Tuesday, August 2, 2016

Transportasi dari Stasiun Tawang Semarang Langsung ke Demak, Kudus, Pati

Adik saya yang di Jakarta, seringkali pulang kampung ke Kudus naik kereta. Kenapa? Karena naik bus kelamaan dan naik pesawat kemahalan :D

Ke Kudus naik kereta itu bukan berarti keretanya nyampe Kudus. Sekarang kereta api udah ngga lewat Kudus lagi, padahal dulunya pernah loh KA melintasi Kudus. Pasar stasiun di Wergu yang deket GOR Kudus itu kan dulunya stasiun kereta api.

Kalo baca di Wikipedia sih, sejak tahun 1980, penumpang KA di Kudus turun drastis karena pelebaran jalan dan makin banyaknya kendaraan pribadi. Akhirnya stasiun ini di non-aktifkan pada tahun 1986.

Jadi, kalo dari Jakarta mau ke Kudus, naik KA nya ya turun Semarang, ke Kudusnya bisa nyambung bus, taxi, atau minta jemput. Karena naik taxi mahal, naik bis ndadak ke terminal Terboyo lagi. Udah ndak irits, rempong pulak ya. Kemarin pas mudik lebaran akhirnya adik saya minta jemput dari Kudus. Lumayan loh waktu tempuh Semarang-Kudus PP itu kira-kira 3 jam lah. Watu itu kami belum tahu kalau ternyata PT KAI bekerjasama dengan DAMRI menyediakan armada langsung dari stasiun Tawang menuju Demak, Kudus, Pati. Jadi yang mau ke tiga kota itu ngga perlu repot lagi ke terminal Terboyo cari bus agar bisa nyampe ke kotanya masing-masing.

Counter DAMRI di stasiun Tawang Semarang ada di dekat pintu keluar penumpang, sebelah Roti O

Bagi saya sendiri yan tinggal di Semarang ini merupakan kabar gembira. Karena saya lumayan sering pulang ke Kudus hanya bareng duo bocah, kalau pas ayahnya ada kerjaan yang ngga bisa ditinggal.

Rempong euy kalo naik bus yang penumpangnya bejibun, kalo pas rame bisa sampe ada yang berdiri segala jadi kurang nyaman. Udah gitu segala pedagang asongan, pengamen, sampai pengemis silih berganti naik turun bus. Duh encok deh bisa-bisa.

Baca Juga: Transportasi Aman Nyaman di Semarang

Jadi kemarin pas mau ke Kudus saya nyobain naik armada DAMRI dari stasiun Tawang Semarang menuju ke Kudus. Bayarnya perorang Rp.40.000,-. Karena bertiga sama duo bocah, saya pesen dua tiket. Emang jauh lebih mahal, karena kalau naik bus AC biasa perorang Rp.8.000, Kalo naik yang PATAS (biasanya dari Jogja atau Cirebon) perorang bayarnya sekitar Rp.15.000,- kalo ga salah ingat. Udah agak lama sih ga naik PATAS.


Tapi enaknya, kalo bagi saya, si Ayah nganternya ngga terlalu jauh sampai terminal. Mana terminal Terboyo kan sering banjir rob tuh, jadi agak malas juga naik mobil ke sana. Kalau bagi yang naik kereta enaknya ya ngga perlu nyari transportasi lagi ke Terboyo. Apalagi jadwal DAMRI ini disesuaikan sama jadwal kereta. Yang nyampe pukul 03.00 dini hari pun ngga masalah, karena ada DAMRI di jam segitu.


jadwal DAMRI

Kemarin saya naik DAMRI berhenti depan rumah. Karena DAMRI nya kan jalan sampai Pati, dan rumah saya pasti dilewatin kalau mau ke Pati. Turunnya enak ga diburu-buru kayak kalo naik bus. Sopirnya juga mau turun bantuin.

Oya kapasitas dari DAMRI ini 12 orang. Jadi DAMRInya ada tiga pintu. Pintu depan, sopir dan penumpang dua orang. Pintu tengah buat dua baris di tengah, dua penumpang di baris kedua, tiga penumpang di baris ketiga. Pintu belakang untuk masuk dua penumpang di baris keempat dan tiga penumpang di baris kelima.

