Selasa, 14 Mei 2013

Jadi Orang Jangan Kepengenan!


Want to be everything, not to be anything. Hihi itu bener ngga sih tata bahasanya. Payah setahun les conversation, bahasa inggrisnya tetep aja kacau. Lah niat les buat cari jodoh sih bukan cari ilmu hihihi. Jadi yang mau saya bilang ini loh.... “Ingin jadi segalanya malah tidak menjadi apapun”. 

Pesan itu saya dengar untuk yang kedua kalinya, pertama dari ayah yang kedua dari mbak Dian Kristiani waktu acara kopdar Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang kemaren.

Kata mba Dian banyak orang yang kepengenan. Liat orang lain nerbitin buku anak, pengen. Liat orang lain bikin teenlit pengen... liat orang lain menang lomba blog pengen juga. Walhasil ngga ada satupun yang didapat. Ngga fokus sih.

Emang ngga boleh jadi generalis? yang bisa melakukan banyak hal dan bisa menulis banyak genre? Ya boleh aja, asalkan kita fokus dulu sama salah satunya, gali ilmu sebanyak-banyaknya, usaha, trus doa. Ntar kalo udah berhasil baru merambah ke yang lain.

Langsung tertohok, ituh kan gueh banget. Aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini ingin itu banyak sekali.... *e malah nyanyi*

Terkadang saya ngerasa kayak gitu, ngeliat orang sukses di bidang apa kayak langsung pengen mengekor jejaknya. Padahal jalan sukses tiap orang kan beda-beda ya. Ada orang yang bisa sukses jadi dokter, ada yang bisa sukses dengan jualan kue, adapula yang sukses dari jalur nulis. Nah sekarang tinggal minatmu kemana.

Untung banget meskipun telat waktu kopdaran kemaren saya masih sempat mennagi mba Dian yang berbagi pengalaman menulisnya. Mba Dian ini penulis yang sudah menerbitkan banyak buku. Ada buku anak, buku pengalaman gokilnya saat masih bekerja dulu, dan karya terbarunya curhat ala emak-emak yang terangkum dalam buku “I’m not Perfect”.

Ada tips nulis juga nih dari mba Dian terutama untuk para penyulis pemula kayak eyke. Katanya kita boleh jadi copycat dan mengambil formula ATM. Yaitu amati, tirukan, dan modifikasi. Misalnya nih ya, Dewi Rieka bikin cerita anak kos dodol trus kita ngerasa bisa juga bikin cerita macam gitu dan emang kepengen bikin. Ngga ada salahnya kita meniru, tapi harus lebih baik ya. Kalo ngga ya siap-siap aja ngga laku dan dicibir orang. Wis niru, elek sisan hihihi.

Jadi kita ngga usah takut dibilang plagiat. Yang penting kan nggak sama plek ketiplek. Kalo saya rasa sih ya, kebanyakan penulis pasti juga tulisannya terinspirasi dari penulis lain.

Sekarang siap mempraktekkan ilmu dari mba Dian, berusaha menahan diri dari godaan “kepengenan”. Mending fokus ndapetin satu hal dan berhasil dari pada kepengen dapet banyak hal tapi gagal semua :D

Mba Dian sedang berbagi tips nulis

25 komentar:

  1. iya nih, persis aku tuh, kepingin ini kepingin itu, senengane melok2 tok hihihiii.... ayok ah, semangaaaattt... *semangat melok2 :D
    moga2 ada perbaikan setelah mendapat pencerahan dari kopdar nan bermanfaat ini. thks to Rahmi untuk ilmu ngeblognya, walau sejujurnya aku masih lebih banyak gak mudengnya :)

    BalasHapus
  2. Aku suka kepengen ini itu, sih. *melirik kue-kuenya, pengen semuaaa

    BalasHapus
  3. saya juga suka gitu, kl udh gitu ngadem sejenak menghilangkan segala kepengen :D

    BalasHapus
  4. sama mb, saya belum bisa fokus, pengen ini itu :)n duh bingung mau ngeremnya..

    BalasHapus
  5. wah, kok bisa sama ya. Aku juga suka setengah2 kalau punya pengen. Jadi ga fokus trus gagal semua deh...

    BalasHapus
  6. manusiawi ya jeng...maunya pengen ini pengen itu tapi kdg ga ada satupun yg tercapai.

    wis lah,,mimi jg kepengen ngikutin anjuran mba Dian ituh hehhe

    BalasHapus
  7. kok sama ya dengan yg diajarkan sama orang penulis hebat yg saya kenal
    langkah pertama ya ATM itu..
    tapi saya sudah ngrampok ATM kok blm pinter juga nulisnya...
    kurang fokus kali ya mbak Rahmi

    BalasHapus
  8. wuih Ibu2 pada ngumpul jadi pengin nge-gosip loh...

