Kamis, 16 Mei 2013

Belajar Trik SEO Sederhana

Selain meet&greet sama penulis buku anak mba Dian Kristiani dan sharing tentang blog with me hihihi, di kopdar IIDN Semarang kemarin, kami juga belajar trik SEO Sederhana. Mau langsung praktek di postingan ini ah...
gambar: search google

Malam sebelum kopdar, saya nyiapin poin-poin apa yang mau di share tentang blog. Biar nggak plgak-pleguk gitu maksudnya pas ntar ngomong tapi ternyata kok tetep yah hihihi.

Sebenarnya agak merasa ngga layak, solanya bisa dibilang saya baru blogger kemarin sore. Punya blog emang udah sejak 2010an tapi aktipnya baru setahun belakangan ini aja. Prestasi ngeblog juga belum seberapa. Emang pernah beberapa kali menang lomba blog. Tapi tetep sih diantara sekian banyak lomba yang diikuti banyakan kalahnya hihi. Penghasilan dari blog Alhamdulillah ada, meskipun belum banyak.

Ya udah cuma sekedar berbagi apa yang saya tahu aja dan sharing blog itu udah ditulis di blognya mak dedew ya, ngga usah ditulis lagi hihi dasar males.

Nah yang ini tambahan dari mbak Marita tentang belajar trik SEO sederhana. Gimana biar postigan kita gampang dilacak oleh google. Pertama judul harus memuat Keyword. Kedua dalam postingan harus ada tiga kalimat keyword yang di link kan ke tulisan itu sendiri. Di paragraf satu kalimat tersebut di bold. Di paragraf tengah-tengah di tulis miring (italic), dan di paragraf terakhir digaris bawah (underline).

Kita juga bisa lo, me linkan postingan kita yang satu di postingan yang lain, biar mendongkrak peringkat di Search Engine. Jadi kayak di postigan ini saya bilang bahwa di kopdar kemaren ada meet n greet dengan mba Dian, nah itu bisa di link kan ke tulisan saya sebelumnya yang tentang itu.

Tapi kata Mbak Marita jangan terlalu banyak hyperlink juga, karena google ngga suka. Trus jangan copy paste yang plek ketiplek meskipun kita cantumkan sumbernya, lama-lama bisa lo blog kita kena banned sama google. Ya paling ngga dikasih pengantar apa dulu lah biar agak-agak beda gitu sama sumber aslinya.

Tulisan ini hanya sekedar belajar trik SEO sederhana aja lo ya. Karena kalo yang tingkat tinggi mah katanya pake utak-atik kode gitu. Mungkin di lain kesempatan ada ahli yang mau mengajarkan, monggo lo.. sangat ngarep bahkan. Gratisan yo... hihihi. Oya untuk mbak Marita kalo ada yang salah tolong dikoreksi maklum kemaren ngga nyatet cuma mengandalkan ingatan hehe.




10 komentar:

  1. nice post mbak :)
    btw, mau tanya cara nge-uangin blog itu gimana mbak?
    beberapa kali baca referensi kok tetep saja saya nggak paham. ehehe
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, saya juga lagi bertanya tanya masalah itu toss n salam kenal mba putri darari ardriati:D

      Hapus
    2. Mendapat uang dr blog macem2 caranya. Bisa dengan daftar google adsense, job review, iklan banner dll. Kalo google adsense sampe skrg sya belum di approve. Saya mendaftar di idblognetwork biar bisa dapet iklan PPC dll

      Hapus
  2. makasih tipsnya mba, biarpun masih sederhana, sudah cukup membantu buat yg mau ikut SEO-SEO-an :-)

    BalasHapus
  3. wah jadi malu disebut-sebut melulu.. itu cuma secuil kuku hitam saja mbak.. teknik SEO dilihat dari sisi writernya.. tapi lebih jauhnya lagi ternyata ada banyak hal kompleks yang saya sendiri pun masih belum mudheng.. masih perlu banyak belajar.. ayo siapa yang jago ber SEO.. komen di sini yuk di share ilmunya :)

    BalasHapus
  4. hihihi aku juga baru tau pas di kopdar kemarin :-)

    BalasHapus
  5. ya memang artikel harus mengandung keyword dan tidak kopas karena kalau copas langsung di banned ama google

    BalasHapus
  6. sederhan sekali mbak, cocok buat pemula seperti saya

    BalasHapus
  7. yang penting artikelnya menarik mbak, dan gak copy paste. itu adalah seo terbaik

    BalasHapus
  8. Maturtenkyu Mba Rahmi informasinyaaah.. :D

    BalasHapus