Waktu saya naik kemarin, penumpangnya sepiii, cuma saya dan anak-anak. Jadi meski cuma beli dua tiket, anak-anak bisa duduk sendiri-sendiri plus goler-goleran hihihi. Sepanjang jalan saya kebanyakan ngobrol sih sama supirnya. Ops padahal  harusnya dilarang mengobrol ma sopir ya hihihi. Tapi sopir kalo ngga diajak ngobrol rawan ngantuk loh xixixi.

Baca Juga: Tempat Wisata Free Tiket Masuk di Semarang


Jadi penguasa DAMRI hahah

Saya ngobrol juga untuk cari info mengenai DAMRI ini sih kali aja ada teman-teman atau pembaca blog yang butuh. Lagipula sepertinya infonya belum semua tahu, makanya sepi banget penumpang kemarin. Kasihan juga sih. Saya bilag kemarin sama petugasnya, "Nanti saya bantu sebar infonya, di instagram dan blog ya Pak." :)

Dari hasil ngobrol, saya baru tahu, ternyata DAMRI ini melayani juga rute dari bandara dan pelabuhan ke Demak, Kudus, dan Pati. Dan ini udah berjalan setahunan, kalau yang dari stasiun Tawang sih memang baru tiga bulananan ya. Lha tahu gitu kemarin ada tamu dari Jakarta kan bisa disuruh naik DAMRI ini aja, daripada naik taxi mahal, apalagi kalau cuma sendiri, jemput juga belum tentu selalu bisa dengan jarak yang lumayan jauh kaya gini.

Baca ini jugaa: Oleh-oleh Kekinian dari Semarang

Untuk jadwalnya di bandara, kata Pak Supir, sebelum ke Tawang DAMRI ini ngetem dulu di bandara. Jadi dikira-kira aja dari jadwal di atas yang stasiun TAwang, sejam atau setengah jam sebelum itu DAMRI ada di bandara. Biar lebih enaknya lagi sih mending langsung hubungi CP nya Pak Bambang  085325916464/085290179031

Gimana rasanya naik DAMRI. Enak sih. Lebih nyaman, dan lebih cepat juga karena ngga berhenti-berhenti. TApi kalo pas kebelet pipis minta berhenti di pom bensin mau kok hehe. Cuma kemarin yang kurang nyaman ada suara berisik di bagian belakang DAMRI. Udah saya bilangin juga sih ke sopirnya, katany itu pernya kurang kencang, mau dikencangin tadi pas teknisinya ngga masuk. Moga next, udah diperbaiki dan jadi tambah nyaman mobilnya yah.

Oke sekian dulu sekilas info tentang transportasi dari Stasiun Tawang Semarang langsung ke Demak, Kudus, dan Pati. Moga bermanfaat ya temans :)

98 comments:

  1. Kayanya banyak kereta yang dinon-aktifkan lagi karena sepi ya, Mbak. Akhir tahun kemarin masih ngerasain Semarang-Solo naik KA Kalijaga (kalo gak salah inget), tiketnya cuma Rp10.000. Tapi kemarin-kemarin coba nyari kok relasi tersebut sudah gak ada. Kayanya sudah dinonaktifkan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho udah ngga ada mas, kereta itu padahal aku udah niat pengen nyobain :(

      Delete
    2. KA Kalijaga masih ada kok...berangkat dari Poncol 8.45 pagi brhnti di tawang juga... :)

      Delete
    3. Kalijaga masih ada kok, dari semarang menuju Solo, soalnya saya lebaran kemarin numpang kalijaga dari stasiun Gundih, Grobogan ke solo balapan kereta jam 10.40. Dari semarang kalo ga salah jam 9 pagi kalo dari solo balapan jam 5.15 pagi.

      Delete
    4. Masih ada kok Mas, Mb. Cuma tiketnya ga dijual online. langsung ke stasiunya. Masih 10 ribu. Lebaran idul fitri kemarin saya dan keluarga memakai KA Kalijaga juga turun di Stasiun Gemolong Sragen.

      Delete
    5. nah loh,. masak udah ga ada? dulu padahal sering naik itu :3

      Delete
    6. Alhamdulillah masih ada, belum keturutan naik hehe

      Delete
  2. klo yg dari kudus mau ke semarang ngetem nya dimana neeh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indomaret Trenggeles Mejobo dan agen resmi KAI, Jl.KH Wahid Hasyim. Diklik aja foto jadwal DAMRI di atas mas :)

      Delete
    2. Bis nya lwat matahari kdus nggk?

