit sapi nabati dan warnanya coklat tua. Bahan bagian dalamnya dibuat dengan kain suede kombinasi saku tengah, saku sisi, serta saku hp.

Bentuknya sendiri persegi panjang menyamping. Penutupnya menggunakan penutup lidah serta terdapat dua buah pengait kanan serta kiri. Penutup lidah itu dihiasi dengan logam berwarna emas. Di bagian depan ada dua kantung berukuran cukup besar. Di bagian belakangnya ada resleting memanjang.
Duuh cakep kan yaah tasnyaa

Talinya sendiri terbuat dari bahan kulit sapi juga. Panjangnya 130 cm dan bisa disesuaikan. Harga yang dipatok untuk produk tersebut adalah 770.000 rupiah. Relatif sesuailah kalo melihat kualitas bahan yang baik.

Produsen Tas Selempang yang Karyanya Keren-keren Banget!

Penasaran sama tas selempang yang barusan saya bahas? Tas ini diproduksi oleh merek Gracia Bag, yang dibentuk pada 1 Januari 2014. Merek ini berdomisili Bantul, Yogyakarta. Gracia Bag memproduksi barang khas Indonesia yang dibuat dari bahan alami, diantaranya bahan kulit, kain batik, dan rotan.

Setiap produk dibuat satu per satu dengan tangan. Produksi produknya merupakan usaha rumah tangga. Proses produksi mulai dari pemilihan bahan, penenunan, penjahitan, dan finishing dilakukan oleh pengrajin Indonesia. Makanya, produk dibuat dengan cermat dan teliti. Gak aneh kalo barang karya Gracia Bag berkualitas tinggi. Pemesanan ke Gracia Bag bisa dilakukan dengan ketentuan order minimal 6 buah item. Setelah memesan, kita perlu menunggu waktu pembuatan sekitar 3 minggu.

Marketplace unggulan bernama Qlapa.com

Ada banyak toko online di internet, tapi di situs Qlapa.com menjual tas selempang berdesain cukup unik. Ia menghubungkan pengrajin lokal daerah dengan konsumen untuk bertransaksi online. Situs qlapa menyediakan barang dengan kualitas terjamin. Soalnya, sebelum dipasarkan, barang-barang tersebut telah melalui proses seleksi ketat. Jadi, konsumen gak bakal kecewa.


Harganya juga relatif terjangkau. Hanya pengrajin yang bisa berjualan di sini. Karena reseller gak bisa ikut berjualan, jadi rantai pemasarannya pendek banget. Fitur unggulan dari situs qlapa.com adalah kustomisasi. Maksudnya, pembeli bisa memesan barang sesuai diinginkannya pada pengrajin. Sistemnya pre-order jadi memesan dulu dan barang akan jadi dalam beberapa hari.

Sistem pembayarannya aman banget. Uang pembeli gak langsung sampai pengrajin, tapi melalui situs dulu. Kalau pembeli sudah konfirmasi penerimaan barang, baru deh uangnya diteruskan ke pengrajin.

Saya tahu situs marketplace ini awalnya dari temen blogger Mba Widyanti Yuliandari yang posting foto di IG mengenakan tas yang dibelinya dari Qlapa. Langsung tertarik karena pertama, model tasnya bagus dan ini merupakan hasil karya anak bangsa. Terus ngepoin deh situsnya, ternyata banyak merek-merek kece yang udah lumayan terkenal juga di sini. Untuk harga beragam, ada yang muraaah banget, ada yang medium, ada juga yang agak tinggi buat saya. Ya tergantung model, bahan dan tingkat kesulitan membuat lah ya.

Oya Qlapa ini ngga cuma jualan tas, ada juga produk fashion lain kaya baju dan accecories. Ada perlengkapan rumah dan dekorasi, produk kecantikan, stationary, sampai kuliner. Gih langsung intip. Kali aja apa yang kamu butuhin ada di sonoh.


Keterangan:

*OOTD: Outfit of The Day

15 komentar:

  1. Aku justru mengurangi pemakaian tas selempang. Supaya bebannya sama. Cuma kalau terpaksa pakai tas selempang wajib isinya minimalis hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa yang dimasukkan tas selempang bawaan yang penting2 ajah. Kalo ada banyak yang dibawa tetep bawa tas lain lagi akuu.

      Hapus
  2. Ih cantik cantik tas selempangnya yah dan saya senang yang model Replacement sling bag strap.

    BalasHapus
  3. Akubjuga #timtasselempang mbaaak... sengaja biar kerasa muda aja bawaannya je. Alias menolak tua. Hahahaaa...

    BalasHapus
  4. Aku sukaa tas selempang daripada ransel sekarang..

    BalasHapus
  5. Mbak Mi, sayapun lagi kepingin nyoba model-model tas nih. Kebanyakan, tasku model sling bag atau tas slempang, sudah pewe sebenernya. Nah, waktu itu beli tas backpack gitu model perempuanlah, masih. Pas kupakai, rasanya bukan diriku banget, ya udah dech paling nyaman dan paling pas buat pembawaan kalemku ya tas slempang heheeee.

    Cakep cakpe ya tas di Qlapa, apalagi yang rotan tuuuh, hihiii etnik banget jadi pingin beli. Biar samaan dengan istrinya mas Hamish

    BalasHapus
  6. biasanya tas slempang kupilih yg ukuran kecil saja

    BalasHapus
  7. aku suka tas ransel, tp sejak ada arkaan pake tas selempang krn gendongannya yg jenis ransel hehehe

    BalasHapus
  8. Aku paling banyak koleksi selempang karena kalau traveling emang butuh banget buat taro tiket atau paspor.

    BalasHapus
  9. Kalau isinya gak berat, saya suka juga pakai tas selempang. Kalau berat, tetap pilih ransel :)

    BalasHapus
  10. Aku sukaaa pake tas slempang soalnya jadi terlihat lebih muda dan gahol gitu hahaha
    *anaknya suka terobsesi pengen kelihatan muda terus*

    BalasHapus
  11. Waduh pilihan model tasnya bikin ngiler semuanya mba :)

    BalasHapus
  12. Cakep-cakep euy tas selempangnya. Aku juga pake tas selempang kalau bawaan lagi dikit. Soalnya pernah maksa pake trus jebol akibat semua diangkut hehe.

    BalasHapus
  13. sling bag itu andalanku selain ransel. Apalagi beli di Qlapa bagus2 etnik banget

    BalasHapus
  14. Tas ransel suka, tas selempang juga suka. Aku sih tergantung kondisi mau jalan kemana dulu, hihii

    BalasHapus