Wednesday, June 12, 2024

Berbagai Pilihan Laptop Asus AI Untuk Kemudahan

Bismillah... 

Hari ginii pasti udah familiar dong dengan AI. Artificial Intelligence atau kerap dikenal dengan AI adalah sejenis teknologi di bidang ilmu komputer yang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan masalah.

Saya sendiri cukup sering menggunakan teknologi AI untuk menunjang pekerjaan saya sebagai penulis yaitu dalam membuat materi promo di sosmed. Materi tersebut berupa gambar dengan berbagai macam ekspresi.

Nah, hari Kamis kemarin, ASUS memperkenalkan laptop AI-nya di Semarang. Jadi kepo dong, laptop AI itu seperti apa dan apa saja keunggulannya.


Menyimak penjelasan tentang laptop AI

Dari artikel yang saya baca dari website ASUS, berikut beberapa keunggulan laptop yang memiliki kecerdasan buatan (AI):

1. Peningkatan Kinerja Otomatis

AI bisa mengoptimalkan kinerja sistem berdasarkan pola penggunaan kita. Misalnya, saat menjalankan aplikasi berat, laptop akan secara otomatis mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan kinerja tetap optimal.

2. Manajemen Daya Efisien

AI dapat memantau penggunaan daya dan mengelola baterai dengan lebih baik, sehingga memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi konsumsi energi.

3. Fitur Keamanan Canggih

Dengan AI, laptop dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan ancaman keamanan dengan lebih cepat dan akurat. Ini termasuk perlindungan terhadap malware, phishing, dan ancaman lainnya.

4. Personalisasi Pengalaman Pengguna

Laptop AI bisa menyesuaikan pengaturan dan preferensi berdasarkan kebiasaan dan kebutuhan, selain itu juga  memberikan pengalaman yang lebih personal dan nyaman.

5. Peningkatan Produktivitas

Dengan kemampuan multitasking yang ditingkatkan dan fitur-fitur pintar, laptop AI dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien sehingga meningkatkan produktivitas.

Nah, ASUS AI ini merupakan jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. 

Perhatikan logonya ya, karena laptop dengan logo ASUS AI merupakan laptop AI yang sudah dibekali software dan hardware berbasis AI. Hadir dengan NPU atau Neural Processing Unit yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien. 

Sistem operasinya menggunakan Windows 11 Home, dengan fitur Copilot untuk melengkapi keahlian dan kreativitas kita dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Seri laptop apa  saja yang termasuk laptop ASUS AI? Cekidot ya!

1. Zenbook 14 OLED (UX3405). Merupakan laptop AI pertama di Indonesia. Dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yaitu prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya. 


Layarnya menggunakan Lumina OLED beresolusi 3K, baterainya tahan lama bisa kuat seharian, serta mengusung desain premium dan portabel dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm.

Meski cukup tipis, tapi Zenbook 14 OLED (UX3405) dirancang tangguh bahkan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Laptop ini digadang-gadang sebagai laptop tipis ramah lingkungan,  dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya. Untuk harga, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dipasarkan mulai dari Rp16.699.000.


2. Zenbook S 13 OLED (UX5304). Merupakan AI laptop paling tipis, ringan, dan ringkas. Selain memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.




Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus. Kelebihanbahan tersebut adalah tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304). Di Indonesia, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp24.999.000.

3. Zenbook DUO (UX8406). Nah, ini nih laptop yang desainnya paling membuat saya takjub karena merupakan satu-satunya AI laptop dengan dua layar yang ada saat ini. Dengan dua layar, kita bisa melakukan kegiatan multitasking, dengan lebih efektif dan efisien. Misal mau menggambar dengan melihat referensi, satu layar bisa buat gambar, satunya lagi untuk membuka referensi. Jadi nggak usah repot klak-klik pindah layar tab.


Zenbook DUO (UX8406) ini juga bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa, loh. Laptop ini bahkan dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards yang punya lima skenario penggunaan, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas.


Lagi nyobain zenbook Duo AI

Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI yang powerful. Harga Zenbook Duo ini dibanderol mulai dari Rp34.999.000.


Laptop Terbaik untuk Pelajar

Ohiya, selain laptop ASUS AI, Kamis kemarin, ASUS juga memperkenalkan dua laptop terbaik untuk pelajar yaitu Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404). Meski ditargetkan untuk pelajar, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sudah lolos berbagai uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari Rp6.699.000.



No comments:

Post a Comment