      Delete
  3. ada wifinya juga nggak mbak kaya damri bandara soeta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku lupa ngecek mba, besok-besok kalo naik DAMRI lagi deh coba cek

      Delete
  4. Waah makasih infonya mbak.Baru tau nih ada Damri dari Stasiun Tawang.Lumayan kalau mau pulang ke Jepara naik kereta.Biasanya naik travel.Tapi jamnya kan tertentu.Jadi harus nunggu di stasiun dulu.Kalau ada Damri gini enak yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi DAMRI ini ngga nyampe Jepara mba, khusus Demak-Kudus-Pati.

      Delete
  5. Wah keren kaya di bandara ya di sediakan pemerintah bus damri..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih.. sangat membantu sekali informasinya.. saya dari asli kudus, tugas di pekalongan. Seringnya bawa kendaraan pribadi pulang ke kudus.lama2 kondisi jalan membuat pikiran n badan jd lelah. Beberapa kali naik nusantara tp tkadang di pekalongan sudah kehabisan tempat duduk dan jadwal kedatangan bus yg akhir2 ini meleset. Naik kereta cm bisa sampai poncol. Mungkin dengan adanya armada seperti ini. Bisa dikembagkan juga di stasiun poncol.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih.. sangat membantu sekali informasinya.. saya dari asli kudus, tugas di pekalongan. Seringnya bawa kendaraan pribadi pulang ke kudus.lama2 kondisi jalan membuat pikiran n badan jd lelah. Beberapa kali naik nusantara tp tkadang di pekalongan sudah kehabisan tempat duduk dan jadwal kedatangan bus yg akhir2 ini meleset. Naik kereta cm bisa sampai poncol. Mungkin dengan adanya armada seperti ini. Bisa dikembagkan juga di stasiun poncol.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih.. sangat membantu sekali informasinya.. saya dari asli kudus, tugas di pekalongan. Seringnya bawa kendaraan pribadi pulang ke kudus.lama2 kondisi jalan membuat pikiran n badan jd lelah. Beberapa kali naik nusantara tp tkadang di pekalongan sudah kehabisan tempat duduk dan jadwal kedatangan bus yg akhir2 ini meleset. Naik kereta cm bisa sampai poncol. Mungkin dengan adanya armada seperti ini. Bisa dikembangkan juga di stasiun poncol.

    ReplyDelete
  9. Wah mantap boleh di coba kebetulan saya orang kudus

    ReplyDelete
  10. Waaaahh.. Makasih infonya ya.. Lebaran kemaren sebenernya ada yg bilang kalau ada damri ke semarang dari pati tp entah kenapa bisa lupa..hahaha.. Anyway sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Waaaahh.. Makasih infonya ya.. Lebaran kemaren sebenernya ada yg bilang kalau ada damri ke semarang dari pati tp entah kenapa bisa lupa..hahaha.. Anyway sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. maaf bisa minta no kontak utk yg agen di Kudus, di jadwal gak kelihatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tulis di atas mas, CP nya Pak Bambang 085325916464.

      Delete
  13. damri skr makin nyaman memang yaa.. transjakarta yg di jkt juga yg mengoperasikan damri... bus ke bandara soettanya juga skr bagusan :).. walo aku br sekali doang naik itu... baguslah kalo bus2 udh mulai nyaman, jd enak juga naikinnya.. aku sendiri kalo utk jarak jauh kurang suka naik bus mbak.. kecuali terpaksa banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jakarta aku juga pernah naik DAMRI dari Soeta ke Gambir. Enak, nyaman, dan aman :)

      Delete
  14. perlu di coba tu... biar ga ngrepotin saudara lagi

    ReplyDelete
  15. tempat kantornya tu di sebelah mana mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket pintu keluar Tawang, di sebrangnya roti O

      Delete
  16. perlu di coba tu... biar ga ngrepotin saudara lagi

    ReplyDelete
  17. KA Kalijaga masih beroperasi setiap hari, hanya tidak muncul di pemesanan online. Jadwal: Sta.Purwosari 05.15, Balaan 05.20 ke Tawang-Senen 08.05 Poncol 08.15
    Dari Poncol 08.45 Tawang 08.50 ke Balapan 11.27 Purwosari 11.45

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah makasih banyak yah udah dikasih jadwalnya :)

      Delete
  18. jadi lebih tenang mudik ya mba... karena ada transportasi yang terjadwal... lebih mantap melangkahnya...