    BalasHapus
  9. Hehe, ternyata banyak temennya yg pgn ini itu, kirain saya doang. Herannya lagi nih Mbak, semua keinginan itu muncul saat usia udah gak muda lagi, udah emak2 gitu, wis jan :D. Tapi gak apa, masih semangat untuk terus belajar, dan pastinya lebih fokus :)

    BalasHapus
  10. knoc knock assalamu'alaikum

    aku pingin begini, aku pingin begitu,, ingin ini, ingin itu banyak sekali..

    mak daku pingin bisa jahiiit maaak *curcol*

    slm kenal ^.~

    BalasHapus
  11. fokus...fokus..ya aku juga kurang fokus :)
    oh ya cari jodohnya berhasil gak? hehehe

    BalasHapus
  12. Weleh-weleh... Banyak juga yang kepengenan. Termasuk saya.:)

    BalasHapus
  13. Sammmaaa! Tapi sekarang lg menjebakkan diri di genre anak :D

    BalasHapus
  14. samma,sering banget kepengen ini kepengen itu....

    BalasHapus
  15. aku yo kepengenan iki jadi ora fokus semua, beneran bgt ini jadi pembelajaran buat saya

    BalasHapus
  16. kayaknya itu "aku" banget loo... pengin smuaaanya dikerjaain..apa2 dikerjain, smpe batas waktunya jadi klepek2 deeeeh.Menyerah :(

    BalasHapus
  17. kepengenan itu kayaknya sifat dasar manusia yang di-trigger dari 'gak pernah puas'. ya gak... :)

    bisa jadi positif sih kalo emang dijadiin motivasi.
    tapi jadi negative kalo jadi iri dengki. :)

    BalasHapus
  18. Hihi, untung aja aku gak kepengenan yo. Aku ngliat teman2 menang lomba novel, aku gak pengen. Soale aku tau diriku pasti ngos2an dan butuh banyak waktu utk bikin novel. Ngliat teman menang kuis ini itu, aku jg ndak kepengen, karena aku tau banget diriku jarang hoki kalo ikutan kuis.

    Jadi, daripada aku memboroskan waktu utk hal-hal yang aku tau bahwa aku ndak akan sukses di sana, aku mending fokus ke hal2 yang aku bisa.

    Namun, itu tak berarti aku berhenti belajar. Nulis novel, jalan terus dong :) tapi bukan utk ngejar lomba atau deadline apa. Nulis utk entertaining myself, dan nantinya dikirim ke penerbit. Kalo bagus, pasti terbit kan? Dan gak perlu ngos2an hihihi.

    Ayo, gali potensi diri masing2.

    Aku yo pengen iso njahit huhuhu. Kemaren dah tanya mesin jahit, harganya 2.6juta. Nyucuk gak yo karo keinginanku yang masih up and down?

    BalasHapus
  19. Lihat temen bisa sukses dengan blog niche ini pengen, niche itu pengen. Halah, malah nggak fokus2.

    BalasHapus
  20. ternyata cuma aku doang..yg rasa kepingin ini itu..hehe
    intinya ATM... Amati..Tirukan..Modifikasi ya mak..hehe :"D

    BalasHapus
  21. Yup..fokus satu keinginan..seharusnya gt ya mak..jd nggk ngelambyar gt..n bs lbh cpt mndpatkn apa yg diinginkan

    BalasHapus
  22. Nah kalo aku mah nyari fokusnya aja masih syusah >.< *curhaat
    Kalo udah nemu fokus di satu bidangnya sih enak yah, tinggal dikembangiin

    BalasHapus
  23. seringnya mah gitu, melihat rumput tetangga lebih baik jadi pingin deh.
    gagal fokus

    BalasHapus
  24. Sip siappp.
    Ijin nyontek tipsnya jugaaa..
    Fokuuusss..Fokuussss...
    *cubit2dirisendiri

    BalasHapus
  25. setuju sekali Mba. kita harus sukseskan cita cita yg kita usahakan ini.

    misal saya ini mau nyuksesin blog BauBlogging maka kita kudu harus berjuang lebih hebat untuk mencapai itu semua.

    kalau usaha setengah tengah disambi sama blog yang lain akan pecah konsentrasinya. jadi fokus satu saja dulu sampe berhasil.

    semangat kakak

    BalasHapus