    ReplyDelete
  19. nah info kaya gini penting banget, siapa tau aku mau jalan2 dr stasiun tawang ya

    ReplyDelete
  20. Dengan Damri jadi nyaman ya. Ongkos beda agak jauh seperti sebanding dengan kenyamanannya.

    ReplyDelete
  21. mau nanya untuk damri dr tawang ke demak masih ada ya? saya kira hanya ada pada saat moment mudik lebaran saja. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada, silakan hubungi contact personnya aja

      Delete
  22. saat ini pengaktifan kereta sebetulnya sangat efisien karena dengan banyaknya kendaraan mengakibatkan keoadatan oada titik tertentu, sehingga banyak orang yg senang dg kereta ... drpd aset nya diem .. mending dioperasionalkan

    ReplyDelete
  23. tarif segitu udah PP?

    ReplyDelete
  24. Makasih infonya sangat membantu. Mau nanya.. Ini beli tiketnya bus lgsg apa pesen jauh2 hri dulu ya?

    ReplyDelete
  25. Mas, numpang tanya: damri yg arah demak, ngelewatin daerah kadilangu gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya ngga paham coba tanya di nomor yang sudah saya tulis di atas Pak. Makasih :)

      Delete
  26. sangat membantu informasinya.. makasih mbak..

    ReplyDelete
  27. makasih ya mbak infonya. pas bgt mw plg pertama kali naik kereta ke kudus. dan lg cari2 angkutan yg bs langsung ke kudus :).

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah nemu pencerahan & info yg lebih detail tentang transportasi ini. Dulu pernah baca sekilas tentang info transportasi damri ini, tp karena g pernah pakai jasa kereta api untuk pulang ke Kudus, jadi g d lanjut cari info lebih detailnya.. 😁

    Oh iya mb, pas lewat Kudus damrinya lewat jalan lingkar atau lewat kota mb?

    Terima kasih sebelumnya.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tergantung penumpang mas. Nanti bilang aja sama drivernya mau turun mana.

      Delete
  29. Masih ada gak ya saya mo turun tawang ini. Naik kereta dari tegal.

    ReplyDelete
  30. Barusan tanya CP tawang paling pagi jam 03.00, 04.00 dan 05.00, kalau siang jam 13.00 dan 15.00( yang 15.00 blm pasti, mungkin tergantung penumpang ya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas yang siang ini biasanya nunggu penuh, dulu pernah mau naik yang siang berangkatnya jadi agak sore karena penumpang cuma saya. Gapapalah bisa jalan-jalan dulu yang deket2 Tawang :D

      Delete
  31. Damri ke pati lewat stasiun poncol gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ngga lewat Poncol mangkalnya Tawang. Dari Poncol ke Twang naik ojeg aja. Atau telpon contact personnya yang tertulis di atas cobak.

      Delete
  32. Dari stasiun tawang ke jepara naik pa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya belum ada transportasi langsung Tawang-Jepara.

      Delete
    2. Naik travel smg jpr aja mbak. Banyak kok sekarang travel smg jpr. Kmren barusan naik travel kencana dr st tawang ke jepara.

      Delete
  33. kalau patinya sampai terminal saja apa bisa sampai ke pati yg perbatasan dengan jepara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya ngga tau mas, krn saya cuma sampai Kudus. Coba hubungi nomor CP nya aja.

      Delete
  34. Mbk. Klw dari bandara Semarang menuju Pati ada nggak DAMRI yang lewat di jam 18:00?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hubungi nomor yang sudah saya cantumkan d atas.

      Delete
  35. Mba damrinya klo dr demak ke stasiun tawang angkut juga ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba janjian sama sopirnya mba, contact aja dulu CP nya.

      Delete
  36. Damrinya masih beroperasi gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin pas adek saya turun stasiun Tawang katanya DAMRI udah ngga mangkal di Tawang tapi di tempat lain. Coba contact CP nya aja.

      Delete
    2. Ternyata masih di Tawang, katanya di dekat pintu keluar. Baruuu kemaren ada sodara yang naik ini soalnya. Contact aja nomer yang saya kasih di atas yaa.

      Delete
  37. wah mending saya ke pati naik kereta aja ya, terimakasih infonya bu Rahmi aziza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ngga perlu gonta-ganti kendaraan, lebih nyaman

      Delete
  38. Kalau dari bandara jam 4 sore ada yg lewat gak ya ?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contact nomor di atas ya mas, biar tahu update jadwal keberangkatan DAMRI.

      Delete
  39. Replies
    1. Kayaknya kalo minta lewat matahari bisa deh. Waktu saya naik ini, ga ada penumpang yang turun kota, jadi kalo ga salah waktu itu lewatnya jalan lingkar.

      Delete
  40. Terimakasih informasinya mba', sangat membantu.

    ReplyDelete
  41. Maaf mbak mau tanya, sy hubungi nomor yg tertera kok salah sambung ya hehe

    ReplyDelete
  42. mbak , bis damri itu memang banyak ya dan banyak akses yang bisa dimasukai bis damri dan ini membantu masarakat untuk mobile dari satu kota ke kota yg lain

    ReplyDelete
  43. wah ini yang aku cari
    sempat berpikir pingin jalan2 ke kudus dari semarang tapi kok ya masih gak yakin kalo naik Trans Semarang dilanjut ke terboyo
    aku turunnya sering ke Poncol sih jadi gatau kalau ada DAMRI di Tawang
    makasih mbak ulasannya

    ReplyDelete
  44. Mbak, kalo saya sengaja turun ke St tawang, mau naik DAMRI k Kudus boleh kan ya? Bukan penumpang kereta. Soalnya, males ke Terboyo juga karena naiknya shuttle. Ga nyampai Terboyo

    ReplyDelete
  45. kak ,mau tny stasiun yg dekat sama sunan kalijaga nama'ny apa y ?
    Damri yg diblog jg lewat makam sunan kalijaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demak ya? Yg tertulis di brosur nunggunya di indomaret jl.sultan fatah. Lewatnya mana aja, saya juga ga niteni pas naik damri to kayaknya di jalan yg biasa dilalui bus ke semarang-kudus. Telp ke nomor sopirnya aja biar lebih enak.

      Delete
  46. Mbak Rahmi, kalo saya dari Demak mau balik ke Tawang nunggunya dimana ya ? atau pemberhentiang Damri di Demak dimana ? kalo nyegat mobil lagi jalan kan repot ? semoga info yang diberikan mendapat imbalan pahala, maturnuwun Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalonyg tertulis di brosur, demak nunggunya di Indomaret Jl.Sultan Fatah. Tapi mending janjian dulu aja sm sopirnya. Nomor contactnya ada di atas.

      Delete
  47. mba saya mau tanya klo dr stasiun tawang ke jepara bisa gak naik damri

    ReplyDelete
  48. mbak,mau nanya, kl dari stasiun tawang mau nyambung bis patas semarang solo naiknya dr mana ya sekarang?duluuu banget masih bisa naik dr deket polder atau dr milo, entah sekarang,krn dngr2 infonya bis solo semarang udah ngga masuk kota lg...atau kl mau naik dr ada swalayan dkt pintu tol itu nyambung dr stasiun tawang naiknya apa ya? makasih infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu saya mau ke Jogja naiknya dari Banyumanik mba. Setelah keuar tol itu.

      Delete
  49. Mbak, kalau mau ke kudus turunnya dimana aja ya damrinya ?
    Apa ke stasiun jati juga? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo turun bisa dimana aja jalan yang dilewatinya menuju Pati.

      Delete
  50. Terima kasih infonya sangat membantu..

    ReplyDelete
  51. baru tau malahan, lebih sering pake kendaraan pribadi dan travel sih kalo ke kudus.

    ReplyDelete
  52. Membantu pas bgt mw mudik demak

    ReplyDelete
  53. Pesan tiketnya langsung apa bisa online mba?

    ReplyDelete
  54. Beli tiketnya langsung apa bisa online mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya naik Damri bandara, beli tiket langsung di tempat.

      Delete
  55. Sekarang masih ada atau tidak mba ya?
    Trus kalau mau turun ndi mbareng masih terhitung kudus kah?

    Terimakasih. 🙏🙏

    ReplyDelete
  56. Mkasih infonya mba...itu damri msih beroperasikan mba skrang ini?...,Planing mba 2020 jnuari akhir mo ke kudus

    ReplyDelete
  57. Kalo mau pesen dari st.tawang ke kudus jam 6 sore apakah msih bisa?.minta kontak yg bisa dihubungi donk.?

    ReplyDelete